Mau Kerja dari Rumah? Ini Dia Keuntungan dan Profesi Pilihannya!

|Posted by | Bisnis, Karir, Kebiasaan Keuangan, Kemerdekaan Finansial
Tags: , , , , , , , ,

kerja dari rumah

Tertarik untuk kerja dari rumah? Apa saja ya pilihan profesi yang menarik biar bisa kerja dari rumah? Lalu apa pula keuntungannya? Simak penjelasan berikut ini!

Peluang kerja dari rumah masih sangat terbuka lebar bila memang kamu tertarik menjalankannya. Namun, untuk bisa menggelutinya secara profesional, kamu perlu mengetahui terlebih dulu potensi diri sendiri terlebih dahulu.

Kerja dari rumah bisa memberikan banyak keuntungan baik dari sisi waktu, energi juga finansial. Percaya? Yuk, melihat lebih jauh pemaparannya berikut.

Keuntungan kerja dari rumah

kerja dari rumah

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh saat kerja dari rumah. Keuntungan ini yang sering jadi alasan kebanyakan orang memilih resign dari kerja kantoran dan beralih kerja dari rumah. Apa saja sih keuntungan kerja dari rumah?

1. Menekan biaya pengeluaran

Menurutmu apa sih keuntungan kerja dari rumah yang menggiurkan para pekerja kantoran untuk beralih profesi? Keuntungan pertama kerja di rumah adalah menekan biaya pengeluaran.

Tentu saja ketika kamu bekerja di rumah, maka kamu pastinya akan banyak menghemat pengeluaran. Beberapa pengeluaran yang bisa dihindari saat kerja dari rumah antara lain biaya transportasi, makan di luar dan juga biaya bahan bakar jika kamu menggunakan kendaraan sendiri.

Dengan menghindari biaya-biaya ini tentu saja kamu akan mampu berhemat dan akan mampu menjadikan pendapatan kamu utuh. Saat pendapatan kamu tetap utuh, maka tentu saja kamu akan lebih dibuat untung dan tabungan kamu akan makin bertambah.

Baca Juga : Begini Cara Membuat NPWP Bagi Kamu yang Belum Bekerja

2. Lebih nyaman

Siapa sih yang tak mau kerja dengan kenyamanan apalagi bisa kerja dari rumah? Rumah. Saat kamu bekerja di rumah, tentu saja kamu akan mendapatkan kenyamanan yang lebih daripada jika kamu bekerja di kantor.

Dengan bekerja di rumah, kamu akan lebih leluasa karena kamu bisa bebas mengeksplorasi setiap sisi dari bagian dan sudut rumahmu. Karena kamu akan lebih bisa bebas, leluasa dan lebih nyaman, maka kamu juga akan lebih betah dan membuat pekerjaanmu akan lebih maksimal. Kenyamanan seperti ini sangat sulit untuk bisa kamu dapatkan ketika kamu bekerja di kantor.

Jika kamu bekerja di kantor, ada banyak privasi yang harus kamu jaga dan hormati. Bekerja di kantor juga akan membuat kamu terbentur oleh aturan-aturan yang pastinya akan membuat tingkat kenyamanan seorang karyawan akan semakin mengecil.

3. Efektif dan efisien mengatur waktu

Waktu memang sebuah hal yang paling penting dalam hidup ini, setuju kan? Saat kamu bekerja di kantor, maka kamu bisa saja kehilangan banyak waktu karena kamu harus menempuh jarak dan perjalanan hingga sampai di kantor. Sesampai di kantor aktivitas kamu pun akan diatur sedemikian rupa oleh sistem atau budaya yang ada di kantor. Di kantor kamu akan diatur oleh aturan waktu atau jam masuk kantor, jam istirahat dan juga jam pulang kerja. Duh, capek banget ya!

Namun jika kamu bekerja dari rumah, maka kamu akan mendapatkan waktu lebih banyak untuk mengerjakan sebuah pekerjaan. Keluasan waktu ini kamu dapat karena kamu tidak harus menempuh perjalanan untuk bisa mulai bekerja.

Satu hal lagi ketika kamu bekerja di rumah maka kamu akan lebih leluasa untuk mengatur waktu kamu, karena kamu tidak diatur oleh siapapun dan oleh sistem atau budaya apapun. Maka dari sini kamu pun bisa mengatur kapan jam masuk kerja, jam istirahat hingga jam selesai bekerja.

4. Lebih dekat dengan keluarga

Bayangkan betapa asyik nya kerja nyaman di rumah dan dekat dengan keluarga. Asyik kan? Apakah kamu juga tertarik? Dengan bekerja dari rumah, maka kamu akan mampu lebih dekat dengan keluargamu.

Keluarga yang merupakan hal yang paling berharga tentu saja akan membuat kamu yang sangat mencintai keluarga akan memiliki waktu yang lebih banyak dengan orang terkasih. Apalagi bagi kamu yang baru saja memiliki anak, maka kamu akan lebih banyak waktu untuk bisa mengasuh dan memperhatikan si anak.

Baca Juga : 14 Tips Kerja Freelance Biar Kamu Tahu Asyiknya Jadi Freelancer

Ketika kamu memiliki waktu yang banyak dengan orang-orang di keluarga, maka kamu akan menjadi lebih dekat dan akrab dengan mereka. Dengan kedekatan ini maka kamu dan keluarga akan jauh lebih bahagia. Kedekatan dengan keluarga seperti ini tentunya akan sulit diwujudkan jika kamu masih bekerja di kantor. Karena ketika bekerja di kantor, kedekatan dengan keluargamu akan berkurang dengan drastis.

5. Menyeimbangkan urusan keluarga dan pekerjaan

Bagi kamu yang seringkali mendapatkan waktu yang tersita untuk berkumpul dengan keluarga, maka hal ini tidak akan terjadi lagi jika bekerja dari rumah. Saat kamu bekerja di rumah, kamu akan memiliki waktu lebih banyak untuk urusan keluargamu. Dari sini urusan keluarga dan pekerjaan kamu pun akan bisa lebih seimbang. Hal seperti ini tentu saja tidak akan bisa kamu dapatkan jika kamu bekerja di kantor.

Jika kamu bekerja di kantor dengan waktu dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore, maka kamu hanya akan mendapatkan waktu kurang lebih 8 jam untuk aktif dirumah, setelah dikurangi waktu istirahat (tidur). Waktu sesingkat ini tentu saja kamu tidak bisa membuatmu menyeimbangkan urusan keluarga dan pekerjaanmu.

6. Menghadapi sedikit tekanan dan stress

Capek kerja kantoran karena banyak tekanan dan stress? Kerja dari rumah sering menjadi pilihan buat yang ingin bekerja dengan tingkat stress yang lebih rendah. Mengapa demikian? Ini karena saat bekerja di rumah, kamu akan terhindar dari kemarahan bos dan mungkin juga ucapan dari rekan-rekan kamu yang berisik.

Kemarahan bos dan ucapan berisik dari rekan kerja memang bisa saja membuat kamu stres. Namun, jika kamu bekerja di rumah, tidak ada satu pun yang bisa membuat kamu stres, kecuali kamu sendiri yang membuatnya. Dari sini, saat kamu bisa meminimalisir tekanan dan stres, kamu akan mampu bekerja dengan lebih maksimal dan lebih baik lagi.

7. Lebih merasa senang

Banyak yang bilang setelah beralih kerja dari rumah dengan menjadi freelancer atau remote worker, kebanyakan merasa lebih senang.  Kesenangan dan kegembiraan yang didapat oleh para pekerja di rumah ini umumnya akan semakin bertambah jika kamu telah bekeluarga dan memiliki anak-anak. Karena bisa lebih perhatian dengan pasangan dan anak-anak. Perasaan seperti ini sepertinya jarang didapati oleh para pekerja kantor. Pasalnya umumnya pekerja kantor ini dinaungi oleh perasaan kalut dan malas karena mereka diharuskan untuk hanya fokus untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjemukan saja.

8. Dapat melakukan multi tasking

Keuntungan dan kelebihan bekerja di rumah adalah banyaknya kesempatan untuk melakukan beberapa hal sekaligus. Ya, dengan bekerja di rumah, kamu tidak akan dipantau oleh bos saat kamu mau melakukan apapun yang kamu suka. Maka jika kamu mengerjakan pekerjaan sambil bermain dengan anak-anak kamu atau sambil menelepon dan hal lainnya, kamu bisa melakukannya jika kamu bekerja di rumah.

Kamu bahkan bisa melakukan lebih dari dua aktivitas sekaligus jika kamu mampu melakukannya. Namun jika kamu bekerja di kantor, kamu akan sangat kesulitan untuk melakukan dua aktivitas selain pekerjaanmu. Di kantor kamu harus fokus pada satu aktivitas yaitu pekerjaan itu sendiri. Jika kamu melakukan dua atau tiga hal di kantor, maka kamu akan ditegur oleh bos.

Beberapa pilihan profesi yang kerja dari rumah

kerja dari rumah

Ada beberapa pilihan profesi yang bisa kamu pilih kalau kamu mau kerja dari rumah. Pekerjaan ini membutuhkan berbagai keahlian teknis yang sebenarnya bisa dipelajari secara otodidak. Apa saja, sih?

Baca Juga : Tak Ada Tanggal Tua dan Tanggal Muda Bagi Pekerja Lepas

Writer

Tentu sudah sering dengar kan pekerjaan ini sering dijadikan remote? Perusahaan yang bergerak di bidang media atau punya blog khusus, biasanya mempekerjakan writer yang bekerja dari rumah. Mungkin seminggu sekali datang ke kantor untuk meeting mingguan membicarakan rencana kerja.

Digital marketer

Perkembangan dunia digital memberikan banyak vacancy. Salah satu peluang kerja dari rumah berikutnya adalah digital marketer. Pekerjaan digital marketer bersinggungan dengan social media strategist. Bedanya adalah digital marketer lebih berfokus pada bagaimana menjual produk atau jasa lewat teknologi digital.

Translator

Kemampuan berbahasa asing juga bisa menuntun kita ke pekerjaan yang bisa dikerjain dari rumah. Jadi, penerjemah buku atau novel, misalnya.

Umumnya translator memang adalah pekerjaan freelance. Jarang ada penerbit yang mempekerjakan translator in-house. Tapi, jika kerjaan dinilai oke, jasanya pasti dipakai terus.

Social media strategist

Hobi berseluncur di media sosial? Mending jadi social media strategist saja. Gak perlu datang ke kantor hanya buat ngulik Facebook, Instagram, Twitter, dan kawan-kawan.

Pekerjaan social media strategist termasuk melihat topik yang sedang nge-tren di jejaring sosial. Juga aktivitas pesaing di sana. Nantinya data dari aktivitas pengguna medsos dijadikan materi untuk pemasaran sekaligus membangun komunitas.

Programmer

Profesi yang terhitung baru ini juga bisa dijalani di rumah. Yang penting, punya “senjata” ampuh buat menyusun dan mengelola program atau situs di Internet.

Malah, banyak programmer freelance yang kerja di lebih dari satu perusahaan. Sebab, memang sebetulnya programmer bisa kerja di mana saja asal udah dapet penjelasan soal job yang harus dikerjakan. Tapi jangan malah kebanyakan ngambil job ya, nanti jadi gak fokus dan gak produktif.

Kini, kamu sudah tidak terpaku lagi dengan pekerjaan di kantor bukan? Karena saat ini sudah banyak pekerjaan yang menyediakan lowongan untuk bisa dikerjakan secara remote (jarak jauh) atau kerja dari rumah dengan berbagai keuntungannya. Apapun pilihanmu, pilihlah dengan bijak apakah kamu mau bekerja kantoran atau kerja dari rumah.

https://www.halomoney.co.id/id

Tentang Penulis: Riri Anggraheni Eka Rimandasari

Riri Anggraheni Eka Rimandasari started her career as journalist on television and newspaper. Riri designs her career in various roles, she is also a freelancer in the field of SEO, business, blogging and event organizing. Her mission is to inspire many people through her work and activities. Until now she actives in various social NGO.