Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit yang Wajib Dihindari Agar Tak Berakibat Fatal

|Posted by | Kartu Kredit
Tags: ,

Kesalahan penggunaan kartu kredit kerap kali terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu memperhatikan beberapa hal yang bisa memicu terjadinya kesalahan. Oleh karena itu, bijak dalam menggunakan kartu kredit sangatlah penting untuk dilakukan!

Kartu kredit, selain berfungsi sebagai alat pembayaran ternyata bisa digunakan untuk mendapatkan promo menarik dari banyak merchant yang bekerja sama. Ditambah lagi, proses permohonan kartu kredit saat ini dinilai semakin mudah dan cepat. Keuntungannya tentu kamu tak perlu membawa uang cash kemanapun kamu pergi. Tak perlu repot juga untuk melakukan tarik tunai sebelum berbelanja.

Ada beragam kebutuhan yang manfaatnya bisa dirasakan dengan kehadiran kartu kredit. Salah satunya adalah kebutuhan yang sifatnya mendesak, dimana anggaran dana tak terduga tidak  mampu di-cover secara pribadi. Untuk lebih jelasnya simak beberapa kemudahan lain yang bisa kamu dapat dengan adanya kartu kredit. Namun ingat, jangan sampai kamu terjebak dalam kesalahan penggunaan kartu kredit!



Ternyata Kartu Kredit Memberikan Kemudahan

Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit

(paisabazaar.com)

1. Ada manfaat tambahan seperti promo cashback dan gratis iuran tahunan

Kartu kredit selalu menawarkan berbagai promo menarik untuk seluruh penggunanya. Kamu yang hobi traveling bisa mendapatkan harga promo menarik tiket pesawat terbang hingga promo penginapan super murah. Di samping itu, bagi kamu yang hobi berbelanja bisa mendapatkan harga promo hingga paket super bundling untuk beberapa produk. Meskipun demikian, kamu juga perlu memperhatikan anggaran dan pemasukan agar tidak kebobolan. Tujuannya apalagi jika tidak untuk menghindari kesalahan penggunaan kartu kredit.

2. Bisa dimanfaatkan dalam berbagai kondisi darurat

Waspada itu penting, terutama bagi kamu yang sudah berkeluarga. Dalam hal ini keberadaan kartu kredit sangat diharapkan bisa membantu dalam berbagai keadaan darurat. Misalnya ada salah satu anggota keluarga yang sedang dalam keadaan sakit dan membutuhkan biaya perawatan besar, kamu bisa memanfaatkan kartu kredit untuk menutup kekurangan biaya perawatan tersebut. Biasanya ada sistem penggunaan limit kartu kredit yang dapat diangsur dengan tenor 12 bulan. Kamu bisa terbantu dengan penggunaan kartu kredit untuk biaya pengobatan.

3. Pengeluaran bisa diketahui

Penggunaan kartu kredit sangat bermanfaat untuk mencatat seluruh transaksi yang dilakukan. Tentu saja bisa membuat catatan pengeluaranmu jadi lebih rapi. Transaksi terupdate biasanya dikirim melalui e-mail jadi kamu tidak perlu khawatir terjadi kesalahan penggunaan kartu kredit. Selain itu pihak bank juga akan mengirimkan surat rincian pemakaian kartu kredit sesuai dengan alamat yang tercantum ketika proses permohonan kartu kredit. Dalam hal ini, kamu bisa mengontrol pengeluaranmu setiap bulan dan tentunya menjadi lebih aman. Dengan catatan, pengeluaran melalui kartu kredit hanya sebatas belanja yang sudah direncanakan jauh hari. Ini tidak berarti semua belanja kamu dilakukan dengan kartu kredit hanya agar belanja dan pengeluaran selama sebulan dapat diketahui.

2. Belanja online jadi semakin nyaman

Sejumlah marketplace di Indonesia maupun luar negeri menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran resmi. Tentunya dengan ini kamu bisa mendapatkan manfaat lain berupa kemudahan dalam bertransaksi secara online. Aktivitas belanjamu pun semakin nyaman dan menyenangkan.

3. Tidak perlu mencari money changer

Manfaat lain yang bisa kamu dapat dengan adanya kartu kredit adalah saat kamu sedang berada di luar negeri. Kamu tak perlu repot mencari money changer. Adanya kartu kredit baik berlogo visa ataupun mastercard memberi kemudahan bagi kamu yang ingin bertransaksi.  Tentunya akan terasa semakin mudah dan leluasa saat bepergian ke luar negeri.

Ingat, Sembrono Menggunakan Kartu Kredit Akibatnya Bisa Fatal

Perlu diingat, di samping bisa memberikan kemudahan, ternyata kartu kredit juga bisa berakibat fatal. Apalagi jika penggunaannya tidak dilakukan sebijak mungkin. Berikut beberapa kemungkinan kesalahan yang bisa terjadi dalam penggunaan kartu kredit.

1. Kartu kredit tidak sama dengan kartu debit

Banyak pengguna kartu kredit terbuai dengan kemudahan penggunaan yang ditawarkan. Tanpa perlu memiliki tabungan ataupun saldo pada bank penerbit kartu kredit, seseorang bisa saja mendapatkan fasilitas kartu kredit. Kamu bisa melakukan transaksi asalkan tidak melebihi limit kartu kredit yang dimiliki. Di samping itu, kamu perlu mengetahui seluruh biaya yang ditagihkan akan menjadi utang dan wajib hukumnya untuk dibayar. Jangan asal tarik tunai, kesalahan penggunaan kartu kredit yang sering dilakukan adalah tidak memahami beda tarik tunai antara kartu kredit dan kartu debit melalui mesin ATM. Biasanya, penarikan uang tunai menggunakan kartu kredit akan dikenakan biaya atau bunga sebesar 4% atau setara nominal Rp50 ribu dalam satu kali proses tarik tunai.

Baca Juga : Pilihan Kartu Kredit Pertama Untuk Milenial di Tahun 2019

2. Kartu kredit bukan gaji tambahan

Dalam perencanaan keuangan, kamu harus memahami konsep bahwa kartu kredit bukan gaji tambahan. Jika kamu terjebakan dalam salah satu bentuk kesalahan penggunaan kartu kredit ini, tentunya kamu akan mengalami defisit keuangan. Dikhawatirkan kamu akan mengalami “besar pasak daripada tiang”. Sebelum kamu menggunakan sebaiknya pahami dulu kartu kredit sebagai sarana atau alat bantu pembayaran selain kartu debit.

3. Manfaatkan untuk membeli barang sesuai kebutuhan bukan karena diskon

Diskon memang kerap membuat siapapun tergiur oleh keuntungannya. Jangan sampai kartu kredit justru dijadikan sebagai alat untuk memanfaatkan diskon yang ada hingga akhirnya kalap belanja akibat diskon. Oleh sebab itu, menahan diri itu perlu. Ingat, belilah barang yang sesuai dengan kebutuhan dan gunakan sebijak mungkin.

4. Kartu kredit punya iuran tahunan yang perlu dibayar

Setiap tahun pengguna kartu kredit wajib membayar sejumlah biaya tahunan. Banyak orang yang berasumsi memiliki banyak kartu kredit bisa mempermudah dalam mendapatkan fasilitas promo yang ditawarkan. Tapi jangan salah, memiliki banyak kartu kredit bisa jadi boomerang buat dirimu sendiri jika kartu kredit tersebut jarang digunakan dan setiap tahun ada banyak iuran tahunan yang perlu dibayar. Berusahalah menghindari kesalahan penggunaan kartu kredit dengan memiliki kartu kredit secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan.

5. Kartu kredit untuk membayar cicilan

Banyak yang beranggapan kartu kredit bisa membantu seorang debitur dalam membayar cicilan KPR, KMG, hingga KTA. Ya, memang bisa. Tapi coba pikirkan sekali lagi. Membayar utang dengan kartu kredit sama halnya dengan memindahkan utangmu sebelumnya ke tempat lain. Belum lagi jika bunga yang dimiliki lebih besar. Tentu kerugian yang didapat akan lebih besar.

6. Hati-hati dengan minimum payment

Banyak yang berpikir minimum payment merupakan solusi mudah dalam membayar cicilan kartu kredit. Memang, minimum payment ini terlihat ringan di awal. Tapi kamu jangan sampai salah persepsi. Kamu harus paham jika minimum payment itu akan memberatkan utangmu karena dengan sistem bunga berbunga hingga berakibat angsuran tidak terbayar.

Tips Mengatasi Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit  

Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit

(deccanchronicle.com)

Untuk mengatasi beragam kesalahan penggunaan kartu kredit, ada baiknya kamu untuk memperhatikan beberapa hal penting yang perlu dilakukan. Beberapa diantaranya adalah dengan lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit hingga memeriksa tagihan secara rutin setiap bulan.

1. Bijak dalam penggunaan kartu kredit

Sebelum menggunakan kartu kredit, ada baiknya agar kamu merencanakannya sebijak mungkin. Sesuaikan budget belanja setiap bulan dengan pendapatan yang dimiliki. Sah-sah saja jika menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan beragam promo menarik. Tapi ingat, kamu perlu mengontrol keinginanmu.

Baca Juga : Kartu Kredit BCA Batman, Pilihan untuk yang Berjiwa Muda

2. Memeriksa tagihan kartu kredit dengan rajin

Penting memeriksa tagihan setiap bulan dengan rajin. Hal ini berguna untuk menghindarkanmu dari beragam kesalahan penggunaan kartu kredit. Caranya dengan memeriksa tanggal jatuh tempo dengan membuat reminder H-7.

3. Hindari penggunaan transaksi EDC Illegal

Belakangan ini banyak terjadi kasus penipuan mengatasnamakan promo liburan. Promo ini ditawarkan melalui telepon selular. Promo ini biasanya ditawarkan dengan melakukan pembayaran melalui mesin EDC dan mengatasnamakan pihak visa atau mastercard. Perlu diingat, segala jenis transaksi menggunakan mesin EDC setara dengan sistem pembayaran cash atau tarik tunai.

Disiplin Membuat Rencana Keuangan

Jika digunakan sebaik mungkin, kartu kredit sebetulnya bisa dijadikan sebagai sarana perencanaan keuangan. Sebab, dengan adanya kartu kredit seseorang memiliki catatan pengeluaran yang lebih rapi dan bisa mengontrol arus keuangan yang terjadi setiap bulan. Namun di samping itu, kamu harus tetap bisa mengingat bahwa bertransaksi dengan kartu kredit berarti kamu memiliki utang yang perlu dibayar. Oleh karena itu, bijaklah dalam penggunaan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan setiap saat.

Tentang Penulis: Sudiyanti

Passionate writer, full-time mother, and food traveler :)