Pengin Belanja Gratis dengan Kartu Kredit? Pakai Saja Reward Point Kamu

|Posted by | Belanja, Belanja Online, Kartu Kredit, Promo Kartu Kredit, Tips Hemat
Tags:

point reward

Banyak jalan mewujudkan belanja puas tanpa mengeluarkan banyak uang, salah satunya memakai reward point kartu kredit. Ada trik mudah agar reward point kartu kredit banyak sekaligus bermanfaat membantu belanja lebih hemat.

Siapa, sih, yang tidak suka berbelanja? Sepertinya, kebanyakan orang menikmati aktivitas berbelanja sebagai sebuah kegiatan yang menyenangkan. Membeli dan memiliki barang idaman. Menikmati jasa atau layanan yang memanjakan diri. Berbelanja bahkan konon diakui sebagai salah aktivitas yang efektif untuk melepaskan tekanan atau stres melalui apa yang dikenal sebagai “retail therapy”.

Memang, sejauh ini masih banyak pro-kontra apakah benar berbelanja adalah cara pelepasan stres yang efektif. Ada kalangan yang menilainya sebagai sebuah fakta. Ada juga yang menganggapnya mitos belaka. Mungkin kamu juga memiliki pendapat sendiri tentang hal ini.

Namun, yang sudah pasti orang sepakati adalah: berbelanja hanya akan melahirkan stres baru apabila sampai membuat kondisi keuangan berantakan. Apalagi bila acara berbelanja itu memakai kartu kredit yang tidak disertai kedisiplinan membayar penuh tagihan.

Maka itu, strategi berbelanja yang cerdas, yaitu belanja puas tanpa membikin isi kantong jebol, perlu kamu kuasai. Nah, salah satu bagian dari belanja cerdas adalah dengan mengoptimalkan penggunaan reward point kartu kredit untuk membantu kamu belanja lebih hemat!

Bukan rahasia lagi bila reward point kartu kredit bisa membantu kamu belanja lebih hemat, 20%, 50% bahkan hemat 100% alias belanja gratis. Asyik, ya.

Baca Juga : Cara Aktivasi dan Pembayaran Tagihan Kartu Kredit Bank BTN

Bagaimana mendapatkan reward point kartu kredit? 

reward point

Bila kamu memiliki kartu kredit, penerbit kartu kredit pada umumnya memberikan poin hadiah atau reward point untuk setiap transaksi yang kamu lakukan. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan kartu kredit sebagai alat transaksi nontunai. Terlebih bila dibandingkan dengan kartu debit misalnya,

Setiap kartu kredit memiliki hitungan yang berbeda-beda dalam pemberian reward point. Sebagai contoh, BNI reward point yang diberikan bagi pengguna kartu kredit BNI, memberikan reward point untuk setiap transaksi senilai Rp 2.500 dan kelipatannya. Jadi, misalnya kamu memakai kartu kredit BNI untuk bertransaksi sebesar Rp 300.000, maka kamu akan mendapatkan 120 reward point.

Selain BNI, kartu kredit lain juga memberikan reward point dengan hitungan tersendiri. Ada kartu kredit yang royal memberikan point dengan memberikan point dari nilai transaksi lebih kecil, seperti BCA dengan poin hadiah setiap transaksi Rp 1.000. Ada juga yang relatif mahal memberikan poin hadiah, misalnya 1 reward point diberikan untuk transaksi di atas Rp 10.000. Ada pula yang memberikan fitur double reward untuk setiap transaksi senilai tertentu.

Nah, poin-poin itu selanjutnya bisa kamu tukarkan menjadi cashback, diskon harga, dan berbagai keuntungan lain sesuai penawaran masing-masing kartu kredit. Menarik, bukan? Kamu bisa mengumpulkan reward point kartu kredit dengan cara memperbanyak transaksi memakai kartu kredit. Tapi, tentu kamu harus selalu ingat untuk memakai kartu kredit dengan bijak sesuai kondisi finansial.

Selain itu, ada banyak cara lain untuk mengumpulkan poin hadiah kartu kredit tanpa harus berbelanja yang sifatnya konsumtif. Berikut ini di antaranya:

1. Alihkan pembayaran tagihan rutin memakai kartu kredit

Setiap bulan kamu pasti memiliki berbagai jenis tagihan rutin yang harus kamu bayarkan. Misalnya, tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan internet, dan lain sebagainya. Bila selama ini kamu membayarkan tagihan rutin melalui pembayaran konvensional, seperti transfer lewat bank, transfer ATM, dan sebagainya; nah, kamu bisa mengalihkan pembayaran menggunakan kartu kredit.

Baca Juga : Memudahkan Nasabah, Kartu Kredit Citibank Online Jadi Pilihan Tepat

Dengan demikian, nilai transaksi kartu kredit kamu jadi banyak tanpa kamu harus berbelanja yang sifatnya konsumtif. Nilai transaksi yang semakin besar berarti semakin banyak pula reward point yang akan kamu dapatkan.

Tentu saja kamu perlu memastikan terlebih dulu ketentuan poin hadiah di kartu kredit yang kamu miliki. Apakah transaksi pembayaran tagihan rutin seperti itu memang bisa mendapatkan reward point. Beberapa kartu kredit membatasi pemberian poin hadiah untuk transaksi ritel atau transaksi belanja saja. Sedangkan transaksi tarik tunai atau cash advance, pembayaran bunga atau denda, ada kalanya tidak diberikan poin hadiah.

2. Bayari grup ketika ada transaksi besar

Kamu sering hangout dengan teman-teman atau keluarga? Tidak ada salahnya mencoba menawarkan diri untuk menalangi pembayaran transaksi makan-makan atau transaksi hangout tersebut memakai kartu kredit. Teman-teman kamu tinggal membayar proporsi masing-masing kepada kamu dengan uang tunai.

Dengan cara ini, kamu diuntungkan karena bisa mendapat poin hadiah dari transaksi besar tersebut walaupun pengeluaran ditanggung masing-masing.

3. Segera tukarkan reward point, jangan menumpuk terlalu lama

Selalu tukarkan reward point segera mungkin. Beberapa bank mungkin memiliki kebijakan mengenai masa berlaku poin hadiah. Cek ketentuan ini dan pastikan agar kamu tidak sampai kelupaan menggunakan poin hadiah. Tentu akan sangat disayangkan jika poin tersebut hangus karena sudah lewat masa berlakunya.

4. Gunakan untuk membayar iuran tahunan kartu kredit

Tidak semua kartu kredit membolehkan pemakaian poin hadiah untuk membayar iuran tahunan. Namun, bila kartu kredit kamu memungkinkan hal tersebut, mengapa tidak dimanfaatkan? Bayar saja iuran tahunan memakai reward point sehingga kamu bisa menikmati kartu kredit tanpa dibebani biaya tahunan.

5. Fokus pada kartu kredit yang paling sering kamu pakai

Kepemilikan kartu kredit bisa lebih dari satu untuk satu orang. Bahkan, tidak sedikit orang yang memiliki kartu kredit di atas 6 buah. Nah, supaya upaya pengumpulan poin hadiah efektif, kamu perlu fokus memakai kartu kredit yang paling sering kamu gunakan.

Pilihlah kartu kredit yang memang royal memberikan reward point dan sejauh ini terbukti banyak memberi keuntungan bagi transaksi finansial rutin kamu.

Pilihan kartu kredit dengan reward point tinggi

9jan-7

Bila kamu senang menikmati keuntungan dari memanfaatkan reward point kartu kredit, kamu bisa mendapatkannya lebih mudah dengan memilih kartu kredit dengan hitungan reward point yang mudah. Berikut ini beberapa pilihan yang bisa kamu timbang:

Penerbit kartu kredit

Jenis kartu kredit

Hitungan reward point

HSBC HSBC Gold Card setiap transaksi senilai Rp 1.500 dan kelipatan
HSBC Visa Signature setiap transaksi senilai Rp 1.500 dan kelipatan
HSBC Visa Platinum setiap transaksi senilai Rp 1.500 dan kelipatan. Juga, 2x poin reward untuk transaksi fashion, dining dan transaksi di luar negeri
BCA All BCA Credit Card setiap transaksi Rp 1.000 dan kelipatan
BNI BNI Lotte Mart setiap transaksi Rp 833
BNI Visa Silver setiap transaski senilai Rp 2.500 dan kelipatan
BNI Chelsea Credit Card setiap transaksi senilai Rp 2.500 dan kelipatan
BNI Mastercard Silver setiap transaksi senilai Rp 2.500 dan kelipatan
BNI Visa Platinum setiap transaksi senilai Rp 2.500 dan kelipatan
Citibank Citi Rewards Card setiap transaksi senilai Rp 3.000 dan kelipatan
Citi Telkomsel Card setiap transaksi senilai Rp 3.000 dan kelipatan
Standard Chartered Bank Standard Chartered Visa Business Platinum setiap transaksi senilai Rp 333 dan kelipatan
Standard Chartered Visa Gold Rp 10.000 untuk 1 reward point
Standard Chartered Visa Black Platinum Rp 10.000 untuk 1 reward point
Standard Chartered Mastercard Platinum Rp 10.000 untuk 1 reward point
UOB Indonesia UOB Preferred Platinum Mastercard Rp 333 untuk 1 reward point
UOB Lady’s Card Platinum Rp 333 untuk 1 reward point

KK

 

Ruisa Khoiriyah

Tentang Penulis: Ruisa Khoiriyah

Former Finance Journalist, Writer and Editor, Financial Blogger and Lifelong Learner. Selalu ingin berbagi hal yang berguna, praktis dan bisa memberi nilai lebih bagi para pembaca, terutama seputar pengelolaan keuangan pribadi dan kampanye literasi finansial. Ruisa bisa dihubungi di ruisa@halomoney.co.id.