Infografis: 7 Langkah untuk Membeli Rumah

|Posted by | Infografis, Tips Keluarga
Tags: , , , ,

membeli rumah

Apa Anda lelah tinggal seatap bersama orangtua? Apakah Anda berharap mempunyai tempat tinggal yang lebih luas daripada apartemen tipe studio yang kecil yang Anda tinggali sekarang? Atau Anda sebenarnya cuma ingin sebuah tempat yang bisa dianggap rumah sendiri?

Jika pekerjaan dan prospek keuangan Anda stabil, mungkin sekarang waktu yang tepat untuk Anda mempertimbangkan membeli rumah baru. Hal ini sangat penting terutama bila Anda berencana menikah dan membangun keluarga. Anda dan pasangan tentunya di  masa depan akan sangat membutuhkan privasi sendiri, begitu juga lingkungan yang nyaman tempat Anda membesarkan anak-anak tanpa rasa cemas.

Kalau Anda tidak pernah membeli real estate apapun sebelumnya, hal pertama yang mungkin membuat Anda bertanya-tanya adalah “dari mana mulainya?” Bagaimana jika Anda tidak dapat membeli satupun tempat yang bagus yang ada di pasaran?

Untungnya kekurangan dana tidak harus menghalangi jalan Anda untuk mendapatkan rumah sendiri. Anda dapat mendaftar untuk sebuah hipotek atau pinjaman perumahan dari bank lokal dan mendapatkan persetujuan untuk pembiayaan rumah, kalau Anda dinilai berkualitas secara finansial.

Seperti tipe pinjaman bank yang lain, hipotek juga dikenakan suku bunga dan pembayaran bulanan yang dapat mempermudah Anda membeli rumah baru dengan periode waktu tertentu. Bagusnya lagi HaloMoney Indonesia mempermudah Anda dalam membandingkan hipotek dan mencari pinjaman yang bisa disesuaikan dengan anggaran saat ini.

Menemukan hipotek yang tepat, bagaimanapun juga hanyalah satu langkah dalam perjalanan panjang dan proses yang cukup sulit ketika membeli sebuah rumah. Di bawah ini dapat kita lihat secara sekilas apa saja yang harus Anda lakukan:

Infografis membeli rumah