Infografis: Biaya Pernikahan di Indonesia

|Posted by | Infografis
Tags:
Biaya pernikahan di Indonesia

Biaya pernikahan di Indonesia

Bukanlah sebuah rahasia jika menyelenggarakan pernikahan membutuhkan biaya yang banyak. Apalagi jika menggunakan adat tradisional, lengkap dengan mas kawin, tarian atau pertunjukan tradisional, dan upacara lainnya: Menyelenggarakan lebih dari satu macam resepsi bisa sangat menguras dompetmu.

Karena membutuhkan biaya untuk menyelenggarakan sebuah pernikahan, tidak heran jika banyak pasangan calon pengantin mengajukan pinjaman (KTA) untuk membiayai pernikahan impian mereka. Tentu saja, tidak jarang jika anggota keluarga lain ikut membiayai pernikahan, untuk mengurangi beban keuangan untuk pasangan yang akan menikah.

Coba bandingkan berbagai promo KTA dari kartu kreditmu disini:

Tapi, berapa sebenarnya biaya pernikahan di Indonesia? Mulai dari gaun pernikahan, katering, band pengisi acara, hingga cincin pertunangan, banyak sekali pengeluaran yang harus dipertimbangkan untuk perencanaan dan pelaksanaan acara pernikahan. Makanan dan undangan akan tergantung dari berapa banyak orang yang kamu undang, dan kebanyakan orang memutuskan mengundang saudara jauh dari kedua pihak keluarga calon pengantin. Jangan lupakan suvenir pernikahan untuk diberikan sebagai tanda terima kasih kepada tamu undangan yang telah hadir.

HaloMoney telah merangkum daftar pengeluaran yang berhubungan dengan pernikahan, dan berapa banyak biaya yang biasanya orang-orang habiskan untuk mengadakan acara tersebut. Kami juga menghitung perkiraan biaya untuk bulan madu, dan memasukkannya ke dalam jumlah total pengeluaran untuk sebuah pernikahan.

Tentu saja ada beberapa barang di dalam daftar yang bisa kamu temukan dengan harga yang lebih murah, atau membuat dengan kreasi sendiri sehingga kamu bisa menghemat biaya lebih banyak. Dengan perencanaan dan pembuatan anggaran yang tepat, kamu tentu mampu menyelenggarakan pernikahan yang tidak menguras banyak biaya.

Haruskah kamu mengajukan pinjaman ke bank (KTA) untuk biaya pernikahan? Berikan komentarmu!

Biaya pernikahan di Indonesia