Pinjaman Dana Jaminan KTP, Begini Cara Pengajuannya

|Posted by | Kredit Tanpa Agunan, KTA
Tags: , ,

Pinjaman dana jaminan KTP saat ini banyak sekali jumlahnya. Tapi tidak semua sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Oleh karena itu, kamu harus jeli dalam memilihnya agar tidak tertipu di kemudian hari.

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan dana cepat menyebabkan perusahaan fintect semakin bertebaran. Fintech ingin memberikan solusi tepat dan cepat untuk masyarakat dalam meminjam dana. Tak perlu repot, hanya dengan menggunakan KTP meminjam uang pun jadi lebih mudah. Tapi pinjaman dana jaminan KTP tidak semua aman. Kamu perlu meneliti lebih jauh sebelum menentukan pilihan. Carilah yang benar-benar terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pinjaman dana saat ini sangat berperan penting dalam mendukung kelangsungan perekonomian di Indonesia. Penyaluran kredit dari tahun ke tahun tumbuh dengan baik. Di samping KTA (Kredit Tanpa Agunan), pinjaman dana jaminan KTP bisa jadi solusi yang tepat saat dalam kondisi mendesak. Lalu kenapa hanya butuh KTP saat mengajukan pinjaman?



Pinjaman Dana Jaminan KTP   

pinjaman dana jaminan ktp

(www.wartaekonomi.co.id)

Sebetulnya, KTP (Kartu Tanda Penduduk) bukan jaminan untuk mengajukan pinjaman. KTP hanya berperan sebagai persyaratan. Tapi kenapa hanya dengan KTP, pengajuan pinjaman calon debitur bisa disetujui? Alasannya karena melalui KTP, perusahaan fintech terbantu dalam melakukan pengecekan atau verifikasi dalam menentukan layak tidaknya calon debitur mendapatkan pinjaman. Selain itu, KTP juga berfungsi untuk membantu mengetahui skor kredit meskipun yang berperan tidak hanya KTP tapi juga dokumen lain baik itu terkait riwayat kredit sebelumnya ataupun informasi pekerjaan saat ini.

Simak beberapa hal berikut ini terlebih dulu sebelum mengajukan pinjaman dana jaminan KTP!



1. Kenali tujuan dari meminjam dana

Sebelum mengajukan pinjaman dana jaminan KTP kamu perlu mengetahui terlebih dulu, apa saja tujuan dari penggunaan itu nantinya. Apakah sebagai tambahan modal usaha, pendidikan, atau biaya kesehatan. Kenali dengan jelas tujuannya. Jika kamu sudah mengetahui secara jelas tujuannya pasti jumlah uang yang akan dipinjam pun sesuai dengan kebutuhan. Sebab, mengutamakan dana pinjaman untuk keperluan dan kebutuhan merupakan hal yang penting.

2. Pikirkan jangka waktu pinjaman

Biasanya pinjaman dengan jangka waktu yang lebih lama memiliki biaya lebih besar. Salah satu biaya yang dibebankan adalah bunga. Tentu saja dengan semakin lamanya pinjaman, semakin banyak pula bunga yang dibebankan. Bagi kamu yang memiliki kemampuan membayar utang lebih cepat, sebaiknya ajukan pinjaman dana jaminan KTP dengan jangka waktu singkat. Tapi jika kamu belum memiliki kemampuan untuk segera melunasi utang, tak ada salahnya memilih tenor yang lebih lama. Tapi ingat, pikirkan baik-baik biaya yang dibebankan nantinya.

3. Punya sumber pemasukan yang jelas

Jika kamu sudah memiliki pemasukan yang jelas, mengajukan pinjaman dana jaminan KTP tentu tidak khawatir lagi. Sebab, ada uang yang digunakan untuk membayar pinjaman. Tapi jika tidak memiliki pemasukan yang ada kamu justru akan dikejar-kejar oleh penagih utang. Daripada hidup tidak tenang, lebih baik jangan meminjam uang terlebih dulu jika pemasukan belum jelas. Namun, bagi kamu yang sudah memiliki pemasukan jelas dan sedang butuh dana mendesak, tak ada salahnya apabila ingin mengajukan pinjaman. Meskipun hanya membutuhkan syarat KTP saat mengajukan pinjaman bukan berarti bisa seenaknya saja.

4. Ketahui jumlah pinjaman yang dibutuhkan

Saat sedang butuh dana, kamu pasti tahu berapa jumlah uang yang dibutuhkan. Agar tidak salah perhitungan, pertimbangkan dulu kebutuhan dananya. Jangan sampai kamu meminjam melebihi dari yang dibutuhkan karena bisa mengakibatkan terlilit utang lebih besar. Tentu saja ini akan merugikan diri sendiri.

5. Pilih lembaga yang tepat

Saat ingin mengajukan pinjaman dana jaminan KTP, sebaiknya kamu memilih lembaga mana ataupun perusahaan fintech apa yang sudah dijamin oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Aman atau tidak meminjam di lembaga tersebut. Berapa biaya-biaya tambahan yang dikenakan nantinya, termasuk bunganya.

Memilih Lembaga Pinjaman Dana Jaminan KTP yang Tepat

Butuh dana cepat saat ini tidaklah sulit. Banyak lembaga yang memberikan fasilitas pinjaman uang hanya membutuhkan jaminan KTP saja. Hal yang paling penting adalah pahami aturan mainnya terlebih dulu. Baik perusahaan fintech ataupun bank kini mulai berlomba-lomba memberikan kemudahan bagi calon debitur saat ingin meminjam dana.

1. Tunaiku Amar Bank 

Amar Bank menyediakan produk pinjaman tanpa agunan yang tidak mengenakan syarat kartu kredit bernama Tunaiku. Tunaiku Amar Bank memberikan plafon pinjaman mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 20 juta dengan masa tenor cicilan hingga 20 bulan.

Berikut spesifikasi lengkap produknya:

  • Plafon pinjaman mulai Rp 2 juta sampai Rp 20 juta
  • Jangka waktu pinjaman mulai 6 bulan-15 bulan
  • Bunga pinjaman 3% per bulan flat.
  • Minimum pendapatan bulanan Rp 3 juta
  • Usia minimum 21 tahun dan maksimum 60 tahun saat pelunasan
  • Melengkapi dokumen persyaratan: Fotokopi KTP, Fotokopi Kartu Pegawai atau Surat Keterangan Kerja, Fotokopi Mutasi Rekening atau Rekening Koran, Slip Gaji.
  • Pengajuan di HaloMoney.co.id dan dapatkan asuransi gratis selama tiga bulan.

4. KTA DBS Telkomsel

DBS bekerja sama dengan Telkomsel untuk memberikanmu kemudahan dalam mengajukan pinjaman. Bagi pemilik kartu prabayar Telkomsel, baik Simpati atau Kartu AS,  bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan dari Bank DBS Indonesia hingga Rp 10 juta tanpa syarat kepemilikan kartu kredit. Lebih lengkapnya, berikut ketentuan KTA DBS Telkomsel:

  • Tenor pinjaman mulai dari 6 bulan hingga 36 bulan
  • Hanya untuk nasabah yang berdomisili di Jabodetabek
  • Bunga yang ditawarkan mulai 1,99%-2,49% per bulan
  • Memiliki pendapatan minimal Rp 3 juta per bulan
  • Berstatus sebagai karyawan
  • Memiliki nomor Telkomsel Prabayar
  • Pengajuan di HaloMoney.co.id dan dapatkan asuransi gratis selama tiga bulan.

Syarat Pinjaman Dana Jaminan KTP

pinjaman dana jaminan ktp

(www.standardmedia.co.ke)

Pinjaman dana jaminan KTP memang tidak sepenuhnya hanya membutuhkan KTP. Ada persyaratan lain yang dibutuhkan. Persyaratan ini tentu berbeda dengan pengajuan pinjaman seperti KTA. Biasanya ini berlaku untuk pinjaman dana cepat yang hanya membutuhkan proses 24 jam saja.

KTP merupakan salah satu dokumen yang paling utama dibutuhkan dalam pengajuan pinjaman. Sebab, metode pengajuan pinjaman dana melalui fintech dilakukan 100% secara online. Itulah sebabnya calon debitur perlu mengunggah foto KTP dalam bentuk file JPEG. Proses ini tidak sulit karena masyarakat rata-rata telah memiliki fitur kamera smartphone yang canggih.

Di samping KTP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan atau bukti penghasilan sangat dibutuhkan untuk melengkapi proses pengajuan pinjaman. Caranya mudah, sama seperti KTP. Agar prosesnya berjalan lancar, pastikan foto bukti penghasilan dapat terbaca dengan jelas. Satu lagi yang biasanya dibutuhkan saat akan mengajukan pinjaman dana jaminan KTP. Kamu perlu melakukan pemindaian wajah. Tidak semua aplikasi pinjaman online memberikan syarat ini. Tapi ada aplikasi pinjaman yang membutuhkan syarat ini. Agar terlihat jelas, ambillah foto di tempat yang memiliki pencahayaan jelas.

Pinjaman uang jaminan KTP memang sedang naik daun saat ini. Syarat utamanya memang harus menyertakan foto KTP di setiap pengajuan pinjaman. Namun di samping itu, ada beberapa hal lain yang dibutuhkan. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kebutuhan akan dana yang ingin dipinjam. Jangan sampai dana yang kamu pinjam melebihi kebutuhan. Jika hal tersebut terjadi tentu bisa berakibat buruk pada dirimu sendiri. Jumlah utang yang lebih besar, bebanmu juga terasa lebih berat. Jadi pikirkan terlebih dulu baik-baik sebelum mengajukan pinjaman. Berusahalah untuk selalu bijak dalam hal keuangan ya Moneysavers!

Tentang Penulis: Sudiyanti

Passionate writer, full-time mother, and food traveler :)