Cara Menghapus BI Checking dengan Mudah Jika Terkena Blacklist

|Posted by | Berita Keuangan, Kartu Kredit, Kredit Tanpa Agunan, KTA
Tags: , , , ,

cara menghapus BI Checking

Pengajuan kredit ke sebuah bank acapkali terhadang pemeriksaan BI Checking. Ketahui di sini apa itu BI Checking dan cara menghapus BI Checking dan memperbaikinya agar pengajuan kredit kamu diterima oleh bank.

Pernahkah pengajuan kredit kamu mendapat penolakan oleh bank dengan alasan “tidak lolos BI Checking”? Padahal, seluruh syarat dan dokumen yang diminta oleh bank agar pengajuan kredit diterima, sudah kamu penuhi. Tapi, apa boleh buat. Karena dinilai tidak lolos BI checking, pengajuan pinjaman kamu pada bank tidak bisa diterima.

Mungkin kamu sedikit heran dan kesal. Apa, sih, maksudnya “tidak lolos BI Checking” itu?

Hampir semua produk pinjaman bank, apakah itu kartu kredit, kredit tanpa agunan, kredit pemilikan rumah, sampai kredit modal kerja dan beraneka ragam jenis kredit yang lain, memakai tahapan pemeriksaan BI Checking  untuk menilai kualitas pemohon kredit.

Lantas, kalau sudah terlanjur mendapat blacklist, bagaimana cara menghapus BI checking  dengan mudah? Supaya lebih jelas, ada baiknya kamu memahami dulu beberapa informasi pokok berikut ini:

Pengertian BI Checking

cara menghapus BI checking

(source: cnbc.com)

BI Checking sebenarnya merupakan istilah untuk menyebut status riwayat kredit seseorang yang tercatat dan terekam di dalam Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia. Status riwayat kredit seseorang tersebut dinamakan Informasi Debitur Individual (IDI) Historis. Dengan kata lain, IDI Historis merupakan produk yang dihasilkan oleh SID Bank Indonesia.

Apa saja isi IDI Historis di dalam SID Bank Indonesia?

IDI Historis dalam SID Bank Indonesia memuat semua informasi terkait penyediaan dana/pembiayaan dengan kondisi lancar dan bermasalah mulai Rp 1 ke atas. Di sana juga terpampang informasi tentang riwayat atau historis pembayaran seorang debitur bank dalam kurun waktu 24 bulan atau 2 tahun terakhir.

Baca juga: Pemohon Segala Jenis Kredit Bank, Perlu Mempelajari BI Checking

Bukan hanya itu, IDI Historis juga memuat informasi identitas debitur, pemilik dan pengurus, fasilitas penyediaan dana/pembiayaan yang diterima, agunan, penjamin dan kolektibilitas. Kolektibilitas di sini berupa informasi tentang performa pembayaran cicilan kredit kamu (termasuk pokok utang, bunga).

cta_2

Performa kredit kamu akan diberikan skor dari skala 1 hingga 5:

  • Skala 1 = Kualitas Kredit Baik/Lancar, yaitu ketika sebuah pinjaman tidak pernah mencatat ada tunggakan pembayaran cicilan oleh si debitur.
  • Skala 2 = Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK), yaitu ketika sebuah pinjaman tercatat ada tunggakan pembayaran debitur sampai 90 hari.
  • Skala 3 = Kredit Tidak Lancar, yaitu ketika sebuah pinjaman tercatat ada tunggakan pembayaran cicilan oleh debitur sampai 120 hari.
  • Skala 4 = Kredit Diragukan, yaitu ketika sebuah pinjaman tercatat ada tunggakan pembayaran cicilan oleh debitur sampai 180 hari.
  • Skala 5 = Kredit Macet, yaitu ketika terjadi tunggakan pembayaran cicilan hingga lebih dari 180 hari.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Utang agar Tidak Semakin Menumpuk

Cara Mengecek Status BI Checking

Sejak awal 2018, sistem BI Checking sudah dipindah ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga namanya berubah menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan, disingkat SLIK OJK.

Sistem ini masih berada di komplek perkantoran BI di Jalan Thamrin, hanya saja otoritas yang mengaturnya adalah OJK.

Jadi sekarang jika kamu ingin mengecek BI checking kamu harus mengecek di SLIK OJK. Pelajari caranya di artikel tentang SLIK OJK.

Ada beberapa cara mengecek status IDI Historis kamu. Antara lain, kamu bisa menanyakan pada bank di mana kamu mengajukan pinjaman, atau dapat juga kamu memanfaatkan jasa pihak ketiga.

Kamu juga bisa mengecek status BI Checking sendiri dengan cara yang mudah. Berikut langkah pengecekan BI Checking atau SLIK OJK:

  1. Buka Situs Bank Indonesia, pilih bagian Moneter dan lihat di bagian kanan, klik Permintaan IDI Historis. Seperti terlihat di bawah ini:
cara menghapus BI checking

(source: bi.go.id)

  1. Scroll ke bagian bawah dan klik ‘formulir’.
cara menghapus BI Checking

(source: bi.go.id)

  1. Isi formulir permintaan IDI Historis dengan lengkap dan jujur.
cara menghapus bi checking

(source: bi.go.id)

  1. Pilih ‘Kirim Form’ setelah memastikan seluruh data diisi dengan lengkap dan benar:
cara menghapus BI checking

(source: bi.go.id)

  1. Selanjutnya, kamu tinggal menunggu konfirmasi dari Bank Indonesia di email kamu. Lama pengiriman bervariasi antara empat hari hingga seminggu. Konfirmasi ini akan menjadi dasar untuk pengajuan penghapusan status blacklist kamu.
cara menghapus bi checking

(source: bi.go.id)

Cara Menghapus BI Checking Jika Terkena Blacklist

Nah, sekarang, bagaimana cara menghapus BI Checking bila terlanjur terkena blacklist? Terkena blacklist BI Checking sudah pasti mengindikasikan performa kredit kamu kurang baik. Maka itu, tidak ada cara lain yang efektif untuk menghapus blacklist BI Checking kecuali dengan menyelesaikan masalah kredit kamu. Lunasi tunggakan kredit atau pinjaman yang sedang kamu tanggung.

Baca juga: Cara Mudah Memperbaiki Data BI Checking yang Keliru

Bila kamu tidak melakukan apa-apa terkait pinjaman kredit yang bermasalah, pemulihan blacklist BI Checking kamu akan berjalan dengan sendirinya setelah 24 bulan sejak blacklist dikenakan.

Akan tetapi, bila kamu ingin menghapusnya lebih cepat, caranya juga tidak sulit. Berikut cara menghapus BI Checking yang bisa kamu lakukan sekarang:

Bawa bukti pelunasan kredit

Setelah kamu menyelesaikan masalah tunggakan pinjaman kamu, mintalah bukti pelunasan kredit dari bank pemberi pinjaman. Bawalah bukti pelunasan kredit dan surat balasan dari Bank Indonesia untuk status IDI, ke kantor Bank Indonesia terdekat.

Bila kamu bertinggal di kawasan Jabodetabek, kamu bisa mendatangi langsung Gerai Info Bank Indonesia di Menara Sjafruddin Prawiranegara Lantai Dasar. Waktu kunjungan Senin-Jumat mulai jam 08.30 hingga 15.30 kecuali hari libur nasional. Pengurusan terkait BI Checking ini gratis, tanpa dipungut biaya apapun.

Bila kamu tinggal di luar area Jabodetabek, kamu bisa mendatangi gedung Bank Indonesia terdekat. Kenakan baju yang rapi dan bawa dokumen identitas asli. Aturlah jadwal kedatangan kamu agar tidak menunggu terlalu lama. Itulah cara menghapus BI Checking yang bisa kamu lakukan. Semoga penghapusan status blacklist BI Checking kamu berjalan dengan lancar!

Catatan Editor: Artikel ini pertama kali dipublikasi pada 25 Juli 2016 dan telah kami perbarui agar lebih lengkap dan memadai.

Bila artikel ini kamu nilai bermanfaat, jangan lupa membaginya kepada kawan, kolega dan kerabat kamu, ya!

Di situs Halomoney.co.id, Anda juga bisa mengajukan diri menjadi  nasabah dan menemukan produk Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) terbaik sesuai kebutuhan.

pertanda perlu memiliki kartu kredit

Pinjaman KTA Halomoney

Ferdinand Chen

Tentang Penulis: Ferdinand Chen

Penulis, vegetarian, dan pecinta fantasi. Senang menulis berbagai topik yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pembacanya.