Cara Dapatkan Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit Tanpa Repot

|Posted by | Bisnis, Kartu Kredit, Kredit Tanpa Agunan, KTA, Strategi Utang
Tags: , , , ,

kta tanpa kartu kredit

Butuh pinjaman KTA tapi enggak punya kartu kredit? Tenang, masih ada jalan keluar. Ikuti langkah berikut untuk mendapatkan pinjaman KTA tanpa kartu kredit.

Mungkin ada banyak dari kita yang terjebak dalam situasi agak pelik: membutuhkan dana tunai yang cukup besar, namun tidak memiliki agunan untuk dijaminkan ke bank atau penyedia dana. Meminjam dana ke kerabat atau saudara atau kawan, belum tentu ada. Jalan keluarnya adalah mencari pinjaman tanpa agunan atau pinjaman KTA.

Sesuai namanya, pinjaman KTA tidak mensyaratkan agunan atau jaminan apapun bagi si peminjam dana. Tapi, sebagai ganti, bank mematok syarat yang cukup ketat bagi penerima pinjaman tanpa agunan tersebut. Selain itu, bunga pinjaman KTA biasanya juga jauh lebih mahal dibanding bunga pinjaman dengan agunan.

Nah, salah satu syarat yang umum dikenakan oleh bank bagi calon peminjam KTA adalah kepemilikan kartu kredit. Wah, kalau enggak punya kartu kredit, bagaimana? Jangan keki dulu, ya. Masih ada, kok, bank yang menyediakan KTA tanpa mewajibkan calon peminjam punya kartu kredit. Begini cara dapat pinjaman KTA tanpa kartu kredit:

Apa, sih, yang dimaksud KTA tanpa kartu kredit?

pinjaman KTA tanpa kartu kredit

Apa, sih, KTA tanpa kartu kredit? Sebelum membahas lebih lanjut cara dapat pinjaman KTA tanpa kartu kredit ada baiknya kita bahas definisi KTA tanpa kartu kredit. KTA Tanpa Kartu Kredit adalah sebuah jenis produk kredit tanpa agunan dimana calon peminjam dapat memperoleh dana pinjaman KTA tanpa harus memiliki kartu kredit atau histori kredit sebelumnya.

Kebanyakan produk KTA membutuhkan syarat kepemilikan kartu kredit minimal 1 tahun untuk calon peminjam. Kepemilikan kartu kredit ini digunakan sebagai data historis nasabah di bank untuk pertimbangan pemberian pinjaman dana dalam jumlah yang besar.

Dengan adanya histori pemakaian kartu kredit yang baik maka pihak bank dapat menjadikan hal tersebut sebagai referensi data nasabah mulai dari limit kartu kredit yang digunakan, frekuensi pembayaran, jumlah transaksi, dan lainnya.

Jenis KTA tanpa kartu kredit ini bisa dijadikan alternatif untuk kamu yang tidak memiliki kartu kredit tetapi ingin mengajukan pinjaman dalam jumlah yang cukup besar. Persyaratan untuk pengajuan KTA ini kurang lebih sama seperti KTA biasa namun suku bunga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan KTA biasa. Bila kamu ingin mendapatkan pinjaman untuk jangka pendek tetapi tidak memiliki kartu kredit, produk pinjaman KTA tanpa kartu kredit ini bisa kamu jadikan alternatif untuk solusi pinjamanmu.

Keuntungan mengajukan KTA tanpa kartu kredit

Lalu, apa saja sih keuntungan mengajukan KTA tanpa kartu kredit. Beberapa keuntungan mengajukan KTA tanpa kartu kredit berdasarkan informasi yang dihimpun oleh HaloMoney.co.id antara lain adalah:

  1. Plafon pinjaman bervariasi dengan jumlah yang cukup besar
  2. Tidak memerlukan kartu kredit sebagai syarat pengajuan pinjaman
  3. Pencairan dana pinjaman relatif cepat (bila syarat dan ketentuan terpenuhi)
  4. Suku bunga KTA yang kompetitif
  5. Persyaratan pengajuan yang mudah
  6. Tersedia berbagai macam pilihan tenor dalam jangka panjang atau jangka pendek

Prosedur pengajuan KTA tanpa kartu kredit

Dapat pinjaman KTA tanpa kartu kredit pasti tak terlepas dari prosedur pengajuannya. Apa saja sih prosedur pengajuannya? Prosedur pengajuan yang umum dilakukan dalam pengajuan KTA adalah sebagai berikut:

  1. Penuhi syarat identitas pribadi

Secara umum, bank menerapkan syarat yang hampir sama untuk calon nasabahnya yaitu usia minimal 21 tahun, dan maksimal 65 tahun. Usia maksimal tersebut dalam artian batas akhir tenor pinjaman tidak jatuh lebih dari ketika nasabah berusia 65 tahun.

  1. Keaslian dan kelengkapan dokumen

Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan antara lain adalah NPWP, Kartu Keluarga, Akta Nikah (jika sudah menikah), Surat Keterangan Penghasilan bagi karyawan, Surat Izin Praktik bagi profesional atau pun SIUP atau TDP bagi pengusaha serta fotokopi rekening koran atau tabungan selama 3 bulan terakhir.

Baca Juga : Butuh Pinjaman Online Mudah? Inilah Pinjaman Tanpa Syarat Ribet!

  1. Catatan kartu kredit

Bank akan memeriksa catatan pemakaian kartu kredit calon nasabahnya. Pastikan catatan kredit kamu dalam keadaan lancar. Namun, untungnya prosedur ini tidak ada dalam KTA tanpa kartu kredit.

  1. Status profesi

Memiliki status pekerjaan dan penghasilan sesuai dengan batas minimum yang ditentukan oleh pihak bank.

  1. Jumlah debt ratio

Debt ratio atau rasio utang yang kamu miliki saat pengajuan tidak boleh melebihi 30% dari total penghasilan kamu.

  1. Validitas nomor telepon

Nomor telepon yang kamu berikan pada pihak bank haruslah nomor yang masih aktif dan dapat dihubungi. Ketika melakukan pengajuan, kamu akan diminta nomor telepon pribadi, nomor telepon kantor, dan nomor telepon keluarga tidak serumah.

  1. Proses verifikasi

Pastikan proses verifikasi berjalan dengan lancar. Usahakan untuk tidak terdapat data yang tidak sesuai dengan data aplikasi yang telah diberikan sebelumnya ketika pihak bank menghubungi kamu untuk proses verifikasi dan survei nasabah secara langsung.

Biaya dalam KTA tanpa kartu kredit

Pahami juga biaya dalam KTA tanpa kartu kredit. Beberapa biaya yang umum muncul saat pengajuan KTA tanpa kartu kredit serupa dengan biaya yang muncul dalam KTA biasanya, yaitu sebagai berikut:

  1. Biaya provisi

Biaya jasa terhadap bank yang sudah menalangi kebutuhan kamu dalam jangka waktu yang sudah disepakati kedua belah pihak. Biasanya dianggap mirip dengan biaya administrasi. Biaya ini dikenakan hanya 1x, yaitu pada awal pengajuan KTA, dan dipotong langsung dari dana pinjaman kamu. Umumnya besar dari biaya provisi ini adalah 1% hingga 3,5% dari total pinjaman.

  1. Biaya di muka

Biaya ini merupakan biaya yang harus dibayar di luar cicilan. Biasanya besarnya bervariasi namun berkisar antara 1,5% hingga 5% dari total pinjaman.

  1. Biaya bunga

Biaya bunga memang sudah sangat umum muncul dalam sebuah produk pinjaman. Bunga KTA cenderung tinggi, berkisar antara 10% hingga 23% per tahun.

Bunga yang berlaku pada KTA umumnya suku bunga flat, sehingga tidak akan berubah-ubah pada setiap periodenya.

  1. Biaya penalti

Biaya penalti sebesar 5% hingga 6% diberlakukan jika kamu ingin melunasi KTA lebih cepat dari jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya. Biaya ini umum disebut denda pelunasan dipercepat, namun tidak seluruh bank memberlakukan biaya penalty ini. Cek lebih lanjut kepada bank terkait aka nada tidaknya biaya ini sebelum mengajukan KTA ya!

  1. Biaya meterai

Biaya meterai umum disyaratkan oleh bank, termasuk pada produk KTA. Besarnya bervariasi tergantung kebutuhan.

  1. Biaya asuransi

KTA memberlakukan asuransi jiwa untuk melindungi keluarga apabila terjadi sesuatu kepada pihak yang mengajukan KTA. Dengan asuransi tersebut, keluarga tidak akan dibebankan sisa cicilan apabila pengaju kredit meninggal dunia. Sayangnya, premi ini dibebankan sepenuhnya kepada debitur sehingga menjadi salah satu biaya yang umum muncul di KTA.

5 Pilihan KTA Tanpa Kartu Kredit

Dari riset HaloMoney.co.id ada lima pilihan KTA tanpa kartu kredit yang bisa kamu bandingkan. Kamu bisa mengajukan langsung KTA paling sesuai dengan profil keuanganmu di HaloMoney.co.id.

  • KTA Plus Bank KEB Hana

Kredit tanpa agunan tanpa kartu kredit pertama berasal dari Bank KEB Hana. Bank asal Korea Selatan ini menyediakan pinjaman tanpa agunan tanpa syarat kartu kredit hingga Rp 200 juta, tergantung profil keuangan dan kebutuhan nasabah. Pinjaman KEB Hana Bank bertenor hingga tiga tahun dengan bunga yang tergolong rendah, yakni 0,95% per bulan jika diajukan melalui HaloMoney.co.id.

Berikut ini spesifikasinya:

•    Pinjaman tersedia mulai Rp 5 juta sampai Rp 200 juta
•    Periode cicilan sampai 36 bulan
•    Penghasilan nasabah minimal Rp3,5 juta per bulan.
•    Nasabah adalah pegawai tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun
•   KTA Bank Hana tidak mensyaratkan nasabah memiliki kartu kredit, namun cukup memiliki cicilan yang sedang berjalan seperti cicilan rumah atau kendaraan.

  • KTA Bank CTBC

Bank CTBC Indonesia menyediakan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan nama Dana Cinta CTBC Indonesia dan Dana Cermat CTBC Indonesia. Dana Cinta CTBC Indonesia diberikan untuk karyawan, profesional maupun wiraswasta dengan pagu atau limit kredit mulai Rp 5 juta hingga Rp 200 juta atau sekitar 8 kali penghasilan bulanan. Sedangkan periode pinjaman atau tenor disediakan hingga 60 bulan atau 5 tahun.

Baca Juga : Yuk Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan Tanpa Kartu Kredit

Sedangkan Dana Cermat CTBC Indonesia adalah pinjaman tanpa agunan yang hanya bisa didapatkan oleh karyawan tetap sebuah perusahaan atau koperasi yang sudah terakreditasi. Limit pinjaman Dana Cermat CTBC Indonesia tersedia hingga Rp 200 juta. KTA Dana Cinta CTBC Indonesia menyediakan fasilitas dana tunai untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari kebutuhan bisnis, renovasi rumah, mendanai pendidikan anak, dana pernikahan sampai dana untuk liburan. Berikut ini spesifikasinya:

  • Syarat usia peminjam: usia 21-55 tahun bagi karyawan dan profesional. Dan usia 25-55 tahun bagi wiraswasta.
  • Pendapatan minimal Rp 2,5 juta per bulan (Jabodetabek) atau Rp 2,1 juta (luar Jabodetabek) bila peminjam memiliki histori pinjaman dan minimal Rp 5 juta per bulan bila peminjam belum memiliki histori pinjaman.
  • Pinjaman tanpa agunan CTBC tidak mensyaratkan kamu memiliki kartu kredit di Bank CTBC atau di bank lain.
  • Sebagai gantinya, kamu telah memiliki pinjaman KTA sebelumnya di bank lain, atau memiliki cicilan rumah atau mobil dalam lima bulan terakhir.
  • Pinjaman KTA Bank QNB

Pinjaman KTA tanpa kartu kredit dari Bank QNB Indonesia bisa menyediakan dana dengan plafon atau limit pinjaman mulai Rp 10 juta sampai Rp 250 juta per nasabah. Pinjaman ini bisa didapatkan oleh siapa saja, tidak dibatasi jenis kelamin tertentu selama memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Salah satu keunggulan KTA QNB Personal Loan dibandingkan KTA bank lain ialah dari sisi tenor. Jangka waktu cicilan yang ditawarkan mulai 12 bulan sampai 6 tahun atau 72 bulan. Sementara KTA di bank saat ini rata-rata menawarkan tenor pinjaman paling lama hanya 60 bulan atau 5 tahun.

Saat ini KTA QNB Personal Loan ditawarkan dengan tingkat bunga mulai 1,7% per bulan flat. Berikut ini spesifikasinya:

  • Biaya provisi sebesar 2,5% dari pinjaman disetujui atau minimal Rp 100.000
  • Biaya pelunasan dipercepat sebesar 5% dari sisa pokok utang.
  • Biaya keterlambatan cicilan 4% per hari dari cicilan tertunggak
  • Kamu tidak perlu memiliki kartu kredit saat mengajukan KTA Bank QNB. Tapi Kamu harus memiliki telepon fix line rumah atau kantor dan memiliki cicilan rumah yang sedang berjalan.
  • Amar Bank

KTA Amar Bank bernama Tunaiku dapat menjadi solusi kebutuhan dana tunai dalam nilai kecil hingga Rp 10 Juta. Silakan menimbang kelebihan dan kekurangan produk KTA dari Amar Bank ini.

Bank Amar Indonesia atau biasa disebut dengan nama Amar Bank ini dahulu bernama Anglomas International Bank atau Amin Bank. Bank ini berdiri sejak tahun 1991 di Surabaya, Jawa Timur. Sebagai bank kecil, Amar Bank saat ini masih mampu bertahan melayani nasabah-nasabah mereka khususnya di Jawa Timur dan DKI Jakarta. Berikut ini spesifikasi pinjaman Amar Bank:

  • Amar Bank menggarap segmen pasar mikro yaitu mulai Rp 2 juta sampai Rp 15 juta.
  • Tenor atau jangka waktu cicilan maksimal 12 bulan.
  • Bunga pinjaman 3% per bulan
  • Proses persetujuan cepat, tanpa perlu kartu kredit dan tanpa BI Checking
  • Perlu dokumen KTP dan slip gaji
  • KTA Bank DBS

Dana Bantuan Sahabat dari Bank DBS Indonesia bisa diajukan hingga Rp 200 juta dengan bunga 0,95% flat per bulan. Bunga ini untuk warga Jabodetabek. Bagi warga Bandung dan Surabaya bunganya 1,49% flat ber buan.
•    Pilihan jangka waktu cicilan 12, 24 dan 36 bulan
•    Pinjaman hingga Rp200 juta
•    Penghasilan minimal Rp3 juta per bulan (karyawan) atau Rp5 juta per bulan (wiraswasta)
•  Tak wajib ada slip gaji, tetapi nasabah perlu melampirkan KTA, nomor telpon kantor dan nama perusahaan tempat bekerja.
•    Calon debitur tidak perlu memiliki kartu kredit sebelumnya.

Setelah membaca ulasan pinjaman KTA tanpa kartu kredit, bagaimana pendapat kamu? Apakah kamu semakin bersemangat untuk ajukan KTA tanpa kartu kredit? Meskipun Kredit Tanpa Agunan (KTA) dapat dipertimbangkan sebagai solusi dalam kebutuhan dana cepat, namun sebaiknya kamu membandingkan terlebih dahulu beberapa alternatif KTA yang tersedia dan juga membandingkan benefit dan kerugiannya terhadap kebutuhan.

Tentang Penulis: Riri Anggraheni Eka Rimandasari

Riri Anggraheni Eka Rimandasari started her career as journalist on television and newspaper. Riri designs her career in various roles, she is also a freelancer in the field of SEO, business, blogging and event organizing. Her mission is to inspire many people through her work and activities. Until now she actives in various social NGO.