5 Pelajaran Keuangan Dari Star Wars Yang Tidak Kamu Sadari!

|Posted by | Belanja, Berita Keuangan, Kartu Kredit, Kebiasaan Keuangan, Kredit Tanpa Agunan, KTA, Liburan, Lifestyle, Tips Keluarga, Wisata
Tags: , ,

pelajaran keuangan

May the force be with you!

Mungkin kalimat itu yang paling kamu ingat saat mendengar nama Star Wars di telinga. Yes, film bertemakan science fiction yang melegenda dan sudah menjadi pop-culture di seluruh dunia ini seakan menyihir semua orang untuk menjadi seorang fanboy / fangirl.

Tapi, sadarkah kamu kalau banyak sekali pelajaran keuangan yang bisa kamu ambil dari 7 episode film yang sudah keluar? Tidak percaya? Coba simak ulasan kami di bawah ini, check this out!

 

1. Tidak ada Salahnya Beli Mobil Baru Seri Lama

Pada Star Wars Episode I, Obi Wan Kenobi dan Luke Skywalker terburu-buru meninggalkan the Mos Eisley spaceport di Tatooine karena mereka dikejar waktu mengumpulkan uang untuk segera pergi menuju Millenium Falcon. Luke ingin menjual sebuah landspeeder X-34, namun si pembeli menghargai landspeeder X-34 milik Luke dengan harga yang sangat rendah karena pada saat itu sudah ada landspeeder varian terbaru yang dirilis.

Setiap kendaraan nilainya akan berkurang hingga 20% pada tahun pertama. Kalau kamu mau membeli kendaraan, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan kendaraan bekas.

 

2. Utang Konsumtif yang Besar dapat Merusak Kondisi Keuangan

Pada Episode VI, Han Solo tergantung membeku di tembok Jabba The Hutt, ia dijadikan sebagai peringatan pada orang-orang yang berhutang pada gangster galaksi tersebut, sebuah pelajaran keuangan yang berarti.

Penawaran kredit selalu datang silih berganti, berhati-hatilah dalam mengambil kredit konsumtif. Jangan sampai masalah kredit menghancurkan keuangan kamu.

banner KK

3. Jangan Bertaruh Akan Masa Depan

Pada Star Wars Episode I, The Phantom Menace terdapat adegan di mana Qui Gon Jinn bertaruh dengan Watoo untuk melepaskan Anakin Skywalker. Jika Jinn menang dia meminta Anakin dibebaskan, sebaliknya jika Jinn kalah, dia akan memberikan kapal luar angkasanya.

Setelah Anakin berhasil memenangkan balapan, Watto mengatakan “Kamu memperdayai Saya, Saya kehilangan semuanya”. Jinn membalas: “Kapanpun kamu bertaruh, sebenarnya kamu sudah kalah.”

4. Jumlah Kecil dan Konsisten Dapat Menjadi Raksasa

Pada Episode II, Obi Wan Kenobi berhasil menginvestigasi penjahat yang mau membunuhnya. Penjahat tersebut menyatakan ada 200.000 pasukan yang sedang disiapkan untuk kebangkitan The Empire. Dengan pertumbuhan Stormtroopers yang konsisten, The Empire dapat menghancurkan galaxy.

Banyak orang menunda dalam investasi. Padahal dengan investasi mulai dinijumlah kecil, bila dilakukan secara konsisten dapat menghasilkan keuntungan yang besar!

banner KTA

5. Pilih Mentor yang Tepat

Dari kesemua episode Star Wars, banyak sekali kita lihat adegan mengenai latihan, pembelajaran, dan mentorship. Sebut saja Qui-Gon Jinn yang memberikan arahan dan pengetahuan kepada Obi-Wan Kenobi, kemudian Obi-Wan menjadi mentor dari Anakin dan Luke Skywalker, dan jangan lupakan Master Yoda memberikan banyak nasehat kepada banyak tokoh.

Kamu juga perlu berdiskusi dan berkonsultasi kepada seseorang yang mampu membantu mewujudkan tujuan-tujuan keuangan. Pastikan mentor pelajaran keuangan kamu sehebat Master Yoda!

banner KK

Article contributed by: 

finansialku

 

 

 

Ada informasi favorit kamu yang belum termasuk di sini? Let us know! Comment di facebook page kami, who knows info dari kamu akan kami angkat di blog post selanjutnya!

HaloMoney adalah situs perbandingan layanan produk kartu kredit dan personal loan No.1 di Indonesia!

Mau lihat lebih banyak artikel lagi? Klik:

HaloMoney-Logo png

 

 

Adiguna C. Perdana

Tentang Penulis: Adiguna C. Perdana

Gemar menulis, rajin menabung, dan selalu tertarik dengan segala hal yang berhubungan dengan penghematan.