Tidak Sekadar Mencari Pinjaman Online Cepat Cair

|Posted by | Kredit Tanpa Agunan, KTA, Strategi Utang
Tags: , , ,

Pinjaman tanpa syarat kartu kredit dan BI checking dengan proses pencairan cepat banyak dicari. Terutama  oleh mereka yang tidak memiliki akses ke bank. Namun pinjaman seperti ini bisa berbuah malapetaka. Maka dari itu, cermatlah dalam mencari pinjaman.

Pada umumnya, pinjaman online cepat cair dirancang dengan durasi pinjaman yang pendek, dengan bunga yang dipatok sangat besar dengan hitungan harian. Yakni, rata-rata 1% per hari atau sekitar 30% per bulan!

Dari bunga yang besar itu ketika kamu terlambat membayar, maka terjadilah bencana keuangan bagi si peminjam. Sebab sekali terlambat nilai pinjamannya akan bertambah besar. Peminjam lantas panik. Lalu mulailah dia gali lubang tutup lubang, dengan mengajukan pinjaman-pinjaman baru dari sumber pembiayaan yang lain untuk membayar tagihan lama tersebut.

Maklum perusahaan yang memberikan pinjaman cepat cair menggunakan sistem penagihan yang bersifat otomatis dengan teknologi yang mereka miliki. Salah satunya menghubungi kontak person yang terdeteksi kenal dan dekat dengan peminjam. Meskipun begitu tidak semua pinjaman online cepat cair memiliki sistem penagihan seperti ini.

Jadi jika kamu tidak disiplin mengatur keuanganmu, sehingga kehabisan dana untuk membayar tagihan pinjaman online cepat cair dari aplikasi, sebaiknya kamu menghindari pinjaman seperti ini.

Baca Juga : Meminjam KTA di Bank atau Pinjaman Online yang Cocok

Agar terhindar dari bencana keuangan tersebut, sebaiknya perhatikan hal berikut:

  • Cek legalitas perusahaan fintech yang menawarkan pinjaman uang online cepat cair tersebut. Sudah terdaftarkah di lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK)? Sebagian pinjaman tersebut belum memiliki izin. Dugaan ini telah diungkap sendiri oleh OJK beberapa waktu lalu.
  • Telitilah biaya-biaya pinjamannya. Pastikan tidak ada biaya-biaya tersembunyi.
  • Bandingkan total biaya tersebut dengan bunga kredit tanpa agunan dari bank yang rata-rata berkisar 0,95 % – 3 % per bulan.

Beberapa pinjaman online cepat cair ditawarkan melalui sebuah aplikasi. Iklan penawaran ini banyak muncul dari jaringan sosial seperti Instagram. Jika kamu mendownload aplikasi tersebut, dan mengajukan pinjaman melalui aplikasi tersebut, kamu akan sangat mudah mengajukan pinjaman. Dalam hitungan jam, dana pinjaman akan cair.

Dari kemudahan tersebut, pinjaman seperti ini sebenarnya menyimpan masalah. Terutama banyaknya biaya dan bunga yang harus kamu bayar. Meski pinjamanmu hanya hitungan hari, pinjaman seperti ini tetap saja kurang menguntungkan kamu.

Pilihan KTA cepat cair

Sebaiknya kamu memilih pinjaman yang disediakan bank. Sebab pinjaman tersebut relatif lebih murah. Selain itu, beberapa pinjaman prosesnya juga terbilang cepat, tidak sampai lima hari kerja. Nah, diantara banyaknya tawaran pinjaman online, sebuah bank bernama Bank Amar Indonesia menawarkan kredit tanpa agunan yang mirip dengan pinjaman online cepat cair.

Bahkan, Bank Permata dan Standard Chartered memiliki produk KTA yang dapat disetujui dalam satu hari kerja. Berikut ini beberapa pilihannya:

  • KTA Amar Bank

Sama seperti dalam pengajuan pinjaman online cepat cair, KTA Tunaiku Amar Bank itu dapat diajukan secara online melalui website tunaiku maupun pihak ketiga seperti HaloMoney.co.id. Jika kamu mengajukan di HaloMoney kamu akan mendapatkan penawaran khusus yang tidak kamu temukan jika mengajukan melalui website mereka.

Cukup mengisi aplikasi online melalui website proposal kreditmu akan diproses. Tidak ada survei lapangan oleh pihak bank. KTA Amar Bank hanya mensyaratkan identitas KTP, tanpa syarat kartu kredit maupun slip gaji.

Cara mengajukan KTA Tunaiku Amar Bank:

  1. Daftar (secara online). Pilih jumlah dan lama pinjaman yang kamu inginkan. Isi formulir pengajuan dan klik “Kirim Formulir”.
  2. Terima Persetujuan. Silakan tunggu kurang lebih 24 jam untuk mengetahui status pengajuan pinjaman.
  3. Konfirmasi Pinjaman. Isi info untuk pengantaran kontrak oleh kurir (diproses dalam 1-3 hari kerja)
  4. Tanda Tangan Kontrak. Bertemu kurir untuk konfirmasi KTP dan tanda tangan kontrak (akan dilakukan dalam 1-3 hari kerja, tidak ada  survei)
  5. Terima Tunai. Tunggu sampai dana dicairkan ke rekening kamu (diproses dalam 1-3 hari kerja) setelah dokumen diterima.

Baca Juga : 7 Resiko Mengajukan Pinjaman Online Langsung Cair

KTA Tunaiku merupakan produk unggulan dari Bank Amar Indonesia. Sudah lebih dari Rp 1 triliun kredit tanpa agunan ini dikucurkan. Nasabah dapat melakukan pinjaman mulai dari Rp 2 juta hingga  Rp 20 juta dengan durasi peminjaman mulai dari 6 sampai 20 bulan. Tidak ada persyaratan kartu kredit.

Bunganya flat 3% per bulan, dengan durasi pinjaman 6 – 20 bulan.  Bandingkan dengan bunga pinjaman online yang 30% per bulan atau 1% per hari. Bagaikan langit dan bumi.  Jadi, dengan bunga yang tetap per bulan, maka KTA Tunaiku  Amar Bank ini cocok buat kamu yang lagi cari pinjaman online  via website atau mobile app, tapi  dengan  bunga yang tidak mencekik leher.

Jika kamu ingin mengajukan produk ini di HaloMoney.co.id, klik link berikut ini. Jika kamu ingin membandingkan semua KTA, bisa klik di sini.

Bila aplikasi KTA disetujui, SMS atau email dikirimkan pihak bank kepada calon peminjam. Yang diminta adalah melengkapi foto KTP dan cover buku tabungan. Selanjutnya, kontrak kredit  dibuat dan dan diantarkan oleh kurir bank ke alamat kantormu, untuk kamu tanda tangani. Sepraktis itu!

Persyaratan peminjam

  • Berusia 21 – 55 tahun
  • Memiliki rekening atas nama pribadi yang telah berjalan selama 3 bulan atau lebih
  • Memiliki penghasilan
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Minimum masa kerja 3 bulan
  • Kamu arus dapat dihubungi (baik melalui alamat alamat tempat tinggal atau kantor) di wilayah Jabodetabek ( Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi), Jawa (Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Semarang), Sumatra (Palembang, Medan, dan Pekanbaru), Denpasar dan Makassar

Biaya Pinjaman Tunaiku

  • Biaya administrasi Rp 540.000
  • Bunga keterlambatan 0,16% perhari
  • Biaya keterlambatan Rp100.000.
  • Durasi pinjaman 6 hingga 20 bulan.

 

  •  KTA Amartha khusus Wanita

P2P Amartha mempertemukan peminjam dengan pendana (investor).

Perusahaan fintech dengan model bisnis peer to peer (P2P)  lending bertindak sebagai perantara yang mempertemukan peminjam dengan investor atau pendana. Salah satunya, adalah Amartha.

Fintech ini bertujuan untuk membantu pertumbuhan bisnis mikro kecil. Oleh karenanya, pembiayaan ini menjangkau pelosok pedesaan. Sektor usaha yang bisa didanai adalah perdagangan, rumah tangga, pertanian, peternakan, dan jasa. Namun syarat utama peminjam dana di Amartha, adalah  harus kaum wanita.  .

Amartha memiliki keunggulan dari platform pinjaman lainnya seperti berikut:

  • Tanpa jaminan, proses yang cepat dan dukungan lenderyang siap mendukung pendanaan untuk calon peminjam dengan bunga sekitar 1,6% per bulan.
  • Bagi hasil yang kompetitif. Memberikan skema bagi hasil tetap atau flattiap minggu tanpa biaya administrasi.
  • Tanpa penalti. Bagi peminjam yang melakukan pelunasan dipercepat, tidak menerapkan penalti apapun.
  • Beragam pilihan angsuran dan waktu pelunasan bagi peminjam dengan nilai pembiayaan Rp 3.000.000 – Rp 10.000.000 yang dapat dikembalikan dalam periode 3 – 12 bulan.
  • Amartha membangun sejarah pembiayaan bagi setiap peminjam sehingga mereka memiliki riwayat pembiayaan (credit history) agar bisa meningkatkan tingkat kelayakan kredit mereka (credit-worthiness) sehingga mereka bisa mendapatkan pinjaman dalam skala lebih besar, termasuk dari pihak perbankan konvensional.

Apakah persyaratan untuk mengajukan pembiayaan?

  • Untuk calon peminjam berkelompok (group lending):
    • Perempuan
    • Diutamakan tinggal di daerah dengan keterbatasan akses terhadap lembaga keuangan atau perbankan
    • Membentuk kelompok yang terdiri dari 15-20 orang
    • Bersedia mengikuti pelatihan wajib kelompok
    • Wajib hadir secara mingguan dalam pertemuan kelompok
  • Untuk calon peminjam SME (individu)

Produk pembiayaan bagi usaha kecil atau SME dari Amartha saat ini hanya dibuka bagi peminjam individu yang sebelumnya pernah bergabung dengan Amartha dalam pembiayaan berkelompok (group lending). Atau individu yang menjadi anggota organisasi atau lembaga yang telah mengikat kerjasama pembiayaan dengan Amartha.

Baca Juga : Apakah Benar Pinjaman Online Pribadi Bisa Jadi Solusi?

  • KTA DBS Telkomsel

Image result for kta dbs telkomsel

KTA Bank DBS Indonesia disediakan bagi nasabah yang membutuhkan untuk berbagai keperluan, dengan nama Dana Bantuan Sahabat (DBS). Pinjaman yang kamu lakukan dapat digunakan untuk keperluan apapun, diantaranya pembelian barang-barang elektronik, biaya pendidikan atau bahkan untuk biaya berlibur. Limit KTA yang ditawarkan oleh DBS Indonesia hingga Rp 300 juta dengan tenor pinjaman hingga 3 tahun. Bunga yang ditawarkan juga ringan sehingga pinjaman ini tepat untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman dalam jumlah besar.

Bagi Anda yang berstatus karyawan tetap dan memakai kartu prabayar Telkomsel (Simpati dan Kartu AS) di Jabodetabek, tersedia KTA dengan plafon Rp 3 juta – Rp 10 juta, tenor 6 – 30 bulan. KTA DBS untuk pengguna Telkomsel bunga spesial 1,99% – 2.49%, gratis biaya administrasi dan tanpa syarat kartu kredit. Ajukan KTA DBS Telkomsel di HaloMoney.co.id dan dapatkan asuransi kecelakaan gratis selama tiga bulan.

Itulah beberapa pertimbangan jika kamu ingin mendapatkan pinjaman online cepat cair sebelum kamu memutuskan untuk mengambil utang. Gunakan fitur perbandingan dan pengajuan di HaloMoney agar kamu mendapatkan produk terbaik.

Tentang Penulis: Sholahudin Achmad

Blogger, content writer, mantan jurnalis dan praktisi public relations, lulusan Fikom Universitas Padjadjaran. Berminat pada investasi, keuangan dan bisnis.