Pilihan Pinjaman Uang Bayar Bulanan, Apa Saja yang Bunganya Ringan?

|Posted by | Kebiasaan Keuangan, Kemerdekaan Finansial, Kredit Tanpa Agunan, KTA
Tags: , ,

Meminjam dengan opsi pembayaran cicilan bulanan menjadi pilihan menarik karena memungkinkan seseorang membayar sesuai kondisi keuangan mereka. Simak pilihan terbaru pinjaman uang bayar bulanan dengan bunga ringan berikut.

Kamu sedang bingung mencari pinjaman uang tunai, Moneysavers? Di tengah tren bunga mahal seperti saat ini, mencari pinjaman yang berbunga atau biaya murah bukanlah hal mudah. Namun, apa boleh buat, kebutuhan uang tunai yang mendesak seringkali tidak bisa ditunda lagi. Idealnya, kebutuhan uang mendadak seperti itu seharusnya bisa ditanggulagi dengan ketersediaan dana darurat. Akan tetapi, seringkali yang terjadi, dana darurat rumah tangga tidak memadai. Bahkan yang lebih buruk lagi, dana darurat tidak tersedia sama sekali dalam keuangan pribadi.

Bila sudah demikian, ada dua opsi yang bisa dipilih. Pertama, menggadaikan barang berharga yang kita miliki untuk mendapatkan dana tunai. Aset berharga yang bisa digadaikan antara lain emas, kendaraan bermotor, sertifikat deposito, dan barang berharga lain. Kedua, menjual barang berharga yang kita miliki. Bila tidak memungkinkan untuk menggadai barang, menjual barang untuk mendapatkan uang tunai bisa kamu tempuh.

Bagaimana bila dua opsi tersebut tidak tersedia? Mau tidak mau, opsi ketigalah yang dipilih yaitu meminjam uang atau berutang. Bila memungkinkan berutanglah pada kerabat atau saudara agar bisa mendapatkan pinjaman lunak tanpa bunga. Namun, bila langkah itupun sulit, meminjam pada institusi keuangan mau tidak mau menjadi pilihan.

Saat ini sudah banyak penawaran pinjaman uang online dengan syarat mudah dan bunga cukup murah. Selain itu banyak pula produk pinjaman uang bayar bulanan yang memungkinkan kamu menyicil pembayaran utang setiap bulan. Dengan menyicil pembayaran pinjaman setiap bulan, si peminjam akan lebih ringan dalam memenuhi pengembalian seluruh utang beserta bunganya.

Inilah 4 pilihan pinjaman bulanan online langsung cair dengan bunga terjangkau dan pembayarannya bisa dicicil bulanan:

1. Pinjaman cepat tanpa agunan dari CTBC Bank

  • Plafon pinjaman mulai Rp5 juta sampai Rp300 juta
  • Tenor pinjaman sampai 60 bulan
  • Cicilan pinjaman tersedia secara bulanan sampai rentang waktu 5 tahun

2. Pinjaman cepat tanpa agunan dari DBS Bank

  • Syarat gaji Rp5 juta
  • Harus memiliki kartu kredit aktif
  • Tenor pinjaman mulai 12 bulan
  • Pengembalian pinjaman bisa dilakukan secara bulanan

3. Pinjaman cepat tanpa agunan dari KEB Hana Bank

  • Bunga rendah 0,95% berlaku untuk pinjaman plafon berapa saja
  • Proses mudah dan cepat untuk berbagai kebutuhan
  • Pembayaran pinjaman dilakukan secara bulanan sesuai dengan kemampuan si peminjam

4. Pinjaman cepat tanpa agunan dari Standard Chartered Bank

  • Harus memiliki kartu kredit
  • Plafon Rp5 juta hingga Rp300 juta
  • Pembayaran cicilan bisa secara bulanan

Bisakah mendapatkan pinjaman uang bayar bulanan tanpa reputasi kredit sebelumnya?

Hampir semua penyedia pinjaman uang yang bisa dicicil mensyaratkan keberadaan skor kredit yang baik bagi si calon peminjam. Bila si calon peminjam memiliki skor kredit oke, dia dengan mudah bisa mendapatkan pinjaman. Sebaliknya, bila si calon peminjam tidak memiliki skor kredit atau skor kreditnya buruk, dia akan kesulitan mendapatkan pinjaman.

Baca Juga : Pinjaman Online Tanpa Jaminan dan Kartu Kredit, Inilah Pilihan Terbaik yang Bisa Dipilih

Apa, sih, sebenarnya skor kredit itu? Skor kredit adalah sistem nilai atas histori kredit seseorang di bank atau lembaga keuangan lainnya. Skor kredit bisa didapatkan melalui serangkaian proses analisis BI Checking dengan cara menelusuri histori kredit calon debitur pada Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia. Sejak 1 Januari 2018, SID telah dialihkan dari BI dan dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nama baru yaitu Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Singkatnya, proses tersebut menjadi penentu apakah calon debitur layak diberikan kredit atau tidak. Untuk itu, penting untuk memiliki histori kredit sekaligus skor kredit yang bagus dan terus menuju ke arah positif. Sebab, tak jarang lembaga keuangan yang menolak pengajuan kredit seseorang karena tidak memiliki skor kredit, atau karena skor kredit tersebut masih buruk.

Orang-orang yang memiliki skor kredit buruk bisa memperbaikinya dengan membayar cicilan tertunggak atau membayar tagihan tepat waktu. Nah, bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki skor kredit? Apakah tidak ada harapan untuk mendapatkan akses kredit? 

Sebenarnya bisa saja seseorang yang belum memiliki skor atau reputasi kredit untuk mendapatkan pinjamanuang bayar bulanan. Namun, dari sisi proses persetujuan, biasanya seseorang yang belum memiliki reputasi kredit akan lebih lama.

Simak cara mudah membangun skor atau reputasi kredit berikut ini:

  • Bangun skor kredit dengan kartu kredit

Membangun skor atau reputasi kredit dengan kartu kredit adalah cara yang mudah. Soalnya, kartu kredit termasuk fasilitas pinjaman bank yang relatif cukup mudah didapatkan tanpa persyaratan yang rumit. Kamu bisa membangun skor kredit dengan pemakaian kartu kredit yang bijak. Misalnya, memakai sesuai kemampuan, tidak pernah terlambat membayar tagihan kartu kredit, dan lain sebagainya.

Kemudahan mendapatkan kartu kredit dan memakainya untuk transaksi jangan sampai membuat kamu lalai sehingga justru menciptakan reputasi kredit yang buruk. Bila pemakaian kartu kredit kamu jelek, otomatis reputasi dan skor kredit yang kamu catat ikut buruk. Ini akan menyulitkan kamu dalam mendapatkan pinjaman di kemudian hari.

  • Aktif memakai kartu kredit

Skor kredit kamu juga bisa dibangun secara baik bila kamu aktif memakai kartu kredit secara tepat. Bank akan melihat bahwa kamu adalah seorang debitur yang bisa dipercaya karena menilik pemakaian kartu kredit yang aktif, akan tetapi tetap disiplin dalam membayar tagihan.

  • Jangan sampai terlambat bayar tagihan

Terlambat membayar tagihan kartu kredit bukan hanya membuat skor kredit dan reputasi kredit kamu merah. Ini juga akan menyulitkan kamu mendapatkan pinjaman di hari depan. Pasalnya, tindak tanduk si debitur atau pemegang kartu kredit seluruhnya akan direkam dalam catatan BI Checking atau SLIK tersebut. Bank akan selalu mengecek catatan SLIK seseorang sebelum memutuskan memberikan kucuran pinjaman. Jadi, berhati-hatilah dalam memakai kartu kredit, guys!

  • Berhati-hati dengan pinjaman lain 

Jika kamu memiliki beberapa macam kredit, maka skor kredit kamu bisa lebih tinggi dibandingkan dari orang lain yang hanya memiliki satu macam kredit. Contohnya, kamu dan temanmu punya total kredit sebesar Rp 30 juta dan kalian berdua selalu lancar melunasi tagihan dan tepat waktu. Bedanya, kredit kamu hanya terdiri dari utang kartu kredit saja sedangkan teman kamu terdiri dari utang kartu kredit dan KTA.

Bisakah meminjam uang bila skor kredit rendah atau reputasi kredit buruk?

Bila merujuk pada prinsip keuangan sehat, catatan kredit yang bermasalah mengindikasikan kamu sebaiknya tidak berutang lagi. Karena bila memaksakan diri berutang di tengah kondisi keuangan yang buruk, itu hanya akan mengantar kamu ke dalam masalah finansial yang lebih parah. 

Baca Juga : Membandingkan Pilihan Pinjaman Dana Cepat 2018

Memang, sebenarnya masih ada celah agar kamu bisa mendapatkan pinjaman walau catatan kredit di BI Checking bermasalah. Misalnya, dengan mengajukan pinjaman dalam nilai lebih kecil, mencari pinjaman ke lembaga non-bank, dan sebagainya. Namun, risiko memaksakan diri tetap berutang di tengah kondisi keuangan yang sebenarnya sudah terlarang untuk berutang, akan sangat berbahaya bagi keuangan kamu.

Beberapa orang mungkin akan tetap memaksakan diri untuk mencari pinjaman KTA tanpa BI checking. Sebenarnya pinjaman tanpa BI checking itu nyaris tidak ada. Soalnya, hampir semua penyedia pinjaman sudah pasti mensyaratkan pengecekan histori kredit seseorang calon peminjam.

Kalaupun ada pinjaman uang bayar bulanan yang tidak mensyaratkan BI checking, kemungkinan produk pinjamannya dipatok bunga sangat mahal seperti pinjaman rentenir online yang banyak menjerat korban di luar sana. Itulah mengapa sebaiknya kamu tetap berhati-hati dan tidak gelap mata saat hendak mengajukan pinjaman. Bila memang dinilai tidak memenuhi syarat, sebaiknya kamu tidak memaksakan diri supaya kondisi keuangan tidak semakin buruk. Dengan begitu, permasalahan keuangan tidak kian pelik. Siap menjalankan?