Cermati 7 Hal Berikut Sebelum Membeli Mobil Bekas di Jakarta

|Posted by | Kebiasaan Keuangan, Lifestyle
Tags: , ,

Mobil Bekas

Mobil second atawa mobil bekas punya pasar tersendiri di kalangan konsumen Indonesia. Jika bisa memilihnya, konsumen akan memiliki mobil kesayangan, namun dengan harga miring. Simak tujuh tips ini sebelum membeli mobil bekas di Jakarta.

Membeli mobil bekas? Kenapa tidak? Harganya jauh lebih miring dari harga mobil baru. Namun penampilan dan performa, tidak terlalu jelek. Jika kamu bisa memilihnya, kamu tidak akan menyesal membeli mobil bekas di Jakarta.

Bahkan kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus: mendapatkan harga mobil yang bersahabat di kantong, juga mendapatkan mobil kesayangan.

Sekadar informasi, harga mobil buatan pabrikan asal Jepang selalu turun Rp 10 juta hingga Rp 20 juta per tahun dari harga saat mobil tersebut masih baru. Sedangkan mobil pabrikan Eropa dan Amerika Serikat serta Korea Selatan, penurunannya lebih besar lagi.

Tidak salah, ada sejumah konsumen yang enggan membeli mobil baru. Mereka lebih suka menunggu  kehadiran mobil baru di diler mobil bekas.

Kamu bermaksud membeli mobil bekas juga? Membeli mobil bekas tidak hanya membeli sebuah fisik kendaraan, namun kamu juga membeli sejarah mobil itu. Maksudnya, kamu juga akan membeli konsekuensi yang muncul dari mobil bekas yang kamu beli.

Persoalannya adalah bagaimana agar kamu tidak dirugikan karena kondisi mobil bekas Jakarta yang kamu beli ternyata diluar ekspektasi kamu. Guna menghindari sebuah kerugian, kamu harus bisa mengetahui  sendiri bagaimana kondisi mobil bekas Jakarta tersebut.

Mari kita simak tujuh hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas di Jakarta untuk menghindari kerugian.

  • Amati bagian bawah 

Hal penting ialah mengamati bagian bawah. Tempatkan mobil di atas permukaan tanah yang rata sebelum kamu memeriksa kondisi mobil. Dengan kondisi seperti ini, akan memudahkan kamu untuk memeriksa semua ban dan bisa melihat bagian mobil mana yang masih standar dan bagian mana yang sudah turun.

Masih pada bagian bawah mobil, kamu perlu mencermati kondisi kaki- kaki (rangka) masih terlihat normal atau sudah turun. Kondisi rangka mobil ini sangat penting.

Jika jarak ban dengan bodi mobil terkesan terlalu mepet sehingga terlihat tidak normal, mungkin sebaiknya kamu mulai curiga dan memperjelas penggunaan mobil tersebut sebelumnya. Sangat mungkin mobil tersebut telah mengalami perbaikan besar. Begitulah cara membeli mobil bekas terpenting yang harus kamu lakukan.

Baca juga: Pusat Mobil Bekas di Indonesia, Pilih Mobil Kesayanganmu

  • Periksa bodi mobil

Berikutnya, cara membeli mobil bekas Jakarta ialah pintar memeriksa bodi mobil. Mobil yang telah mengalami kecelakaan atau tabrakan yang cukup parah akan sangat sulit untuk dihilangkan. Meskipun bisa ditutupi sehingga ketika kita melihatnya secara sekilas seakan-akan tidak pernah terjadi apa- apa. Berhubungan dengan hal itu para pemilik mobil ini akan membawanya ke bengkel ketok magic. Di bengkel tersebut bodi yang penyok akan dimodifikasi sedemikian rupa agar kembali halus seperti semula.

Metode ketok magic yang diklaim dapat menghilangkan penyok masih memiliki kelemahan. Garis-garis yang simetris dalam lekukan bodi dari ketok magic tidak bisa 100% sama seperti seperti sedia kala.

Kamu akan menemukan beberapa garis lekukan yang arahnya melenceng dari seharusnya dan terlihat tidak sama. Apabila kamu menemukan ada yang janggal pada garis-garis mobil bekas Jakarta tersebut bisa dipastikan jika mobil yang akan kamu beli itu sudah pernah mengalami benturan pada bodinya.

Cara lain ialah kamu memeriksa karet peredam di bodi mobil. Karet itu biasanya dilekatkan pada bagian bodi sering terhimpit pintu mobil, dan di body bagian belakang dekat pintu mobil. Buka sedikit karet peredam itu untuk melihat keaslian bodi mobil. Jika bodi masih orisinil, kondisi dan kerutan bagian bodi yang ditutup karet peredam tersebut terlihat masih bagus dan rapih.

  • Periksa cat

Cara membeli mobil bekas selanjutnya ialah memeriksa cat mobil dengan teliti. Perhatikan apakah ada titik-titik karat, penyok atau goresan. Pertama, lihat secara perlahan apakah warnanya masih terlihat harmonis atau tidak. Biasanya bagian bodi yang pernah dicat ulang akan mudah dilihat, terutama dari cat yang tampak agak berbeda warnanya, meskipun sangat tipis.

Jika kamu sulit membedakan warna cat mobil tersebut, lihat permukaan sisi mobil dari ujung ke ujung. Jika ada yang bergelombang itu tandanya bagian tersebut sudah pernah dicat ulang. Untuk melihat apakah pernah dicat ulang atau tidak, bisa dengan menyapukan jari kamu ke sepanjang tepi panel bodi. Jika ada bagian yang kasar, bisa jadi itu adalah bekas lakban penutup saat cat ulang.

Mobil bekas yang dicat ulang biasanya untuk menutupi bekas kecelakaan, tabrakan atau efek kimia dari cuaca atau banjir. Bagi kamu yang berminat pada mobil bekas Jakarta, kamu harus teliti apakah mobil tersebut sering menjadi korban banjir atau tidak. Selain memeriksa cat mobilnya, simak ulasan di bawah untuk mengetahui mobil tersebut adalah korban banjir atau tidak.

  • Cermati dan periksa mesin mobil

Pada blok mesin, cermati apakah ada noda oli atau tidak. Jika ada, berarti ada kebocoran di sana, dan mungkin membutuhkan perbaikan besar nantinya. Oli yang bocor ini adalah rembes yang terjadi karena kerusakan pada seal oil packing. Jika terjadi kerusakan, bisa berarti mesin mobil sering overheat (kepanasan) saat digunakan. Periksa nomor rangka dan nomor mesin mobil tersebut, apakah sama dengan nomor yang tercatat di STNK dan BPKB mobil. Jika sama, berarti mobil tersebut sesuai dengan bukti kepemilikan. Jika berbeda, sebaiknya kamu membatalkan rencana untuk membeli, karena legalitas mobil tersebut bermasalah.

  • Periksa interior

Untuk mengetahui sejarah pemakaian mobil bekas Jakarta pada bagian interior ini, kamu bisa perhatikan setiap sudut bagian dalam mobil tersebut. Pada bagian atas kamu bisa periksa apakah ada kebocoran atau tidak. Kamu juga bisa mengetuk bagian itu untuk memeriksa apakah ada yang keropos atau tidak. Kebocoran pada bagian atas mobil bisa saja terjadi karena efek kimiawi, terjadi juga pada pengeroposan. Namun biasanya ini terjadi pada mobil- mobil tua. Yang paling sering terjadi adalah kasus kecelakaan.

Jika mobil tersebut dicurigai pernah mengalami kecelakaan saat perjalanan dan sampai merusak bagian atas mobil kamu harus waspada, karena itu adalah kecelakaan yang cukup parah.

  • Cermati kaca mobil bagian depan dan belakang

Untuk mengetahui sejarah pemakaian mobil periksa juga pada dua bagian kacanya, kaca depan dan kaca belakang. Pastikan jangan sampai kamu lupa untuk memeriksanya karena pada kaca depan dan belakang mobil adalah bagian yang paling rawan mengalami benturan dan kecelakaan. Khusus untuk mobil yang pernah mengalami tabrakan hebat sehingga memecahkan kaca, biasanya akan berpengaruh pada posisi pemasangan kacanya yang tidak sempurna.

Untuk memeriksanya sangat mudah dengan cara menyemprotkan air pada bagian tersebut karena jika pemasangan kaca yang kurang bagus akan menyebabkan air yang kita semprotkan tersebut akan merembes melalui celah pada kaca. Itulah langkah keenam cara membeli mobil bekas Jakarta yang harus kamu perhatikan.

Baca Juga : Mau Kredit Mobil Bekas, di Leasing atau Dealer?

  • Test drive

Bagian terakhir ialah Test drive. Ini adalah cara paling mudah dan paling dapat kamu percayai untuk mengetahui sejarah mobil yang akan kamu beli. Mintalah izin kepada pemilik mobil untuk kamu coba kendarai mobilnya. Jika sang penjual atau pemilik mobil itu menolak untuk memberikan izin kepada kamu, maka lebih baik kamu patut mengurangi penilaianmu kepada mobil tersebut. Jika tidak bisa test drive, minimal kamu bisa menghidupkan mobil untuk mengetahui kondisi mesin mobil saat dinyalakan.

Jika pemilik tidak mau mengizinkan test drive atau menghidupkan mesin, kemungkinan besar sang pemilik tidak ingin kekurangan mobilnya diketahui. Kemungkinan lain, kondisi mobil tersebut sudah cukup bermasalah. Mobil yang pernah mengalami kecelakaan besar akan sangat terasa jika dikendarai. Biasanya mobil akan goyang dan oleng.

Pada kecepatan rendah lakukan lepas stir untuk mengecek apakah mobil tetap berjalan lurus atau tidak. Jika mobil berjalan tidak lurus ketika kamu lepas kemudi di jalan yang mulus, bisa diketahui bahwa mobil itu pernah mengalami kecelakaan yang cukup kuat.

Nah, setelah menyimak tujuh hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas Jakarta, kamu jadi lebih teliti dan pede untuk membeli mobil bekas. Tips dan cara membeli mobil bekas ini diharapkan bisa meminimalisir potensi kerugianmu sehingga kamu mendapatkan mobil bekas dengan kondisi masih bagus. Selamat memilih mobil bekas kesayanganmu!

Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan dan mengajukan kredit multiguna dengan mengagunkan bukti kepemilikan motor dan mobil dari berbagai lembaga keuangan.

Pinjaman KTA Halomoney

KK

https://www.halomoney.co.id/id

Tentang Penulis: Riri Anggraheni Eka Rimandasari

Riri Anggraheni Eka Rimandasari started her career as journalist on television and newspaper. Riri designs her career in various roles, she is also a freelancer in the field of SEO, business, blogging and event organizing. Her mission is to inspire many people through her work and activities. Until now she actives in various social NGO.