7 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

|Posted by | Varia
Tags: ,

virus komputer

Heboh virus komputer Ransomware Wanna Decryptor melengkapi sekian banyak virus yang pernah menginfeksi komputer sepanjang sejarah. Apa saja virus paling berbahaya yang menyerang komputer?

Memasuki pekan ketiga bulan Mei 2017, masyarakat dunia dihebohkan oleh kemunculan virus komputer malware bernama Ransomware Wanna Decryptor. Virus komputer ini disebut juga dengan sebutan WannaCry, tersebar infeksinya ke seluruh dunia sejak 12 Mei 2017.

Banyak negara yang sudah terserang virus ini seperti Amerika Serikat, Inggris, China, Rusia dan Indonesia. Saking luasnya penyebaran virus komputer terbaru ini, WannaCry disebut-sebut sebagai bentuk teroris siber (cyber terorisme).

Apply kartu kredit online dengan Halomoney.co.id

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, seperti dikutip dari website Kominfo, mengungkapkan, serangan ransomware ini sangat massif ke seluruh dunia sehingga menjadi isu global yang menyerang sumber daya penting. Di Indonesia, tercatat serangan ransomware WannaCry telah menyerang sistem komputer Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais.

Kemunculan virus komputer WannaCry ini melengkapi daftar berbagai jenis virus berbahaya yang pernah menyerang komputer sepanjang sejarah. Di tengah ketergantungan masyarakat yang semakin tinggi terhadap komputer dan jaringan internet, serangan malware seperti ini tentu membahayakan.

Berikut ini 7 virus komputer berbahaya yang pernah menghebohkan dunia:

Ransomware WannaCry (2017)

virus komputer

(source: India Today)

Inilah virus komputer paling berbahaya yang paling baru. Virus ini berjenis ransomware, yaitu sejenis malware yang menyerang komputer dengan cara mengunci komputer milik korban dengan mengenkripsi semua file sehingga si pemilik komputer tidak bisa mengaksesnya lagi.

Mengutip The Independent, Europol mencatat ada sekitar 200.000 korban WannaCry yang tersebar di 150 negara. Virus ini mengincar PC berbasis windows. Si pengirim virus meminta tebusan 300 dollar Amerika Serikat dalam bentuk bitcoin atau uang digital bila si pemilik komputer ingin membuka lagi data mereka yang terkena virus.

Dibandingkan ransomware jenis lain, WannCry dinilai lebih berbahaya karena memakai senjata siber milik intelijen Amerika Serikat, NSA yang telah diretas peretas berkode Shadow Broker.

Agar terhindar dari serangan WannaCry, ada baiknya pemilik komputer menyimpan cadangan data penting ke tempat yang tidak terhubung dengan jaringan internet. Perbarui pula software antivirus di komputer dan anti ransomware.

Stuxnet (2010)

virus komputer

Virus komputer ini cukup menghebohkan pada tahun 2010. Stuxnet dikabarkan merusak program SCADA (System Supervisory Control and Data Acquisiton) dan mengancam meledakkan fasilitas nuklir di Iran.

Di Indonesia, Stuxnet dikenal sebagai virus komputer yang menjadi penyebab banyak kerusakan flash disk maupun hard disk. Ciri infeksi virus ini adalah, fasilitas penyimpanan menjadi penuh, jaringan putus, komputer jadi lebih lambat.

Trojan (2006)

virus komputer

(source: trueblade.com)

Trojan Horse atau Kuda Troya dikenal juga dengan sebutan virus Trojan. Virus ini menyerang komputer secara diam-diam (stealth) dan seringkala menampakkan seolah-olah program baik-baik saja. Ketika pengguna komputer lengah, virus ini bertindak agresif merusak sistem dan membuat sistem crash.

Virus komputer ini bertujuan mencuri informasi dari target seperti password yang tercatat di otomatis di komputer. Trojan juga bisa dikendalikan dari komputer penyerang. Virus Trojan biasanya muncul melalui internet dan juga email yang diterima oleh user. Kamu bisa mengatasi virus ini dengan memakai software Trojan Remover.

Conficker (2008)

virus komputer

(source: microsoft.com)

Virus komputer ini pertama kali muncul pada akhir 2008 dan masuk dalam kategori berbahaya karena penyerbarannya yang sagat cepat. Conficker menyerang dan menyebar melalui sistem operasi Microsotf Windows.

Virus ini menjadi virus penyebab kerusakan terbesar yang pernah ada dengan menginfeksi sekitar 9 juta komputer di seluruh dunia dan menyebabkan kerugian hingga 9 miliar dollar Amerika Serikat.

Code Red (2001)

virus komputer

(source: yoggle25.blogspot.com)

Virus bernama Code Red ini berjenis worm dan pertama kali muncul tahun 2001. Virus ini menargetkan Microsoft IIS Web Server yang merusak halaman web dan meninggalkan pesan “Hacked by Chinese!”.

Virus ini pernah merusak website Gedung Putih di whitehouse.gov. Alhasil, kerugian akibat serangan virus ini mencapai 2 miliar dollar Amerika Serikat dan server yang diserang telah mencapai dua juta server.

ILOVEU (2000)

virus komputer

(source: listverse.info)

Virus komputer ini masuk melalui email yang berisi kalimat I Love You. Orang banyak yang kecele dan membuka email ini gara-gara menyangka ini semacam surat cinta. Ketika penerima membuka email tersebut maka dengan segera virus ini menyebar ke 50 kontak yang pertama ditemukan di email penerima.

Itulah beberapa virus komputer yang paling ganas sepanjang sejarah. Agar komputer kamu bisa menghindari serangan virus, terutama virus WannaCry, lakukan beberapa hal berikut ini seperti diungkapkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII):

  1. Sebelum menyalakan komputer, cabutlah kabel data (LAN) yang tersambung dan matikan WiFi di sekitar komputer yang dapat tersambung otomatis.
  2. Setelah kamu pastikan komputer aman dan tidak tersambung ke internet, nyalakan komputer dan lakukan pencadangan data ke Hard Disk Portable atau USB Flash Drive.
  3. Unduh security patch dari komputer yang berbeda melalui komputer dengan sistem operasi nonWindowds di https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010 dan baca panduannya di https://blogs.technet.microsoft.com/msrc/2017/05/12/customer-guidance-for-wannacrypt-attacks/.
  4. Setelah selesai melakukan backup dan flash drive/Hard Disk portable disimpan dengan aman secara terpisah, pada komputer yang bersangkutan dapat dilakukan update melalui file yang telah diunduh pada langkah terdahulu.
  5. Silakan melakukan aktivitas dengan komputer seperti biasa setelah berhasil melakukan security update yang diperlukan.
  6. Selalu berhati-hati membuka tautan di internet, email, atau media sosial yang mencurigakan atau yang tidak kamu kenal.

Bila artikel ini kamu nilai bermanfaat, jangan lupa membaginya kepada kawan, kolega dan kerabat kamu, ya!

Simak lebih banyak tips pengaturan keuangan dan strategi berhemat lebih banyak di sini. Di situs Halomoney.co.id, Anda juga bisa mengajukan diri menjadi  nasabah dan menemukan produk Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) terbaik sesuai kebutuhan.

Unduh E-Book HaloMoney di sini GRATIS:

id_e-book_mockup-1

 

Ruisa Khoiriyah

Tentang Penulis: Ruisa Khoiriyah

Former Finance Journalist, Writer and Editor, Financial Blogger and Lifelong Learner. Selalu ingin berbagi hal yang berguna, praktis dan bisa memberi nilai lebih bagi para pembaca, terutama seputar pengelolaan keuangan pribadi dan kampanye literasi finansial. Ruisa bisa dihubungi di ruisa@halomoney.co.id.