Bandara Soekarno-Hatta Tercatat di Daftar 20 Bandara Terpadat di Dunia

|Posted by | Berita Keuangan, Liburan, Lifestyle, Travelling
Tags: ,

bandara tersibuk

Moda transportasi semakin dibutuhkan untuk mendukung mobilitas masyarakat ke seluruh penjuru dunia. Inilah 20 bandara terpadat dan paling sibuk di dunia sepanjang tahun 2017. Bandara Soekarno-Hatta termasuk di antaranya, lho.

Kebutuhan mobilitas orang antar daerah dan antar negara semakin meningkat dari waktu ke waktu. Ini menjadi hal yang niscaya seiring semakin terikatnya hubungan masyarakat satu sama lain tanpa mengenal lintas batas negara. Tidak mengherankan bila tingkat perjalanan memakai moda transportasi udara yaitu maskapai penerbangan juga semakin tinggi.

Mengutip laporan Airports Council International (ACI), angka penumpang perjalanan pesawat (global passengers) di seluruh dunia naik 6,6% sepanjang tahun 2017. Adapun tingkat pergerakan perjalanan pesawat terbang di seluruh dunia naik 2,4%.

“Lonjakan volume kargo dan jumlah penumpang di banyak bandara di dunia bisa dilihat sebagai bukti peningkatan kepercayaan bisnis dan konsumen, paling tidak dalam jangka pendek,” ujar Angela Gittens, Direktur Jenderal ACI World, seperti dikutip oleh Business Insider, Ahad (9/4).

Tren kenaikan ini menegaskan keberadaan bandara sebagai penghubung penting yang sangat dibutuhkan untuk turut menggerakan perekonomian dunia. ACI menyusun data dari 1.202 bandara di seluruh dunia.

Total selama tahun 2017, tercatat ada 1,5 miliar manusia hilir mudik di bandara di berbagai penjuru dunia. Di mana sebanyak 20 bandara menyumbang 17% dari 1,5 miliar penumpang yang melewati bandara di seluruh dunia sepanjang tahun 2017.

Lantas, di mana saja bandara tersibuk di dunia yang tercatat memiliki aktivitas paling sibuk di dunia sepanjang tahun lalu? 

Baca Juga : Naik Apa ke Bandara Inilah Pilihan Angkutan Umum ke Bandara dan Perbandingan Biaya

20 bandara terpadat di dunia sepanjang tahun 2017

bandara tersibuk

Kamu pasti penasaran bandara mana saja, sih, yang tercatat sebagai bandara terpadat dan paling sibuk sepanjang tahun 2017 lalu. Juga, apakah bandara kebanggaan masyarakat Indonesia yaitu Bandara Soekarno Hatta termasuk dalam daftar tersebut? Jika iya, berapa jumlah penumpang pesawat yang hilir mudik melalui bandara internasional yang berlokasi di Tangerang, Banten, tersebut?

Berikut ini 20 bandara tersibuk sepanjang tahun 2017 berdasarkan laporan Airport Council International. Mari melihat mulai urutan ke-20!

20. Denver International Airport: 61,37 juta penumpang

bandara tersibuk

Denver Int’l Airport (source: VinePair)

Bandara Internasional Denver atau Denver International Airport (DIA) terletak di Denver, Colorado, Amerika Serikat. Sepanjang tahun 2017 bandara ini melayani sekitar 61.379.396 penumpang yang berdatangan dari berbagai penjuru tempat. Ini menempatkan DIA sebagai bandara terpadat di dunia nomer 20 sepanjang tahun 2017 lalu.

Denver International Airport juga tercatat sebagai bandara terpadat nomer 5 di Amerika Serikat. Bandara ini juga disebut sebagai bandara terluas di Amerika Serikat dengan luas mencapai 13,57 hektar. Oleh Skytrax, Denver International Airport juga dinyatakan sebagai bandara terbaik nomer 1 di Amerika Serikat. 

Bandara ini melayani penerbangan yang lalu lalang di kawasan Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa dan Asia. 

19. Incheon International Airport: 62,15 juta penumpang

bandara terpadat

Incheon International Airport (source: business insider)

Kalau kamu penggemar film korea, mungkin kamu cukup akrab dengan bandara yang satu ini. Ya, inilah Incheon International Airport yang berlokasi di Seol, Korea Selatan. Bandara terbesar di Korea ini tercatat sebagai bandara tersibuk nomer 19 di seluruh dunia.

Sepanjang tahun 2017, bandara ini melayani sekitar 62.157.834 penumpang. Incheon International Airport (ICN) disebut oleh Skytrax sebagai bandara paling bersih di seluruh dunia dan salah satu bandara transit paling bagus saat ini.

Airport ini memiliki lapangan golf, spa, ruang tidur privat, area seluncur es, kasion, taman indoor dan Musium Kebudayaan Korea. Oleh Business Traveler, Incheon Int’l Airport juga menjadi bandara dengan mal bebas pajak (duty free) terbaik sejak tahun 2013. Dibuka sejak tahun 2001 silam, bandara ini kini melayani banyak lalu lintas penerbangan domestik dan beberapa penerbangan ke Asia Timur misalnya ke Tokyo, Osaka, Beijing juga Taipei.

Baca Juga : Siap-Siap Ke Soetta Tanpa Macet, Saatnya Naik Kereta Bandara

18. Singapore Changi International Airport: 62,22 juta penumpang 

halomoney_10apr-6

Siapa yang tidak mengenal bandara kenamaan negeri merlion ini? Changi Airport sepanjang tahun 2017 telah padat oleh lalu lintas kurang lebih 62,22 juta penumpang! Ini menjadikan bandara Changi sebagai bandara terpadat nomer 18 di seluruh dunia tahun 2017 lalu. Angka itu naik 6% dibandingkan jumlah penumpang tahun 2017.

Orang Indonesia tentu cukup akrab dengan bandara ini. Sebagai informasi, Changi Airport saat ini disebut sebagai Bandara Terbaik di Dunia versi Skytrax, enam tahun berturut-turut sejak tahun 2013. Keren, ya? Apa, sih, keistimewaan bandara ini?

Mengutip Wikipedia, Changi Airport menjadi markas beberapa perusahaan maskapai besar seperti Singapore Airlines, Singapore Airlines Cargo, SilkAir, Scoot, Jetstar Asia Airways dan BOC Aviation. Changi melayani kurang lebih 100 maskapai penerbangan yang lalu lalang ke 400 kota di 100 negara di seluruh dunia. Setiap pekan, sekitar 7.200 penerbangan mendarat atau terbang dari Changi.

Bulan Desember 2017 lalu tercatat sebagai bulan tersibuk bagi Changi di mana ketika itu tercatat ada 5,86 juta penumpang hilir mudik di bandara ini. Bandara ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai fasilitas mal perbelanjaan, kuliner, sampai keterhubungannya dengan moda transportasi pendukung seperti MRT dan lain sebagainya. Indonesia tercatat sebagai pasar terbesar bagi Changi Airport. 

17. Soekarno-Hatta International Airport: 63,01 juta penumpang

halomoney_10apr-7

Inilah bandara kebanggaan orang Indonesia: Bandara Soekarno-Hatta atau Soekarno-Hatta International Airport. Pada tahun 2017, Bandara Soetta melayani tak kurang dari 63.015.620 penumpang. Mungkin termasuk kamu? Ini menjadikan Bandara Soekarno Hatta sebagai bandara ke-17 tersibuk di dunia sepanjang tahun 2017.

Bandara Soetta mulai beroperasi sejak tahun 1985 menggantikan Bandara Kemayoran di Jakarta Pusat dan Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. Luas Bandara Soetta mencapai 18 km². Bandara ini terdiri atas 3 terminal. Yaitu, terminal 1 untuk melayani penerbangan domestik kecuali yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia. Kapasitsnya adalah 9 juta penumpang per tahun. Saat ini tengah berlangsung pengembangan kapasitas terminal sehingga diharapkan kelak bisa menampung 18 juta penumpang per tahun.

16. Delhi Indira Gandhi International Airport: 63,45 juta penumpang

halomoney_10apr-8

Indira Gandhi International Airport (kode IATA: DEL), adalah bandar udara tersibuk di India. Luas bandara ini mencapai 2.066 hektar dan terletak di ibukota India, Delhi. Sepanjang tahun 2017 lalu, bandara ini melayani kurang lebih 63.451.503 penumpang. Ini menjadikan Indira Gandhi International Airport sebagai bandara terpadat di dunia urutan ke-16 tahun 2017.

Pemerintah India saat ini tengah berencana mengekspansikan kapasitas bandar udara ini hingga kelak mampu menangani 100 juta penumpang di tahun 2030.

15.  Istanbul Ataturk International Airport: 63,87 juta penumpang

halomoney_10apr-9

Istanbul Atatürk Airport (kode IATA: IST), adalah bandara internasional utama di Turki. Bandara yang pertama kali dibuka pada tahun 1912 itu melayani sekitar 63,87 juta penumpang sepanjang tahun 2017. Ini menjadikan Istanbul Ataturk Airport sebagai bandara terpadat nomor 15 di dunia.

14. Frankfurt Airport: 64,500,386 passengers in 2017

halomoney_10apr-10

Bandara yang berlokasi di Frankfurt, Jerman, ini tercatat sebagai bandara terpadat di dunia urutan ke-14 tahun 2017. Sebanyak 64.500.386 penumpang hilir mudik di bandara ini sepanjang tahun 2017.

13. Guangzhao Baiyun International Airport: 65,88 juta penumpang

halomoney_10apr-11

Bandara ini berlokasi di Guangzhou, ibukota Provinsi Guangdong, China. Guangzhao Baiyun International Airport (kode IATA: CAN) adalah bandara utama yang menghubungkan banyak penerbangan. Beberapa maskapai berpusat di sini antara lain China Southern Airlines, FedEx Expres, 9 Air, Hainan Airlines dan Shenzhen Airlines.

Di China, bandara ini tercatat sebagai bandara tersibuk ketiga dari sisi lalu lintas pesawat terbang. Sepanjang tahun 2017 lalu, Guangzhou Baiyun Int’l Airport dipadati oleh 65.806.977 juta penumpang dan menjadikan bandara ini sebagai bandara terpadat nomer 13 di dunia.

12. Dallas-Fort Worth International Airport: 67,09 juta penumpang

halomoney_10apr-12

Bandara ini berlokasi di negara bagian Texas. Ini adalah bandara terbesar dengan luas 6.963 hektare dan menjadi hub terbesar untuk maskapai American Airlines. Luas bandara ini mengalahkan luas Pulau Manhattan dan menjadikannya bandara terbesar di Amerika Serikat setelah Denver International Airport.

Sepanjang tahun 2017 lalu bandara ini dipadati oleh kurang lebih 67.092.194 penumpang dari berbagai penjuru dunia. Angka itu menempatkan Dallas/Fort Worth International Airport (kode IATA: DFW) sebagai bandara terpadat di dunia urutan ke 12 tahun 2017.

11. Amsterdam Airport Schiphol: 68,51 juta penumpang

halomoney_10apr

Bandara ini lebih dikenal dengan nama Bandar Schiphol, merupakan bandara utama Belanda yang terletak sekitar 9 kilometer dari kota Amsterdam. Bandara yang dibuka sejak tahun 1916 sebagai bandara militer ini sudah lama dikenal sebagai bandara yang tersibuk di antara bandara-bandara besar di Eropa.

Bandara Schiphol dipadati kurang lebih 68.515.425 penumpang selama tahun 2017. Ini menjadikannya sebagai bandara terpadat di dunia urutan ke-11 pada tahun lalu. O, ya, Schiphol juga menjadi hub bagi maskapai KLM juga menjadi hub Eropa untuk Jet Airways, EasyJet, Small Planet Airlines dan Vueling.

10. Paris Charles de Gaulle Airport: 69,47 juta penumpang

halomoney_10apr-1

Bandara ini dipadati kurang lebih 69.471.442 penumpang sepanjang tahun 2017 dan menjadikannya sebagai bandara terpadat nomor 10 di dunia! Bandara ini merupakan bandara internasional di Perancis dan terbesar kedua di Eropa. Selama tahun 2017, bandara ini juga mencatat 475.654 pergerakan pesawat terbang. 

9. Shanghai Pudong International Airport: 70 juta penumpang

bandara terpadat

Bandara ini menjadi bandara terpadat nomer 9 di dunia tahun 2017 dengan jumlah penumpang yang lalu lalang mencapai 70.001.237 penumpang.

Lokasinya sekitar 30 kilometer dari pusat kota dengan luas bandara mencapai 40 kilometer persegi. Ini adalah satu dari dua bandara internasional di Shanghai.

8. Hong Kong International Airport: 72,6 juta penumpang

halomoney_10apr-3

Bandara kebanggaan Hong Kong ini dipadati kurang lebih 72.663.955 penumpang sepanjang tahun 2017 lalu. Bandara ini dioperasikan secara komersial sejak tahun 1998 dan dahulu bernama Chek Lap Kok Airport karena berlokasi di pulau Chek Lap Kok.

Saat ini menjadi bandara tersibuk dan menjadi hub utama Cathay Pacific, Hong Kong Airlines dan lain sebagainya.. London Heathrow Airport (LHR): 78,014,598 passengers in 2017.

7. London Heathrow Airport: 78,01 juta penumpang

halomoney_10apr-4

Inilah bandara tersibuk di Eropa, Heathrow Airport yang berlokasi di London, ibukota Inggris. Bandara ini menjadi hub utama British Airways dan pangkalan utama operasional Virgin Atlantic.

Sepanjang tahun 2017, Heathrow Airport dipadati oleh kurang lebih 78 juta penumpang yang lalu lalang mendatangi Inggris atau hendak ke negara lain. 

6. Chicago O’Hare International Airport  79,82 juta penumpang

halomoney_10apr-5

Bandara ini memiliki luas 3.087 hektar dan berlokasi sekitar 23 kilometer dari pusat bisnis Chicago, Illinois, Amerika Serikat.

Selama tahun 2017, bandara internasional ini dipadati oleh hampir 80 juta penumpang yang datang dari berbagai penjuru. Ini menjadikan Chicago O’Hare International Airport sebagai bandara terpadat urutan ke-6 di seluruh dunia. Kamu pernah mampir ke sini, Moneysavers?

5. Los Angeles International Airport: 84,55 juta penumpang

halomoney_10apr-7

Los Angeles International Airport berada di negara bagian California, Amerika Serikat. Memiliki kode IATA, LAX, bandara ini berada sekitar 30 kilometer dari pusat kota Los Angeles. Luas lahannya mencapai 1.416 hektar.

Selama tahun 2017 lalu, bandara ini dipadati oleh lebih dari 84 juta penumpang dari seluruh penjuru dunia dan menjadikannya sebagai bandara tersibuk nomer 5!

4. Tokyo Haneda International Airport: 85,4 juta penumpang

halomoney_10apr-6

Haneda Tokyo International Airport ini dikenal dengan kode IATA, HND. Merupakan satu dari bandara utama di Tokyo. Bandara ini juga menjadi pangkalan dua maskapai penerbangan utama Jepang, yaitu Japan Airlines dan Nippon Airways.

Haneda melayani hampir semua rute domestik dan beberapa tujuan internasional ke negara-negara Asia Timur. Haneda berdampingan dengan Narita International Airport yang lebih banyak melayani penerbangan internasional. Pemerintah Jepang belakangan mengarahkan Haneda sebagai rute penerbangan premium bisnis, sedangkan Narita lebih diarahkan untuk penerbangan liburan dan low cost carriers.

3. Dubai International Airpor: 88,24 juta penumpang

halomoney_10apr-8

Inilah bandara internasional yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Dubai International Airport menjadi pangkalan dari maskapai kenamaan Emirates. Bandara ini dikenal dengan kode IATA dengan kode DXB. Selama tahun 2017 melayani kurang lebih 88 juta penumpang, 2,65 juta ton kargo dan sekitar 409.493 pesawat yang lalu lalang. 

Keberadaan bandara ini menyumbang perekonomian Dubai secara signifikan. Total jumlah pekerja mencapai 90.000 orang, 400.000 jenis pekerjaan dan menyumbang sekitar US$ 26,7 miliar pada perekonomian Dubai.

Dengan lalu lalang penumpang sebanyak itu, tak heran bila Dubai International Airport melesat menjadi bandara terpadat nomer 3 di dunia tahun 2017.

2. Beijing Capital International Airport: 95,78 juta penumpang

halomoney_10apr-9

Bandara di China hampir semuanya padat. Tapi yang terpadat adalah Beijing International Airport (kode IATA: PEK). Berada sekitar 32 kilometer di barat laut pusat kota Beijing. 

Bandara ini melayani sekitar 95 juta penumpang sepanjang tahun 2017 lalu dan menjadikannya bandara paling sibuk nomer dua di dunia. 

Baca Juga : 10 Bandara Terbaik di Dunia 2017: Changi Tetap No.1, Soetta No.44

1. Hartsfield-Jackson Atlanta Int’l Airport: 103,9 juta penumpang

halomoney_10apr-10

Inilah bandara terpadat dan tersibuk di dunia saat ini! Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport (kode IATA: KATL), juga dikenal sebagai Atlanta Airport, berlokasi di 11 kilometer selatan pusat bisnis Atlanta, di negara bagian Georgia, Amerika Serikat.

Sejak tahun 1998 silam, bandara Atlanta ini tercatat menjadi bandara tersibuk di dunia berdasarkan jumlah pesawat yang mendarat dan terbang. Sedangkan dari sisi kepadatan penumpang, bandara ini dinobatkan sebagai yang paling padat sejak tahun 2012.

Bandara ini menampung hampir satu juta penerbangan baik penerbangan domestik Amerika Serikat maupun internasional. Luas bandar amencapai 1.902 hektar. Hartsfield-Jackson juga memiliki menara pengaturan lalu lintas udara (air traffic control tower) tertinggi di kawasan Amerika Utara dengan tinggi mencapai 121 meter. Rata-rata jumlah penumpang di bandara ini mencapai 275.000 penumpang tiap hari. Karena begitu padat, bandara ini dilengkapi dengan 30.000 tempat parkir.

Kartu Kredit Travel 2018

Kamu yang sering melakukan perjalanan ke dalam dan luar negeri, sebaiknya melengkapi perjalananmu dengan kartu kredit travel. Kartu kredit ini akan memudahkanmu untuk bertransaksi sebelum dan selama perjalanan, daripada kamu membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Selain itu, enaknya kamu akan mengumpulkan point airmiles yang bisa ditukar dengan tiket atau hotel untuk perjalanan berikutnya. Berikut ini kami pilihkan lima kartu kredit travel 2018 untuk kamu pilih sesuai profil keuanganmu:

  • Kartu Kredit Travel Terbaik 

Kartu kredit BNI-Garuda Visa Signature sepertinya wajib kamu miliki jika kamu suka melakukan perjalanan. Kartu kredit ini menjadi terbaik versi kami karena menyediakan bebas akses di 18 domestic lounge di Indonesia, keanggotaan gratis Priority Pass, dan delapan kali bebas akses priority pass di berbagai bandara di dunia yang menjadi partner Priority Pass. Pilihan lainnya, kamu bisa memiliki BNI-Garuda Visa Platinum yang memiliki fitur yang hampir sama dengan BNI-Garuda Visa Signature.

BNI Garuda Signature

  • Stardard Chartered WorldMiles Travel Card

Ajukan kartu kredit free airport lounge Standard Chartered, klik gambar kartu kredit

Klik gambar ini untuk mengajukan

  • Poin airmiles Rp 7500 = 1 mileage (lokal), transaksi di luar negeri kelipatan Rp 7500 = 2 mileage
  • Nikmati keanggotaan Priority Pass senilai US$ 99 / tahun secara gratis.
  • Kamu bisa menikmati akses ke lebih dari 700 Airport Lounge di seluruh dunia dengan menghubungi Layanan Nasabah Standard Chartered.
  • Danamon World Card

Ajukan kartu kredit free airport lounge Danamon, klik gambar kartu kartu 

Image result

  • Gratis keanggotaan Priority Pass Card (PPC), serta 1 (satu) kali GRATIS masuk (per tahun kalender) untuk 2 orang di 700 lounge bandara yang ada seluruh dunia
  • Airmiles Rp 8.000 per 1 mileage (transaksi lokal) dan poin reward Rp 667 per 1 poin.
  • Tersedia fasilitas Travelink untuk membantu pemesanan pesawat dan hotel, juga fasilitas cicilan.
  • Dapatkan Poin Reward 1,5 lebih tinggi dari Kartu Kredit Bank Danamon lainnya.
  • Cashback 5% untuk pembelian bahan bakar.
  • HSBC Visa Signature

Ajukan kartu kredit free airport lounge HSBC, klik gambar kartu kredit 

  • Image result for hsbc visa signature indonesia
    Poin airmiles Rp 9.500 per 1 airmiles, poin reward Rp 1.000 untuk 1 poin.
  • Dapatkan 4x Poin Reward untuk transaksi dining dan travel, dan 2x poin reward untuk transaksi di luar negeri.
  • Dapatkan akses ke lebih dari 700 Airport Lounge eksklusif di seluruh dunia dan Lounge Eksekutif di 7 kota besar di Indonesia.
  • Bebas masuk di enam airport lounge di Malaysia, Singapura, dan Hongkong. Lihat di sini.
  • Penukaran Poin Reward yang fleskibel untuk memperoleh tiket gratis dari maskapai penerbangan yang tergabung di program Frequent Flyer pilihan (KrisFlyer, AsiaMiles, & Garuda Frequent Flyer) dan gratis menginap di lebih dari 50 hotel di Asia Pasifik.
  • Citi Premier Miles Card

Ajukan kartu kredit free airport lounge Citibank, klik gambar kartu kredit
Citi Premier 
  • Syarat gaji minimal Rp 5 juta per bulan atau Rp 60 juta per tahun.
  • 1 premier = Rp 8,750 untuk setiap transaksi domestik atau Rp 5,000 transaksi internasional.
  • Fleksibiltas untuk menukarkan miles ke lebih dari 60 maskapai penerbangan dan 8,500 hotel-hotel di seluruh dunia.
  • Gratis keanggotaan Priority Pass Card (PPC), serta 1 (satu) kali GRATIS masuk (per tahun kalender) untuk 2 orang di 700 lounge bandara yang ada seluruh dunia.
  • Citi Garuda Card

Ajukan kartu kredit free airport lounge Citibank, klik gambar kartu kredit

Image result for citi garuda card

  • Syarat gaji minimal Rp 5 juta per bulan atau Rp 60 juta per tahun.
  • Poin airmiles Rp 10.000 per poin, poin reward tidak berlaku
  • Dapatkan 3X miles untuk transaksi di Garuda Indonesia Ticketing Office dan dengan mesin EDC Citibank
  • Fasilitas tambahan bagasi hingga 20 kg
  • Diskon 5% untuk pembelian tiket Garuda Indonesia di Garuda Ticketing Office dan web resmi Garuda.
  • Gratis akses untuk 2 orang ke seluruh Airport Lounge Citibank di Indonesia

Apply kartu kredit online dengan Halomoney.co.id

Ruisa Khoiriyah

Tentang Penulis: Ruisa Khoiriyah

Certified Financial Planner, Former Finance Journalist, Professional Writer and Editor, Financial Blogger and Lifelong Learner. Selalu ingin berbagi hal yang berguna, praktis dan bisa memberi nilai lebih bagi para pembaca, terutama seputar pengelolaan keuangan pribadi dan kampanye literasi finansial. Ruisa bisa dihubungi di ruisa@halomoney.co.id.