Anda telah logout dengan sukses

Kami akan mengirimkan email bantuan untuk anda mereset password

FAQ KTA

Waktu pemrosesan pinjaman bervariasi untuk setiap bank. Rata-rata Bank membutuhkan waktu hingga 14 hari kerja sejak dari proses aplikasi hingga proses pencairan dana pinjaman. Namun beberapa Bank hanya membutuhkan 2 hingga 3 hari kerja. Hal lain yang juga mempengaruhi pencairan pinjaman adalah kredibilitas historis dari nasabah. Apabila nasabah telah beberapa kali mengambil pinjaman dan dilunasi tepat waktu, maka tidak sulit bagi pihak Bank untuk menyetujuinya dibandingkan dengan nasabah yang pertama kali mengajukan pinjaman.

Pertama, biaya tahunan. Pada umumnya, bank akan memberlakukan biaya tahunan yang berbeda untuk tahun pertama dengan tahun berikutnya. Untuk tahun pertama, biaya yang dikenakan sebesar sekian persen dari total pinjaman yang akan dipotong dimuka. Untuk tahun selanjutnya bank akan mengenakan biaya dengan jumlah tetap yang dibayarkan sebagai tambahan dari cicilan bulan ke 13, 25 dan seterusnya.

Kedua, biaya administrasi. Bank akan mengenakan biaya administrasi dimuka, biasanya dipotong dari pinjaman yang diberikan.

Ketiga,biaya transfer pencairan pinjaman. Bank akan mengenakan biaya pencairan pinjaman, biasanya dipotong dari pinjaman yang diberikan di awal.

Keempat, biaya keterlambatan. Bank akan memgenakan denda apabila Anda terlambat membayar cicilan bulanan sesuai jangka waktu yang telah ditentukan.

Kelima, biaya pelunasan terlebih dahulu/pembatalan. Bank akan mengenakan denda sebesar sekian persen dari total pinjaman yang tersisa apabila Anda meminta untuk pelunasan hutang lebih awal.

personalloan.faq.term.title.3=Bagaimana cara pihak bank menentukan kelayakan pinjaman calon debitur?

Setiap Bank memiliki standar yang berbeda-beda untuk menilai apakah suatu nasabah layak untuk diberikan pinjaman atau tidak. Namun, secara umum terdapat beberapa proses yang akan dilakukan pihak bank dalam menilai kualitas calon debiturnya.

Pertama, melakukan proses BI Checking. BI Checking adalah suatu proses dimana analis bank mengunduh data informasi kredit historis calon nasabah dari Sistem Informasi Debitur ("SID") yang disediakan oleh Bank Indonesia. Pada sistem tersebut, seluruh data historis aktivitas nasabah ketika menggunakan kartu kredit dan berbagai jenis pinjaman terekam. Data ini dilakukan untuk screening awal nasabah.

Ketika sudah lulus BI Checking, maka pihak bank akan melakukan survey kepada Anda, biasanya dengan menelpon Anda. Pihak bank akan melakukan pengecekan kebenaran informasi aplikasi pinjaman Anda. Sebaiknya Anda jangan berbohong, karena dapat merugikan Anda sendiri. Apabila Anda dinyatakan layak oleh pihak analis bank, maka dalam beberapa hari kedepan Anda akan dihubungi pihak Bank untuk menandatangani kontrak, dan setelah itu pinjaman Anda siap digunakan.

Ketentuan untuk melampirkan kartu kredit berbeda-beda untuk setiap bank, dan jumlah pinjaman yang diajukan. Beberapa bank ada yang mengharuskan Anda untuk melampirkan kartu kredit terlepas dari jumlah pinjaman tanpa jaminan, namun ada pula beberapa bank yang tidak mengharuskan untuk melampirkan kartu kredit sampai jumlah pinjaman tertentu. Cek ketentuan tersebut di layanan perbandingan pinjaman KTA HaloMoney.co.id!
Anda bisa menegosiasikan tingkat suku bunga pinjaman KTA Anda dengan menghubungi pihak Bank. Bank dapat memberikan suku bunga yang lebih rendah kepada calon debitur yang kredibel dan terpercaya.
Beberapa jenis overdraft membutuhkan agunan. Biasanya suku bunga produk overdraft dengan agunan lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak menyertakan agunan. Salah satu jenis aset yang dapat menjadi agunan adalah deposito.
Biaya yang berkaitan dengan overdraft berbeda untuk setiap bank. Namun secara umum, jenis biaya yang dikenakan hampir serupa dengan biaya pada kredit tanpa agunan. Beberapa bank di Indonesia bahkan menggratiskan biaya administrasi dan tarik tunai untuk menari calon nasabah.
Pinjaman harian pada umumnya dapat dicairkan dengan waktu yang sangat cepat, bisa kurang dari satu hari. Ketika membuat perjanjian Anda akan diterangkan apa saja kewajiban Anda, serta bunga yang perlu dibayar dan tenor pinjaman. Bunga dari pinjaman harian dihitung dan diakumulasikan setiap harinya. Biasanya debitur yang disiplin, akan diberikan bunga yang lebih rendah ketika akan meminjam kembali.
Pertama, biaya bunga. Bunga akan diakumulasikan secara harian dari pokok utang. Kedua, biaya perpanjangan. Peminjam diperbolehkan untuk memperpanjang pinjamannya, namun dengan biaya tertentu. Ketiga, biaya keterlabatan. Peminjam akan mengenakan denda keterlambatan bagi peminjam yang tidak membayar utang tepat waktu diluar batas waktu yang ditentukan (dan peminjam tidak mendapatkan izin untuk melakukan perpanjangan). Keempat, biaya penagih utang. Biaya ini akan ditagihkan, bila Anda meminta agar pembayaran utang diambil di tempat tinggal Anda.
Biaya ini dikenakan pada saat anda melakukan pelunasan pinjaman anda sebelum tenor pinjaman yang telah disetujui. Pada umumnya anda akan dikenakan biaya sebesar 5%, tetapi dapat berbeda antara satu bank dan bank lainnya.
Credit line adalah salah satu bentuk dari revolving credit. Jika anda mendapatkan fasilitas credit line, anda dapat meminjam sejumlah dana pada saat anda membutuhkannya. Anda dapat menikmati fleksibilitas yang tidak anda dapatkan melalui KTA.
Fasilitas credit line pada umumnya memiliki suku bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan kartu kredit. Fasilitas credit line juga dapat digunakan untuk memindahkan pinjaman dikarenakan oleh suku bunga yang lebih rendah. Ditambah lagi, anda tidak akan dikenakan biaya untuk penarikan dana melalui credit line.
Balance transfer adalah metode untuk memindahkan pinjaman demi mendapatkan suku bunga yang lebih rendah. Hal ini dapat dilakukan dengan memindahkan pinjaman dari kartu kredit kepada credit line (dengan bunga yang lebih rendah), atau kepada kartu kredit lainnya yang memiliki bunga lebih rendah.
Jika anda akan melakukan penundaan pembayaran hutang dengan nilai yang cukup signifikan (misal: tidak membayar seluruh tagihan kartu kredit), maka anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan balance transfer demi mengurangi bunga yang akan dibebani kepada anda.
Kredit dengan agunan menggunakan jaminan kepada bank yang dapat berupa properti, kendaraan bermotor, perhiasan emas, dsb. Nilai dari aset yang dijaminkan harus melebihi jumlah pinjaman dimana pihak bank berhak mengambil alih jaminan anda jika anda tidak dapat memenuhi perjanjian untuk melakukan pembayaran. Sedangkan kredit tanpa agunan tidak memerlukan jaminan. Tidak ada jaminan selain dari kontrak dengan pihak bank.

Temukan yang Anda Butuhkan dengan 3 Langkah Mudah:

Mengapa memilih HaloMoney.co.id?

100% GRATIS
Cepat dan mudah
Tidak berpihak dan independen

HaloMoney.co.id adalah situs yang tepat bagi anda untuk membandingkan kartu kredit, pinjaman pribadi, asuransi, dan produk lainnya. Gunakan alat perbandingan terpercaya kami untuk mendapatkan informasi terpercaya dan up-to-date mengenai produk keuangan pribadi.

Testimonial person
Kartu kredit adalah solusi tepat dalam era globalisasi. Banyak sekali kartu kredit di Indonesia, berkat HaloMoney.co.id kini saya memiliki kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan!
Iqbal Marlon, 25, Jakarta

Kami telah membantu lebih dari 20 juta orang diseluruh dunia

Aplikasi yang diterima dalam 24 jam terakhir

Menghemat Uang di Indonesia

Berlangganan newsletter mingguan kami secara gratis untuk mendapatkan tips menghemat uang sekarang!

Artikel terbaru

Baca artikel terbaru mengenai produk finansial di Indonesia dan tips menghemat terbaik. Lihat seluruh artikel