Liburan Dulu Bayar Belakangan, Pinjam KTA BNI Bisa Jadi Solusinya

|Posted by | Kredit Tanpa Agunan, KTA, Liburan, Transaksi Nontunai, Travelling, Wisata
Tags: , , , , ,

KTA tak cuma digunakan untuk renovasi rumah, perbaikan kendaraan, biaya pendidikan, atau modal usaha saja. Tapi, boleh juga lho, dipakai buat pergi berlibur ke destinasi wisata yang instagramable di luar negeri.  

Baru membayangkan kata “liburan”, imajinasi sudah melayang ke destinasi liburan yang diidamkan. Apalagi melihat foto-foto dan vlog keren dari para traveler dunia yang dipajang di akun Instagram mereka. Hati semakin bergetar.

Namun ketika menghitung biaya liburan ke luar negeri, kembali “down to earth”  lagi. Karena, setidaknya dana Rp 10 juta sampai Rp 20 juta harus siap di kantong.

Selalu terpikir untuk menabung dulu, baru kemudian berlibur. Sayangnya, saat dana tabungan sudah mencukupi, munculah keinginan-keinginan baru. Rasanya, sayang menghabiskan tabungan untuk liburan. Terpikir lagi, lebih baik digunakan untuk ganti kendaraan baru, atau melanjutkan pendidikan S-2, merenovasi rumah, dan lain sebagainya.

Nah, daripada kamu nggak jadi-jadi liburan ke luar negeri, cobalah dengan cara begini: liburan dulu, bayar belakangan. Darimana dana pembiayaannya?

Ada banyak sumber pembiayaan yang bisa mewujudkan impian kecilmu. Salah satunya adalah KTA BNI. Membiayai liburan dengan KTA BNI akan membuat kamu lebih berhemat dibandingkan dengan menggunakan kartu kredit. Sebab, bunga KTA lebih rendah dari bunga kartu kredit.

Dengan bunga flat 1,22% per bulan, dengan tenor yang bisa dipilih antara 1 tahun hingga maksimal 3 tahun. Kadang ada promo KTA dari bank penyalur KTA sehingga bunganya lebih murah lagi dari bunga normal, tidak sampai 1% per bulan.

Sementara kartu kredit, bunganya bisa 2,25% tanpa cicilan. Kamu harus berburu program diskon atau cicilan 0% dari bank penerbit kartu kredit dan biro travel atau maskapai penerbangan agar lebih hemat.

Jadi tidak salah jika kamu mengajukan KTA untuk liburan, sepanjang kamu gunakan untuk liburan. Selain itu, tenor atau durasi pinjaman jangan terlalu lama, cukup selama setahun agar tahun depan kamu bisa mengatur liburan lagi ke destinasi yang baru.

Salah satu alternatif pinjaman BNI KTA untuk liburan ialah KTA BNI. Dengan bunga yang cukup murah dan proses yang mudah, KTA BNI syariah bisa kamu pertimbangkan.

Simulasi Pinjaman KTA BNI 

Kamu bisa mengajukan kredit tanpa agunan ini melalui  Halomoney. Berikut ini simulasi pinjaman KTA BNI dengan plafon Rp 10 juta dan Rp 20 juta, untuk tenor 12, 18, 24, atau 36 bulan.

Tabel cicilan KTA BNI plafon pinjaman Rp.10 juta, bunga 1,22% per bulan. Sumber: Halomoney

Tabel cicilan KTA BNI plafon pinjaman Rp 20 juta, bunga 1,22% per bulan. Sumber: Halomoney.

Syarat KTA Bank BNI

  • WNI dan WNA berusia 21 – 55 tahun
  • Pendapatan per bulan minimal Rp 3 juta untuk wilayah Jabodetabek, dan Rp 2,5 juta di luar Jabodetabek untuk karyawan
  • Hanya untuk nasabah payroll dengan saldo minimal rata-rata sebesar Rp. 5 juta selama 6 bulan terakhir
  • Minimal sudah 2 tahun menjadi pegawai tetap
  • Wajib punya kartu kredit, dengan masa keanggotaan kartu minimal 1 tahun, dan limit minimal Rp. 5 juta.
  • Mengisi formulir dan melengkapi dokumen penunjang

Bila kamu memenuhi persyaratan di atas, ini dokumen yang harus kamu siapkan:

Syarat dokumen untuk pengajuan KTA BNI

Masih ada cukup waktu untuk mempersiapkan liburan akhir tahun 2018 dengan KTA bank BNI, bila kamu adalah nasabah payroll BNI. Namun bila kamu belum menjadi nasabah BNI, kamu bisa mulai membuka rekening dan mengajukan pembuatan kartu kredit terlebih dahulu. Setelah itu ajukan KTA BNI, untuk liburan tahun depan.

Pengajuan KTA BNI Fleksi, klik banner di bawah ini

Perbandingan dengan KTA lainnya klik di bawah ini

Belajar dari Traveler Dunia

Setelah masalah pembiayaan teratasi oleh KTA BNI, inilah tips-tips berlibur yang baik dari para traveler profesional. Jangan sampai dana habis terkuras tapi liburanmu kurang terasa berkesan.

  • Susunlah Itenary

Menurut kamus traveler, itenary adalah daftar kegiatan dan estimasi bujet yang akan dikeluarkan oleh traveler saat perjalanan. Di dalamnya terinci tentang:

  • Daftar destinasi
  • Jadwal hari per hari
  • Akomodasi
  • Transportasi
  • Keperluan lain-lain seperti belanja oleh-oleh

Sebelum menyusun itenary, cari referensi dulu dari para traveler yang sudah pernah ke destinasi yang kamu tuju. Kamu bisa kunjungi akun Instagram, kanal Youtube, ataupun website, dan blog para traveler.

Contohnya saja ya, bila tujuan liburanmu ke Brasil, China, Perancis, Afrika Selatan, dan India  yang memiliki alam pegunungan tinggi,  dengan salju tebal menyelimuti, atau  alam terbuka dengan tebing-tebing curam yang menantang, kamu bisa belajar dari Sam Kolder, seorang traveler yang berprofesi sebagai videomaker. Akun IG @sam_kolder diikuti oleh 1,1 juta followers.

Sedangkan bila kamu ingin pergi berlibur bersama pasangan,  mengunjungi tempat-tempat paling romantis di dunia, cobalah kamu cari referensi dari Jack Morris dan kekasihnya di akun @doyoutravel. Akun IG ini memiliki  2,8 juta followers, berisi pengalaman mereka ke destinasi-destinasi wisata yang keren di  Hong Kong, Taiwan, Yunani, India, Portugal, Swiss, Maldives, dan lainnya.

Atau bila kamu ingin mendapatkan sensasi seperti berada di negeri dongeng, kamu bisa cari referensi destinasi dari akun IG pasangan  Murad Osmann dan Nataly Osmann (@muradosmann). Mereka berfoto dengan tagar #followmeto di Mesir, Rusia, Perancis, Uni Emirat Arab, Italia, Thailand, Spanyol, Myanmar, dan lain-lain. Foto-foto mereka terlihat sangat unik, seperti sedang berada di negeri dongeng.

  • Cek promo tiket pesawat dan akomodasi

Berlibur ke tempat-tempat yang penuh warna di kota New York, Venesia, Amsterdam, Singapura, Hokaido, dan lain sebagainya, seperti  yang sering dilakukan oleh traveler Tara Milk Tea (@taramilktea), tentunya akan sangat menyenangkan bila mendapatkan diskon harga tiket pesawat dan akomodasi. Jadi, jangan lupa cek iklan promo yang sedang ditawarkan. Pastikan kamu menghemat biaya liburanmu dengan mendapatkan sejumlah diskon.

Untuk akomodasi, jangan terpaku pada kamar-kamar hotel saja. Kamu bisa mencari alternatif yang lebih hemat di marketplace Airbnb.

  • Hindari naik taksi

Sebaiknya gunakan angkutan umum daripada naik taksi. Selain lebih murah, juga akan memberikan lebih banyak pengalaman bertemu penduduk setempat selama berada  di dalam perjalanan.

Jadilah seorang backpacker selama masa liburanmu. Karena itu, jangan membawa terlalu banyak barang berharga yang mewah dan mahal. Gadget mahal seperti iPod, kamera SLR, bisa menarik perhatian orang di sekitarmu. Hal itu bisa mengundang aksi kejahatan terhadapmu. Bawalah barang yang penting-penting saja, demi keamanan dirimu selama berwisata di negeri orang.

  • Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu di penginapan

Ingat, tujuan liburanmu adalah untuk mendapatkan banyak pengalaman jalan-jalan. Jika waktu liburanmu lebih banyak dihabiskan di kamar penginapan atau hotel untuk membuka-buka Facebook, kangen-kangenan dengan sahabat-sahabatmu di sosial media, kamu akan kehilangan banyak momen berharga dalam liburanmu.

Baca Juga : Apa Saja yang Perlu Kamu Ketahui tentang Kartu Kredit BNI?

Kamu mungkin bisa pelajari cara Loic Lagarde menghabiskan waktu liburannya. Pemilik akun IG  @loic.lagarde itu adalah seorang fotogafer yang banyak mendokumentasikan berbagai arsitektur bangunan mewah, unik, dan menarik di negara-negara yang  pernah dikunjunginya. Dia sudah pernah ke Myanmar, Thailand, Korea Selatan, Slovenia, Sri Lanka, Jepang, hingga Indonesia.

  • Siapkan secukupnya uang tunai

Kehabisan uang di jalan akan sangat merepotkan bagi turis. Karena menambah waktu buat mencari ATM atau bank. Oleh karenanya, perhitungkan dengan cermat kebutuhan uang tunai yang harus kamu bawa, dan sisanya bisa kamu bertransaksi dengan kartu kredit, paypal, dan alat pembayaran lain.

  • Gunakan Jasa Tour Guide

Bila kamu merasa belum percaya diri untuk pergi berlibur tanpa pendamping, tak ada salahnya kamu pergi bersama tour guide, dengan membeli paket tur  yang ditawarkan oleh perusahaan jasa wisata. Mungkin kamu bisa kunjungi Merdeka Holiday melalui akun IG-nya: @merdekaholiday untuk mendapatkan paket-paket penawaran tur mulai dari Rp 5 juta  hingga belasan juta rupiah. Paket tour ini diperlukan jika kamu bertamasya bersama rombongan, seperti dengan keluarga, kantor, atau teman-teman komunitas dan hobi.

Nah, sekarang saatnya kamu tentukan kapan rencana liburan ke luar negeri  maupun di dalam negeri. Jika ke luar negeri, pastikan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi nanti ramah terhadap wisatawan asing. Selamat merencanakan liburan bersama keluarga atau teman.

 

Tentang Penulis: Sholahudin Achmad

Blogger, content writer, mantan jurnalis dan praktisi public relations, lulusan Fikom Universitas Padjadjaran. Berminat pada investasi, keuangan dan bisnis.