Hemat Biaya Hidup di Jakarta dengan Memanfaatkan Kartu Kredit, Begini Triknya

|Posted by | Belanja, Humans of Jakarta, Kartu Kredit, Kebiasaan Keuangan, Lifestyle, Tips Hemat
Tags: , , , ,

Kartu kredit bukan cuma alat transaksi non tunai yang bisa membantu kamu bertransaksi lebih mudah. Bila jeli memakai, kartu kredit bisa membantu kamu menghemat biaya hidup di Jakarta, lho. Percaya, enggak? 

Kartu kredit sudah menjadi bagian dari alat transaksi keuangan yang penting, tak kalah penting dengan kartu debit atau ATM. Walau popularitas kartu kredit di Indonesia belum setinggi di negeri-negeri tetangga, namun di kota-kota besar seperti Jakarta, pemandangan orang bertransaksi memakai kartu kredit sudah sangat biasa.

Sayangnya, kartu kredit sejauh ini masih kerap mendapat konotasi negatif karena dinilai membuat orang jadi lebih boros. Selain itu, karena berbasis dana pinjaman atau utang dari penerbit kartu, kartu kredit dianggap sebagai kartu utang yang faedahnya sedikit. Padahal, bila jeli mengoptimalkan fungsi kartu kredit, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat, lho.



Begini cara mudah mengoptimalkan kartu kredit ala HaloMoney.co.id yang bisa kamu terapkan:

1. Pilih kartu kredit yang tepat dan sesuai kebutuhan

Pilih Kartu Kredit yang Sesuai (www.experian.com)

Ada banyak pilihan kartu kredit yang bisa kamu pilih. Bank penyedia kartu kredit biasanya akan mengeluarkan kartu kredit yang dikhususkan untuk kebutuhan tertentu, misalkan saja ada kartu kredit yang dikhususkan untuk pebisnis, kartu kredit maskapai penerbangan untuk orang yang sering traveling, dan lain sebagainya. Jadi, sebaiknya dalam memilih kartu kredit, kamu harus mencari yang sesuai kebutuhan.

Misalkan saja, berhubung kartu kredit milikmu nanti akan digunakan sebagai cara untuk menghemat biaya hidup di Jakarta, maka carilah kartu kredit yang bisa memberikanmu diskon di supermarket, pom bensin, dan lain sebagainya. Jika kamu jarang bepergian menggunakan pesawat, maka jangan memilih kartu kredit airlines. Jangan lupa, sebelum menentukan pilihan, perhatikan fitur-fitur yang mereka miliki untuk memilih mana yang paling menguntungkan untukmu.

2. Batasi limit kartu kredit sesuai dengan anggaran bulanan

Batasi Limit Kartu Kredit (blog.creditsudhaar.com)

Ada banyak kasus terjadi tunggakan cicilan kartu kredit yang berujung pada terbelitnya hutang karena tidak bisa membayar. Sebenarnya jika diperhatikan, rata-rata orang yang mengalami kasus seperti ini memiliki limit kartu kredit yang terlalu tinggi, padahal anggaran bulanan mereka untuk membayar cicilan kartu kredit tidak sampai segitu.

Ingat ya Moneysavers, jangan setarakan limit kartu kredit dengan penghasilan bulanan. Jadi, kalau penghasilan bulananmu Rp10 juta, bukan berarti kamu bisa memiliki kartu kredit dengan limit Rp 10 juta.

Ambil limit kartu kredit yang sesuai dengan anggaran bulanan. Misalkan saja setiap bulannya, anggaran untuk kebutuhan rumah, transportasi, dan belanja bulanan mencapai Rp5 juta, maka batasi limit kartu kreditmu hanya Rp5 juta saja. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari penggunaan-penggunaan kartu kredit yang tidak perlu.

3. Beli kebutuhan belanja bulanan saat sedang diskon

Belanja Saat Diskon (slbdwkediri.blogspot.com)

Pergunakan kartu kredit untuk belanja bulanan di supermarket yang bekerjasama dengan kartu kredit milikmu. Sebaiknya kamu hanya belanja satu bulan sekali karena ada mininum pembelanjaan jika kamu ingin mendapatkan diskon atau cashback. Sebelum berbelanja, catat dulu kebutuhan rumah apa saja yang akan kamu beli, mulai dari kebutuhan kamar mandi hingga dapur. Dengan begitu, kamu terhindar dari membeli barang-barang yang tidak perlu.

4. Selalu bandingkan harga dan prioritaskan yang lebih murah

Supaya kamu bisa menghemat biaya hidup di Jakarta, setiap membeli sebuah barang tertentu, maka bandingkan terlebih dahulu harganya di 2-3 tempat yang berbeda. Hal ini ditujukan supaya kamu bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih murah. Biasanya harga barang-barang yang dijual secara online memiliki harga yang jauh lebih murah hingga 20-30% dikarenakan mereka tidak membayar sewa toko yang tinggi. Dengan memiliki barang secara online dengan kartu kredit, biasanya juga ada cashback seperti cashback Rp200 ribu yang diberikan oleh kartu kredit HSBC hingga tanggal 25 Maret 2019 jika berbelanja di Tokopedia dengan minimal transaksi Rp3 juta.

5. Manfaatkan poin reward yang ada pada kartu kredit

Poin Reward (amazonaws.com)

Setiap kamu melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, akan ada poin reward yang bisa kamu dapatkan. Kumpulkan poin reward ini dan manfaatkan dengan cara menukarkannya dengan beragam keuntungan, seperti membayar biaya tahunan hingga potongan diskon. Ingat, cari merchant yang bertanda reward karena ada beberapa merchant yang tidak memiliki tanda tersebut sehingga kamu tidak bisa mendapatkan poin reward. Perhatikan juga expired date dan batas penukaran dari poin reward yang kamu miliki.

6. Isi bensin di pom bensin rekanan kartu kredit

Isi Bensin dengan Kartu Kredit (tstatic.net)

Kamu termasuk orang yang menggunakan kendaraan pribadi untuk bermobilitas? Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu bisa menghemat biaya bensin yang harus kamu keluarkan. Dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan diskon hingga cashback hingga 10% jika kamu mengisi bensin di pom bensin yang merupakan rekanan atau merchant dari kartu kreditmu. Lebih baik untuk mengisi bensin hingga full tank karena biasanya akan ada mininum transaksi yang disyaratkan.

7. Fokus pada apa yang kamu butuhkan, bukan apa yang diinginkan

Fokus pada Apa yang Dibutuhkan (clark.com)

Kota Jakarta selalu menyediakan semua kebutuhan yang kita perlukan dan juga beragam kemudahan sehingga kita bisa saja terlena. Oleh karena itu, kita harus menjaga diri agar tetap fokus kepada apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan. Jika kita mengikuti keinginan diri maka tidak akan ada habisnya. Inilah yang menjadi penyebab utama masyarakat Jakarta cenderung memiliki perilaku yang konsumtif yang tidak bia dikendalikan.

Jangan karena memiliki penghasilan yang cukup banyak, bukan berarti semuanya bisa kamu belanjakan begitu saja. Selalu ingat prinsip 40 (kebutuhan pokok): 30 (cicilan hutang): 20 (investasi): 10 (dana darurat) yang harus kamu terapkan. Dengan begitu, kamu bisa menerapkan trik hemat biaya hidup di Jakarta secara mudah.

Pilihan kartu kredit pemula yang cocok untukmu

HaloMoney.co.id punya beberapa pilihan jenis kartu kredit yang cocok untuk membantumu menghemat biaya hidup di Jakarta, yaitu:

1. BCA Everyday Card

BCA Everyday Card (amazonaws.com)

Pilihan pertama adalah kartu kredit dari BCA yaitu BCA Everyday Card yang memiliki fitur utama cicilan 0,5% sepanjang tahun, adanya cashback 5% di SPBU non subsidi, dan juga cashback 5% ketika kamu belanja bulanan atau belanja bahan-bahan makanan di Hypermart, Transmart, Lottemart, dan Giant. Kemudahan dari BCA Everyday Card tak hanya itu saja, kamu juga bisa menggunakan kartu kredit ini sebagai kartu flazz untuk membayar tol, parkir kendaraan, naik busway dan juga commuterline. Agar bisa memiliki kartu kredit BCA Everyday Card, kamu cukup berpenghasilan minimal Rp3 juta.

2. Mega Visa Gold

Pilihan lainnya ada kartu kredit Mega Visa Gold yang memiliki fitur diskon 10% di TransMart dan Metro Department Store dengan pembelanjaan minimal Rp1 juta, cicilan 0% atau bunga ringan Mega Pay, diskon 50% jika menginap di Trans Luxury Bandung dan Trans Resort Bali, diskon 25% di Trans Studio, diskon 20% untuk seluruh paket langganan Transvision, dan masih banyak lagi. Untuk dapat memiliki kartu kredit Mega Visa Gold ini, kamu harus memiliki minimal penghasilan setidaknya Rp5 juta per bulan.

3. HSBC Gold Card

HSBC Gold Card (www.hsbc.com.bh)

Kartu kredit HSBC Gold Card memberikan kamu beragam keuntungan melalui fitur fasilitas cicilan tetap per bulannya mulai dari Rp50 ribu per bulan, cicilan 0% di merchant partner terpilih, diskon hingga 50% dengan HSBC poin reward, gratis akses airport lounge dengan menukarkan 22.500 poin reward, dan masih banyak lagi. Untuk dapat memiliki HSBC Gold Card, kamu harus berpenghasilan minimum Rp4,5 juta per bulannya.

4. Permata Mastercard Shopping Classic Card

Selanjutnya ada Permata Mastercard Shopping Card yang menawarkan cicilan 0% selama 3 bulan untuk semua jenis transaksi dengan minimum pembelanjaan Rp250 ribu, cashback hingga 10% jika berbelanja di Hypermart, 3x poin reward setiap transaksi Rp2 ribu, dan masih banyak lagi. Tidak ada masa kadaluarsa untuk poin reward yang kamu miliki sehingga bisa ditukar kapan saja. Syarat minimum penghasilan untuk mendapatkan Permata Mastercard Shopping Classic Card hanya Rp3 juta saja.

5. Citi Cash Back Platinum

Citi Cash Back Platinum (amazonaws.com)

Sesuai dengan namanya, kartu kredit Citi Cash Back Platinum akan memberikanmu keuntungan berupa cashback untuk semua transaksi yang kamu lakukan. Misalkan saja cashback hingga 5% di semua SPBU, semua supermarket, dan transaksi retail lainnya. Cashback akan dibayarkan dalam kelipatan Rp50 ribu dan bisa kamu dapatkan setiap hari.  Untuk syarat minimal penghasilan yang kamu miliki haruslah Rp5 juta per bulan.

Selain kartu kredit di atas, masih ada lagi jenis kartu kredit lainnya yang bisa dipilih. Supaya tidak repot mencaritahu, kamu bisa mengunjungi situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan lebih sari satu penyedia kartu kredit. Setelah menemukan kartu kredit yang cocok, kamu bisa langsung mengajukannya di HaloMoney yang mudah dan cepat prosesnya. Masih ragu ingin memilih kartu kredit yang mana? Kamu bisa meminta bantuan staf HaloMoney.co.id melalui layanan chat atau telepon langsung ke nomor 021-501-01707.

Merna Arini Nurizzati

Tentang Penulis: Merna Arini Nurizzati

Full Time Dreamer, Part Time Writer. Book & Food Blogger.