Ingin Ajukan Kredit Bank BRI? Ini Pilihan yang Tepat Sesuai Kebutuhan

|Posted by | Kartu Kredit, Kredit dengan Agunan, Kredit Multi Guna, Kredit Pemilikan Rumah, Kredit Tanpa Agunan, KTA
Tags: , , , , , , , , , ,

Ajukan Kredit Bank BRI

Saat ingin mengajukan pinjaman kredit, kita perlu memilih kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Kamu yang ingin ambil kredit Bank BRI, berikut ini pilihan dari HaloMoney.co.id, termasuk kartu kredit BRI. Cek di sini yuk!

Mengajukan pinjaman atau kredit menjadi cara yang efektif untuk memecahkan kebutuhan keuangan yang sedang kamu hadapi saat ini. Kredit yang dilakukan bisa berupa kredit rumah, kendaraan bermotor, usaha, dan lain sebagainya.

Bicara tentang kredit atau pinjaman, bank BRI menjadi salah satu bank yang paling sering mendapat pengajuan kredit. Pasalnya bank yang sudah berdiri sejak tahun 1895 ini jangkauannya lebih luas dan kantor cabangnya tak hanya bisa ditemukan di perkotaan saja.

Luasnya jangkauan kantor BRI dan banyaknya jenis kredit yang ditawarkan, membuat bank milik pemerintah Indonesia ini meraih laba yang lebih besar dari bank lain. Selama 2017, contohnya, BRI meraih laba sebesar Rp 29 triliun, naik dari tahun sebelumnya yang masih Rp 26,2 triliun.

Pilihan kredit Bank BRI sesuai dengan kebutuhan

Bank BRI menawarkan banyak sekali produk pinjaman kredit yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya dan pastinya hal ini akan membuat kamu kebingungan dalam menentukan pilihan jenis pinjaman kredit mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini.

Oleh karena itu, HaloMoney.co.id akan memberikan pilihan kredit Bank BRI buat kamu:

1. Kredit Pemilikan Rumah atau KPR BRI

KPR BRI (bkn.ru)

KPR BRI (bkn.ru)

Jenis kredit pertama yang paling banyak diminati adalah KPR BRI yang merupakan pinjaman dana untuk kamu yang ingin memiliki rumah. Jadi nantinya sertifikat rumah tersebut akan dijadikan agunan selama kamu membayar cicilan hutang di Bank BRI hingga selesai. Persyaratan untuk mendapatkan KPR BRI yaitu:

  • WNI berusia minimal 21 tahun
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Fotokopi akta nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Fotokopi buku tabungan
  • Fotokopi slip gaji (untuk  karyawan) atau SIUP (untuk wiraswasta)
  • Siapkan dokumen agunan jika diperlukan

 2. KUR (Kredit Usaha Rakyat) BRI

Pinjaman KUR BRI (www.shopkeep.com)

Pinjaman KUR BRI (www.shopkeep.com)

Buat kamu yang membutuhkan dana untuk membangun dan mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah, Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi solusi pinjaman yang tepat karena suku bunga yang ditawarkan tergolong lebih rendah dibandingkan jenis pinjaman lainnya, Maklum KUR mendapat subsidi bunga dari pemerintah. Rata-rata suku bunga yang ditawarkan mulai dari 7% per tahun pada 2018, turun lagi dari tahun lalu yang masih 9% per tahun.

Ada 3 jenis KUR yang tersedia di Bank BRI yang bisa kamu akses, yaitu:

  • KUR Mikro

Pinjaman ini memberikan kredit maksimal Rp 25 juta kepada pelaku bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) dengan masa tenor maksimal 36 bulan.

  • KUR Ritel

Untuk pinjaman KUR ritel, kamu akan mendapat kredit antara Rp 25 juta hingga Rp 500 juta dengan masa tenor maksimal 48 bulan.

  • KUR TKI

Terakhir ada KUR TKI yang memberikan pinjaman khusus untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk modal awal pemberangkatan ke luar negeri. Maksimal kredit yang diberikan adalah Rp 25 juta per orang.

3. KUPEDES

Mengajukan Pinjaman di Bank BRI (www.usaharumahan03.topa)

KUPEDES merupakan pinjaman mikro BRI yang serupa dengan KUR. KUPEDES dibuat sebagai pengganti KUR jika dana KUR sudah habis tersalurkan. Plafon pinjamannya mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 100 juta dengan masa tenor maksimal 24 bulan. Keunikan dari KUPEDES ini adalah kamu bisa mengajukan pinjaman meski usahamu belum mendapat legalitas. Tapi kamu harus menyertakan surat keterangan usaha dari kelurahan atau kecamatan sesuai dengan keberadaan tempat usahamu.

4. KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) BRI

Kredit Kendaraan Bermotor (res.cloudinary.com)

Kredit Kendaraan Bermotor (res.cloudinary.com)

Buat yang ingin memiliki kendaraan pribadi, baik itu motor maupun mobil, baru atau bekas, Bank BRI punya produk pinjaman kredit kendaraan bermotor yang dinamakan KKB BRI. Untuk plafon pinjaman yang diberikan bisa mencapai Rp 5 miliar dengan masa tenor pinjaman 48 bulan. Untuk mendapatkan pinjaman ini, kamu harus memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.

5. Kredit Multiguna BRI

Kredit multiguna (KMG) adalah fasilitas kredit yang diberikan dengan mengagunkan jaminan seperti BPKB kendaraan bermotor, sertifikat tanah atau bangunan, dan lain sebagainya. Jumlah plafon pinjaman yang diberikan tergantung pada agunan yang dijaminkan. Umumnya nilai pinjaman yang bisa didapat adalah 80% dari nilai agunan. Untuk agunan kendaraan bermotor, usia kendaraan maksimal adalah 10 tahun, baik itu motor maupun mobil. Kredit ini cocok buat kamu yang ingin meminjam ke bank BRI dengan mengagunkan BPKB motor atau mobil.

6. Kredit BRIGuna

Pinjaman BRIGuna (ArtikelUsaha.Net)

Pinjaman BRIGuna (ArtikelUsaha.Net)

Ingin mengajukan pinjaman dana tunai tanpa mengagunkan dokumen berhargamu? Kamu bisa menggunakan kredit BRIGuna yang merupakan produk KTA (Kredit Tanpa Agunan) Bank BRI. Penggunaannya sangat fleksibel karena bisa digunakan untuk modal usaha, membangun atau merenovasi rumah, dana pendidikan, dan lain sebagainya. Plafon pinjamannya bisa mencapai Rp 1 miliar dengan tenor hingga 15 tahun. Ada 3 jenis pinjaman kredit BRIGuna yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • BRIGuna Karya

Merupakan pinjaman kredit yang diberikan Bank BRI di mana sumber pembayaran cicilannya berasal dari sumber penghasilan tetap atau gaji debitur (peminjam).

  • BRIGuna Purna

Merupakan pinjaman KTA yang pembayarannya bersumber dari uang atau dana pensiun.

  • BRIGuna Umum

Merupakan pinjaman kredit yang diberikan Bank BRI dengan sumber pembayaran yang berasal dari penghasilan tetap semenjak pegawai atau karyawan masih aktif bekerja hingga pensiun.

7. Kartu kredit BRI

Kartu Kredit BRI Visa Touch (kartukredit.bri.co.id)

Kartu Kredit BRI Visa Touch (kartukredit.bri.co.id)

Terakhir adalah kartu kredit Bank BRI. Kartu kredit ini bukan pinjaman, namun sekadar kartu transaksi untuk memudahkan kamu saat melakukan pembayaran. Jika kamu sekadar ingin membeli barang-barang konsumtif seperti smartphone atau elektronik, kamu bisa memanfaatkan cicilan 0% kartu kredit BRI. Dengan cicilan 0% kamu bisa menjaga dana kas bulananmu.

Kisaran limit kartu kredit Bank BRI mulai dari Rp 5 juta. Ini pilihan kartu kredit BRI yang disesuaikan dengan penghasilan bulananmu:

  • BRI Mastercard Silver dan Mastercard Easy

Kedua kartu kredit BRI di atas mensyaratkan penghasilan tahunan minimal Rp 36 juta per tahun atau per bulannya Rp 3 juta. Limit yang diberikan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 25 juta. Sedangkan fitur yang dimiliki adalah maksimal cashback hingga Rp 250 ribu per bulan, fasilitas penarikan tunai hingga 40% dari limit kartu per hari, dan masih banyak lagi.  Bisa dikatakan kalau kartu kredit jenis ini sangat cocok untuk pemula atau first jobber.

  •  BRI Mastercard Gold dan BRI Visa Touch Gold

Jenis dua kartu kredit ini mengharuskan kamu untuk memiliki penghasilan tahunan minimal Rp 60 juta atau Rp 5 juta per bulan. Untuk kartu kredit BRI Visa Touch Gold dan BRI Visa Touch Silver, jika digunakan secara aktif maka kamu akan mendapatkan gratis iuran tahunan. Di setiap pembelanjaan transaksi senilai Rp 100 ribu, kamu akan mendapatkan 1 poin rewards yang bisa kamu tukarkan dengan airmiles. Kartu ini cocok untuk kamu yang sering melakukan travel dan belanja.

  • BRI Mastercard Platinum

Kartu kredit BRI Mastercard Platinum memiliki persyaratan minimal penghasilan Rp 120 juta per tahun atau Rp 10 juta per bulannya. Dengan menggunakan kartu kredit BRI Mastercard Platinum, kamu akan dibebaskan dari iuran tahunan selama 1 tahun, mendapat akses airport lounge di bandara domestik Indonesia dengan menukarkan 250 BRI Poin Rewards, serta cashback hingga Rp 1 juta untuk pembelanjaan tertentu.

Cara mengajukan kredit Bank BRI

Mengajukan Pinjaman Online (suburbanmummyuk.com)

Mengajukan Pinjaman Online (suburbanmummyuk.com)

Untuk mengajukan kredit BRI, kamu bisa langsung mendatangi cabang Bank BRI terdekat di domisilimu atau mengajukannya secara online melalui situs remi HaloMoney.co.id. Dengan mengajukan kredit BRi secara online, kamu bisa menghemat waktu dan tak perlu repot datang ke Bank BRI untuk mengantri terlebih di customer service.

Langkah-langkahnya sangat mudah. Pertama-tama kunjungi website HaloMoney.co.id, lalu bandingkan jenis produk kredit yang dimiliki Bank BRI dan pilih mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Setelah itu, isi formulir aplikasi yang berupa nama, alamat tempat tinggal, bank yang biasa digunakan, alamat email, dan lain-lain.  Kalau sudah selesai, tunggu beberapa menit sampai pihak HaloMoney.co.id menghubungi kamu untuk memproses aplikasi yang diajukan.

Sekarang kamu sudah tahu khan jenis kredit Bank BRI mana yang cocok dengan kebutuhan kamu saat ini. Jika masih bingung, bagaimana jika berkonsultasi terlebih dahulu di HaloMoney.co.id sebelum menentukannya. Konsultasinya gratis kok. Semoga kamu segera mendapatkan pinjaman kredit Bank BRI yang cocok dengan kebutuhanmu!

https://www.halomoney.co.id/id

Merna Arini Nurizzati

Tentang Penulis: Merna Arini Nurizzati

Full Time Dreamer, Part Time Writer. Book & Food Blogger.