Pilihan Pinjaman Tanpa Agunan Online yang Telah Terdaftar di OJK

|Posted by | Kredit Tanpa Agunan, KTA, Lifestyle, Tips Keluarga
Tags: , ,

Saat ini meminjam uang tidak serepot dulu lagi. Ada banyak tempat pinjaman tanpa agunan online yang bisa kamu pilih, baik berbasis situs ataupun aplikasi pinjaman uang online. Tapi kamu harus teliti, tempat pinjaman mana saja yang sudah terdaftar di OJK!

Mau mengajukan pinjaman tanpa agunan online tapi hanya punya KTP? Bisa! Prosesnya pun mudah dan cepat. Hanya butuh waktu antara tiga hari hingga satu minggu dana yang dimiliki bisa langsung cair. Bahkan ada pula yang bisa mencairkan pinjaman hanya dalam waktu 24 jam. Hebat, bukan?

Berbeda jika dibandingkan dengan bank yang membutuhkan banyak persyaratan seperti slip gaji, NPWP, KTP, kartu kredit sampai dengan buku tabungan. Belum lagi prosesnya yang lebih lama. Akibatnya, banyak di antara masyarakat yang memilih untuk mengajukan pinjaman dana cepat. Tapi, di samping kemudahan yang ditawarkan, ada beberapa risiko yang perlu ditempuh. Apalagi jika tempat pinjaman ternyata belum terdaftar di OJK. Kamu perlu berhati-hati.



Pentingnya Memilih Tempat Pinjaman Tanpa Agunan Online yang Terdaftar di OJK

pinjaman tanpa agunan online

(www.sparkfly.com)

Memilih tempat pinjaman tanpa agunan online yang sudah terdaftar di OJK sangatlah penting. Sebab, dengan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kamu akan terlindungi dari rentenir online. Bunga yang dikenakan pun masih wajar-wajar saja. Meskipun begitu, ada juga aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar namun mengenakan bunga pinjaman yang sangat tinggi.



Dengan masuknya fintech tersebut dalam daftar OJK, setidaknya kamu punya sedikit perlindungan dari OJK. Kamu berhak mengadu dan menagih pengawasan OJK jika terjadi apa-apa dengan kamu.

Jika dibahas lebih lanjut, OJK merupakan lembaga resmi yang fungsinya mengawasi industri jasa keuangan dengan memberi ketetapan. Agar aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan financial technology menjadi lebih terkendali. Adanya pengawasan dari OJK membuat penyedia pinjaman tanpa jaminan tidak berlaku sewenang-wenang dan tetap terkendali. Perusahaan financial technology yang mematuhi peraturan OJK saja yang berhak untuk beroperasi.

Namun, hingga saat ini masih banyak orang yang nekat mengajukan pinjaman tanpa agunan online tanpa pengawasan OJK. Tentu saja karena terdesak oleh keadaan ekonomi dan kebutuhan akan dana cepat. Prinsip mereka adalah asal cepat dapat pinjaman tanpa memikirkan berapa bunga yang akan dikenakan nantinya.

Berikut beberapa risiko yang bisa diterima oleh calon debitur apabila mengajukan pinjaman tanpa agunan online yang tidak diawasi OJK!

1. Adanya penyalahgunaan data pribadi

Berbeda dengan bank, apapun jenis transaksinya rahasia pribadi akan terjamin. Namun, jika pinjaman tanpa agunan online yang tanpa diawasi oleh OJK tentu kerahasiaan data pribadi belum dijamin keamanannya. Selain rentan disalahgunakan, biasanya data pribadi bisa dijual atau digunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.

2. Investasi bodong

Layanan pinjaman tanpa agunan online juga memungkinkan nasabahnya untuk menjadi investor dimana bisa memberikan pinjaman. Ingat, jika tidak terdaftar pada OJK jangan sekali-kali mengambil risiko. Bisa-bisa dana yang kamu miliki lenyap begitu saja. Tentu saja, OJK tidak akan bertanggung jawab pada peristiwa ini. Untuk meminimalisir risiko, baiknya kamu berusaha untuk mengajukan pinjaman hanya yang terdaftar pada OJK.

3. Tidak transparannya pembayaran utang

Apabila tidak diawasi OJK, calon debitur harus benar-benar teliti. Sebab jika tidak pembayaran utang bisa jadi tidak transparan. Bahkan ada yang menawarkan bunga rendah hingga jaminan pinjaman bisa cair hanya dalam waktu beberapa jam saja. Selanjutnya debitur dimintai untuk membayar cicilan, tidak adanya transparansi. Apalagi jika tidak ingin repot memperhatikan biaya cicilan pasti akan tertipu.

Tips Sebelum Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan Online

Dari beberapa kasus yang pernah terjadi, ada baiknya agar kamu bisa lebih waspada terhadap pinjaman online tanpa pengawasan OJK. Pertimbangkan beberapa hal berikut ini terlebih dulu untuk menghindari beragam kesalahan yang mungkin saja terjadi.

  1. Ketahui kebutuhanmu terlebih dulu sebelum mengajukan pinjaman. Apabila sudah mengetahui jenis kebutuhanmu, jangan mengajukan pinjaman tanpa agunan online dengan jumlah melebihi yang dibutuhkan. Mengajukan pinjaman dengan jumlah uang yang berlebihan bisa membuatmu justru terjerat utang lebih banyak.
  2. Sebelum mengajukan pinjaman, ketahui berapa jumlah cicilan yang perlu dibayar. Jangan lupa untuk memastikan jumlah cicilan pinjaman agar kamu bisa memprediksi berapa biaya cicilan yang harus dibayar agar tidak semakin memberatkan kondisi keuangan. Jika sudah memiliki utang, jangan sampai kamu memiliki tunggakan. Sebab, semakin sering kamu menunggak, kamu akan membayar denda lebih banyak ditambah bunganya yang semakin berlipat ganda. Belum lagi namamu akan semakin buruk jika sewaktu-waktu ada BI checking.
  3. Lakukan perbandingan terlebih dulu sebelum memilih jenis aplikasi pinjaman tanpa agunan online. Setidaknya lakukan perbandingan dengan minimal tiga jenis situs atau aplikasi. Cari mana yang paling menguntungkan tentunya dengan bunga yang paling rendah dan syarat termudah.

Daftar tempat pinjaman tanpa agunan online yang bisa kamu pilih:

HaloMoney Tunaiku
Dana Kita Kredivo
KoinWorks UangTeman

Keuntungan yang Bisa Didapat dengan Menggunakan Pinjaman Tanpa Agunan Online

pinjaman tanpa agunan online

(capstonelending.com)

Dari tahun ke tahun pengguna aplikasi pinjaman online semakin meningkat. Tingginya pertumbuhan ini tentu saja karena semakin banyaknya jasa pinjaman online. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan fasilitas pinjaman tanpa agunan online!

1.  Syaratnya lebih mudah

Biasanya lembaga keuangan konvensional menawarkan fasilitas pinjaman dengan syarat yang tidak mudah. Namun, hadirnya fintech memberi kemudahan bagi siapapun yang ingin mengajukan pinjaman secara online dengan syarat mudah. Tanpa adanya agunan, calon debitur bisa mengajukan pinjaman lebih mudah.

2. Prosesnya cepat

Biasanya fintech memberikan pelayanan dengan meringankan administrasi sehingga proses pinjamannya lebih cepat dibanding dengan jenis pinjaman konvensional. Misalnya, untuk penyerahan dokumen tidak seperti bank yang harus mengirimkan sejumlah dokumen dalam jumlah banyak. Melalui fintech biasanya persyaratan yang harus diserahkan jumlahnya lebih sedikit. Di samping itu, proses verifikasinya pun cenderung lebih cepat.

Baca Juga : Pinjam Dana Tanpa Jaminan 1 Hari Cair? Begini Caranya

3. Lebih fleksibel

Jika dibanding dengan pinjaman melalui lembaga keuangan konvensional, melalui situs atau aplikasi pinjaman tanpa agunan online, calon debitur pun tak perlu repot. Sebab, keunggulan yang dimiliki oleh pinjaman online salah satunya adalah fleksibilitas. Tak harus datang ke kantor, proses pengajuan pinjamanmu dapat segera diproses meskipun hanya dilakukan secara online. Cukup bermodalkan internet dan smartphone, pengajuan pinjaman bisa diproses kapan dan dimana saja.

4. Adanya beragam jenis produk pilihan

Tidak hanya bank ataupun lembaga keuangan konvensional lainnya, fintect juga menyediakan beragam jenis produk pinjaman. Calon nasabah bisa mengajukan pinjaman untuk beragam jenis kebutuhan. Mulai dari untuk kebutuhan modal usaha hingga memiliki rumah sekalipun.

5. Fasilitas kalkulator kredit

Calon nasabah tidak perlu khawatir. Melalui fintect kamu bisa memanfaatkan fasilitas kalkulator kredit sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan online. Tentu saja ini akan memudahkanmu dalam mengetahui kemampuan finansial.

KTA Bisa Jadi Solusi Tepat

Pinjaman tanpa agunan online yang bisa kamu dapatkan salah satunya adalah KTA. Biasanya KTA ini merupakan produk pinjaman dari bank. Tapi kamu bisa kok mengajukannya secara online. Caranya sangat mudah, hanya melalui HaloMoney.co.id proses pengajuan pinjamanmu bisa berjalan dengan cepat dan lancar.

KTA bisa jadi solusi yang tepat untuk kamu saat membutuhkan dana cepat. Ada beragam jenis KTA yang bisa dipilih. Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya jika kamu pelajari, bandingkan dan pertimbangkan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin mengetahui lebih detail terkait produk KTA dari masing-masing bank, kamu bisa menghubungi bank yang dituju melalui call center. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis: Sudiyanti

Passionate writer, full-time mother, and food traveler :)