Kapankah Waktu yang Tepat untuk Pengajuan Kartu Kredit? Cek di Sini Sekarang!

|Posted by | Kartu Kredit, Tips Hemat
Tags: , , , , ,

ingin punya kartu kredit

Kartu kredit menawarkan berbagai macam kemudahan. Tak heran jika ada banyak orang yang tergiur untuk memilikinya. Lantas kapan waktu yang tepat untuk pengajuan kartu kredit? Simak penjelasannya di sini!

Kartu kredit tercatat sebagai salah satu alat transaksi non tunai paling favorit di seluruh dunia. Sejak kehadirannya di tahun 1950-an silam, kartu kredit menjelma menjadi alat transaksi yang powerful. Begitupun di Indonesia. Pada tahun 1980-an, kartu kredit bahkan menjadi salah satu simbol status atau prestise.

Pasalnya, ketika awal-awal muncul di Indonesia, bank penyedia kartu kredit menyeleksi pemegang kartu kredit berdasarkan pendapatan mereka. Ini untuk mengukur kemampuan si pemegang kartu kredit untuk membayar tagihan kelak. Maklumlah, ketika itu belum ada Sistem Informasi Debitur (SID) atau “BI checking” yang bisa memudahkan bank mengecek eligibilitas calon pemegang kartu kredit. 

Namun, sejak kelahiran SID Bank Indonesia pasca terjadinya krisis moneter beberapa waktu lalu, penyedia kartu kredit di Indonesia menjadi lebih leluasa menjual kartu kredit. Di saat yang sama, masyarakat juga semakin mudah mendapatkan kartu kredit dengan syarat batas minimal penghasilan yang tidak tinggi.

Saat ini, cukup dengan pendapatan minimal Rp 3 juta, seseorang bisa mengajukan diri menjadi pemegang kartu kredit. Kartu kredit pada akhirnya bukan lagi sebagai alat transaksi eksklusif yang hanya bisa dimiliki oleh sedikit orang.

Memiliki Kartu Kredit (metrotvnews.com)

Secara umum, ada beberapa alasan orang memiliki kartu kredit, yaitu:

  • Lebih praktis

Alasan pertama sudah pasti karena menggunakan kartu kredit jauh lebih praktis dibanding dengan menggunakan uang tunai ketika akan melakukan transaksi keuangan. Kamu tak perlu repot-repot membawa uang tunai dalam jumlah tertentu ketika akan bepergian.

  • Ingin menghemat pengeluaran

Memangnya bisa berhemat dengan menggunakan kartu kredit? Tentu saja bisa. Jika digunakan dengan bijak, kamu bisa lebih mengontrol pengeluaranmu karena kartu kredit memiliki batasan limit.

Ditambah lagi, saat ini transaksi keuangan banyak yang menawarkan promo dan diskon jika kamu menggunakan kartu kredit saat membayar. Misalkan saja ketika kamu akan berbelanja di merchant yang bekerjasama dengan kartu kredit tertentu. Biasanya diskon yang diberikan bisa mencapai hingga 20%.

Baca Juga : Kartu Kredit Standard Chartered: Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Apply

  • Bisa mencicil

Tidak semua orang bisa membeli sebuah barang dengan cara membayar lunas. Jika dana yang dimiliki digunakan untuk membayar lunas barang yang akan dibeli, maka kebutuhan bulanan tak akan tercukupi.

Padahal kamu sangat butuh barang tersebut untuk keperluan penting. Misalkan saja laptop atau ponsel milikmu mengalami kerusakan total dan mau tak mau harus diganti dengan yang baru. Di sinilah peran kartu kredit yang bisa kamu gunakan untuk membeli barang tersebut dengan cara mencicil karena dengan mencicil pembayaran, orang bisa memiliki barang atau kebutuhan tertentu.

  •  Ada banyak keuntungan yang didapat

Kartu kredit menawarkan banyak keuntungan, mulai dari potongan harga, point rewards, cashback, voucher, airport lounge, keanggotaan khusus di klub eksklusif tertentu, dan masih banyak lagi. Banyaknya keuntungan yang didapat ini memang terdengar sangat menarik dan membuat kamu tergoda untuk memiliki kartu kredit.

Menggunakan Kartu Kredit (bitcoin.com)

Menggunakan Kartu Kredit (bitcoin.com)

Kartu kredit memang banyak menawarkan keuntungan yang menarik. Tapi, tak serta merta kamu bisa langsung mengajukan kartu kredit. Ada waktu-waktu yang tepat untuk kamu memiliki kartu kredit. Kenapa harus ada waktu yang tepat? Bukankah kalau ingin memiliki kartu kredit, kita tinggal mengajukannya saja? Perlu diketahui kalau untuk memiliki kartu kredit ini ada saat yang tepat. Jika kamu memilikinya di saat yang salah, otomatis kamu akan terlilit hutang dan menyebabkan kondisi keuanganmu terpuruk.

Hal ini juga dimaksudkan agar nantinya pengajuan kartu kredit kamu diterima oleh bank karena ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi ketika kamu akan mengajukan kartu kredit.

Inilah waktu yang tepat untuk mengajukan kartu kredit

Sebelum kamu mengajukan kartu kredit, coba perhatikan terlebih dahulu, apakah kamu berada dalam salah satu kondisi di bawah ini?

1. Memiliki pekerjaan tetap

Memiliki Pekerjaan Tetap (blog.graytools.com)

Memiliki Pekerjaan Tetap (blog.graytools.com)

Waktu yang tepat mengajukan kartu kredit adalah pada saat kamu sudah memiliki pekerjaan tetap. Dengan begitu, kamu telah mengantongi penghasilan tetap per bulannya yang bisa kamu gunakan untuk membayar cicilan hutang kartu kredit.

Baca Juga : Cara Melunasi Tagihan Kartu Kredit Dari Berbagai Bank

Memiliki pekerjaan tetap adalah salah satu syarat pengajuan kartu kredit. Bagi seorang pegawai atau pekerja kantoran, kamu harus melampirkan slip gaji sebagai dokumen yang harus diserahkan. Biasanya pihak bank rata-rata mematok minimal penghasilan Rp 3 juta per bulannya.

2. Baru memulai usaha

Menjadi Wirausaha (www.reesays.com)

Menjadi Wirausaha (www.reesays.com)

Kalau kamu bukan seorang pekerja kantoran, tetapi seorang wirausaha, kamu wajib memiliki kartu kredit. Bagi seseorang yang baru memulai usaha, memiliki kartu kredit akan mendatangkan banyak manfaat untukmu karena bisa kamu gunakan sebagai modal bisnis awal yang tidak membutuhkan dana besar.

Misalkan saja jika kamu baru memulai usaha kreatif seperti membuat aksesoris. Kamu bisa gunakan kartu kredit untuk membayar alat-alat dan bahan untuk membuatnya. Ketika usaha sudah mulai berjalan dan mulai membutuhkan modal yang cukup besar, kamu bisa mengambil pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang kebanyakan mensyaratkan kepemilikan dan penggunaan kartu kredit minimal 1 tahun.

3. Sudah Berkeluarga

Sudah Berkeluarga (freedesignfile.com)

Sudah Berkeluarga (freedesignfile.com)

Tak jarang ada orang yang berhenti menggunakan kartu kredit saat mereka sudah berkeluarga. Padahal, kartu kredit akan lebih bermanfaat ketika kamu sudah berkeluarga. Kartu kredit bisa membantu mengirit biaya pengeluaran bulanan karena kamu akan mendapat potongan diskon dan promo untuk kebutuhan-kebutuhan rumah tangga, mulai dari peralatan elektronik hingga belanja bulanan di supermarket.

4.Sering bepergian ke luar negeri

Sering Bepergian (julysystems.com)

Sering Bepergian (julysystems.com)

Kamu termasuk orang yang sering bepergian ke luar negeri? Jika iya, ini saat yang tepat untuk kamu memiliki kartu kredit. Baik itu untuk keperluan bisnis atau traveling, kartu kredit akan berguna jika kamu bepergian ke luar negeri karena kamu bisa merasakan manfaat promo dan rewards mulai airmiles yang bisa kamu dapatkan hingga potongan diskon tiket pesawat.

Berhubung kamu suka bepergian, jenis kartu kredit yang bisa kamu pilih adalah kartu kredit travel yang dikhususkan untuk orang yang sering melakukan perjalanan dengan pesawat. Tak perlu repot mendatangi bank untuk membuat kartu kredit travel ini karena kamu bisa mengajukannya secara online di HaloMoney.co.id.

5. Rasio hutang tak lebih dari 30%

Menghitung rasio hutang (FHA.com)

Menghitung rasio hutang (FHA.com)

Jika perhitungan rasio hutangmu tak lebih dari 30%, maka kamu bisa dengan aman memiliki kartu kredit. Rasio hutang yang ada sebaiknya tak lebih dari 30% dari jumlah penghasilan kamu setiap bulannya karena pihak bank rata-rata memberikan limit maksimal 30% dari total gaji bulanan. Berikut cara menghitungnya:

Pengeluaran per bulan

Cicilan KPR : Rp 2 juta

Belanja rumah tangga : Rp 1 juta

Biaya listrik, air, dan pulsa : Rp 500 ribu

Cicilan kendaraan bermotor : Rp 1 juta

Biaya transportasi : Rp 500 ribu

Total pengeluaran                 : Rp 5 juta

Total pendapatan                  : Rp 20 juta

Perhitungannya = total pengeluaran : total pendapatan

Rp 5 juta : Rp 20 juta = 0,25 x 100 = 25 % (rasio hutang)

Dari perhitungan di atas, maka kamu dibolehkan untuk mengajukan kartu kredit. Jika rasio hutang melebihi 30%, maka bisa dikatakan kamu harus menunda terlebih dahulu pengajuan kartu kreditmu.

Lunasi terlebih dahulu hutang-hutang yang sudah ada dan ketika sudah terbayar lunas, kamu bisa mengajukan kartu kredit. Ini dimaksudkan agar keuanganmu tetap sehat dan tidak banyak terjerat hutang. Perlu kamu ingat kalau kartu kredit juga memiliki denda yang harus kamu bayar ketika kamu menunggak cicilan.

Baca Juga : Haruskah Gesek Tunai Kartu Kredit Kala Terdesak Uang

Cara pemanfaatan kartu kredit secara bijak agar manfaat optimal

Sering Bepergian (julysystems.com)

Sering Bepergian (julysystems.com)

Pilih kartu kredit yang sesuai dengan penghasilan dan kebutuhanmu. Jika masih bingung untuk menentukan kartu kedit yang tepat, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan memanfaatkan fitur perbandingan di HaloMoney.co.id secara gratis. 

Kartu Kredit Terbaik 2018

Demi memudahkan kamu untuk memiliki kartu kredit terbaik, kami memberikan beberapa alternatif kartu kredit yang bisa kamu miliki. Kartu kredit ini bisa kamu ajukan melalui HaloMoney.co.id:

  • Kartu Kredit HSBC

Kartu Kredit HSBC yang memberikan fasilitas cukup berguna berupa cicilan 0% ialah HSBC Platinum Cash Back. Tidak cuma cicilan 0%, kartu ini juga rajin memberikan cashback. 

  • Nikmati 25% Cashback di semua Restoran, Supermarket, dan Transaksi Online (tagihanmu akan dikurangi 25% dari nilai transaksi yang telah kamu lakukan).
  • Nikmati Cicilan 0% di berbagai merchant mulai dari Rp 50 ribuan
  • Nikmati lebih dari 27,000 Tawaran Home&Away di lebih dari 160 Negara di Seluruh Dunia
  • Syarat penghasilan Rp 3,75 juta per bulan atau Rp 45 juta per tahun.

Ajukan kartu kredit HSBC Platinum Cashback di HaloMoney.co.id sekarang

HSBC Platinum Cash Back

  • Kartu Kredit Citibank

Citibank saat ini memberikan cashback Rp 1 juta dari nilai transaksi setelah berbelanja minimal Rp 1,5 juta (belanjamu hanya diperhitungkan Rp 500 ribu karena Rp 1 juta dibayarkan oleh Citibank). Pilihan hadiah lainnnya berupa travel bag setelah berbelanja Rp 500.000.

  • Kartu kredit citibank menyediakan program cicilan 0% melalui layanan EazyPay Citibank.
  • Penghasilan minimal Rp 5 juta per bulan.
  • Citibank berkerjasama dengan lebih dari 150 merchant untuk dining, shopping, travel, belanja kebutuhan keluarga, dan belanja online.

Ajukan kartu kredit Citibank di HaloMoney.co.id sekarang

Hasil gambar untuk Citi Cash Back Card

  •  Kartu Kredit BNI

Salah kartu kredit BNI yang bisa menjadi piihan terbaik adalah BNI Style Titanium. Kartu ini dibuat untuk para milenials yang sering travel dan memanfaatkan promo. Syarat penghasilan hanya Rp 5 juta per bulan atau Rp 60 juta per tahun.

  • Untuk mengaktifkan cicilan 0%, salah satu caranya adalah menghubungi BNI Call 1500046.
  • Gratis asuransi kecelakaan dengan nila pertanggungan mencapai Rp 100,000,000
  • Diskon hingga 33% di merchant F&B rekanan BNI

Ajukan kartu kredit BNI Style Titanium di HaloMoney.co.id sekarang

BNI Style Titanium

  • Kartu Kredit BCA

Kartu kredit BCA dikenal rajin memberikan promo diskon dan cashback kepada nasabahnya. Promo tersebut kadang sangat besar hingga 61%, seperti pernah diberikan saat ulang tahun BCA ke-61. Selain itu, respon kartu kredit BCA cukup cepat jika sedang menangani komplain atau permintaan perubahan transaksi dan lain-lain.

Pilih dan ajukan kartu kredit BCA melalui HaloMoney.co.idHasil gambar untuk bca card gold

Itulah beberapa pilihan kartu kredit terbaik yang bisa menjadi pilihamu. Ingat selalu untuk selalu menahan diri dan berpikir ulang saat akan menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan konsumtif. Jangan sampai nantinya kamu lepas kendali setelah memiliki kartu kredit dan terjerat hutang cicilan yang tak terbayar.

Untuk menyikapinya, setiap bulan kamu harus selalu melalukan financial check up dengan menghitung berapa pengeluaran dan penghasilan yang kamu dapat. Semoga informasi tersebut bisa membuat kamu lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit.

Apply kartu kredit online dengan Halomoney.co.id

Merna Arini Nurizzati

Tentang Penulis: Merna Arini Nurizzati

Full Time Dreamer, Part Time Writer. Book & Food Blogger.