Mau Kredit HP Tanpa DP? Simak 5 Tips Penting Ini

|Posted by | Kartu Kredit
Tags: , , ,

Kredit hp tanpa DP di berbagai merchant online kian marak. Walaupun tanpa  cukup dana tunai dan tanpa kartu kredit, kamu bisa memiliki handphone incaranmu. Bagaimana caranya?

Cara berbelanja kini semakin maju. Jika dulu harus memiliki kartu kredit untuk bisa mencicil, sekarang tidak perlu lalu. Sekarang, tanpa kartu kredit sekalipun dan tanpa uang muka, kamu bisa belanja barang idamanmu, termasuk handphone.

Sebagai gantinya kamu perlu memiliki alat alat pembayaran non tunai pengganti kartu kredit. Seperti kartu kredit virtual yang kini banyak tersedia. Sebut saja salah satunya Kredivo. Pilihan lainnya ialah mencicil kepada situs e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Blibli.

Supaya kredit hp tanpa DP ini enggak jadi persoalan  di kemudian hari, sebaiknya kamu simak dulu tips-tips penting ini.

  • Pahami filosofi kredit

Kredit hp tanpa DP pada dasarnya bertujuan supaya kamu enggak boncos alias kere sebelum gajian, gara-gara membeli secara tunai sebuah smartphone idamanmu. Padahal masih banyak kebutuhan rutin yang harus dibayar dari penghasilan bulanan tersebut. Misalnya,  buat bayar cicilan rumah, kendaraan, biaya makan minum, atau membantu orang tua.

Nah, agar cashflow tidak macet gara-gara sebuah smartphone, maka fasilitas kredit hp tanpa DP itu bisa kamu pilih sebagai alternatif pembiayaan.

Hitung dulu kemampuan finansial bulananmu sebelum ambil kredit hp online tanpa DP. Hitung bujetmu. Jangan sampai karena melihat saldo kartu kreditmu masih utuh, lalu ada promo kredit hp tanpa DP, tanpa pikir panjang menghitung kemampuan finansial bulananmu lantas kamu mengambil sebuah keputusan yang tidak rasional.

Baca Juga : Kredit HP atau Laptop Tanpa Kartu Kredit, Mau?

Bila setelah dipotong dengan pengeluaran rutin bulananmu ternyata penghasilan bulananmu masih menyisakan dana sebesar Rp 300.000 per bulan, maka kamu bisa kredit  ponsel dengan harga dan cicilan yang disesuaikan dengan sisa dana tadi.

Dengan cicilan Rp 300.000 per bulan, misalnya, kamu masih bisa memiliki handphone baru seharga Rp 3,5 juta dengan periode cicilan 12 bulan. Tinggal pilih handphone kesukaanmu dengan harga sebesar Rp 3,5 juta.

Jadi, begitulah salah satu kiat mengatur cicilan dengan kemampuan finansialmu.

  • Tentukan Cara Bayar: Pakai Kartu Kredit atau Kredit Online

Bila kamu berbelanja di toko online, ada dua pilihan cara pembayaran. Yaitu cash dan cicilan. Bila cicilan yang kamu pilih, maka ditawarkan lagi pilihan, mau pakai kartu kredit dari bank atau kredit online.

Kredit online adalah metode mencicil secara online bagi kamu yang tidak punya kartu kredit. Kredit online dikeluarkan oleh lembaga keuangan non bank.  Salah satu contohnya, adalah Kredivo. Fasilitas kredit itu bisa digunakan untuk pembayaran belanja online di  Blibli, Bukalapak, Shopee, Lazada, Tokopedia, serta 200 merchant lainnya.

Kredivo menawarkan kemudahan dan kecepatan.  Tapi ingat, ada bunganya. Bunga Kredivo mengikuti bunga kartu kredit. Yakni 0% bunga untuk 30 hari pertama, dan 2,95% per bulan untuk cicilan. Denda 3% untuk keterlambatan cicilan. Daftar Kredivo di HaloMoney.co.id dan dapatkan asuransi kecelakaan gratis selama tiga bulan.

  • Simulasi Kedit

Selain kemudahan dan kecepatan, yang perlu dipertimbangkan di dalam kredit HP tanpa DP adalah bunga kredit, tenor, dan denda bila terjadi keterlambatan cicilan. Supaya pilihanmu mantap dan rasional, lakukanlah beberapa simulasi kredit dan bandingkanlah.

Baca: 4 Aplikasi Ini Bisa Membantu Kamu Menyicil Tanpa Perlu Kartu Kredit

Misalnya  kamu mau kredit ponsel tanpa DP untuk smartphone Iphone X 64 GB dengan harga Rp 14.600.000 yang ditawarkan oleh toko online di Tokopedia. Klik fitur simulasi kredit, lalu bandingkan. Ini contoh simulasi kredit dengan Kredivo:

Simulasi kredit hp tanpa dp di Kredivo

Dibandingkan dengan Kredivo, maka simulasi kredit hp online tanpa DP dari kartu kredit BRI lebih panjang masa tenornya. Cicilan BRI maksimal sampai dengan 24 X cicilan. Sedangkan Kredivo hanya bisa sampai 12 X mencicil saja.

Simulasi cicilan kredit hp tanpa DP dengan kartu kredit BRI

Dalam melakukan perbandingan dan simulasi, ada baiknya kamu mengambil lebih dari dua lembaga keuangan. Sekurangnya tiga. Bandingkan antara  kartu kredit, kredit online, serta pembelian tunai.

  • Cek harga jual HP dalam kondisi seken

Resiko gagal bayar karena satu dan lain hal tentunya bisa saja terjadi. Misalnya, tiba-tiba kamu terkena pemutusan hubungan kerja sehingga kamu kehilangan penghasilan. Dalam kondisi tersebut, tentu saja itu akan menjadi masalah dalam pembayaran cicilan dari kredit hp tanpa dp mu.

Untuk meminimalisir resiko, maka pada saat kamu memilih hp yang akan dibeli secara kredit, penting kiranya kamu mengetahui berapa harga jual sekennya. Jika harga sekennya jatuh jauh sekali dari harga belinya, sebaiknya kamu cari hp yang lebih bagus harga jual sekennya.

Baca Juga : Promo Carrefour Terbaru yang Sayang Jika Dilewatkan

Oleh karenanya, mengecek harga pasaran hp seken itu sama pentingnya dengan mengecek simulasi kredit hp tanpa dp.

  • Kredit Syariah

Untuk menyempurnakan pertimbanganmu dalam membeli hp dengan pembayaran diangsur beberapa kali, tidak ada salahnya bila mempertimbangkan prinsip-prinsip syariah dalam memperoleh hp idamanmu. Kredit syariah ini bisa kamu dapatkan melalui kartu kredit syariah maupun pembayaran sistem syariah. Bagaimana cara kerja kredit syariah?

  • Syariah

Harga HP Rp.10.000.000,- di merchant online. Kamu ingin membelinya, dengan cicilan melalui lembaga fintech syariah. Maka yang terjadi di dalam proses transaksi ini adalah lembaga fintech  syariah membeli HP tersbetu, lalu menjualnya kepada kamu dengan margin keuntungan 12%, dicicil selama 12 bulan. Jadi total  harga yang harus kamu bayar adalah Rp.11.200.000,-.

Perbedaan dengan kredit konvensional atau kartu kredit bank, di dalam prinsip syariah di atas,  akad atau perjanjian yang berlaku bukan “perjanjian kredit”, tetapi perjanjian jual beli.

  • Kredit konvensional

Harga HP Rp 10.000.000,- di merchant online. Kamu membelinya secara cicilan dengan menggunakan kartu kredit. Maka yang terjadi di dalam proses ini adalah, kamu membayar bunga cicilan 1% per bulan, selama 12 bulan. Tentu saja, jumlah harga yang harus kamu bayar itu sama dengan harga yang ditawarkan di fintech syariah dengan akad jual beli, yakni  Rp 11.200.000,- .

Namun, perbedaan mendasarnya ada di dalam akad perjanjiannya. Pada kredit konvensional, yang berlaku adalah akad kredit atau utang piutang berbunga. Dimana pihak yang memberikan kredit (bank) memperoleh bunga dari kredit HP tanpa DP yang ditransaksikan itu.

Ada beberapa lembaga fintech yang menawarkan sistem cicilan yang halal atau bukan riba. Bila kamu seoarang mahasiswa, dan ingin kredit hp tanpa DP dan kartu kredit secara syariah, kamu bisa mencoba menjajaki pembelian hp idamanmu melalui fintech angsur.id.

Baca Juga : Promo GoJek dan Grab Terbaru di September – November 2018

Fintech syariah ini ditujukan untuk mahasiswa Indonesia yang suka berbelanja online dalam memenuhi kebutuhannya, namun tidak memiliki kartu kredit. Angsuran maksimal yang bisa diberikan oleh lembaga keuangan syariah ini adalah maksimum 12 bulan. Akad jual beli atau murahabah diberlakukan oleh angsur.id

https://angsur.co.id

Angsur mengambil keuntungan dari margin setiap barang yang kamu beli. Dalam memberikan layanan, fintech ini merujuk kepada  Fatwa Dewan Syariah MUI No.04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murabahah (akad jual-beli). Namun di sini, masih berlaku denda untuk keterlambatan pembayaran.

Kredit hp tanpa dp yang 100% halal bisa juga kamu coba melalui platform kreditumat.com. Uniknya, di platform fintech syariah itu tak ada denda bagi keterlambatan cicilan. Selain itu, pada platform tersebut, selain tersedia fasilitas kredit  bagi  nasabah, juga diberikan peluang bagi kamu untuk menjadi investor yang akan membantu nasabah memperoleh hp, atau barang-barang kebutuhan lain,  secara syariah.

Nah, dengan kelima tips di atas, sekarang saatnya kamu mengambil keputusan terbaik untuk kredit HP tanpa dp. Pilihan ada di tanganmu. Selalu gunakan fitur perbandingan dan pengajuan kartu kredit HaloMoney.co.id agar kamu mendapatkan produk keuangan terbaik.

 

Tentang Penulis: Sholahudin Achmad

Blogger, mantan jurnalis dan praktisi public relations, lulusan Universitas Padjadjaran. Berminat pada investasi, keuangan dan bisnis.