Trik Belanja Saat Harbolnas 2017 yang Wajib Kamu Tahu

|Posted by | Belanja, Belanja Online, Berita Keuangan, Tips Keluarga
Tags: , ,

kartu_kredit_harbolnas

Harbolnas 2017 jatuh pada 12 Desember 2017. Hanya satu hari, dengan besaran diskon yang berbeda-beda antar peserta. Sudahkah kamu tahu trik belanja yang menguntungkan di Harbolnas? 

Harbolnas 2017 kali ini diikuti oleh 254 peserta toko online atau e-commerce dengan berbagai lini bisnis. Mulai dari situs marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia, hingga situs yang segmented seperti situs khusus erafone.com. Di Harbolnas tahun ini, panitia Harbolnas menargetkan total belanja mencapai Rp 4 triliun, naik dari Harbolnas tahun lalu sebesar Rp 3,3 triliun, mengutip data dari situs Katadata.co.id.

Para peserta menawarkan diskon yang nilainya masing-masing berbeda tetapi maksimal hingga 90%. Bahkan ada peserta menawarkan diskon hingga 95%! Benarkah? Jangan-jangan diskon ini palsu alias bohongan sekadar untuk menarik pelanggan untuk membeli.

Tips Memaksimalkan Keuntungan

untitled-design-41

Sebelum kau berbelanja barang-barang yang telah kamu incar, sebaiknya kamu membaca beberapa strategi belanja agar kamu bisa memaksimalkan keuntungan, tidak sekadar termakan promosi.

  • Berlanja saat malam hari

Menurut pelaku e-commerce, saat terbaik yang menguntungkan untuk belanja di Harbolnas 2017 adalah di malam hari. Yakni mulai dari jam 00.01 dini hari tanggal 11 Desember. Coba pantengin promo di toko yang kamu incar. Selain itu, promo besar-besaran sering diberikan beberapa jam sebelum Harbolnas berakhir atau sebelum jam 12 malam pada tanggal 12 Desember. “Pastikan nunggu jam 12 malem. Sebab, biasanya deal paling bagus di jam-jam itu,” tutur Indra Yonathan, Country General Manager Shopback, seperti dikutip dari situs CNN Indonesia.

  • Mengecek harga asli barang yang kamu incar

Sebelum berbelanja, sebaiknya kamu mengecek harga barang yang kamu incar. Jangan sampai kamu tidak menyadari harga barang tersebut dinaikkan pada hari Harbolnas, lalu pengelola situs ecommerce itu memberikan diskon. Jelas cara ini merugikan konsumen karena diskon tersebut hanya sekadar promosi. Jadi sebelum harbolnas kamu harus menyusun daftar belanja sekaligus harga yang tertera di situs penjual. Lakukan perbandingan di situs lain. Lalu tunggu harganya di hari Harbolnas berikut diskon yang diberikan.

  • Belanja di Situs Terpercaya 

Salah satu tandanya, situs tersebut mendapatkan review yang baik dari pembeli, punya rating bagus, dan memiliki banyak review. Selain itu, situs tersebut dikenal memiliki reputasi yang baik dalam menerima pembayaran yang aman.

  • Pilih situs dengan pengiriman yang baik

Di saat Harbolnas, situs peserta Harbolnas akan mengalami peningkatan belanja. Saat itulah tidak semua situs menawarkan pengiriman yang cepat. Pilihlah situs yang menawarkan pilihan tercepat, terutama dari partner Harbolnas. Rata-rata pengiriman barang melalui sekitar 2 atau 3 hari setelah berbelanja. Namun jika ada pilihan yang lebih cepat, mengapa tidak?

  • Persiapkan aplikasi

Persiapkan aplikasi yang dibutuhkan karena sebagian orang lebih memilih untuk berbelanja online lewat aplikasi karena lebih cepat dan mudah dioperasikan.

  • Menyiapkan koneksi internet yang stabil

Siapkan device dan koneksi. Pastikan device kamu aman dan hindari untuk menggunakan wifi umum untuk mencegah adanya hacker yang mungkin saja masuk dan mengambil data diri kamu saat kamu berbelanja. Pastikan koneksi kamu stabil sehingga kamubisa berbelanja dengan nyaman Anda tidak kehilangan barang yang ingin kamu beli.

  • Laporkan Penipuan

Penipuan bisa saja terjadi saat kamu berbelanja. Misalnya, diskon yang diberikan ternyata fiktif. Harga barang sudah dinaikkan lebih dahulu dari harga sebelum diskon. Sehingga diskon yang diberikan sama saja dengan harga sebelum Harbolnas.

Bentuk penipuan lainnya masih banyak. Seperti barang yang kamu terima ternyata palsu. Atau waktu pengiriman terlalu lama. Laporanmu akan diproses oleh panitia Harbolnas 2017. Sebab dalam aturan main para pelaku usaha e-commerce yang tergabung dalam Harbolnas 2017, setiap keluhan harus diselesaikan dalam waktu 48 jam atau dua hari. Jika lebih dari itu, toko online peserta Harbolnas yang mengecewakan konsumen tidak akan diikutkan lagi pada Harbolnas tahun depan.

Nah, jika kamu mengalami keanehan-keanehan seperti di atas, kamu bisa melapor ke panitia Harbolnas 2017. Tulis identitasmu dan isi laporanmu di link berikut ini.

Promo Harbolnas 2017 yang Wajib Kamu Tahu

untitled-design-40

Sejumlah promo menarik digelar oleh partner Harbolnas. Partner ini terdiri dari perbankan, perusahaan telekomunikasi hingga layanan transportasi. Promo tersebut diberikan kepada konsumen yang menggunakan layanan mereka saat belanja. Kamu bisa memanfaatkan promo dari para partner ini untuk memaksimalkan keuntungan.

Bank Mandiri

Bank Mandiri menyediakan tambahan diskon harga sebesar 25%. Diskon ini ditambahkan dengan promo yang diberikan oleh situs online sehingga jumlahnya bertambah besar. Dengan catatan kamu menggunakan layanan pembayaran dari Bank Mandiri. Yakni jika kamu membayar dengan kartu debit dan kartu kredit Bank Mandiri. Potongan ini bisa didapat dengan memasukkan kode MANDIRI1212.

Pada beberapa e-commerce, potongan bisa langsung diberikan begitu memasukkan nomor Kartu Kredit Mandiri. Fasilitas lainnya, konsumen nasabah Bank Mandiri bisa mengubah belanjanya menjadi cicilan hingga 24 bulan. Khusus di hari Harbolnas, pengguna Kartu Kredit Bank Mandiri mendapatkan tambahan cashback sebesar Rp 200.000 saat belanja di semua e-commerce.

Bank CIMB Niaga

Di Harbolnas 2017, CIMB Niaga juga ikut memberi potongan harga sebesar 15% bagi penggunanya. Kode voucher yang harus dimasukkan adalah CIMB1212.

  • Hanya di tanggal 12 Desember 2017
  • Diskon hingga 95%
  • Additional Diskon 15% berlaku di merchant participants tertentu.
  • Promo berlaku untuk 1 kartu per 1 transaksi per 1 hari
  • Promo berlaku untuk transaksi semua tipe Kartu Kredit CIMB Niaga (kecuali jenis Corporate) dan Kartu Debit CIMB Niaga (kecuali jenis AirAsia dan Hypermart)

Shopback

Bagi pengguna yang ingin mendapat cashback tambahan, bisa melakukan pembelanjaan lewat Shopback. Shopback menjanjikan cashback 25 persen. Nilai cashback ini lebih besar dari biasanya, yang hanya sekitar 4-10 persen saja. Cashback ini bisa didapat dengan memasukkan kode promo SHOPBACK1212.

XL

Bagi pengguna XL juga diberikan kemudahan, ada tawaran tambahan diskon 20 persen. Diskon ini akan diberikan dengan kode khusus yang akan dikirimkan ke ponsel pengguna.

GOJEK

Pengguna Gojek juga ikut kebagian tambahan promo. Dengan menukarkan Go- Point, pengguna Gojek bisa mendapat tambahan diskon 25 persen untuk pembelian minimum Rp 100.000.

Gojek juga menyediakan voucher Rp 50.000 tanpa minumum pembelian. Tapi voucher ini hanya berlaku bagi pengguna baru di e-commerce yang berpartisipasi di Harbolnas. Kode untuk mendapat promo ini disebutkan bisa diakses di laman Gopoint di aplikasi Gojek.

DOKU

DOKU juga memberikan promo bagi pengguna Dokuwallet dan pengguna non Doku Wallet. Doku wallet adalah platform uang elektronik milik Doku.

Untuk pengguna Doku wallet, Doku memberikan diskon 50 ribu untuk minimal pembelanjaan Rp 150 ribu. Ada juga diskon Rp 100 ribu untuk minimal pembelanjaan Rp 300 ribu. Untuk mendapat potongan ini, pengguna harus memasukkan kode DOKUBOLNAS50.

Sementara bagi mereka yang bukan pengguna Doku Wallet, Doku memberikan cashback 25 persen dengan nilai maksimal Rp 50 ribu. Cashback ini bisa digunakan dengan memasukkan kode DOKUBOLNASCB. Tapi, cashback ini hanya akan diberikan di Doku Wallet. Sehingga, pengguna mesti membuat akun Doku Wallet terlebih dulu untuk bisa mendapat keuntungan tersebut.

Baca juga: Promo Kartu Kredit untuk Belanja Harbolnas 2017

Selamat berlanja di Harbolnas 2017. Maksimalkan keuntunganmu dan temukan barang kesukaanmu. Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan dan mengajukan kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA) dari berbagai bank.https://www.halomoney.co.id/id

Umar Idris

Tentang Penulis: Umar Idris

Penulis masih suka mengikuti perkembangan ekonomi makro, investasi, dan industri keuangan, sesuai minatnya saat masih menjadi editor di Gramedia Group. Penulis bisa dihubungi melalui umar@halomoney.co.id atau @umaridriss