Cek Sertifikat Tanah Online dengan Aplikasi Sentuh Tanahku, Mudah dan Cepat!

|Posted by | Hunian, Investasi, Online
Tags: , , , ,

Mengecek keaslian sertifikat tanah sudah tidak ribet lagi sekarang. Manfaatkan aplikasi Sentuh Tanahku yang dapat kamu pakai untuk mengecek sertifikat tanah secara online. Sudah tidak zaman lagi antri di kantor Badan Pertanahan Nasional.

Tanah menjadi salah satu aset yang sangat berharga. Setiap tahunnya harga tanah per meternya pasti akan selalu naik sehingga tanah menjadi salah satu jenis investasi yang cukup diminati. Ketika akan membeli sebidang tanah, kamu pasti harus melihat sertifikat tanah tersebut yang menandakan kalau tanah tersebut benar ada dan merupakan milik si penjual.

Sertifikat tanah harus kamu pastikan keasliannya karena saat ini banyak terjadi kasus penipuan sertifikat tanah bodong atau sertifikat tanah fiktif sehingga jangan sampai kamu terkena penipuan tersebut. Lalu bagaimana cara mengetahui kalau sertifikat tanah tersebut asli atau tidak?

Untuk bisa mengetahui keaslian sertifikat tanah, kamu bisa menggunakan jasa notaris yang akan mengurus pengecekan atau melakukan pengecekan sendiri. Pengecekan sendiri bisa dilakukan dengan cara mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Sesuai dengan Pasal 34 PP No. 24 Tahun 1997, Badan Pertanahan Nasional bisa mengecek keaslian sertifikat tanah berdasarkan peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur, dan buku tanah. Waktu untuk pengecekan sertifikat tanah ini memang bisa berlangsung dalam waktu satu hari saja, tapi kalau antrian sedang banyak, maka mau tak mau kamu harus menunggu sampai besok.

Berhubung teknologi sudah semakin canggih, maka saat ini kamu tak perlu repot-repot datang ke kantor BPN karena pengecekan bisa dilakukan secara online, dari mana saja dan kapan saja. Awalnya kamu bisa melakukan pengecekan melalui website resmi www.bpn.go.id, tapi layanan ini sekarang sedang tidak bisa diakses dan digantikan dengan aplikasi Sentuh Tanahku diluncurkan oleh BPN.


Sentuh Tanahku merupakan aplikasi cek sertifikat tanah online yang bisa didownload secara gratis di PlayStore atau App Store. Dengan adanya Sentuh Tanahku, kamu tak perlu repot-repot datang dan mengantri di kantor BPN untuk melakukan cek sertifikat tanah online.

Manfaat aplikasi Sentuh Tanahku

Aplikasi Sentuh Tanahku (www.atrbpn.go.id)

Cek sertifikat tanah online melalui aplikasi Sentuh Tanahku sengaja dibuat oleh Badan Pertanahan Nasional supaya kamu bisa menikmati beberapa hal yang ada di bawah ini:

  • Mengetahui data suatu bidang tanah sebelum melakukan proses transaksi jual beli
  • Mengetahui letak bidang tanah yang ada pada peta
  • Mengetahui keabsahan sertifikat tanah yang dimiliki
  • Mengetahui biaya, waktu, dan persyaratan yang diberikan oleh layanan Badan Pertanahan Nasional jika ingin mengurus atau membuat sertifikat tanah
  • Melakukan pelacakan status berkas permohonan di kantor Badan Pertanahan Nasional setempat secara realtime

Segmentasi pengguna dalam Sentuh Tanahku

Sentuh Tanahku (play.google.com)

Pengguna Sentuh Tanahku ini terbagi menjadi dua bagian berdasarkan identitas yang diberikan. Beda segmen pengguna, maka berbeda pula fitur-fitur yang akan kamu dapatkan. Berikut dua jenis segmentasi pengguna yang ada pada Sentuh Tanahku, yaitu:

1. Pengguna terdaftar

Pengguna terdaftar ini adalah pengguna yang mendaftarkan melalui aplikasi secara online dengan menggunakan email sebagai tanda identitas yang diberikan. Jika kamu sebagai pengguna terdaftar, maka semua fitur yang ada pada aplikasi Sentuh Tanahku adalah notifikasi, pencarian lokasi bidang tanah, informasi berkas, informasi sertifikat, plot bidang tanah, dan informasi layanan.

2. Pengguna terverifikasi

Untuk pengguna terverifikasi adalah pengguna yang mendaftarkan diri melalui aplikasi secara online dan juga melakukan verifikasi akun mereka ke kantor Badan Pertanahan Nasional, Kantor Wilayah, atau Badan Pertanahan Nasional dengan menggunakan identitas berupa email dan NIK (Nomor Induk Kependudukan). Pengguna terverifikasi akan diberikan tambahan fitur berupa daftar sertifikat yang dimiliki, daftar berkas yang sedang berproses Badan Pertanahan Nasional, dan pemutakhiran NIK pada database.

Fitur yang ada di Sentuh Tanahku

Fitur Pada Aplikasi Sentuh Tanahku (mzstatic.com)

Aplikasi Sentuh Tanahku ini memiliki beragam fitur yang bisa kamu gunakan, yaitu notifikasi, info berkas, info layanan, info plot bidang tanah, info lokasi bidang tanah, dan info sertifikat. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai fitur-fitur tersebut, kamu bisa langsung mengetahuinya di bawah ini!

  • Notifikasi

Pada fitur notifikasi, kamu bisa menerima pemberitahuan secara realtime dan menampilkan info tersebut pada header bar untuk Androis dan notification center pada iOS.

  • Info berkas

Fitur Info berkas bisa membantumu untuk mengetahui berkas yang dimohon ke kantor Badan Pertanahan Nasional. Nantinya setelah kamu mengklik info berkas, kamu akan menemukan laman yang menampilkan  informasi daftar perkembangan pengurusan berkas, menampilkan rincian informasi berkas dari salah satu daftar berkas, dan menampilkan pencarian terhadap informasi berkas. Jadi kamu tak perlu repot-repot datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional setempat untuk dapat memantau sejauh mana proses pembuatan sertifikat tanah milikmu.

  • Info sertifikat tanah

Info Sertifikat (www.atrbpn.go.id)

Fitur dari info sertifikat tanah akan menampilkan informasi daftar kepemilikan beserta rincian yang ada di dalam sertifikat tanah. Mulai dari lokasi bidang tanahnya di peta, plotting tanah, tanggal penerbitan, luas, nomor induk bidang, pemilik pertama, surat ukur, dan lain sebagainya.

Jika sertifikat tanahmu tidak ada pada daftar kepemilikan, tapi kamu memiliki sertifikat tanah dalam bentuk fisiknya, maka kamu bisa melaporkan langsung informasi tersebut dengan cara mengklik tombol laporkan sertifikat pada menu bagian bawah. Isi wilayah Badan Pertanahan Nasional, desa atau kelurahan, jenis hak, nomor sertifikat berikut wilayah administrasinya, dan foto sertifikat.

  • Lokasi bidang tanah

Fitur ini bisa kamu pergunakan untuk memilih wilayah administrasi dari suatu bidang tanah lalu memasukkan jenis hak dan nomor sertifikatnya. Dengan menyentuh tombol proses pada fitur info bidang tanah yang dimaksudkan, maka nantinya akan muncul gambar sebidang tanah peta dengan tanda hak milik. Dari gambar ini, kamu bisa melihat kalau tanah tersebut benar ada dan terletak di sebelah mana. Tapi kalau tidak muncul gambar apapun pada peta, maka bisa dipastikan kalau tanah tersebut fiktif.

  •  Plot Bidang Tanah

Plot Bidang Tanah (www.atrbpn.go.id)

Fitur selanjutnya adalah plot bidang tanah yang bisa kamu gunakan untuk ploting bidang tanah. Untuk dapat menggunakan fitur ini, kamu harus memasukkan nomor sertifikat yang akan diplotting. Selanjutnya kamu harus menggambar sebidang tanah tersebut di peta sesuai dengan bentuk dan lokasinya. Setelah itu, dengan menyentuh menu simpan plot, maka data akan tersimpan di server. Nantinya kantor Badan Pertanahan Nasional akan melakukan verifikasi data tersebut. Jika plot bidang tanah milikmu sudah berhasil diverifikasi, maka bidang tersebut akan muncul di plot bidang.

  • Info layanan

Fitur ini menyajikan daftar informasi layanan yang disertakan pencarian layanan untuk memudahkanmu untuk mengetahui informasi syarat, biaya, jangka waktu penyelesaian, dan simulasi biaya yang diperlukan untuk mengurus sertifikat tanah online hingga selesai sehingga kamu tak perlu repot menghitung-hitungnya lagi.

Cara mendaftar dan menggunakan aplikasi Sentuh Tanahku

Cek Sertifikat Tanah Online (ytimg.com)

Ingin mencoba untuk menggunakan aplikasi Sentuh Tanahku untuk melakukan cek sertifikat tanah online? Ikuti langkah-langkah cara mendaftar dan menggunakannya di bawah ini!

  •  Download aplikasi Sentuh Tanahku
  • Lakukan registrasi atau daftar akun baru dengan memberikan username, email, password, dan komfirmasi password
  • Cek email dan klik link aktivasi akun yang dikirimkan oleh aplikasi Sentuh Tanahku
  • Klik tombol aktivasi dan lakukan login dengan memasukkan username dan password

Sekarang kamu bisa mulai menggunakan aplikasi Sentuh Tanahku dengan memilih fitur-fitur yang diinginkan kemudian mengisi font yang ada pada layar. Setelah itu, kamu tinggal mengikuti arahan yang diberikan.

Sertifikat tanah bisa menjadi agunan kredit multiguna

Sertifikat Tanah (www.tagarnuansa.com)

Jika sudah melakukan cek sertifikat tanah online dan keaslian sertifikat sudah dipastikan, maka kamu bisa langsung memanfaatkannya untuk mengambil pinjaman kredit multiguna atau kredit dengan agunan. Kredit multiguna bisa digunakan untuk beragam keperluan, mulai dari membangun rumah, renovasi rumah, modal usaha, dan lain sebagainya. Plafon pinjaman yang bisa diberikan biasanya berkisar hingga 80% dari nilai jual agunan. Misalkan saja jika tanah milikmu yang akan diagunkan bernilai Rp200 juta, maka nominal yang bisa kamu pinjam adalah Rp200 juta x 80% = Rp160 juta.

Kamu bisa mengajukan kredit multiguna melalui situs fintech HaloMoney.co.id yang memiliki beragam penyedia pinjaman kredit multiguna sehingga kamu bisa memilih mana yang paling menguntungkan untukmu. Untuk tahu lebih lengkapnya lagi, kamu bisa langsung klik banner yang ada di bawah ini ya Moneysavers!

Merna Arini Nurizzati

Tentang Penulis: Merna Arini Nurizzati

Full Time Dreamer, Part Time Writer. Book & Food Blogger.