Money Monday Series: 5 Pelajaran Keuangan Untuk Anak Paling Penting untuk Segera Diajarkan

|Posted by | Tips Keluarga
Tags: , ,

HALOJAK

Money Monday Series:

5 Pelajaran Keuangan Untuk Anak Paling Penting untuk Segera Diajarkan

jaymoney

Apakah kamu memiiliki anak, keponakan, atau adik yang masih kecil? Saat masih anak-anak, kita cenderung lebih mudah menyerap pelajaran dan pengetahuan yang diajarkan kepada kita. Oleh karena itu, kita bisa mulai memberikan beberapa pelajaran keuangan untuk anak sejak dini.

Pelajaran keuangan yang dimaksud di sini tentu bukan teori keuangan dan ekonomi yang agak ribet seperti bagaimana membuat laporan keuangan atau menghitung bunga majemuk bank. Ada beberapa konsep sederhana yang penting untuk diajarkan sejak dini. Check this out!

 

1. Pentingnya memiliki visi dan tujuan

Pelajaran keuangan untuk anak yang utama: tetapkan tujuan

Banyak orang terutama para pekerja muda yang tidak memiliki visi dan tujuan hidup saat ini. Mereka bekerja seperti robot, masuk pagi, pulang sore dan menikmati akhir pekan namun hanya mengikuti arus hidup saja. Bekerja hanya dilihat sebagai suatu ‘bagian dari arus kehidupan yang mau tidak mau harus dijalani’, tapi tidak melihat nilai dari pekerjaan itu sendiri dan untuk apa mereka melakukannya. Yang penting dapat duit.

“Ajarkan mengenai pentingnya cita-cita dan tujuan menabung. Kalaupun nanti tujuan dan cita-cita berubah, itu hal yang wajar kok. Selama punya tujuan, anak akan lebih semangat untuk mencapainya.”

 

2. Pentingnya menabung

pentingnya menabung

Kecuali kamu memiliki harta warisan yang tidak akan habis tujuh turunan, menabung merupakan hal penting yang perlu dilakukan sejak dini. Jangan menyuruh anak menabung tanpa memberikan pemahaman mengapa ia perlu menabung. Kamu bisa memberinya suatu tujuan menabung seperti membeli mainan favoritnya dengan uang hasil tabungan sendiri, bukan merengek minta dibelikan.

“Biar lebih semangat, berikan celengan yang berbentuk karakter kartun kesukaannya. Kalau skala tabungannya sudah besar, kamu bisa ajak untuk membuka rekening bank sendiri.”

banner KTA

3. Prinsip balas jasa

Anak lakukan pekerjaan rumah

Balas jasa atau balas budi merupakan konsep keuangan penting lain yang bisa kamu ajarkan agar anak tahu terima kasih. Misalnya begini, kamu berjani memberinya uang jajan tambahan kalau membantu mengerjakan pekerjaan rumah tambahan. Tepati janji tersebut setelah dia melakukannya.

“Hal ini juga membuat dia lebih mengerti cara menghargai usaha orang lain dalam melakukan suatu pekerjaan.”

 

4. Hargai nilai uang

anak mulai bisnis sendiri

Untuk konsep yang satu ini, kamu bisa melibatkannya dalam bisnis yang kamu jalani ataupun bisnis milik kenalanmu. Contohnya, kamu punya bisnis jualan kue basah. Ajak dia terlibat dalam pembuatan kue basah dan pemasaran kue jualan kamu. Dengan demikian, dia bisa perlahan mengerti bahwa mencari uang itu butuh usaha dan tidak baik untuk dihambur-hamburkan.

“Bisa juga kamu melepasnya dengan menyuruh menjual sesuatu seperti kue atau jajanan kepada teman-temannya. Dia bisa lebih langsung lagi menghargai uang hasil jerih payahnya sendiri.”

 

5. Jadikan kegagalan sebagai batu loncatan

tenangkan anak

Jika ia mengalami suatu kegagalan seperti nilai yang kebetulan jelek, jangan dimarahi. Tanyakan baik-baik mengapa ia bisa mendapat nilai jelek dan pikirkan bersama solusinya. Begitu juga dalam bisnis yang melibatkan dia. Kalau dia gagal membantu kamu dalam usaha penjualan kue misalnya, jangan dimarahi atau dibentak tapi fokuslah pada solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

“Hal ini penting karena dewasa ini banyak orang yang memilih untuk kabur sebagai penyelesaian masalah karena tidak terbiasa menghadapi kegagalan.”

 

Pastikan anak mengerti konsep keuangan sederhana sejak dini agar ia tumbuh menjadi pribadi yang melek finansial dan bertanggung jawab kelak.

banner KTA

Ada informasi favorit kamu yang belum termasuk di sini? Let us know! Comment di facebook page kami, who knows info dari kamu akan kami angkat di blog post selanjutnya!

HaloMoney adalah situs perbandingan layanan produk kartu kredit dan personal loan No.1 di Indonesia!

Mau lihat lebih banyak artikel lagi? Klik:

HaloMoney-Logo png

Suka artikel Ini? Check these out!

Para Pemilik Bisnis ini Memanfaatkan Pokémon GO untuk Meningkatkan Omsetnya! Simak Triknya di Sini!

Pakai Pokémon GO untuk meningkatkan omset bisnis kamu

5 Cara Mudah Membuat Kartu Kredit yang Cepat & Tepat Sasaran!

Kartu kredit untuk anak remaja , perlukah?

5 Produk KTA Terbaik dan Favorit Nasabah di Indonesia untuk Tahun 2016

Dapatkan KTA Terbaik di Indonesia sekaran juga

7 Strategi Hemat Cerdas Pelihara Hewan Unyu~

Tips Hemat Memelihara Hewan Unyu

 Cara Jadi Kaya dengan Hemat Rp 10 juta Pakai Kartu Kredit yang Tepat!

Strategi Jitu Cara Menghemat Uang Dengan Kartu Kredit Yang Tepat

Untuk menemukan perbandingan produk finansial kartu kredit dan personal loan yang paling sesuai dengan kebutuhan anda, klik:

HaloMoney-Logo png

Ferdinand Chen

Tentang Penulis: Ferdinand Chen

Penulis, vegetarian, dan pecinta fantasi. Senang menulis berbagai topik yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pembacanya.