Anda telah logout dengan sukses

Kami akan mengirimkan email bantuan untuk anda mereset password

FAQ Kartu Kredit

  • Pertama, biaya bunga. Penerbit kartu kredit hanya akan mengenakan bunga apabila Anda tidak membayar tagihan secara penuh.
  • Kedua, biaya administrasi tahunan. Biaya ini dikenakan oleh pihak penerbit sebagai ongkos atas jasa pemrosesan transaksi yang diberikan pihak penerbit.
  • Ketiga, biaya tarik tunai. Anda dapat menarik uang tunai tunai di ATM dengan kartu kredit Anda , namun akan dikenakan biaya sebesar 3-6% dari jumlah yang ditarik atau 50 ribu rupiah mana yang lebih besar.
  • Kelima, biaya materai. Anda akan dikenakan biaya materai sebesar Rp 3.000 untuk transaksi dengan nilai Rp 250.000 ? Rp 1.000.000, dan diatas Rp 1.000.000 akan dikenakan biaya materai Rp 6.000.
  • Keenam, biaya cetak tagihan. Penerbit akan mengenakan biaya untuk mencetak tagihan, namun Anda dapat meminta penyedia kartu kredit untuk mengirimkannya melalui E-Mail secara gratis.
  • Setiap kartu kredit memberikan plafon yang berbeda tergantung beberapa faktor seperti jenis kartu kredit, dan jumlah pendapatan tahunan Anda, serta historis penggunaan kartu kredit sebelumnya. Bank biasanya memberikan batas kredit 1-2 kali penghasilan bulanan Anda, namun hal ini tergantung pada penerbit kartu kredit, dan bisa lebih atau kurang dari yang Anda harapkan. Seseorang yang memiliki pendapatan tahunan diatas 150 juta, telah bekerja selama 10 tahun, dan memiliki catatan penggunaan kartu kredit yang baik sebelumnya akan lebih mudah untuk mendapatkan kartu kredit berlimit tinggi dibandingkan seseorang yang baru bekerja dan belum memiliki historis penggunaan kartu kredit.
    Setiap transaksi kartu kredit dilengkapi prosedur keamanan, seperti memberikan verifikasi melalui tanda tangan atau memasukan nomor PIN pada mesin EDC. Pada tahun 2020, seluruh transaksi menggunakan kartu kredit mengharuskan Anda untuk memasukan nomor PIN untuk verifikasi. Pastikan Anda tidak membagikan nomor PIN kepada pihak lain serta menyimpan kartu kredit Anda di tempat yang aman. Namun, jika nomor atau kartu kredit Anda dicuri, segera hubungi bank Anda untuk memblokir kartu kredit Anda . Jika Anda ditagih untuk sesuatu yang Anda tidak beli, Anda bisa juga dapat meminta bank untuk memblokir pemrosesan pembayaran.
    Berdasarkan aturan Bank Indonesia, aplikan kartu kredit harus berusia minimal 21 tahun dan berpenghasilan minimal Rp 3,000,000 (tiga juta) per bulan. Anda disarankan mengambil kartu kredit jika sudah memiliki pemasukan tetap. Anda juga harus bijak menggunakan kartu kredit. Jangan menganggap kepemilikan kartu kredit sebagai kesempatan membeli apapun dan berapun yang Anda mau tanpa dilAnda si kemampuan untuk membayar.
    Setiap bank memiliki berbagai berbagai kartu kredit dengan fasilitas, plafon dan promo yang berbeda-beda. Pilihlah fasilitas yang sesuai kemampuan dan kebutuhan Anda . Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui jenis kartu kredit yang Anda butuhkan. Setelah mengetahui jenis kartu kredit yang Anda ingin ajukan, gunakanlah alat perbandingan kartu kredit HaloMoney untuk melihat kartu kredit mana yang menawarkan manfaat optimal dan biaya minimum.
    Peraturan Bank Indonesia menyatakan bagi Anda hanya dapat memiliki dua kartu kredit apabila Anda berpendapatan Rp 3,000,000 (tiga juta rupiah) ? Rp 10,000,000 (sepuluh juta rupiah) per bulan. Plafon kartu kredit bagi mereka dengan pendapatan ini adalah tiga kali pendapatan per bulan untuk mengurangi kredit macet.Sesuaikanlah jumlah kartu kredit yang Anda miliki dengan kebutuhan. Jika Anda memiliki terlalu banyak kartu kredit maka Anda harus membayar biaya administrasi tahunan yang lebih besar pula. Miliki kartu kredit yang memberikan kemudahan di tempat Anda sering bertransaksi.
    Sesuaikanlah jumlah kartu kredit yang hendak Anda miliki dengan kemampuan Anda untuk membayar tagihan kartu kredit dan keperluan pembayaran Anda . Contohnya, jika Anda memiliki bisnis sendiri, Anda bisa gunakan satu kartu kredit untuk bisnis Anda , dan satunya lagi untuk keperluan pribadi. Buanglah kartu kredit yang tidak memberikan banyak manfaat bagi Anda .
    Cashback adalah jenis reward yang ditawarkan oleh penerbit kartu kredit. Anda akan mendapatkan persentase dari sejumlah transaksi menggunakan kartu kredit melalui pembelian reguler, atau pembelian dari merchant tertentu. Cashback dapat berupa potongan harga, kupon, atau pengembelian sejumlah uang ke akun kartu kredit Anda - tergantung apa yang ditawarkan oleh Provider. Beberapa kartu kredit memberikan hingga 10% cashback, dan lainnya memberikan cashback sebagai insentif kepada pemegang kartu untuk lebih sering menggunakan kartu kredit mereka.
    Kartu kredit cashback akan mengembalikan sekian persen dari belanja Anda setiap kali bertransaksi untuk shopping, travel, dining, dan bahan bakar. Semakin banyak Anda bertransaksi menggunakan kartu Cashback, semakin besar cashback yang diperoleh (sebelumnya cek dulu berapa batas maksimal Cashback yang dapat diberikan tiap Bank).
    Kartu cashback bekerja dengan baik jika Anda membayar tagihan kartu kredit secara penuh tiap bulannya! Jika Anda tidak melakukan pembayaran, Anda harus membayar biaya keterlambatan, ditambah biaya lainnya, denda, dan biaya bunga. Jadi, untuk menikmati manfaat terbaik dari kartu cashback, selalu bayar tagihan Anda secara penuh dan tepat waktu!Carilah promo Cashback yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Kalau Anda suka shopping, carilah kartu yang memberikan Cashback setiap kali anda menggunakannya untuk shopping.
    Kartu kredit dining sangat cocok bagi Anda yang suka berwisata kuliner bersama teman atau keluarga. Kartu kredit ini akan memberi Anda berbagai manfaat ketika digunakan di restoran, kafe, bar, dan tempat makan lainnya di Indonesia bahkan di luar negeri yang telah menjadi mitra dari penyedia kartu kredit Anda. Keuntungan yang Anda terima dapat berupa diskon, makanan gratis, cashback, hingga point reward.
    Seperti halnya kartu reward pada umunnya, kartu dining akan memberikan reward berupa poin setiap kali Anda menggunakan kartu kredit untuk membayar berbagai kebutuhan atau layanan lainya. Poin bisa menjadi berlipat ketika anda menggunakan untuk makan di restoran yang menjadi mitra dari penerbit kartu kredit yang bersangkutan. Semakin banyak yang anda belanjakan, maka semakin banyak poin yang Anda dapat, dan lebih banyak lagi promo makan, diskon dan promo lain yang Anda dapatkan. Hanya tinggal gunakan kartu kredit ketika Anda pergi ke toko dan poin Anda akan terus meningkat, dan dapatkan promo makan gratis!
    Dapatkan berbagai promo di tempat makan favorit Anda dengan menggunakan kartu kredit dining. Anda akan akan mendapatkan reward poin, promo, dan diskon dengan membelanjakan jumlah minimum transaksi di bulan pertama setelah mendapatkan kartu kredit pertama Anda.
    Banyak kartu kredit beredar sekarang dengan program reward khusus bagi Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat. Kartu kredit travel berbeda dengan lainnya karena setiap Anda melakukan perjalanan, maka Anda akan mendapat reward yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan berbagai promo lain yang berhubungan dengan aktivitas traveling! Jenis kartu ini sangat cocok untuk Anda yang sering bepergian di dalam maupun diluar negeri setiap tahun, baik untuk keperluan bisnis maupun wisata.
    Banyak kartu kredit untuk travel adalah co-branded maskapai, khususnya maskapai yang paling umum di daerah Anda. Poin yang Anda peroleh hanya berlaku untuk penerbangan melalui maskapai yang sudah bekerjasama dengan penerbit kartu kredit Anda dan digunakan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Anda dapat menukarkan airmiles yang sudah dikumpulkan dengan datang langsung ke loket penjualan tiket, atau mengontak pihak Bank.

    Temukan yang Anda Butuhkan dengan 3 Langkah Mudah:

    Mengapa memilih HaloMoney.co.id?

    100% GRATIS
    Cepat dan mudah
    Tidak berpihak dan independen

    HaloMoney.co.id adalah situs yang tepat bagi anda untuk membandingkan kartu kredit, pinjaman pribadi, asuransi, dan produk lainnya. Gunakan alat perbandingan terpercaya kami untuk mendapatkan informasi terpercaya dan up-to-date mengenai produk keuangan pribadi.

    Testimonial person
    Kartu kredit adalah solusi tepat dalam era globalisasi. Banyak sekali kartu kredit di Indonesia, berkat HaloMoney.co.id kini saya memiliki kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan!
    Iqbal Marlon, 25, Jakarta

    Menghemat Uang di Indonesia

    Berlangganan newsletter mingguan kami secara gratis untuk mendapatkan tips menghemat uang sekarang!

    Artikel terbaru

    Baca artikel terbaru mengenai produk finansial di Indonesia dan tips menghemat terbaik. Lihat seluruh artikel