Money Monday Series: 4 Jenis Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya

|Posted by | Kebiasaan Keuangan
Tags: , ,

HALOJAK

Money Monday Series:

4 Jenis Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya

jaymoney

Semua orang pada dasarnya memiliki rasa takut. Kalau anak-anak (dan orang dewasa tertentu) mungkin takut dengan monster yang sembunyi di kolong ranjang tidurnya, maka kebanyakan orang yang sudah dewasa memiliki ketakutan terkait dengan aspek keuangannya.

Apa rasa takut itu sesuatu yang buruk? Justru tidak kok. Takut berarti kamu sadar dan perlu melakukan suatu antisipasi untuk mencegah ketakutan kamu menjadi nyata. Yuk simak beberapa jenis ketakutan finansial dan cara mengatasinya:

 

1. Aset berharga hilang dan rusak

mobil rusak

Kamu berhasil membeli mobil impian kamu, tapi takut rusak tertabrak di jalan. Atau, kamu baru beli rumah tapi takut runtuh karena gempa misalnya. Ini merupakan salah satu bentuk ketakutan yang wajar. Aset-aset tersebut berhasil diperoleh dengan harga yang sangat mahal, jadi wajar kalau kamu ingin menjaganya.

“Sedikit riset bisa membantu mengatasi ketakutan kamu. Misalnya, jangan lewati jalan-jalan yang jelek dan berbahaya untuk kendaraan, bangun fondasi yang kuat kalau rumah berada di lokasi rawan gempa. Asuransi juga bisa membantu untuk antisipasi kerugian kamu.”

 

2. Seluruh tabungan hilang dalam investasi

saham jatuh

Produk investasi ada macam-macam, mulai dari saham, emas, valas, properti, dan masih banyak lagi. Ada ketakutan tersendiri apabila kita melakukan investasi, uang kita bisa habis dalam sekejap.

“Lakukan diversifikasi terhadap portofolio investasi kamu. Kenali berbagai macam profil risiko setiap produk investasi yang sesuai untuk kamu.”

banner KTA

3. Tidak bisa mendapat pekerjaan yang lebih baik

pengangguran

Ini menjadi salah satu ketakutan umum yang dimiliki oleh banyak orang yang sudah memasuki usia kerja. Mencari pekerjaan baru itu sulit, apalagi yang memberikan gaji sesuai untuk kebutuhan hidup kamu sehari-hari.

“Kembangkan keahlian kamu agar kamu bisa melamar ke lebih banyak jenis pekerjaan. Semakin banyak keahlian kamu, semakin berharga pula kamu di mata para pemberi kerja.”

 

4. Tidak bisa melunasi hutang

ketakutan finansial dan cara mengatasinya kalau hutang menumpuk

Salah satu ketakutan terbesar finansial yang dimiliki semua orang adalah hutang. Banyak yang mengatakan bahwa hutang itu berbahaya dan jangan pernah berhutang ke manapun.

“Hutang akan berguna ketika kamu digunakan untuk hal yang produktif, atau kamu berhutang sesuai dengan kemampuan kamu. Jangan mengambil hutang dengan cicilan per bulan Rp 10 juta kalau kamu tidak sanggup mencicil lebih dari Rp 2 juta per bulan.”

 

Periksa apa yang menjadi ketakutan finansial kamu dan temukan cara terbaik untuk mengatasinya.

banner KTA

Ada informasi favorit kamu yang belum termasuk di sini? Let us know! Comment di facebook page kami, who knows info dari kamu akan kami angkat di blog post selanjutnya!

HaloMoney adalah situs perbandingan layanan produk kartu kredit dan personal loan No.1 di Indonesia!

Mau lihat lebih banyak artikel lagi? Klik:

HaloMoney-Logo png

Suka artikel Ini? Check these out!

Para Pemilik Bisnis ini Memanfaatkan Pokémon GO untuk Meningkatkan Omsetnya! Simak Triknya di Sini!

Pakai Pokémon GO untuk meningkatkan omset bisnis kamu

5 Cara Mudah Membuat Kartu Kredit yang Cepat & Tepat Sasaran!

Kartu kredit untuk anak remaja , perlukah?

5 Produk KTA Terbaik dan Favorit Nasabah di Indonesia untuk Tahun 2016

Dapatkan KTA Terbaik di Indonesia sekaran juga

7 Strategi Hemat Cerdas Pelihara Hewan Unyu~

Tips Hemat Memelihara Hewan Unyu

 Cara Jadi Kaya dengan Hemat Rp 10 juta Pakai Kartu Kredit yang Tepat!

Strategi Jitu Cara Menghemat Uang Dengan Kartu Kredit Yang Tepat

Untuk menemukan perbandingan produk finansial kartu kredit dan personal loan yang paling sesuai dengan kebutuhan anda, klik:

HaloMoney-Logo png

Ferdinand Chen

Tentang Penulis: Ferdinand Chen

Penulis, vegetarian, dan pecinta fantasi. Senang menulis berbagai topik yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pembacanya.