Harga Emas Naik Lagi, Generasi Milenials Harus Intip Investasi Ini!

|Posted by | Berita Keuangan, Investasi, Lifestyle, Tips Keluarga
Tags: , , , , , , , , ,

Harga emas 24 karat hari ini naik menjadi Rp 670.000 per gram, awal Oktober 2018. Investasi emas pun semakin dilirik. Apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat dari investasi emas dibanding jenis investasi lainnya? Simak penjelasannya berikut strategi investasi emas di sini!

Investasi merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan kondisi finansial yang baik di masa mendatang. Dengan mengeluarkan sejumlah dana dan menyimpannya dalam bentuk investasi, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat nantinya. Ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih generasi milenials, mulai dari investasi properti, reksadana, saham, deposito, hingga emas.

Investasi emas memang lebih identik dengan orang tua karena termasuk dalam kategori investasi tradisional yang memang sudah ada sejak jaman nenek moyang. Tapi kita jangan meremehkan jenis investasi yang satu ini karena investasi emas juga sangat cocok untuk generasi milenials.

Keuntungan yang didapat dari investasi emas

Investasi emas memang sangat cocok untuk para milenials karena bisa memberikan banyak keuntungan yang tidak dimiliki jenis investasi lainnya. Coba kita lihat dulu apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan, yaitu:

Baca Juga : Meminjam KTA di Bank atau Pinjaman Online yang Cocok

1. Mudah dimengerti oleh generasi milenials

Investasi emas memiliki kelebihan mudah dimengerti jika dibandingkan jenis investasi yang lainnya. Prosedur dan transaksinya tidak sulit. Kamu cukup mengecek harga emas 24 karat hari ini yang ada di pasaran. Jika harganya sedang turun, kamu bisa membelinya dan ketika harga sedang naik, kamu bisa menjualnya. Inilah yang menjadi alasan utama kenapa investasi emas tak pernah lekang oleh waktu.

2. Harga emas 24 karat selalu berfluktuasi

Kenaikan Harga Emas (palembang.tribunnews.com)

Investasi emas saat ini memang sedang mendapat banyak perhatian karena harganya yang terus melonjak naik. Menurut data dari PT Antam pada tanggal 8 Oktober 2018, harga emas kembali naik melesat ke angka Rp 670.000 per gram. Bandingkan dengan harga emas 24 karat satu tahun yang lalu di bulan Oktober 2017 yang harganya masih Rp 557.000, terlihat adanya kenaikan hingga Rp 113.000.

Kenaikan harga emas 24 karat ini selalu terus bertambah setiap tahunnya. Coba saja bayangkan, jika kamu memiliki emas hingga 50 gram, keuntungan yang kamu dapat bisa mencapai jutaan.

3. Bisa dibeli dengan cara dicicil

Untuk dapat berinvestasi emas ini tidak membutuhkan modal yang banyak karena emas bisa kamu beli per gram dan juga bisa dibeli dengan cara dicicil per bulannya. Sistemnya adalah setelah cicilan lunas, maka emas berbentuk fisik akan diberikan kepadamu. Nominal cicilan per bulannya bisa kamu sesuaikan dengan kondisi keuangan. Di mana kita bisa mencicil emas? Kamu bisa mencicilnya melalui kredit emas di pegadaian atau di bank-bank syariah yang lebih aman dan terpercaya.

4. Mudah dijual kembali

Emas Mudah Dijual Kembali (detik.net.id)

Keuntungan lainnya yang bisa didapat dari investasi emas adalah emas sangat mudah untuk dijual kembali. Berbeda dengan jenis investasi lainnya seperti properti yang membutuhkan waktu lama untuk menjualnya atau deposito yang harus menunggu tanggal jatuh tempo baru bisa dicairkan. Dengan investasi emas, ketika sedang butuh dana mendesak, kamu bisa menjual sebagian emas yang kamu miliki ke toko emas atau tempat pegadaian untuk dicairkan dalam bentuk uang.

5. Minim resiko

Investasi emas merupakan jenis investasi jangka panjang yang minim resiko. Meskipun, keuntungan yang didapat tidak sebanyak jenis investasi lainnya seperti saham, reksa dana, dan properti, tapi investasi emas tidak memiliki resiko tinggi sehingga kamu bisa menyimpannya dalam waktu lama. Hanya saja kamu harus menyimpannya di tempat yang aman.

Baca Juga : Harga Emas Naik Tinggi Tahun Lalu, Inilah Cara Investasi Emas agar Bisa Untung

Strategi jitu untuk investasi emas agar hasilkan untung berlipat

Strategi untuk investasi emas (klikbabel.com)

Dengan berbagai keuntungan yang didapat dari investasi emas, pastinya kamu semakin tertarik bukan untuk langsung berinvestasi emas. Tapi tunggu dulu, sebelumnya kamu harus mempelajari strategi jitu ini agar nantinya investasi emas bisa memberikan kamu keuntungan, yaitu:

1. Tentukan jenis emas yang ingin dipilih

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis emas yang akan kamu jadikan investasi. Ada tiga jenis emas yang paling sering dibeli oleh masyarakat Indonesia, yaitu:

  • Emas batangan

Emas batangan menjadi salah satu jenis emas yang paling banyak dijadikan investasi. Pasalnya emas batangan sangat mudah didapat dan disertai dengan sertifikat keasliannya yang terdiri dari berat serta kadar kemurniannya sehingga kamu bisa lebih mudah menjualnya dikemudian hari. Di Indonesia, ada dua perusahaan yang menawakan emas batangan dalam bentuk logam mulia, yakni PT Antam yang merupakan BUMN milik pemerintah dan PT UBS yang dimiliki oleh swasta.

  • Perhiasan

Jenis Emas Perhiasan (akamaized.net)

Jenis kedua adalah emas perhiasaan yang lebih banyak digandrungi oleh kaum hawa karena selain bisa dijadikan investasi, emas perhiasan juga bisa digunakan. Tidak seperti emas batangan yang hanya bisa didapat dari dua perusahaan, emas dalam jenis perhiasan bisa dengan mudah dijumpai ditoko-toko emas. Kekurangan dari emas perhiasan ini adalah karena sering digunakan, harga jual emas justru bisa merosot jika kamu tidak merawatnya dengan benar.

  • Emas digital

Terakhir adalah emas digital yang sedang menjadi tren belakangan ini. Emas digital ini sebenarnya menggantikan emas voucher yang pada tahun 2016 dan 2017 sedang banyak digandrungi. Emas digital merupakan emas yang disimpan dalam bentuk digital sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan tempat penyimpanannya.  Kelebihan dari emas digital ini adalah kamu bisa mencicil atau menabung emas. Jika jumlahnya sudah mencapai jumlah yang kamu inginkan, maka kamu bisa menukarkan emas digital tersebut dengan emas batangan.

2. Cek harga emas 24 karat secara berkala

Mengecek Harga Emas (jambi.tribunnews.com)

Setelah menentukan jenis emas mana yang ingin kamu jadikan investasi, sekarang cek terlebih dahulu harga emas 24 karat saat ini agar nantinya kamu bisa melakukan perhitungan terlebih dahulu. Memangnya harga emas 24  karat tidak sama satu sama lain? Harga emas tentu berbeda tergantung jenisnya. Meskipun jenis dan kadarnya sama, misalkan sama-sama emas batangan, harga yang diberikan untuk pembelian 1 gram berbeda dengan harga emas 24 karat yang berukuran 5 gram.

Ini bisa kamu buktikan dengan melihat harga emas batangan yang ada di PT ANTAM. Jika kamu membeli emas Antam 1 gram saat ini harganya Rp 670.000 pekan ini (8/10), tapi jika kamu membeli emas Antam 2 gram harganya Rp 1.291.000, sedangkan untuk emas Antam 5 gram harganya menjadi Rp 3.178.000. Terlihat selisih harga yang lumayan besar. Jadi disarankan jika ingin membeli emas untuk investasi, usahakan untuk membeli dalam jumlah yang lebih besar.

3. Perhatikan keadaan fisik dan kadar kemurnian emas

Jika kamu membeli emas, cek terlebih dahulu keadaan fisiknya. jangan sampai ada noda hijau di pori-porinya, goresan, cekungan, atau cacat lainnya karena akan mempengaruhi harga jual. Tanyakan juga kadar kemurnian emas yang akan kamu beli. Di Indonesia, standar kadar kemurnian emas berbeda dengan internasional. Untuk harga emas 24 karat hari ini adalah 90% murni, emas 23 karat adalah 70% murni, dan emas 22 karat adalah 40% murni.

4. Beli emas di tempat yang terpercaya

Emas Antam (jateng.tribunnews.com)

Saat ini emas bisa dengan mudah dijual, tapi tak semua tempat penjualan emas itu terpercaya dan menjual emas yang sesuai dengan kadarnya. Secara umum, ada empat tempat membeli emas yang terpercaya, yaitu toko emas langganan, Pegadaian, PT ANTAM, dan website atau aplikasi pihak ketiga seperti Bukalapak.

Baca Juga : Menabung Emas di Brankas LM Bisa Dapat Harga Beli Lebih Murah

Emas yang bisa didapat dari toko emas kebanyakan adalah emas perhiasan. Kalau PT ANTAM hanya menjual emas batangan. Untuk Pegadaian, kamu bisa mendapatkan emas perhiasan dan emas batangan, hanya saja kualitasnya cenderung lebih rendah karena kebanyakan merupakan emas gadai. Sedangkan website atau aplikasi online menjual segala macam jenis emas.

5. Simpan emas di tempat yang aman

Memilih investasi emas berarti kamu harus bisa menyimpan emas tersebut dengan benar. Beberapa orang lebih suka menyimpan emasnya di rumah. Jika jumlahnya masih sedikit, kamu bisa menyimpan emas dalam brankas pribadi. Tapi jika jumlahnya sudah banyak, lebih baik kamu menyewa safe deposit box di bank agar lebih aman.

Solusi lain jika butuh dana mendadak tapi tak punya emas yang bisa dijual

https://www.halomoney.co.id/id/kta

Seperti yang sudah dijelaskan, emas sangat mudah dijual kembali sehingga ketika ada kebutuhan mendesak, kamu bisa menjual cepat emas yang dimiliki. Tapi bagaimana jika butuh dana tunai mendadak tapi kita tidak memiliki emas yang bisa dijual? Tenang saja, kamu bisa mengajukan kredit tanpa agunan atau yang lebih dikenal dengan nama KTA. Ajukan KTA secara online melalui situs fintech yang aman dan terpercaya seperti HaloMoney.co.id.

Caranya sangat mudah karena kamu hanya perlu mengunjungi situs HaloMoney.co.id dan pilih menu KTA lalu klik ajukan sekarang di bank yang kamu inginkan. Nantinya kamu harus mengisi nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon. Setelah itu, pihak HaloMoney.co.id akan menghubungimu dan melakukan konfirmasi untuk memproses pengajuan.

Mudah bukan? Tidak perlu keluar rumah dan menyisihkan waktu untuk datang ke bank, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman. Jika masih bingung ingin pilih bank yang mana, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu melalui layanan chat atau telepon di nomor 021-501-01707.

Merna Arini Nurizzati

Tentang Penulis: Merna Arini Nurizzati

Full Time Dreamer, Part Time Writer. Book & Food Blogger.