Simulasi KTA Mandiri, Ikuti Cara Cerdas Ini Sebelum Mengajukan

|Posted by | Kredit Tanpa Agunan, KTA
Tags: ,

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan fasilitas pinjaman yang tak membutuhkan agunan atau jaminan. Banyak bank yang menyediakan pinjaman KTA ini. Salah satunya dari Bank Mandiri. Tapi sebelum mengajukannya, simak dulu simulasi KTA Mandiri berikut ini!

Siapa yang tak tahu Bank Mandiri? Sebuah bank milik pemerintah yang namanya sangat dikenal di tanah air. Ada beragam jenis produk yang ditawarkan oleh Bank Mandiri. Satu dari sekian banyak produk yang tersedia adalah kredit tanpa agunan (KTA). Bagi kamu yang sedang membutuhkan uang dalam waktu cepat KTA Mandiri bisa jadi pilihan yang tepat. Sebelum mengajukan, ada baiknya untuk memahami simulasi KTA Mandiri terlebih dulu.

Memahami simulasi KTA Mandiri akan memudahkanmu dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Tidak hanya itu, mempelajari syarat dan ketentuan sangat dibutuhkan untuk membantumu sebelum mengajukan KTA. Apabila kamu sudah mengetahui syarat dan ketentuan yang diperlukan tentunya akan lebih mudah memanfaatkan KTA dengan lebih maksimal sesuai dengan aturan yang ditentukan oleh pihak Bank Mandiri.

Syarat dan Ketentuan KTA Mandiri

simulasi kta mandiri

(caragadai.com)

Mengetahui syarat dan ketentuan KTA Mandiri di awal sebelum mengajukan sangat penting untuk menghindari timbulnya masalah di kemudian hari. Berikut beberapa syarat dan ketentuan yang perlu kamu ketahui sebelum mengajukan KTA Mandiri!

  1. Minimal usia yang boleh mengajukan KTA Mandiri mulai dari 21 tahun dan maksimal usia 55 tahun. Oleh karena itu, pertimbangkan penggunaan kredit. Gunakan kredit yang diajukan sebaik mungkin sesuai kebutuhan.
  2. Nasabah yang diperbolehkan mengajukan KTA adalah nasabah payroll yang berasal dari Bank Mandiri dengan gaji minimal Rp2,5 juta dan nasabah non payroll dengan minimal gaji Rp3 juta.
  3. Jumlah KTA yang bisa diperoleh antara Rp5 juta hingga Rp200 juta. Limit kredit yang diperbolehkan bisa mencapai 5 kali lipat dari gaji yang dimiliki.

Kelebihan yang Bisa Didapat dari KTA Mandiri

Biasanya, KTA (Kredit Tanpa Agunan) diajukan guna untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendesak ataupun membutuhkan tambahan dana dalam jumlah yang cukup besar. Jenis pinjaman ini memiliki jangka waktu pinjaman antara 1 hingga 5 tahun. Beberapa kelebihan yang bisa didapat dari KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang bisa dinikmati sebelum menggunakannya. Simak beberapa kelebihannya berikut ini!

  1. Jika kamu adalah seorang pegawai tetap, kamu bisa mendapatkan keuntungan dalam menggunakan jangka waktu kredit hingga 5 tahun.
  2. Jumlah angsuran yang bisa dibayar setiap bulannya tergolong ringan.
  3. Limit yang mencapai Rp200 juta membuat kamu tidak perlu khawatir over limit dalam waktu cepat. Meskipun mendapatkan limit yang besar, kamu harus dapat mengontrol diri dalam mengajukan kredit.
  4. Adanya perlindungan tambahan berupa asuransi jiwa dan tidak banyak bank yang memberikan fasilitas seperti ini.  

Simulasi KTA Mandiri

Mempelajari simulasi KTA Mandiri bisa membantu kamu dalam memanfaatkan fasilitas kredit yang ada. Sebab, fungsi dari simulasi KTA Mandiri adalah dengan menghitung berapa banyak jumlah yang perlu dibayar setiap bulan ketika membayar cicilan KTA. Untuk simulasi KTA Mandiri kamu bisa menggunakan fasilitas kalkulator yang tersedia di situs bank Mandiri https://www.bankmandiri.co.id/kalkulator-kta. Atau bisa juga menggunakan perhitungan seperti ini!

KTA yang didapat sebesar Rp20 juta jangka waktu kredit 24 bulan. Bunga yang dikenakan sebesar 10% per tahun. Berikut angsuran setiap bulan yang wajib dibayar!

  • Cicilan pokok = Rp 20.000.000 : 24 = Rp 833.333
  • Bunga per bulan = Rp 20.000.000 x 10% : 12 = Rp 166.666
  • Angsuran per bulan = cicilan pokok + bunga = Rp 999.999

Agar tidak membebani keuanganmu setiap bulan, cicilan KTA perlu diperhitungkan di awal. Pilihlah jumlah kredit yang sesuai dengan kebutuhan namun tetap sesuai dengan kemampuanmu. Jangan sampai kredit yang sudah kamu terima memberatkanmu hingga akhirnya sering mengalami keterlambatan pembayaran. Sebab, kemampuan kamu dalam membayar seluruh utang akan selalu dipantau oleh Bank Indonesia. Hal ini nantinya akan memberikan reputasi apakah kamu termasuk orang yang kredibel atau tidak dalam melunasi utang.

Langkah-langkah Pengajuan KTA  

simulasi kta mandiri

(harrania.com)

Sebelum mengajukan KTA ada baiknya kamu bertanya pada diri sendiri terlebih dulu. Pertama, alasan mengajukan KTA. Kedua, dengan jumlah yang dibutuhkan bagaimana cara melunasi pinjaman agar tepat waktu dan tidak melebihi tanggal jatuh tempo. Jika sudah benar-benar mantap, selanjutnya kamu bisa menyiapkan beragam jenis dokumen yang dibutuhkan.

1. Cari bank yang sesuai

Ketika ingin mengajukan KTA, hal yang menjadi pertimbangan adalah bank. Kamu bisa melakukan perbandingan bank mana yang memberikan program KTA paling cocok dengan kebutuhan. Perhatikan berapa jumlah batas nominal pinjaman beserta bunganya. Pilihlah yang paling tepat dan ringan sesuai dengan kantongmu.

2. Siapkan beragam dokumen yang dibutuhkan

Biasanya saat mengajukan KTA, kamu akan diminta beberapa dokumen yang diperlukan seperti KTP, KK, akta nikah, NPWP, rekening tabungan 3 bulan terakhir, slip gaji karyawan atau surat keterangan penghasilan.

3. Hubungi bank yang dituju

Untuk mengurus KTA, kamu bisa langsung datang ke bank yang dituju. Namun, jika bank yang dituju menyediakan fasilitas online, kamu bisa melakukan registrasi secara online ke bank tersebut. Atau melalui HaloMoney.co.id, perusahaan teknologi yang menyediakan perbandingan dan pengajuan produk keuangan, diantaranya KTA.

4. Verifikasi

Jika pengajuannya sudah sampai ke pihak bank, tahap selanjutnya adalah verifikasi. Bank akan melakukan verifikasi melalui telepon atau bertemu langsung.

5. Survey

Selanjutnya bank akan melakukan survey dengan mendatangi tempat tinggal atau tempat kerjamu secara langsung. Pada tahap survey, pihak bank akan bertanya dan memastikan apakah tempat tinggal sesuai dengan data yang kamu masukkan atau tidak. Begitupula dengan tempat kerjamu, pihak bank akan memastikan apakah tempat kerjamu memang benar dan sesuai dengan data yang diterima oleh pihak bank. 

6. Penentuan: diterima atau ditolak

Jika seluruh tahapan sudah dipenuhi dengan baik, selanjutnya kamu tinggal menunggu kabar dari bank. Apakah aplikasi yang kamu ajukan diterima atau ditolak. Biasanya waktu yang diperlukan antara 3 – 7 hari kerja.

KTA Solusi yang Tepat

Bagi kebanyakan orang, KTA (Kredit Tanpa Agunan) merupakan solusi bagi yang membutuhkan uang dengan jumlah cukup besar, cepat, mudah tanpa jaminan. Tujuan penggunaannya biasanya untuk hal-hal produktif seperti pendidikan, renovasi rumah, modal usaha ataupun berobat. Namun tak jarang yang menggunakan KTA untuk hal-hal lain seperti beragam jenis kebutuhan konsumtif lainnya.

Meskipun tidak memberikan jaminan, KTA tetaplah utang yang perlu dibayar tepat waktu. Jika tidak akan ada konsekuensi yang harus diterima. Sebab, jika sampai gagal membayar KTA kasus yang terjadi bisa dibawa hingga ke pengadilan oleh bank yang memberikan pinjaman. Oleh karena itu, menghitung pendapatan dan pengeluaran dengan cermat sangat dibutuhkan. Adanya KTA akan menambah beban pengeluaranmu setiap bulan. Tapi perhatikan juga berapa sisa pendapatanmu yang bisa ditabung nantinya.

Bagi kamu yang berencana mengajukan KTA, simulasi KTA Mandiri bisa membantumu dalam mempertimbangkan beberapa hal yang nantinya akan menjadi beban setiap bulan. Mulai dari pokok cicilan hingga bunga yang perlu dibayar. Cara ini tentu sangat bermanfaat dalam membantumu merencanakan keuangan agar pengeluaranmu dapat tetap terkendali. Jika kamu butuh dana dalam waktu cepat, tak perlu ragu lagi kan mengajukan KTA? Yuk, ajukan sekang juga!

Tentang Penulis: Sudiyanti

Passionate writer, full-time mother, and food traveler :)