KUR BRI 2019 Solusi Tepat untuk Mengembangkan Bisnis

|Posted by | Berita Keuangan, Lifestyle, Strategi Utang, Tips Keluarga
Tags: ,

KUR BRI 2019 bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk meningkatkan usaha. Misalnya jika kamu ingin melakukan ekspansi bisnis. Adanya tambahan modal memungkinkan bisnis yang kamu jalani menjadi lebih besar lagi.

Sebagian orang di Indonesia pasti memiliki cita-cita untuk menjadi wirausahawan. Tapi tak sedikit juga yang ragu untuk memulainya. Banyak alasan yang dipikirkan, mulai dari modal, keahlian, networking, hingga alasan-alasan lain yang sering menjadi penghalang bagi siapapun untuk memulai bisnisnya. Sebab, tanpa adanya modal, keahlian, networking, bisnis yang direncanakan pun tidak bisa berjalan dengan baik.

Kebanyakan orang saat ini memilih memulai bisnis dengan cara online. Hal ini ditunjang dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi. Ditambah lagi semakin menjamurnya marketplace, kesempatan untuk berjualan secara online pun semakin terbuka lebar. Tak hanya sekedar impian, memiliki bisnis sendiri bisa menjadi kenyataan. Tapi bagaimana jika bisnis yang sudah kamu jalankan hasilnya kurang memuaskan? KUR BRI 2019 bisa menjadi salah satu solusi yang tepat dalam mengembangkan bisnis, baik untuk meningkatkan hasil penjualan ataupun ekspansi bisnis.

KUR BRI 2019

KUR BRI 2019

(uangteman.com)

Hingga saat ini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk semakin membuktikan keikutsertaannya dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia dengan mendorong program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Selama kurang lebih 4 tahun sejak 2015 sampai dengan 2018 Bank BRI menyalurkan KUR sebesar Rp 235,4 triliun pada 12,6 juta pelaku UMKM.

Di tahun 2015, total penyaluran Kredit Usaha Rakyat telah mencapai Rp 16,2 triliun kepada jumlah pelaku UMKM sebesar 920 ribu. Di tahun 2016, total penyaluran sebesar Rp 69,4 triliun dengan jumlah pelaku UMKM sebesar 3,99 juta. Di tahun 2017, total penyaluran sebesar Rp 69,6 triliun dengan jumlah pelaku UMKM sebesar 3,7 juta. Di tahun 2018, Bank BRI telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat sekitar Rp 80,2 triliun pada 3,9 juta UMKM di Indonesia.

Baca Juga : Pelajari Risiko Kredit Cepat Sebelum Mengajukannya

KUR Mikro Bank BRI

Kredit Modal Kerja dan atau Investasi dengan plafond s.d Rp 25 juta per debitur.

Persyaratan calon debitur KUR BRI 2019:

  • Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  • Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha

Persyaratan kredit KUR BRI 2019:

  • Besar kredit maksimal sebesar Rp 25 juta per debitur
  • Jenis kredit: (a) Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal 3 (tiga) tahun, (b) Kredit Investasi (KI) jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun
  • Suku bunga 7% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan
  • Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi

KUR Ritel Bank BRI

KUR Ritel BANK BRI adalah Kredit Modal Kerja dan atau Investasi kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak dengan plafond > Rp 25 juta s.d Rp 500 juta per debitur.

Persyaratan calon debitur KUR BRI 2019:

  • Mempunyai usaha produktif dan layak
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  • Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan

Persyaratan kredit KUR BRI 2019:

  • Besar kredit > Rp 25 juta – Rp 500 juta
  • Jenis kredit: (a) Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal 4 (empat) tahun, (b) Kredit Investasi (KI) jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun
  • Suku bunga 7% efektif per tahun
  • Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi
  • Agunan sesuai ketentuan bank

KUR TKI Bank BRI

KUR TKI BANK BRI diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan dengan plafond s.d Rp 25 juta.

Persyaratan calon debitur KUR BRI 2019:

  • Individu (perorangan) calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.
  • Persyaratan administrasi: (a) Identitas berupa KTP dan Kartu Keluarga, (b) Perjanjian kerja dengan pengguna jasa, (c) Perjanjian penempatan, (d) Passpor, (e) Visa
  • Persyaratan lainnya sesuai ketentuan

Baca Juga : Mau Apply Kredit Usaha Rakyat BRI? Ini yang Perlu Diketahui

Persyaratan kredit KUR BRI 2019:

  • Besar kredit maksimal Rp 25 juta atau sesuai Cost Structure yang ditetapkan pemerintah
  • Suku bunga 7% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan
  • Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi
  • Jangka waktu maksimal 3 (tiga) tahun atau sesuai kontrak kerja
  • Tujuan negara penempatan: Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia

Keunggulan yang Bisa Didapat dengan KUR BRI 2019

KUR BRI 2019

(kreditour.com)

Sebetulnya, masih banyak bank yang menyediakan Kredit Usaha Rakyat bagi para pelaku UMKM. Beberapa bank diantara seperti Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Artha Graha, Bank BPD dan masih banyak lainnya. Meskipun demikian, Bank BRI tetap menjadi favorit banyak orang dalam mengajukan Kredit Usaha Rakyat mulai dari yang Mikro, Kecil hingga KUR TKI. Berikut beberapa alasan mengapa banyak orang yang tertarik dengan fasilitas KUR BRI 2019.

Memiliki jaringan serta tempat pengajuan KUR BRI yang luas

Jaringannya yang luas membuat banyak orang mudah dalam memiliki rekening BRI. Begitupula dengan pengajuan KUR-nya. Mulai dari nasabah dari kelas bawah hingga atas bisa memiliki rekening di BRI. Tak hanya di kota besar saja, BRI pun sangat terjangkau hingga ke wilayah pelosok. Tentu ini memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi hingga mengajukan KUR BRI. Ditambah pula unit layanannya memudahkan debitur membayar cicilan dengan mudah.

Dana KUR BRI paling besar dibanding bank lain

Jika dibanding dengan bank lain, jatah dana yang diberikan pada KUR BRI tergolong paling besar. Sebab, hampir seluruh kantor unit BRI menerima pengajuan KUR dari para pelaku UMKM hingga masing-masing marketing yang memiliki target untuk melakukan penyaluran dana KUR.

Suku bunga KUR BRI tergolong ringan

Bisa dikatakan KUR BRI mulai dari KUR Mikro hingga KUR Ritel BRI memiliki bunga yang tergolong ringan dan tetap, yaitu sekitar 7% setiap tahun. Di samping itu, sistem bunganya yang flat membuat nasabah bisa memilih angsuran yang tetap setiap bulannya. Angsuran yang tetap ini memudahkan debitur untuk mengatur keuangan bisnis yang dijalankannya. Cara ini memungkinkan pembayaran cicilan berjalan lancar tanpa mengalami gangguan dalam hal keuangan usaha.

Baca Juga : Cara Membuat Kartu Kredit BRI, Cuma Tiga Langkah Langsung Beres

Tips Sebelum Mengajukan KUR BRI 2019

Setelah mengetahui persyaratan KUR BRI 2019, sekarang saatnya kamu mengetahui bagaimana cara mengajukan KUR agar dapat disetujui. Sebab, tak banyak orang yang tahu cara mendapatkannya. Padahal banyak pelaku UMKM yang membutuhkan kredit ini. Simak beberapa tipsnya berikut!

  1. Usaha yang dimiliki merupakan bagian dari usaha produktif. Beberapa jenis usaha produktif diantaranya adalah usaha salon kecantikan, kerajinan, rumah makan dan sebagainya.
  2. Pastikan kamu sedang tidak mendapat pembiayaan KUR dari bank lain.
  3. Usaha yang dijalankan minimal sudah berjalan selama enam bulan.
  4. Siapkan agunan jika sewaktu-waktu pihak bank menjadikan agunan sebagai salah satu syarat.
  5. Usaha yang dimiliki sehat.
  6. Lengkapi semua berkas atau dokumen sebelum mengajukan KUR. Beberapa diantaranya adalah identitas (KTP, KK, surat keterangan domisili), akte pendirian usaha, SIUP, TDP, proposal usaha, laporan keuangan, serta beberapa persyaratan lain yang dibutuhkan oleh pihak bank.
  7. Datang ke kantor Bank BRI jika dirasa seluruh kelengkapan sudah siap.
  8. Ikuti seluruh prosedur yang diminta. Serahkan seluruh dokumen yang diminta.
  9. Selanjutnya, bank akan melakukan survey pada usaha yang dijalankan. Pada tahap survey ini bank akan menilai KUR yang diajukan layak atau tidak.
  10. Tahap terakhir, kamu cukup menunggu pihak bank menilai seluruh syarat yang ajukan apakah KUR yang diajukan bisa cair atau tidak.

Pemahaman akan KUR BRI 2019 sangat penting dimiliki, terutama bagi kamu yang ingin mengajukan KUR dalam waktu dekat. Jika sudah memenuhi kriteria di atas, sudah saatnya untuk mencoba agar usaha yang kamu miliki bisa berkembang dengan lebih baik. Selamat mencoba!

Tentang Penulis: Sudiyanti

Passionate writer, full-time mother, and food traveler :)