Begini Cara Mendapatkan SIUP Online dengan Dua Cara Gampang

|Posted by | Bisnis, Kredit Tanpa Agunan, KTA, Online
Tags: , , , , , , , ,

Mengurus SIUP memang cukup merepotkan karena harus antri panjang di kantor Dinas Perdagangan. Belum lagi prosesnya dilakukan secarap bertahap. Untuk mempersingkat waktu, sekarang kamu bisa membuat SIUP online. Simak cara mendaftarnya di sini!

Saat akan membuka usaha perdagangan, kamu membutuhkan SIUP yang merupakan Surat Izin Usaha Perdagangan. SIUP ini wajib dimiliki oleh koperasi, perusahaan besar hingga perseorangan yang melakukan perdagangan. Jadi, baik itu usaha dalam skala besar maupun kecil, kamu tetap harus memiliki SIUP sebagai alat bukti pengesahan usaha yang dijalani. SIUP diterbitkan oleh menteri atau pejabat yang ditunjuk kepada pengusaha untuk melaksanakan usaha di bidang perdagangan dan jasa.

Awalnya, setiap lima tahun akan ada pendaftaran ulang di tempat penerbitan SIUP. Tapi sejak tahun 2017, SIUP tidak perlu didaftar ulang. Penghapusan pendaftaran ulang SIUP ini telah diatur dalam Pasal 7 Peraturan Menteri Perdagangan No. 7/M-DAG/PER/2/2017 dengan syarat SIUP berlaku selama perusahaan perdagangan masih menjalankan kegiatan usaha dan tidak ada perubahan.

Manfaat dan fungsi memiliki SIUP

Keuntungan Memiliki SIUP Online (news.kkp.go.id)

Surat Izin Usaha Perdagangan ini memiliki manfaat dan fungsi yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Bukti izin resmi

Dengan memiliki SIUP, maka usaha yang kamu miliki sudah resmi karena mendapat izin dari pemerintah. Usahamu juga bisa mendapatkan perlindungan hukum yang kuat sehingga usahamu memiliki pegangan legal di mata hukum.

  • Syarat utama dalam peminjaman modal

Jika syarat utama karyawan dalam mengajukan pinjaman dana ke bank adalah adanya slip gaji, untuk pengusaha dibutuhkan SIUP ketika mereka mengajukan pinjaman ke bank, baik itu pinjaman untuk modal maupun untuk pribadi.

Baca Juga : Cek Pajak Kendaraan Online Mudah dan Cepat, Begini Caranya!

  • Syarat mengikuti lelang

Syarat utama jika ingin mengikuti lelang atau tender yang diadakan oleh pemerintah adalah memiliki SIUP. Jadi kalau kamu memiliki SIUP, maka usaha milikmu bisa dengan lancar mendaftar untuk mengikuti tender.

  • Memperlancar perdagangan ekspor dan impor

Dengan memiliki SIUP, kamu bisa melakukan kegiatan perdagangan ekspor dan impor ke luar negeri karena saat mengurus izin-izin tersebut membutuhkan SIUP sebagai salah satu syaratnya.

Jenis-jenis SIUP

Jenis SIUP Online (www.moslemtoday.com)

SIUP tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Ada empat jenis kategori SIUP yang dikelompokkan beedasarkan besarnya modal yang digunakan, yaitu:

  • SIUP Besar

Jenis Surat Izin Usaha Perdagangan yang pertama adalah SIUP Besar yang diberikan kepada perusahaan perdagangan dengan modal atau kekayaan bersih (netto) seluruhnya lebih dari Rp10 miliar, tidak termasuk tanah dan bangunan usaha.

  • SIUP Menengah

Surat Izin Usaha Perdagangan Menengah yang wajib dimiliki oleh perusahaan perdagangan dengan modal kekayaan bersih seluruhnya mencapai Rp500 juta sampai dengan Rp10 miliar, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

  • SIUP Kecil

Selanjutnya ada Surat Izin Usaha Perdagangan Kecil yang diberikan kepada perusahaan perdagangan dengan modal kekayaan bersih seluruhnya Rp50 juta sampai dengan Rp500 juta, tidak termasuk tanah dna bangunan usaha.

  • SIUP Mikro

Terakhir ada Surat Izin Usaha Perdagangan Mikro yang dapat diberikan kepada perusahaan perdagangan mikro dengan modal kekayaan bersih seluruhnya tidak lebih dari Rp50 juta. Biasanya SIUP Mikro ini dimiliki oleh usaha rumahan.

Dua cara membuat SIUP online

Dua Cara Membuat SIUP Online (pixabay.com)

SIUP bisa dibuat dengan cara datang langsung ke kantor Dinas Perdagangan atau kantor Pelayanan Perizinan setempat. Tapi sayangnya, antrian untuk membuat SIUP bisa membuat kamu geleng-geleng kepala. Ditambah lagi prosedurnya yang terbilang cukup rumit sehingga tak sedikit pengusaha yang menyuruh orang untuk mengurus SIUP dengan memberikan surat kuasa.

Baca Juga : Cara dan Syarat Bayar Pajak Motor Online, Mudah dan Cepat!

Tapi di era teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini, kamu bisa mengajukan pembuatan dan perpanjang SIUP online dengan mengandalkan gadget dan jaringan internet. Sebelum membuat SIUP online, kamu harus menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan terlebih dahulu yakni KTP pemilik usaha, Kartu Keluarga, NPWP pemilik usaha, neraca perusahaan, surat keterangan domisili atau SITU (Surat Izin Tempat Usaha), akta pendirian dan SK Kemenkumham (untuk perusahaan berbentuk PT), dan akta pendirian koperasi (untuk koperasi). Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengajukan pembuatan SIUP online, yaitu:

1. OSS

Daftar SIUP Online Melalui OSS (www.oss.go.id)

OSS atau Online Single Submission merupakan layanan perizinan usaha yang diterbitkan oleh lembaga atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, bupati, atau walikota kepada pelaku usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi. Layanan OSS bisa dipergunakan untuk kantor fisik maupun virtual office (VO). Kelebihan dari OSS adalah tidak adanya review dokumen sehingga prosesnya lebih cepat. Tapi jika dikemudian hari ternyata ditemukan adanya dokumen yang tidak sesuai, maka izin usaha akan langsung dibekukan.

Cara untuk membuat SIUP online dengan OSS sangat mudah. Kamu cukup mengakses situs resminya terlebih dahulu di alamat www.oss.go.id kemudian membuat user ID dan login dengan menggunakan user ID tersebut. Setelah itu isi data secara lengkap untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) terlebih dahulu. Kalau sudah selesai, kamu tinggal mengupload data dokumen persyaratan dan mengikuti proses-proses konfirmasi selanjutnya.

Untuk usaha yang masih baru, kamu harus melakukan proses untuk memperoleh izin dasar, izin usaha/ izin komersial/ izin operasional berikut dengan komitmennya. Sedangkan untuk usaha yang telah berdiri mala kamu tinggal melanjutkan proses memperoleh izin berusaha baru yang belum dimiliki dan memperbaharui data perusahaan.

2. JAKEVO

Daftar SIUP Online Melalui JAKEVO (jakevo.jakarta.go.id)

Bagi kamu yang memiliki usaha di Jakarta, ada layanan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) dan SIUP online yang dibuat oleh pemerintah DKI Jakarta. Kelebihan dari layanan JAKEVO ini adalah jika ada kekurangan dokumen persyaratan, maka kamu akan langsung diberitahu sehingga pengajuan tidak langsung semerta-merta ditolak. Status kelengkapan dokumen juga bisa dicek secara real time dan dikirimkan melalui emailmu. Sedangkan kekurangan dari layanan JAKEVO ini hanya berlaku untuk usaha yang memiliki kantor fisik, bukan virtual office.

Untuk membuat SIUP online melalui JAKEVO, kamu cukup mengunjungi situs resminya di alamat www.jakevo.jakarta.go.id atau mengunduh aplikasinya di PlayStore. Baik itu melalui website maupun aplikasi, cara pengajuannya tidak jauh berbeda karena hanya membutuhkan tiga langkah saja yaitu upload dokumen persyaratan, tagging lokasi usaha, dan disclaimer. Tapi tentu saja sebelum melakukan ketiga langkah tersebut, kamu harus melakukan login dan registrasi terlebih dahulu.

Meski dikatakan kalau SIUP bisa terbit dalam hitungan jam, tapi pada kenyataannya pengajuan SIUP online melalui OSS maupun JAKEVO membutuhkan estimasi waktu antara 2-14 hari kerja sampai SIUP bisa terbit. Jadi kamu harus sabar menunggu terlebih dahulu ya Moneysavers!

Manfaatkan KTA sebagai modal awal membuka usaha

Manfaat KTA untuk Modal Usaha (www.fico.com)

Ketika membuka usaha pastinya butuh modal awal yang cukup banyak. Jangan sampai modal yang dimiliki tidak cukup sehingga menghentikan keinginanmu untuk membuka usaha. Biasanya orang cenderung mengajukan KUR (Kredit Usaha Rakyat) sebagai pinjaman usaha. Tapi sayangnya KUR ini memiliki persyaratan kalau usaha yang kamu jalani harus sudah berjalan minimal enam bulan lamanya. Ditambah lagi masih ada persyaratan lainnya yang harus kamu penuhi.

Baca Juga : Pajak UMKM 2018 Jadi 0,5%, Pengusaha Hemat Pajak 50%

Jika menggunakan KTA sebagai modal awal usaha, kamu cukup menyiapkan KTP, NPWP, rekening koran, kartu kredit, dan pastinya SIUP  yang sudah jadi. Plafon pinjaman yang diberikan KTA bisa mencapai Rp500 juta lebih dengan masa tenor 60 bulan lamanya. Tak perlu pusing mendatangi kantor cabang bank tertentu untuk mencaritahu tentang produk KTA ini karena kamu bisa membandingkan dan mengajukan KTA secara online melalui HaloMoney.co.id.

Kredit Tanpa Agunan (halomoney.co.id)

Cara mengajukan KTA melalui HaloMoney.co.id sangat mudah dan cepat. Kamu cukup mmebuka situs resminya lalu pilih menu KTA. Nantinya akan ada deretan pilihan KTA dari berbagai macam bank ternama di Indonesia. Bandingkan terlebih dahulu sehingga kamu bisa mendapatkan penawaran yang terbaik. Jika sudah tahu ingin mengambil KTA dari bank yang mana, kamu tinggal klik ajukan sekarang. Nantinya akan ada form berupa nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email yang harus kamu isi. Jika sudah selesai mengisi, tunggu pihak HaloMoney.co.id menghubungimu untuk melakukan konfirmasi dan meminta kelengkapan syarat dokumen untuk diteruskan kepada bank.

Kalau dokumen yang kamu berikan sudah lengkap dan pengajuan diterima oleh bank, maka dalam hitungan hari dana bisa langsung cair ke rekening tabunganmu. Rata-rata proses KTA yang diperlukan hingga dana bisa cair antara 1-14 hari kerja. Tidak sulit bukan?

Semoga setelah kamu berhasil membuat SIUP online, kamu bisa mendapatkan dana modal usaha dari pinjaman KTA dengan lancar. Selamat membuka usaha Moneysavers!

 

Merna Arini Nurizzati

Tentang Penulis: Merna Arini Nurizzati

Full Time Dreamer, Part Time Writer. Book & Food Blogger.