Kartu Kredit Banyak Menawarkan Promo, Begini Jurus Mengoptimalkan Promo Kartu Kredit

|Posted by | Berita Keuangan, Kartu Kredit, Promo Kartu Kredit, Tips Hemat
Tags: ,

Kartu kredit banyak memberikan keuntungan berupa tawaran promo-promo menarik. Promo kartu kredit bila dioptimalkan bisa memberi Anda banyak keuntungan penghematan transaksi belanja.

Tidak sedikit orang yang memutuskan memiliki kartu kredit karena ingin mendapatkan berbagai tawaran promo kartu kredit yang menggiurkan. Kartu kredit memang identik dengan berbagai penawaran berbagai diskon, cashback, point rewards hingga airmiles, dan lain sebagainya.

Hal ini bisa dipahami karena penerbit kartu kredit pada dasarnya ingin pemegang kartu kredit sering bertransaksi memakai kartunya. Inilah tujuan utama penerbitan sebuah kartu kredit oleh sebuah lembaga keuangan seperti bank.

Semakin banyak transaksi yang dilakukan oleh pemegang kartu kredit, penerbit kartu kredit berpeluang memperoleh pendapatan. Terlebih ketika si pengguna kartu kredit lebih senang membayar tagihan dalam jumlah minimal atau minimum payment atau memanfaatkan fitur cicilan 0%. Lembaga penerbit kartu kredit akan mendapatkan penghasilan berupa pendapatan bunga kartu kredit.

Maka itu, tidak mengherankan bila penerbit kartu kredit sangat getol mengucurkan beragam fitur termasuk aneka promo-promo kartu kredit supaya transaksi kartu kredit terus meningkat.

Di sisi lain, kehadiran promo-promo kartu kredit juga semakin menegaskan karakteristik kartu kredit sebagai alat transaksi nontunai yang praktis, memberi banyak kemudahan transaksi belanja, dan bisa memberikan nilai lebih pada para pemakainya.


Jenis Promo Kartu Kredit

promo kartu kredit

Pada dasarnya, semua kartu kredit bisa dipastikan memiliki fitur-fitur unggulan, termasuk dalam bentuk tawaran promo yang menarik. Seiring dengan perkembangan dan tantangan industri kartu kredit, saat ini penerbit kartu kredit semakin kreatif mendekati target pasar mereka.

Penerbit kartu kredit tidak lagi terbatas memasarkan kartu kredit dengan pendekatan penghasilan semata. Kartu kredit juga akhirnya hadir dengan spesifikasi produk yang semakin tersegmentasi. Ini karena kebanyakan penerbit kartu kredit memakai pendekatan kebutuhan konsumen. Sehingga, lahirlah kartu kredit yang menyasar gaya hidup tertentu. Misalnya, kartu kredit travelling (travel card), kartu kredit wanita (lady’s card), kartu kredit premium, dan lain sebagainya.

Kehadiran semakin banyak ragam kartu kredit itu melengkapi serial kartu kredit yang telah ada sebelumnya seperti classic card, gold card, platinum card, dan lain-lain.

Walau akhirnya hadir lebih tersegmentasi sesuai sasaran nasabah yang dibidik, pada dasarnya kartu kredit menawarkan hal-hal yang fundamental seperti kemudahan bertransaksi, penawaran khusus untuk transaksi berupa promo diskon mulai cashback hingga point airmiles.

Nah, apa saja jenis promo kartu kredit yang hampir pasti dimiliki oleh semua kartu kredit serta bagaimana cara mengoptimalkan promo-promo tersebut? Mari kita bahas lebih jauh.

1. Promo Cashback

Hampir semua produk kartu kredit memiliki jenis promo ini. Cashback merupakan salah satu bentuk trik pemasaran di mana si pengguna kartu kredit berhak mendapatkan cashback seharga sekian rupiah atau persen dari total transaksi tertentu.

Bentuk promo cashback dari kartu kredit ada beragam. Antara lain, cashback untuk transaksi pembelian bahan bakar, cashback transaksi pembelian tiket maskapai, transaksi pembayaran tagihan rutin, dan lain sebagainya.

Kebanyakan penerbit kartu kredit menerapkan berbagai macam syarat dan ketentuan bila si pemegang kartu ingin mendapatkan cashback. Misalnya, cashback baru diberikan bila transaksi mencapai nilai tertentu, cashback akan diberikan bila transaksi dilakukan sebelum tanggal tertentu di aplikasi tertentu pula. nilai cashback juga memiliki batas maksimal. Bentuk cashback juga acapkali diberikan dalam bentuk saldo kredit. Jadi, jangan membayangkan promo ini bisa langsung memberikan Anda sejumlah uang tunai.

Nah, walau banyak menentukan syarat dan ketentuan, cukup banyak kartu kredit yang dihadirkan khusus dengan fitur promo cashback yang lebih banyak dibandingkan produk kartu kredit lain. Kartu kredit dengan promo cashback lebih banyak dikategorikan sebagai cashback card atau kartu kredit spesialisasi promo cashback.

Contoh kartu kredit cashback antara lain, Kartu Kredit Standard Chartered Mastercard Titanium, Citi Cashback Card, UOB One Card, dan lain sebagainya.

2. Promo Reward Points

Promo kartu kredit ada juga yang berupa reward points atau poin hadiah. Pada dasarnya, reward points sebagai fitur umum yang dimiliki kartu kredit ditujukan agar pengguna kartu kredit terpacu untuk terus bertransaksi memakai kartu.

Cara kerja reward points atau poin hadiah dalam kartu kredit umumnya sebagai berikut: pengguna kartu kredit mendapatkan poin senilai X untuk transaksi sebesar Y rupiah. Misalnya, 1 poin diberikan untuk transaksi senilai Rp 2.000 dan berlaku untuk kelipatannya. Sehingga, ketika seseorang bertransaksi memakai kartu kredit senilai Rp 2 juta, dia berhak mendapatkan reward points sebesar 1.000 poin.

Nah, poin-poin tersebut di kemudian hari bisa ditukarkan oleh pemegang kartu kredit dalam bentuk lain mulai dari diskon harga, cashback, sebagai pengurang iuran tahunan, dan lain sebagainya.

Hampir semua produk kartu kredit di pasar saat ini memiliki fitur promo ini. Namun, hanya kartu kredit tertentu saja yang memberikan kemudahan mendapatkan reward points lebih maksimal dibanding kartu kredit lain. Ini yang melahirkan pengelompokan jenis kartu kredit reward atau reward card.

Kartu kredit reward biasanya memberikan keunggulan misalnya, tidak ada batas penukaran poin hadiah, reward points tidak memiliki batas kadaluarsa, minimal transaksi yang berhak mendapatkan poin lebih rendah dari kebanyakan kartu kredit, bisa digunakan untuk berbagai macam jenis transaksi, penghitungan reward points bisa berkali lipat untuk setiap transaksi, pilihan gerai untuk pemanfaatan reward points juga lebih banyak, dan sebagainya.

Di pasar saat ini sudah cukup banyak kartu kredit dengan fitur reward yang menarik. Antara lain, Citi Rewards Points, HSBC VISA Signature Card, Kartu Kredit Mandiri, dan lain-lain.

3. Promo Airmiles

Fitur promo airmiles di kartu kredit biasanya dimiliki oleh kartu kredit yang menyasar penyuka travelling atau mereka yang sering bepergian ke luar kota/negeri. Fitur airmiles memungkinkan si pengguna kartu mendapatkan poin miles atau mileage setiap transaksi sejumlah tertentu. Mirip dengan reward points namun, dalam airmiles poin yang diberikan diarahkan untuk transaksi yang terkait dengan kebutuhan travelling.

Kartu kredit dengan hitungan airmiles yang lebih mudah serta syarat yang tidak banyak dalam pemanfaatan miles, tentu menjadi kartu kredit travel yang lebih menarik. Di pasar saat ini, cukup banyak kartu kredit dengan tawaran promo airmiles yang menarik untuk ditimbang. Misalnya, Citi Premier Miles, CIMB Niaga JCB Ultimate, BNI Visa Signature, dan lain sebagainya.

4. Promo Diskon

Promo diskon dalam kartu kredit juga menjadi salah satu fitur yang umum dimiliki oleh kartu kredit jenis apapun. Diskon ini banyak ragamnya. Mulai dari diskon harga dalam bentuk persentase untuk transaksi ritel, diskon berupa tawaran Buy 1 Get 1, diskon potongan harga spesial untuk transaksi di hari tertentu, dan lain-lain.

Jenis transaksi apa saja  yang diberikan diskon oleh kartu kredit akan dipengaruhi oleh jenis kartu kredit. Misalnya, untuk kartu kredit groceries, maka diskon akan banyak diberikan untuk transaksi belanja di supermarket baik offline store maupun toko online. Sebaliknya, untuk kartu kredit travel, diskon spesial akan banyak diberikan untuk transaksi pembelian kebutuhan travel misalnya, tiket pesawat, booking hotel, dan lain sebagainya.

5. Promo Dining

Sesuai namanya, fitur promo kartu kredit ini banyak memberikan penawaran menarik untuk transaksi dining atau makan di gerai tertentu. Kartu kredit yang menawarkan promo dining menarik akan lebih tepat dimiliki oleh kalangan dengan kebutuhan dining cukup tinggi atau sering makan di restoran.

Bentuk promo dining biasanya berupa diskon harga khusus bila bertransaksi di restoran tertentu memakai kartu kredit. Diskon ini biasanya baru diberikan apabila transaksi mencapai nilai tertentu.

Kartu kredit dining akan sangat berguna bila Anda termasuk kalangan yang terbilang sering bersantap di restoran bersama kerabat atau kolega dekat. Di pasar saat ini sudah banyak kartu kredit dengan spesialisasi seperti dining card. Dibanding kartu kredit lain, kartu kredit dining card biasanya memberikan lebih banyak tawaran diskon terkait aktivitas dining.

Contohnya antara lain, UOB Preferred Platinum, Citi Reward Card, HSBC Signature Experience, dan lain-lain.

6. Promo Cicilan 0%

Ini adalah fitur promo kartu kredit yang mungkin paling digemari oleh pengguna kartu kredit. Memakai kartu kredit memungkinkan pengguna membeli barang berharga cukup mahal dengan kemampuan kantong terbatas. Pasalnya, pembayaran barang akan diberikan dengan cara mencicil tiap bulan. Nah, harga barang tersebut memang tidak dikenakan bunga dari merchant terkait.

Hanya saja, dalam tagihan kartu kredit si pengguna, dia akan terkena bunga kartu kredit apabila membayar dalam jumlah minimal atau minimum payment. Kartu kredit dengan partner merchant paling banyak yang menyediakan fitur cicilan 0% tentu akan digemari oleh nasabah penyuka belanja.

Cara mengoptimalkan promo kartu kredit

Anda telah memahami bahwa kartu kredit menawarkan banyak fitur promo yang bisa Anda manfaatkan mendukung kemudahan transaksi. Anda pun bisa menjadikan transaksi belanja lebih efisien dan lebih hemat dengan memanfaatkan berbagai tawaran promo kartu kredit tersebut.

Bagaimana cara mengoptimalkan promo-promo yang diberikan oleh kartu kredit? Berikut langkah-langkahnya:

1. Bayar tagihan rutin dengan kartu kredit

Anda tentu memiliki sejumlah tagihan rutin yang harus Anda bayarkan setiap bulan. Misalnya, tagihan telepon, tagihan listrik, tagihan air, tagihan televisi berbayar, dan lain-lain. Pos-pos tersebut sudah pasti harus Anda bayarkan dan dana pembayaran pasti sudah Anda siapkan.

Nah, Anda bisa mengalihkan pembayaran pos tagihan rutin itu memakai kartu kredit dan pastikan membayarnya penuh sebelum tanggal jatuh tempo tiba. Dengan mengalihkan pembayaran tagihan lewat kartu kredit, Anda bisa mengumpulkan reward points lebih banyak. Poin hadiah itu kelak bisa Anda manfaatkan untuk hal lain, misalnya, diskon harga di merchant, pengurang iuran tahunan kartu kredit, dan lain sebagainya.

2. Talangi transaksi besar

Anda mungkin sering melakukan jamuan makan siang atau makan malam bersama kawan, kerabat, atau kolega kerja. Anda bisa mengajukan diri untuk menalangi pembayaran transaksi bersama tersebut memakai kartu kredit. Teman-teman Anda tentu tetap membayar bagian transaksi mereka pada Anda. Dengan cara ini, Anda bisa tercatat melakukan transaksi besar dan mendapatkan reward points lebih banyak.

3. Sering pakai kartu kredit

Promo-promo kartu kredit bisa optimal manfaatnya apabila Anda sering bertransaksi memakai kartu kredit. Hanya saja, pastikan Anda hanya melakukan transaksi yang sudah pasti bisa Anda bayar. Anda sekadar mengalihkan cara bayar dengan memakai kartu kredit sebagai alat transaksi nontunai.

Dengan sering memakai kartu kredit untuk bertransaksi sesuai kebutuhan, Anda bisa mengantongi poin hadiah lebih banyak, kesempatan mendapatkan cashback lebih besar, dan lain-lain.

4. Update informasi promo

Penerbit kartu kredit biasanya memberikan tawaran promo-promo dengan periode yang terbatas. Anda perlu selalu update dengan tawaran-tawaran promo agar bisa melihat mana promosi yang bisa Anda manfaatkan dan mana yang kurang efisien untuk diambil.

Seperti Anda tahu, beberapa promo kartu kredit menetapkan syarat tertentu bagi pengguna bila ingin mendapatkan promo. Di sini Anda tetap perlu kejelian menghitung, apakah tawaran promo itu adalah good deal atau sekadar gimmick pemasaran.

5. Belanja rutin memakai kartu kredit

Setiap orang atau keluarga pasti memiliki pos pengeluaran rutin, selain tagihan rutin. Misalnya, pos belanja bulanan, pos pembelian bahan bakar kendaraan bermotor, dan lain-lain. Anda bisa memakai kartu kredit untuk membayar semua pos pengeluaran tersebut dan mengumpulkan poin hadiah lebih banyak, menikmati cashback lebih besar.

Ruisa Khoiriyah

Tentang Penulis: Ruisa Khoiriyah

a writer.