Cari Tempat Wisata di Yogya? Coba ke Gunung Kidul dan Bantul

|Posted by | Liburan, Lifestyle, Tips Keluarga
Tags: , ,

Wisata di Gunung Kidul

Menyambangi tempat wisata di Yogyakarta sekarang belum lengkap jika tidak berkunjung ke Gunung Kidul dan Bantul. Industri pariwisata di daerah ini semakin berkembang. Mengapa kamu tidak ikutan berwisata ke sini? Banyak tempat wisata keren yang menantimu. 

Kamu tentu pernah mendengar Yogyakarta? Benar, daerah istimewa ini memang sudah tidak asing di telinga sebagian masyarakat. Tapi bagaimana dengan Gunung Kidul? Mungkin hanya sedikit dari pembaca yang mengetahui daerah unik ini.

Gunung Kidul, secara administrasi pemerintahan, adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan ibukota Wonosari. Luas wilayah Kabupaten Gunungkidul 1.485,36 km2 atau sekitar 46,63 % dari luas wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Wonosari berada di sebelah tenggara kota Yogyakarta, dengan jarak kurang lebih 39 km. Wilayah Kabupaten Gunungkidul terdiri dari 18 Kecamatan dan 144 desa.

Belakangan ini, Gunung Kidul semakin dikenal sebagai destinasi wisata alternatif yang dekat dengan Yogyakarta. Dengan berkembangnya tempat wisata di Jogja telah membuat perekonomian Gunung Kidul semakin membaik. Ini terlihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) wilayah Gunung Kidul terbaru yang diumumkan awal Desember 2017.

Mengutip situs The Jakarta Post (3/12), BPS Gunung Kidul mengklaim tingkat kemiskinan di Gunung Kidul sepanjang 2016 turun menjadi 19,34%. Sebelumnya pada tingkat kemiskinan di Kabupaten Gunung Kidul masih 21,73%. Penurunan ini dipandang sangat signifikan oleh BPS Gunung Kidul. Pada 2015, tingkat kemiskinan di Gunung Kidul masih tertinggi dari semua wilayah di Yogyakarta.

Penurunan yang cukup besar, sebesar 2,3% ini diyakini akibat berkembangnya daerah-daerah wisata di Gunung Kidul.  Saat ini tercatat ada 30 komunitas sadar wisata alias Pokdarwis yang aktif menerima wisatawan lokal dan mancanegara sehingga mereka menerima penghasilan langsung dari para wisatawan. Penerimaan inilah yang menyebabkan perekonomian di kawasan Gunung Kidul terus membaik.

Di akhir tahun ini, atau tahun depan, jika kamu ingin mencoba mengeksplorasi tempat wisata baru di pulau Jawa, mungkin kawasan di Gunung Kidul bisa menjadi salah satu pilihanmu.

Hanya saja, sedikit catatan, jika kamu ingin berkunjung di akhir tahun ini, sebaiknya memperhatikan cuaca di daerah ini, mengingat akhir November 2017 lalu, sebagian daerah Gunung Kidul diterjang banjir. Daerah yang terkena bencana banjir sebanyak 52 desa di 18 kecamatan.  Meskipun begitu, awal Desember, kawasan ini dikabarkan mulai berangsur pulih.

Jika kamu datang ke Yogyakarta untuk berlibur, jangan lupa untuk meluangkan waktu berwisata di Gunungkidul dan Bantul di akhir tahun ini atau tahun depan. Di dua tempat itu, banyak destinasi wisata yang sangat menarik.

Baca Juga : 7 Destinasi Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon

Gunung Kidul

Tempat wisata di Gunung Kidul pada umumnya berupa pantai. Selain itu, ada wisata gua hingga air terjun. Berikut ini daerah wisata di Gunung Kidul:

  • Bukit Kosakora

untitled-design-26

Lokasi ini berada tidak jauh dari pantai Drini. Dengan ketinggian hanya sekitar 50 meter dari permukaan laut, bukit ini mudah didaki. Keistimewaan lokasi ini memberikan pemandangan yang indah dengan landscape laut lepas. Di situs wisata Yogya, lokasi cukup disukai.

  • Cave Tubing Kalisuci

    untitled-design-23

Ini adalah wisata goa kars yang memiliki sungai di bawah tanah. Saat ini tempat ini menjadi obyek wisata baru di Gunung Kidul. Lokasinya sekitar 10 KM dari kota Wonosari atau 60 KM dari Yogyakarta dengan perjalanan sekitar 1,5 jam. Tepatnya ada di desa Pacarejo, Kecamatan Semanu.

  • Goa Pindul

untitled-design-25

Goa ini adalah obyek wisata alam di kawasan desa wisata Bejiharjo. Goa konon sudah cukup dikenal di dunia. Perjalanan dari Yogyakarta ke sini memakan waktu 60 km.

  • Air Terjun Sri Gethuk

untitled-design-24

Air terjun ini memiliki berbagai macam fasilitas buat pengunjung seperti pelampung dengan harga sewa yang cukup terjangkau. Di sini kamu bisa merasakan segarnya air pegunungan, tidak sekadar berenang atau berendam.

  • Green Village Gedangsari

untitled-design-22

Tempat wisata di Jogja yang satu ini menawarkan pemandangan alam perbukitan gunung kidul. Pemandangan perbukitan telah dilengkapi dengan fasilitas pendakian sekaligus tempat singgah sementara. Jangan lupa melengkapi diri dengan sepatu yang cukup kuat dan topi jika ingin datang ke sini.

  • Pantai Indrayanti

    untitled-design-27

Pantai ini cukup dikenal oleh masyarakat sekitar hingga Yogyakarta, bahkan mancanegara. Pantai ini terlihat cukup bersih dan romantis. Jangan lupa untuk datang ke sini jika sedang di Yogyakarta.

Bantul

Sementara di Bantul, kabupaten yang juga masih dalam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, kamu akan mendapatkan banyak tempat wisata berbasis wisata alam. Kamu akan memandangi hamparan pegunungan dan hutan hijau dari sebuah tempat yang memang dibuat untuk para wisatawan. Berikut ini tempat wisata alam di Bantu yang perlu kamu kunjungi jika berada di Yogyakarta:

  • Hutan Pinus

Wisata hutan pinus di Bantul ini tepatnya berada di Kecamatan Dlingo, Bantul. Kawasan ini memang telah dikenal sebagai kawasan perbukitan dengan panorama alam yang segar. Belakangan ini banyak didirikan spot-spot pemandangan alam dengan membangun sebuah gardu agar para pelancong betah berlama-lama memandangi hamparan pegunungan nan hijau.

Berikut ini spot-spot pemandangan hutan pinus yang bisa kamu jumpai di Kecamatan Dlingo, hasil riset HaloMoney.co.id di beberapa situs wisata.

  • Gardu Pandang Bukit Panguk

untitled-design-28

Lokasinya ada di Kediwung, Desa Mangunan. Lokasi ini berada di kawasan Tebing Batu Lawang. Lokasi ini bagus untuk dikunjungi di sore hari.

  • Gardu Pandang Bukit Mojo

untitled-design-30

Lokasinya ada di Pedukuhan Gumelem, Desa Mangunan. Waktu sore dikenal sebagai waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan di sini.

  • Tebing Watu Mabur

untitled-design-31

Lokasinya ada di kawasan Goa Gajah, tepatnya di pedukuhan Lemahabang, Desa. Mangunan. Para pengunjung merekomendasikan tempat ini didatangi saat matahari terbit (sunrise).

  • Bukit Bego

untitled-design-29

Lokasinya tepat berada di jalan utama menuju kawasan Mangunan. Bukit Bego terletak di ujung timur Kedung Buweng, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Lokasi ini kerap menjadi tempat transit para traveller yang mengunjungi wisata alam di Bantul.

  • Pantai Parangtritis

untitled-design-33

Pantai ini cukup dikenal di Bantul, bahkan jadi destinasi wajib di Yogyakarta sebelum munculnya beragam tempat wisata di Yogyakarta. Lokasi pantai ini sekitar 27 KM dari pusat kota Yogyakarta.

  • Kampung Edukasi Watu Lumbung

untitled-design-34

Lokasinya ada di daerah Jln Panglima Sudirman, Parangtritis, Kecamatan Kretek. Lokasinya sekitar 4 Km dari Parangtritis. Tempat ini tidak sekadar wisata alam, tapi diklaim sebagai tempat edukasi alam karena keindahan lokasinya.

Baca juga: Dana Liburan Masih Kurang? Ini 7 Pilihan KTA untuk Liburan

Selamat berwisata ke Yogyakarta. Lengkapi wisatamu dengan kartu kredit terbaik untuk wisata. Temukan kartu kredit terbaik dengan syarat penghasilan hanya Rp 5 juta per bulan. Temukan dan ajukan di HaloMoney.co.id.

https://www.halomoney.co.id/id

 

Umar Idris

Tentang Penulis: Umar Idris

Penulis masih suka mengikuti perkembangan ekonomi makro, investasi, dan industri keuangan, sesuai minatnya saat masih menjadi editor di Gramedia Group. Penulis bisa dihubungi melalui umar@halomoney.co.id atau @umaridriss