Mau Lapor Pajak? Begini Cara Lapor SPT Online

|Posted by | Pajak
Tags: , ,

Sebagai wajib pajak, setiap tahun kamu perlu melaporkan surat pemberitahuan (SPT) pajakmu. Tepatnya setiap bulan Maret. Bila tak mau repot-repot datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP), kamu dapat melakukannya secara online. Yuk ikuti cara lapor SPT online di sini.   

Pelaporan pajak pribadi ataupun badan usaha dapat dilakukan secara online. Fitur cara lapor SPT online atau e-Filing telah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak Departemen Keuangan untuk mempermudah dan menghemat waktu kamu, sehingga  tak perlu lagi capek  antri di kantor pajak.

Bagi kamu yang baru pertama kali mengurusi laporan SPT, hal pertama yang perlu kamu ketahui tentang cara lapor SPT online adalah tentang kode  formulir. Pada dasarnya, formulir laporan SPT online dibedakan menjadi dua. Yaitu :

  • SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Kode formulir : 1770, 1170S, 1770 SS
  • SPT Tahunan PPh Badan. Kode formulir : 1771

Masing-masing kode tersebut diberikan untuk membedakan kriteria wajib pajak, dimana:

  • 1770 adalah untuk kamu yang berprofesi sebagai pengusaha atau memiliki pekerjaan bebas yang profesional (contoh : akuntan, dokter, dan notaris).
  • 1770 S (Sederhana)
    Yakni wajib pajak dengan kriteria  :  penghasilan setahun Rp 60 juta atau lebih, pekerjaan pegawai swasta, PNS/ASN, TNI/Polri, atau pegawai BUMN/BUMD, bukan pengusaha atau pekerjaan bebas


  • 1770 SS (Sangat Sederhana) adalah untuk kamu yang memenuhi kriteria: punya penghasilan kurang dari Rp60 juta dalam setahun, bekerja sebagai  pegawai swasta, PNS/ASN, TNI/Polri, atau Pegawai BUMN/BUMD, bukan pengusaha atau pekerjaan bebas.

Kamu  dapat mengisi dan menyampaikan laporan SPT online pada aplikasi e-Filing di DJP Online melalui link ini: https://djponline.pajak.go.id/account/login

Gambar: Wartakota

Aplikasi Pajak Online

E-Filing pun dapat dilakukan secara  real time melalui  internet pada website Direktorat Jenderal Pajak  (DJP) (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service Provider (ASP).

Berikut ini beberapa ASP yang telah ditunjuk DJP untuk menghitung, melaporkan, dan membayar pajak secara online.

  •  Solutax

Aplikasi Solutax dirancang oleh Sarana Prima Telematika (SPT).  Cara laporan SPT Online melalui aplikasi Solutax  dapat kamu lakukan dengan mengakses aplikasi ini pada alamat:  www.spt.co.id..

Solutax merupakan aplikasi cara lapor SPT online yang melayani penghitungan, penerbitan kode Billing, dan penyampaian SPT secara elektronis kepada DJP  dengan memanfaatkan jalur komunikasi internet.

Keunggulan dari aplikasi Solutax adalah:

  • Proses hitung, penerbitan kode billing, dan penyampaian SPT dapat dilakukan dalam satu siklus elektronis.
  • SPT dapat dihitung secara multi NPWP tidak perlu keluar masuk database.
  • Proses penerbitan kode billing dapat dilakukan secara cepat dan SPT dapat disampaikan secara online kapan saja (termasuk pada hari libur) dan kamu tidak perlu datang ke KPP.
  • Konfirmasi dari DJP dapat diperoleh saat itu juga (real time) apabila data-data SPT yang dikirim secara elektronis telah sampai, dan diisi dengan lengkap dan benar.
  • Sentralisasi proses menghitung, membayar, dan menyampaikan SPT. Bila selama ini kamu lakukan secara terpisah di kantor cabang, dengan Solutax menjadi tersentralisasi. Sehingga sangat memudahkan dalam konsolidasi penghitungan, pembayaran dan penyampaian SPT antar kantor cabang.

Aplikasi ini dapat diaktifkan dengan menggunakan komputer dengan operating system Windows 7  yang telah terhubung ke internet. Selanjutnya penghitungan, pembayaran dan penyampaian SPT dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu tanpa perlu khawatir SPT kamu tidak diterima oleh Petugas KPP.

Sebab DJP akan memberikan Bukti Penerimaan secara elektronik (BPE) apabila SPT telah sampai, dan diisi dengan lengkap dan benar. BPE ini akan dilengkapi dengan Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) sebagai tanda bukti pengesahan penyampaian SPT.

  • Pajakku

Mirip dengan yang pertama, aplikasi Pajakku juga  memberikan kemudahan dan kecepatan  cara lapor SPT online kepada DJP. Salah satu fiturnya adalah E Billing untuk mencetak kode billing dan pembayaran.

Fungsi dari fitur tersebut adalah :

  • Data wajib pajak dari NPWP tergenerate secara langsung
  • User dapat membuat Surat Setoran Pajak (SSP) dengan berbagai jenis pajak yang tersedia
  • User dapat menyimpan multi data payment account sebagai akses pembayaran user
  • Pembayaran Pajak dapat dilakukan melalui aplikasi e-billing dengan berbagai macam pilihan metode pembayaran
  • Update notifikasi  mengenai status pembayaran user pada akun e-Billing yang tersimpan pada history payment dan email
  • User dapat menerima Bukti Penerimaan Negara (BPN) sebagai buktiWP sudah membayar pajak.

Selain memudahkan pengguna untuk membuat kode ID Billing untuk multi NPWP, fitur E Billing dari aplikasi ini membuat cara lapor SPT online jadi lebih hemat waktu. Khususnya dalam waktu pembuatan kode ID Billing.  Fitur ini juga menyediakan tracking untuk setiap kode ID Billing yang sudah dibuat, dan dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pajak secara online.

Aplikasi ini juga memiliki halaman edukasi mengenai perpajakan. Kamu bisa belajar pajak, mempelajari berbagai peraturan, dan aplikasi perpajakan. Spesifikasi perangkat komputer untuk dapat menggunakan aplikasi ini cukup sederhana. Yakni  OS Microsoft Windows 7, browser  : Mozilla Firefox 40+, Google Chrome 40+, dengan display    1024 x 768, dan koneksi internet  berkecepatan  128 Kbps / Client.

  • Online-Pajak [online-pajak.com]

Aplikasi Online Pajak menyederhanakan seluruh proses pelaporan pajak dengan teknologi pengelolaan pajak online yang instan, bebas repot, dan aman dalam satu aplikasi terintegrasi. OnlinePajak telah disahkan sebagai mitra penyedia jasa aplikasi (ASP) resmi DJP untuk e-Filing pajak dan e-Billing pajak.

Cara lapor SPT online menggunakan aplikasi ini memiliki kelebihan, antara lain, gratis selamanyaSelain gratis, aplikasi ini juga terintegrasi. Hitung, setor, dan lapor pajak online dilakukan dalam satu aplikasi, serta juga terintegrasi dengan aplikasi lainnya dan jasa konsultan pajak.

Keamanan dan kerahasiaan data dijamin 100% selama data disimpan di Online Pajak. Standar keamanan dan kerahasiaan data menggunakan standar  ISO 27001.

Tak perlu berkali-kali input data. Cukup sekali input data. Jadi, melalui pengintegrasian aplikasi dan fitur impor data, pindahkan data otomatis ke OnlinePajak dan cukup sekali input data saja.

Keunggulan lainnnya adalah aplikasi ini berbasis Web, dimana data kamu disimpan online di server terenkripsi, sehingga tidak akan hilang dan diperbarui otomatis sesuai peraturan terkini. Selain itu, setoran dan lapor pajak dapat dilakukan secara instan dan otomatis.Kamu dapat menikmati  back up data dan perhitungan pajak otomatis. Aplikasi ini didesain multi pengguna. Jadi hanya dengan satu  akun maka kamu dapat berkolaborasi dengan kolega-kolega kamu dan mengelola pajak perusahaan-perusahaan kamu.

Selain ketiga aplikasi yang disebutkan di atas, cara lapor SPT Online juga dapat dilakukan melalui situs www.eform.bri.co.id,  aspbni.bni.co.id, dan klikpajak.id.

Banyaknya  Application Service Provider (ASP) yang menyediakan aplikasi pajak online tentu makin memudahkan dan menghemat waktu dalam berurusan dengan pajak. Pastikan kamu menjadi wajib pajak yang baik dengan selalu melaporkan SPT pajakmu kepada Negara secara online.

Selamat melaporkan pajak tahunan Anda. HaloMoney.co.id adalah situs yang tepat bagi anda untuk membandingkan kartu kredit, pinjaman pribadi, asuransi, dan produk lainnya. Gunakan alat perbandingan terpercaya kami untuk mendapatkan informasi terpercaya dan up-to-date mengenai produk keuangan pribadi. Dalam proses daftar akun pinjaman online memerlukan waktu singkat tidak lebih dari 15 menit. Data nasabah aman, tidak perlu khawatir disalahgunakan. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis: Sholahudin Achmad

Blogger, content writer, mantan jurnalis dan praktisi public relations, lulusan Fikom Universitas Padjadjaran. Berminat pada investasi, keuangan dan bisnis.