7 Jenis Cara Berhemat Paling Banyak Dicari di Google yang Perlu Kamu Pelajari

|Posted by | Kebiasaan Keuangan, Lifestyle, Tips Keluarga
Tags: ,

 

belanja-hemat-menabung-lebih-banyak

Moneysavers, kamu tidak cukup hanya rajin bekerja, menambah penghasilan, dan berinvestasi saja dalam mengelola keuangan pribadi dan keluarga. Kamu juga perlu mengetahui dan menguasai 7 jenis cara berhemat untuk membantu keuanganmu.

Berhemat bisa membantu kamu mencapai tujuan keuangan yang ingin kamu capai. Misalnya, menabung untuk wisata akhir tahun ini, berinvestasi sekian ribu rupiah saban bulan, menabung untuk pendidikan anak, dan seterusnya.  Tanpa berhemat, kamu akan sulit mengontrol pengeluaranmu dan target keuanganmu hanya tercatat di atas kertas.

Apa saja yang bisa dihemat? Dari data pencarian di Google Search, ada tujuh jenis cara berhemat yang paling banyak dicari oleh para pengguna internet. Tulisan ini diharapkan bisa menambah referensimu untuk mengelola keuangan.

Berikut ini tujuh jenis cara berhemat yang perlu kamu terapkan:

1. Menghemat uang

Strategi Berhemat Uang

Ini jenis penghematan yang paling banyak dicari. Wajar, uang akan membantu kamu memenuhi segala kebutuhanmu. Tapi untuk menghemat uang, tidak ada cara tunggal yang bisa kamu gunakan. Kamu perlu menghemat uang dari beragam pos pengeluaranmu. Cara berhemat uang bisa dilakukan antara lain melalui sejumlah langkah ini:

  1. Seimbangkan belanjamu dengan penghasilanmu. Kata Direktur Utama BCA Jahja Sariatmadja, jangan sampai terjadi besar pasak (pengeluaran) dari tiang (penghasilan).
  2. Alokasikan dan kontrol belanja bulanan kamu dengan berbagai cara dan dilakukan terhadap belanja kebutuhan keluarga maupun belanja pribadi.
  3. Lakukan investasi sebarapun nilainya, demi memenuhi kebutuhanmu di masa depan dan untuk melawan inflasi.
  4. Jika kamu memiliki cicilan dan utang, kendalikan jangan sampai melebihi batas. Pola yang dianjurkan oleh para perencana keuangan umumnya seperti ini: 50% dari penghasilanmu untuk kebutuhan pribadi dan keluarga, 30% untuk cicilan, dan 20% untuk investasi dan tabungan.
  5. Jika kamu sudah berkeluarga, sebaiknya kamu mengalihkan risiko hidupmu dengan memiliki asuransi asuransi jiwa. Dengan mengasuransikan dirimu, kamu akan mewarisi anak-anak dan keluarga yang kamu tinggalkan dengan sejumlah untuk membiayai kebutuhannya.

2. Menghemat Belanja Bulanan

Deal belanja sepuasnya sehari-hari

Menghemat belanja bulanan bisa dilakukan terhadap belanja kebutuhan keluarga. Sebagian orang melakukannya dengan selalu memantau program diskon di berbagai supermarket atau hypermarket setiap akhir pekan; hanya berbelanja kebutuhan barang segar seperti daging dan sayuran di pasar tradisional karena lebih murah, dan seterusnya.

Jika kamu memiliki kartu kredit, jangan lupa memanfaatkan fitur promosi dari bank penerbit kartu kredit. Kadang bank penerbit kartu kredit memberikan potongan harga untuk barang tertentu, cashback atau poin reward maupun airmiles bagi nasabahnya. Moneysavers, terutama working mom, bisa kunjungi artikel ini soal strategi memakai kartu kredit untuk belanja.

Menghemat belanja bulanan juga dilakukan terhadap pos belanja lain, seperti transportasi dan hingga uang jajan. Menghemat di sini tidak selalu berarti mengurangi porsi belanja, tetapi juga mengontrol pengeluarannya agar tetap sesuai perencanaan. Gunakan beberapa aplikasi pengelolaan belanja  bulanan gratis yang tersedia di playstore maupun di ios, seperti Uangku dan Money Lover Expense Manager (android/playstore) atau Spendee dan Moni di iOS.

3. Menghemat uang jajan

uang tunai kebanyakan bikin susah nahan liat jajanan

Menghemat uang jajan ini kebutuhan setiap orang saat ini. Maklum ini bisa membantu kamu berhemat. Caranya bisa bermacam-macam. Misalnya lebih memilih membawa air minum dari rumah daripada membeli air minum di jalan; membawa bekal makan siang dari rumah daripada membeli makan siang di kantor; atau memanfaatkan diskon transportasi dengan aplikasi pembayaran seperti GoPay atau GrabPay daripada membayar secara tunai.

Tips menghemat uang jajan ini terkesan sederhana. Mungkin kamu berfikir, buat apa memperhatikan belanja yang nilainya sangat kecil dan remeh seperti ini. Pandangan seperti itu tidak sepenuhnya tepat. Sebab cara penghematan sederhana ini jika dilakukan secara terus menerus setiap bulan, nilainya cukup besar sehingga bisa membantu keuanganmu.  Contohnya menghemat makan siang: kamu bisa menghemat hingga Rp 10 ribu per hari atau Rp 250 ribu selama sebulan saat kamu membawa bekal dari rumah. Lumayan kan?

4. Menghemat kuota

Image result for menghemat kuota

Menghemat kuota internet juga penting kamu lakukan untuk menghemat belanja bulanan. Cara penghematan ini bersifat teknis dan membutuhkan ketelatenan untuk melakukannya.

Menghemat kuota internet bisa dilakukan dengan beragam cara. Kamu bisa coba cara berikut ini;

  1. Tidak mengakses media social Facebook melalui aplikasi. Jika kamu mengakses Facebook, masuk melalui websitenya karena lebih ringan dan tidak menjalankan macam-macam fungsi. Jika memakai aplikasi, Facebook sering melakukan notifikasi, chat atau fungsi lainnya sehingga menghabiskan kuota.
  2. Menonaktifkan fungsi sinkronisasi di handphone yang memakai sistem Android maupun Ios (iphone). Ini bisa menghemat kuota secara keseluruhan.
  3. Mengubah fitur Google Maps ke fitur offline. Masuk ke aplikasi Google Maps, pilih toolbar di bagian atas sebelah kolom search lokasi dan tempat yang dicari, pilih Setting, pilih Wifi-only. Ini bisa mengurangi penggunaan kuota internetmu.

Masih ada beberapa cara lain untuk menghemat kuota yang bisa kamu pelajari dari berbagai situs online.

Mau nomor cantik XL Prioritas dan nikmati kecepatan berinternet melalui jaringan 4G? Klik banner di bawah ini.

xlprio

5. Menghemat baterai

Image result for menghemat baterai android

Untuk menghemat baterai handphone Android dan Iphone, sebenarnya cukup mudah. Cara yang sederhana, di handphone Android, kamu bisa masuk ke menu Setting. Pilih bagian Battery and performance. Aktifkan fitur Power, lalu aktifkan menghemat baterai (battery saver) dalam posisi On.

Cara lain bagi handphone berbasis sistem Android antara lain melalui cara ini:

1. mengalihkan koneksi dari sinyal data 3G/4G ke Wifi. Cara ini bisa mengurangi kerja handphone             dalam mencari sinyal  sehingga bisa menghemat baterai.

2. Mematikan koneksi internet jika tidak membutuhkan. Kamu bisa memutus koneksi sinyal        data maupun wifi/bluetooth dengan menekan tombol masing-masing setelah menyentuh layar handphone dari bagian atas layar handphone.

3. Mengurangi brightness layar handphone, volume dan getar. Selain itu kamu bisa memakai aplikasi penghemat battery seperti Task Killer atau Baterai Dr. Saver.

Di iPhone, cara yang dilakukan hampir sama. Temukan aplikasi yang paling memboroskan baterai di Battery Usage lalu non aktifkan aplikasi tersebut untuk menghemat baterai. Cara lainnya ialah mematikan fitur animasi yang tak dipakai, menonaktifkan Bluetooth, dan tidak banyak menggunakan widget.

6. Menghemat listrik

hemat-energi

Menghemat listrik bisa dilakukan dengan mengatur penggunaan alat-alat elektronik seperti air condition (AC), mesin cuci dan setrika, hingga dispenser pemanas air. Atur penggunaan AC dengan menggunakan timer di remote AC, atau tak menggunakan sama sekali mesin dispenser pemanas air karena menghabiskan listrik cukup besar. Selain itu kamu perlu mengganti semua lampu biasa di rumah dengan lampu LED: meskipun sedikit mahal, tapi dalam jangka panjang bisa mengurangi konsumsi listrik. Pelajari lebih detail cara berhemat listrik di sini.

7. Menghemat air

Image result for menghemat air

Menghemat air bisa dimulai dengan cara yang sederhana. Saat kamu mandi, mencuci, atau sekedar menyiram tanaman. Saat kamu mandi, memakai shower bisa menghemat air hingga 60 persen daripada kamu memakai gayung.

Selain itu, menyiram tanaman di pagi hari lebih hemat daripada siang atau sore karena di pagi hari air tidak menguap. Jangan lupa untuk selalu bijaksana dalam mencuci pakaian; lebih baik mencuci dalam jumlah banyak satu kali, daripada kamu sering mencuci pakaian dalam jumlah sedikit karena air yang kamu pakai lebih banyak.

Selamat menjalankan satu demi satu cara berhemat di atas. Gunakan situs Halomoney.co.id untuk mendapatkan tips keuangan, membandingkan kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA), sekaligus mengajukan (apply). We compare, you save.

 

Untuk apply kartu kredit, klik banner ini

KK

 

apply KTA, klik banner ini

KTA via Halomoney.co.id

dan apply nomor cantik XL Pasca Bayar, klik banner ini

xlprio

Umar Idris

Tentang Penulis: Umar Idris

Penulis masih suka mengikuti perkembangan ekonomi makro, investasi, dan industri keuangan, sesuai minatnya saat masih menjadi editor di Gramedia Group. Penulis bisa dihubungi melalui umar@halomoney.co.id atau @umaridriss