Anda telah logout dengan sukses

Kami akan mengirimkan email bantuan untuk anda mereset password

Istilah Umum Kartu Kredit

3D Secure / 3Ds

Penyedia kartu kredit menggunakan 3D Secure/ 3Ds sebagai tambahan keamanan untuk melindungi pemegang kartu kredit dari kecurangan. Merchant-merchant yang menggunakan 3D Secure akan meminta persetujuan online sebelum melakukan transaksi online melalui kartu kredit atau debit Anda.

Air Miles

Airmiles disebut juga poin frequent flyer. Airmiles adalah poin reward yang dikonversikan menjadi mileage yang dapat ditukarkan menjadi tiket pesawat, akses di fasilitas bandara, serta berbagai diskon dan penawaran lainnya untuk akomodasi tur dan wisata.

American Express

American express adalah salah satu penyedia pembayaran kartu kredit terbaik yang menerbitkan kartu kredit mereka sendiri.

Biaya Keuangan

Biaya keuangan mencakup seluruh biaya yang harus dibayarkan kepada penyedia kartu kredit.

Biaya Keterlambatan

Biaya keterlambatkan akan dikenakan kepada pemegang kartu kredit bila pemegang kartu kredit tidak melakukan pembayaran minimum pada saat jatuh tempo. Biaya keterlambatan akan dikenakan secara terpisah dengan biaya bunga.

Balance Transfer

Balance transfer adalah metode untuk memindahkan sisa tagihan di dalam kartu kredit demi mendapatkan suku bunga yang lebih rendah atau demi mendapatkan periode bebas bunga untuk jangka waktu tertentu.

Biaya Tahunan

Disebut juga sebagai biaya kepesertaan, biaya ini dikenakan kepada pemilik kartu kredit untuk tujuan pengelolaan akun kartu kredit.

Cashback

Sebuah fitur yang diterima oleh pemilik kartu kredit, yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan uang kembali sejumlah nominal tertentu dari transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Fitur Cicilan

Penyedia kartu kredit memberikan fitur cicilan untuk pembelian barang selama periode waktu tertentu.

Interest-free Period

Disebut juga sebagai grace period. Pemegang kartu kredit tidak akan dikenakan biaya bunga selama periode hari tertentu (biasanya 20-59 hari). Setelah itu, apabila pemegang kartu kredit tidak membayar tagihannya secara penuh atau terlambat membayar tagihan, maka penyedia kartu kredit akan mengenakan bunga terhadap total tagihan yang belum lunas dibayar.

Kode Autorisasi

Kode autorisasi diterbitkan oleh penyedia kartu kredit dengan memberikan informasi kepada merchant-merchant bahwa kartu Anda masih berlaku dan memiliki dana yang cukup untuk melakukan treansaksi.

Limit Kredit

Setiap kartu kredit memiliki batas maksimum nominal transaksi. Penyedia kartu kredit dapat menolak transaksi, atau mengenakan biaya apabila jumlah transaksi Anda pada bulan tersebut telah melebihi limit. Anda dapat mengurangi atau menambah limit kredit, dengan mengajukan permohonan ke pihak penyedia.

MasterCard

MasterCard adalah salah satu penyedia pembayaran kartu kredit terbaik yang tidak menerbitkan kartu. MasterCard diterima di berbagai merchant di seluruh dunia.

Merchant

Seluruh tempat dimana Anda dapat membeli barang/jasa.

Online Banking

Online Banking merujuk kepada sistem elektronik yang memperbolehkan Anda melakukan transakti melalui Internet. Anda bisa melakukan pengiriman uang, pembayaran tagihan, atau pengecekan saldo akun Anda melalui online banking.

Pembayaran Minimum

Merupakan jumlah minimal dari tagihan kartu kredit bulanan Anda yang harus dibayarkan. Ketika Anda tidak melakukan pembayaran minimum sampai tenggat waktu yang ditentukan, maka pihak penyedia kartu kredit akan mengenakan denda keterlambatan yang akan ditagihkan pada bulan berikutnya.

Penyedia Pembayaran Kartu Kredit

Penyedia pembayaran kartu kredit di Indonesia termasuk Visa, MasterCard, American Express dan UnionPay. Perusahaan tersebut menyediakan fasilitas pembayaran yang memungkinkan penyedia kartu kredit dan bank untuk mengadakan kerjasama dengan merchant. Penyedia pembayaran kartu kredit akan mengenakan biaya kepada penyedia kartu kredit atas jasa yang mereka berikan.

Periode Promosi

Selama periode promosi, bank dapat memberlakukan suku bunga khusus terhadap sisa tagihan yang belum dibayarkan.

PIN

Personal Identification Number atau PIN adalah kode yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi dengan kartu kredit, seperti penarikan tunai melalui ATM.

MasterCard

Potongan harga adalah pembayaran dalam bentuk diskon, pengurangan, atau pengembalian atas barang atau jasa yang telah ribayar. Potongan harga biasanya diberikan sebagai hadiah kepada pemegang kartu atas transaksi yang dilakukan kepada merchant-merchant yang bekerja sama.

Program Reward

Kebanyakan penyedia kartu kredit di Indonesia menawarkan program reward yang memungkinkan pemegang kartu kredit untuk mendapatkan poin, air miles atau pengembalian uang untuk setiap transaksi dengan menggunakan kartu kredit. Penyedia kartu kredit biasanya akan mengenakan Anda biaya apabila untuk mengikuti program ini.

Secured Card

Secured card adalah jenis kartu kredit dimana pemegang kartu harus menempatkan deposito sebelum dapat menerima kartu kredit. Batas kredit untuk secured card biasanya sebesar atau kurang dari nilai deposito yang ditempatkan. Jika Anda selalu melakukan pembayaran tepat waktu, maka Anda dapat mengajukan kartu kredit tanpa deposito.

Security Code

Merupakan kode 4-digit setelah nomor kartu kredit Anda . Biasanya kode ini dicetak pada bagian strip tanda tangan di belakang kartu kredit Anda .

Sejarah Penggunaan Kartu Kredit

Merupakan dokumentasi dari pembayaran tagihan kartu kredit dan jenis utang lainnya yang pernah Anda lakukan di masa lalu. Penyedia kartu kredit akan menggunakan informasi ini sebagai dasar untuk mengevaluasi profil resiko aplikan kartu kredit.

Skor Kredit

Skor kredit adalah angka yang menunjukan performa penggunaan kartu kredit Anda selama ini. Skor ini dikeluarkan oleh penyedia kartu kredit dan Bank Indonesia.

Suku Bunga

Pada saat pemegang kartu kredit tidak membayar seluruh tagihan bulanannya, maka bunga akan dikenakan kepada tagihan yang tersisa. Suku bunga yang dikenakan dapat berbeda antara satu kartu dan kartu lainnya.

Tarik Tunai

Beberapa penyedia kartu kredit memungkinkan pengguna kartu kredit untuk menarik uang tunai dari ATM. Jumlah uang tunai yang diambil akan mengurangi limit kredit Anda , atau mengurangi jumlah tabungan Anda (tergantung kebijakan masing-masing penyedia). Jumlah uang tunai yang bisa diambil dibatasi sampai jumlah tertentu.

Transaksi tanpa Menunjukan Kartu

Transaksi seperti ini adalah jenis transaksi dimana pemegang kartu tidak dapat menunjukan fisik dari kartu kredit kepada merchant, biasanya dilakukan pada saat transaksi melalui telepon, internet, atau e-mail. Merchant akan melakukan autorisasi terhadap transaksi kepada bank sebelum menyelesaikan transaksi.

Visa

Visa adalah salah satu penyedia pembayaran kartu kredit terbaik yang diterima di seluruh dunia.

Temukan yang Anda Butuhkan dengan 3 Langkah Mudah:

Mengapa memilih HaloMoney.co.id?

100% GRATIS
Cepat dan mudah
Tidak berpihak dan independen

HaloMoney.co.id adalah situs yang tepat bagi anda untuk membandingkan kartu kredit, pinjaman pribadi, asuransi, dan produk lainnya. Gunakan alat perbandingan terpercaya kami untuk mendapatkan informasi terpercaya dan up-to-date mengenai produk keuangan pribadi.

Testimonial person
Kartu kredit adalah solusi tepat dalam era globalisasi. Banyak sekali kartu kredit di Indonesia, berkat HaloMoney.co.id kini saya memiliki kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan!
Iqbal Marlon, 25, Jakarta

Kami telah membantu lebih dari 20 juta orang diseluruh dunia

Aplikasi yang diterima dalam 24 jam terakhir

Menghemat Uang di Indonesia

Berlangganan newsletter mingguan kami secara gratis untuk mendapatkan tips menghemat uang sekarang!

Artikel terbaru

Baca artikel terbaru mengenai produk finansial di Indonesia dan tips menghemat terbaik. Lihat seluruh artikel