Cara Registrasi Ulang Kartu Simpati dan Semua Operator

|Posted by | Berita Keuangan, Lifestyle, Tips Keluarga
Tags: , ,

Registrasi Kartu SIM

Batas akhir registrasi ulang kartu SIM prabayar adalah 28 Februari 2018. Segera daftar ulang atau kartu SIM kamu terblokir. Begini cara registrasi ulang kartu Simpati dan kartu SIM lainnya dari berbagai operator telepon.

Di bulan Februari ini, kamu tidak cukup hanya menandai tanggal merah perayaan imlek dan hari valentine. Sebagai pelanggan dan pengguna telepon seluler, kamu juga harus ingat di akhir bulan ini adalah batas akhir registrasi ulang kartu SIM.

Tepatnya tanggal 28 Februari 2018. Di hari itu, semua pengguna telepon seluler alias handphone, HP berjenis smartphone dan HP jadul yang hanya bisa SMS dan nelpon, harus registrasi atau daftar ulang kartunya.

Dengan registrasi ulang, nomor telepon yang digunakan oleh semua pelanggan tercatat sesuai dengan identitas pemilik aslinya sehingga tidak disalahgunakan, misalnya untuk melakukan penipuan. Nomor telepon yang digunakan untuk tindakan kejahatan akan mudah dilacak dan dicocokkan dengan pemiliknya.

Pendaftaran ulang kartu SIM dilakukan melalui SMS ke nomor 4444. Nomor ini disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan tersambung ke data penduduk di Kementerian Dalam Negeri. Format SMS yang digunakan untuk registrasi ulang kartu SIM berbeda-beda bagi setiap operator. Registrasi ulang kartu Simpati berbeda dengan kartu XL.

Di dalam proses registrasi, pelanggan lama dan/atau calon pelanggan kartu prabayar untuk semua operator hanya perlu mengirimkan SMS ke 4444 dengan format tertentu yang berisi data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang berlaku.

Apa dampaknya jika pelanggan tidak registrasi ulang kartu SIM?

Penyedia jasa telekomunikasi akan memblokir nomor telepon yang belum didaftarkan ulang oleh pemiliknya secara bertahap. Ada tiga tahap sanksi yang dilakukan sebelum kartu benar-benar terblokir, sebagai berikut:

  1. Pemblokiran layanan panggilan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat keluar (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang, paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak tanggal berakhirnya batas akhir registrasi ulang. Jadi, pemerintah akan memblokir layanan panggilan telepon dan SMS bagi pelanggan yang tak melakukan registrasi mulai 30 Maret 2018.
  2. Pemblokiran layanan panggilan masuk (incoming call) dan layanan pesan singkat masuk (SMS), dan akses internet dimatikan, jika pelanggan tidak melakukan registrasi ulang hingga lima belas hari kalendar setelah tanggal pemblokiran tahap pertama 30 Maret 2018.
  3. Setelah itu, pemerintah akan memberi waktu 15 hari lagi agar pelanggan melakukan registrasi. Apabila hingga batas tersebut atau pada 29 April 2018, penggguna tak melakukan registrasi, kartu SIM akan diblokir.

Cara Registrasi Ulang Kartu Simpati & Telkomsel

Bagi pelanggan lama kartu Simpati dan Telkomsel, begini cara registrasi ulang kartu Simpati dan Telkomsel prabayar:

ULANG(spasi)NIK#NomorKK#

Selanjutnya kirim SMS ke nomor 4444

Contoh: ULANG#1234567891011134#5566778899110022. Lalu SMS kirim ke nomor 4444

Bagi pelanggan baru prabayar yang membeli kartu perdana Simpati, cara registrasi via SMS adalah:

Reg(spasi)NIK#NomorKK

Lalu kirim SMS kamu ke nomor 4444

Begitulah cara registrasi ulang kartu Simpati dan Telkomsel bagi pelanggan lama dan pembeli kartu perdana. Bagi pembeli kartu perdana, format ini bisa terus digunakan setiap kamu membeli kartu perdana Simpati dan Telkomsel, meski batas akhir telah terlewati.

Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Operator Lainnya

Registrasi ulang kartu SIM bagi pelanggan lama adalah sebagai berikut:

Pelanggan Indosat, Smartfren, dan Tri

Format SMS: ULANG#NIK#NomorKK# 

Pelanggan XL Axiata & Axis

Format SMS: ULANG#NIK#NomorKK

Adapun format registrasi bagi pelanggan yang baru membeli kartu perdana adalah sebagai berikut:

Pelangan Indosat, Smartfren, Tri

Format SMS: NIK#NomorKK#

Pelanggan XL Axiata dan Axis

Format SMS: Daftar#NIK#Nomor KK

Format pendaftaran bagi pelanggan kartu perdana bisa terus digunakan meski telah melewati batas akhir registrasi ulang kartu SIM tanggal 28 Februari 2018.

Cara terakhir yang bisa kamu tempuh ialah datang ke gerai-gerai milik penyelenggara jasa telekomunikasi atau ke gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi. Kamu bisa melakukan registrasi ulang kartu prabayar dengan membawa persyaratan untuk melakukan registrasi, yakti Kartu Keluarga dan KTP yang sah dan masih berlaku.

Baca juga: Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Semua Operator

Jika Registrasi Ulang Kartu SIM Gagal

Jika kamu gagal registrasi ulang, ada tambahan prosedur pendaftaran yang perlu kamu lakukan agar registrasi kamu benar-benar diterima dan berhasil. Tambahan prosedur itu berkaitan dengan nomor Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan yang kamu gunakan. Berikut ini dua tambahan prosedurnya:

  1. Apabila SMS dinyatakan tidak valid, maka pelanggan perlu melakukan cek dan ricek format SMS Registrasi Ulang dan data NIK serta Nomor KK yang diisikan. Pastikan semuanya benar dan menggunakan NIK & Nomor KK yang sah. Kemudian kirim SMS lagi.
  2. Apabila format SMS, data NIK & Nomor KK yang diisikan sudah benar dan sah namun masih dinyatakan tidak valid, maka pelanggan mengirim SMS Registrasi Ulang dengan format yang sama sebanyak 5 kali SMS. Setelah itu pelanggan akan menerima pemberitahuan berupa SMS atau SMS popup yang isinya sebuah pernyataan bahwa NIK & Nomor KK yang diisikan sudah benar dan sah. Pelanggan punya dua pilihan: menjawab setuju atau mengabaikan pernyataan tersebut. Apabila pelanggan menyatakan setuju maka pelanggan menyatakan bertanggungjawab secara hukum atas NIK & Nomor KK yang telah diisikan. Maka nomor lama kamu akan tetap aktif.

Baca Juga: Gagal Registrasi Ulang Kartu SIM: Penyebab dan Solusinya

Cara Registrasi Ulang Kartu SIM bagi Warga Negara Asing (WNA)

Registrasi ulang kartu SIM juga berlaku bagi warga negara asing di Indonesia yang menggunakan telepon seluler dengan nomor dari operator Indonesia. Adapun persyaratan bagi WNA agar bisa registrasi ulang ialah:

  • Paspor

  • KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap)

  • KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara)

Begitulah cara registrasi ulang kartu Simpati dan operator lainnya yang perlu kamu lakukan. Ingat ya, batas akhir registrasi ulang kartu SIM akhir bulan ini, tepatnya 28 Februari 2018. Segera registrasi ulang jika kamu tidak ingin mati gaya karena jaringan internet kamu terputus sehingga tidak bisa mendapatkan berbagai layanan keuangan online.

Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk mengelola keuangan pribadi, membandingkan dan mengajukan kartu kreditkredit tanpa agunan, dan kredit multiguna dengan mengagunkan bukti kepemilikan motor dan mobil dari berbagai lembaga keuangan.

Pinjaman KTA Halomoney

KK

https://www.halomoney.co.id/id

Umar Idris

Tentang Penulis: Umar Idris

Penulis masih suka mengikuti perkembangan ekonomi makro, investasi, dan industri keuangan, sesuai minatnya saat masih menjadi editor di Gramedia Group. Penulis bisa dihubungi melalui umar@halomoney.co.id atau @umaridriss