Banjir Diskon Go-Pay, OVO, Dana dan lain-lain: Simak Triknya agar Tidak Makin Boros

|Posted by | Berita Keuangan, Tips Hemat, Transaksi Nontunai
Tags: , ,

Banyak bermunculan platform pembayaran ataupun dompet elektronik (e-wallet) yang menebar banyak promo. Mulai Go-Pay, Grab Pay, OVO, DANA sampai LinkAja. Hati-hati terjebak makin boros jajan!

 

Masyarakat Indonesia saat ini tengah memasuki era booming financial technology atau biasa disebut fintech. Berbagai macam inovasi fintech telah banyak mengubah kebiasaan masyarakat sehari-hari. Perihal transaksi misalnya. Bila dulu masyarakat masih cenderung menghindari transaksi nontunai seperti memakai kartu kredit atau kartu debit, maka saat ini yang terjadi adalah sebaliknya.

Menjamurnya pemakaian telepon seluler alias ponsel mengubah secara drastis kebiasaan masyarakat bertransaksi. Ini tak lain karena ada banyak sekali lahir platform penbayaran atau aplikasi semacam dompet elektronik (e-wallet) yang mendukung transaksi semudah mengirim pesan. Kehadiran e-wallet di gagdet menjadikan masyarakat Indonesia menjadi semakin terbiasa bertransaksi nontunai.



Sebut saja dengan kehadiran platform pembayaran seperti Go-Pay, Grab Pay, OVO, DANA. Tak ketinggalan ada Sakuku yang dirilis oleh BCA, Yap! yang dimiliki oleh BNI dan berbagai macam jenis aplikasi lain yang mendorong transaksi nontunai. Belum lagi kehadiran berbagai macam aplikasi cashback atau aplikasi diskon mulai dari ShopBack, Cashbac, dan lain sebagainya.

Yang terakhir adalah peluncuran LinkAja yang dibesut oleh Himpunan Bank-Bank BUMN (Himbara). LinkAja resmi diluncurkan mulai 22 Februari 2019 sebagai pesaing Go-Pay dan OVO di pasar e-wallet.

Kamu mungkin hepi-hepi saja dengan kemunculan berbagai macam platform pembayaran tersebut. Terlebih, kemunculan platform-platform teknologi finansial berwujud e-wallet tersebut biasanya dibarengi dengan penawaran promo yang luar biasa banyak. Kebanyakan adalah promo transaksi belanja konsumtif seperti transaksi jajan kopi atau camilan-camilan ringan, hingga promo belanja fashion, dan sebagainya.

Kemunculan berbagai macam platform tersebut mungkin memang semakin memudahkan transaksi harian kita. Namun, bila tidak disadari, kehadiran berbagai macam banjir promo tersebut membuat kita jadi lebih mudah tergoda untuk bertransaksi. Ujung-ujungnya, kamu bisa terjebak lebih boros untuk jajan, lho.

Daftar promo Go-Pay 2019

PT Karya Anak Bangsa yang membawahi Go-Jek kian ekspansif menarik minat masyarakat agar semakin terbiasa memakai Go-Pay, dompet elektronik besutan unicorn ini. Bahkan, Go-Jek mengklaim, per hari transaksi Go-Pay sudah mencapai 1,5 juta kali transaksi. Untuk ukuran perusahaan yang masih muda, ini tentu capaian yang tidak main-main. Bandingkan dengan BCA, bank swasta terbesar di Indonesia yang sudah berusia 62 tahun dengan capaian 25 juta transaksi per hari melalui mobile banking dan internet banking mereka. 

Tidak heran bila transaksi Go-Pay terus meningkat. Go-Pay terus jor-joran menggerojok aneka promo agar orang semakin gencar bertransaksi memakai Go-Pay. Berikut ini beberapa promo Go-Pay yang perlu kamu simak:

Nah, apa saja promo Go-Pay yang tengah berlangsung? 

1. A&W – Cashback 20% bayar pakai GO-PAY (11 Januari – 31 Maret 2019)

2. Burger King – Cashback 20% Pakai GO-PAY Dapat Cashback 20% sampai 2 April 2019

3. Chatime –  Cashback 40% pakai GO-PAY sampai 31 Maret 2019)

4. Carl’s Jr. – Cashback 20% samoau 21 April 2019

5. D’Cost – Cashback 20% sampai 15 Maret 2019

6. Excelso – Cashback 30% sampai 31 Maret 2019)

7. Hokben – Cashback 20% sampai 31 Maret 2019)

8. Ichiban Sushi – Cashback 20% sampai 19 Mei 2019

10. IKEA Food – Cashback 20% sampai 3 Maret 2019

11. J.CO – Cashback 20% sampai 3 Mei 2019

12. McDonald’s – Cashback 20% sampai 31 Januari 2020)

13. PHD – Cashback 20% sampai 20 Mei 2019

14. PUYO Silky Dessert – Cashback 20% sampai 31 Maret 2019

15. Rotiboy – Cashback 30% sampai 7 Mei 2019

16. Roti’O – Cashback 30% sampai 17 Maret 2019

Daftar promo OVO 2019

Dompet elektronik yang diluncurkan oleh Grup Lippo ini juga tengah gencar menawarkan berbagai macam promo untuk menarik pengguna lebih banyak. Cek daftar promo OVO terbaru di sini:

Cashback 60% jajan dan belanja berlaku mulai 22 Februari – 3 Maret di outlet berikut ini: 

  • Miniso
  • FamilyMart
  • Auntie Anne’s
  • Baso A Fung
  • BreadLife
  • Chapayom
  • Cincau Station
  • D’Crepes
  • Dum Dum Thai Tea
  • Francis Artisan Bakery
  • Gulu-Gulu Cheese Tea
  • Hokben
  • Hop-Hop
  • Kedai Kopi Kulo
  • Kkuldak
  • Kopi Kenangan
  • Old Chang Kee
  • Pepper Lunch
  • Puyo
  • Re-juve
  • Roti Boy
  • Roti O
  • Shihlin Taiwan Street Snacks
  • Solaria
  • Sour Sally
  • Yoshinoya

Daftar promo DANA 2019

Ini dia dompet elektronik debutan milik Grup Emtek yang ekspansif sejak akhir tahun 2018 lalu. DANA saat ini terbilang sangat royal beriklan di mana-mana dan memberikan berbagai macam penawaran promo untuk menggaet pengguna. 

Mau tahu apa saja promo yang tengah gencar diberikan oleh DANA? Inilah dia daftarnya: 

1. Bayar tagihan bonus cashback 75% berlaku sampai 7 Maret 2019

2. Unduh dan daftar DANA gratis voucher jajan Rp25.000 berlaku hingga 31 Maret 2019

Selengkapnya bisa kamu cek di website DANA langsung, ya!

Trik hemat dan untung di tengah banjir promo aplikasi pembayaran

Inilah tips mudah supaya banjir promo aplikasi pembayaran tidak membuat Anda boros. Simak jurus mudah seperti dikutip dari HaloMoney.co.id berikut ini:

1. Miliki batasan

Bila kamu terbiasa mengatur keuangan dengan baik, kamu pasti sudah paham bila setiap jenis pengeluaran perlu direncanakan dengan baik. Tak terkecuali, pengeluaran untuk jajan-jajan atau transaksi yang sifatnya tersier alias konsumtif belaka. Jajan kopi, jajan camilan, dan belanja produk fashion, termasuk dalam kategori tersebut.

Nah, supaya pengeluaran kamu tidak jadi boros akibat godaan-godaan promo tersebut, kamu perlu memiliki batasan. Berapa, sih, pos pendapatan yang kamu alokasikan untuk pengeluaran yang sifatnya ringan atau tersier? Misalnya, kamu memiliki alokasi jajan ringan sebesar Rp300.000 per bulan di luar biaya makan. Cobalah berkomitmen untuk mengeluarkan uang melebihi alokasi yang sudah kamu patok sendiri.

2. Pilih maksimal dua aplikasi saja

Setiap aplikasi pembayaran, terutama yang baru meluncur ke tengah publik, lazimnya menawarkan berbagai macam promo yang intinya adalah untuk menarik orang agar memakai aplikasi tersebut. Nah, karena kamu sudah memiliki batasan bujet, sebenarnya kamu bisa membagi uang tersebut dalam aplikasi pembayaran yang terbatas saja.

Misalnya, aktivitas kamu selama ini sudah banyak memakai aplikasi X untuk berkendara kemana-mana. Akan lebih optimal bila kamu juga menempatkan dana jajan di aplikasi yang sama. Atau, bisa juga dibagi menjadi maksimal dua aplikasi saja. Mana aplikasi yang paling banyak memberikan promo, itulah yang kamu pilih. Ingat, tidak semua aplikasi pembayaran perlu kamu unduh dan gunakan hanya karena memberikan promo. Pasalnya, pengendapan dana yang terlalu banyak di berbagai aplikasi hanya akan membuat kamu semakin boros dan kurang efisien. Jadi, pilihlah dua aplikasi saja yang paling oke promonya untuk mendukung aktivitas transaksi sehari-hari.

3. Cermati promo

“Tidak semua yang diskon, perlu Anda beli”

Selalu ingat kalimat tersebut untuk membantu kamu mengatasi godaan belanja konsumtif. Aplikasi pembayaran akan terus muncul dan menawarkan berbagai macam promo yang mungkin sangat menggiurkan. Namun, apakah semua perlu kamu ambil?

Akan lebih baik apabila kamu selalu selektif mencermati penawaran promonya seperti apa. Misalnya, apa saja syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi bila ingin mendapatkan benefit promonya. Umumnya, ada syarat transaksi minimal atau pembatasan transaksi dalam periode tertentu. Dengan begitu, kamu bisa memastikan uang Anda memang efektif dan efisien mendapatkan keuntungan promo tersebut.

Itulah 3 trik mudah menghadapi banjir promo dari aplikasi pembayaran fintech. Gampang, bukan?

 

 

Ruisa Khoiriyah

Tentang Penulis: Ruisa Khoiriyah

a writer.