5 Cara Menghadapi Kebangkrutan Dalam Dunia Bisnis!

|Posted by | Bisnis, Investasi, Karir, Kebiasaan Keuangan
Tags: , , , ,

Kebangkrutan dalam bisnis merupakan hal yang wajar terjadi. Hal ini bisa terjadi tidak hanya pada pengusaha kecil saja namun juga pada pengusaha yang sudah sangat besar sekalipun. Bahkan situasi ini tidak hanya dapat dialami para usaha offline, para usaha OnlineShop pun bisa saja mengalami kondisi ini. Hal paling penting yang harus kita lakukan saat menghadapi hal ini adalah untuk memahami situasi dan berusaha sebaik mungkin untuk menaklukanya. Meskipun bukan hal yang mudah, paling tidak kita bisa belajar dari kesalahan atau kondisi yang terjadi yang menyebabkan kita bangkrut dan tidak mengulanginya lagi di saat kita sudah bangkit.

Ada banyak hal positif yang sebenarnya bisa kita lakukan dalam menghadapi situasi yang tidak mengenakan ini. Yang paling penting adalah tetap positif dan percaya bahwa setelah hal buruk pasti aka nada hal baik. Sesungguhnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan saat menghadapi kebangkrutan semacam ini dan cara-cara menghadapi kebangkrutan yang positif itu antara lain adalah:

1. Kurangi Mengeluh

Jangan atau Kurangi Mengeluh

Photo source: investigative

Memang benar bahwa mengeluh, dalam kadar tertentu, adalah sebuah hal yang sangat wajar dalam menghadapi masalah. Kebangkrutan adalah masalah yang tidak kecil dan sangat manusiawi jika kita mengeluh. Yang paling penting adalah kadarnya dan waktunya. Sah-sah saja mengeluh namun jika kita ingin bangkit, kita tidak boleh mengeluh secara berlarut-larut karena hal itu hanya akan membawa pengaruh buruk pada mental kita sendiri.

2. Positive Thinking

Positive Thinking

Photo source: samanthahurst

Hal ini juga sangat penting untuk kondisi mental kita. Memang benar bangkrut merupakan sebuah musibah, namun tetap akan ada pelajaran yang bisa kita ambil darinya. Jika kita terus berfikir negatif, maka kita tidak akan mampu untuk menyerap pelajaran yang mungkin terkandung pada kebangkrutan tersebut. Ada banyak kasus dimana pengusaha yang bangkrut tidak mampu bangkit lagi dikarenakan terlalu banyak berfikir negatif.

3. Pelajari Kesalahan

Pelajari Kesalahan

Photo source: guim

Mungkin hal ini adalah yang paling penting yang harus kita lakukan dalam menghadapi kebangkrutan. Banyak orang hanya menyesal dan mengeluh berlarut-larut dan lupa bahwa ada pelejaran yang bisa kita ambil dari kebangkrutan tersebut. Hal ini adalah hal yang nantinya akan membuat kita kuat jika kita diberi kesempatan untuk bangkit lagi.

4. Bertindak Cepat

Bertindak Cepat

Photo source: cloudinary

Memang benar pada saat terjadi kebangkrutan, semuanya terasa sudah selesai. Namun sesungguhnya pasti ada jalan yang bisa kita ambil untuk paling tidak mengurangi efek kebangkrutan itu. Dengan bertindak cepat untuk mengatasi kebangkrutan, kita jadi punya peluang untuk mampu menghindarinya. Banyak pengusaha yang langsung “lemas” saat melihat kebangkrutan akan datang, dan hal itulah yang membuat mereka tidak mampu menghindarinya.

5. Jangan Menyerah

 Jangan Menyerah

Photo source: timster

Saat kita menyerah, maka semunya sudah selesai. Maka dari itu pantang hukumnya untuk menyerah bahkan pada kebangkrutan. Meskipun bisa jadi kita tidak mampu bangkit dari kebangkrutan tersebut, kita nantinya toh bisa mencoba untuk memulai lagi karena begitulah nature dari sebuah usaha, hanya gagal atau berhasil. Jadi kita tidak perlu terlalu lemah dan takut dengan kebangkrutan.
Banyak pengusaha yang saat ini sukses dulunya bangkit dari kebangkrutan. Para pengusaha sukses itu adalah orang-orang yang bermental baja dan berfikiran positif yang tidak pernah menyerah pada “momok” dunia usaha yang disebut dengan kebangkrutan.

Article contributed by:  logo-artikel1

 

Gunakan kartu kredit kamu untuk bertransaksi di dunia online! Bandingkan beberapa produk kartu kredit bersama HaloMoney, klik:

BANDINGKAN2

Ada informasi favorit kamu yang belum termasuk di sini? Let us know! Comment di facebook page kami, who knows info dari kamu akan kami angkat di blog post selanjutnya!

HaloMoney adalah situs perbandingan layanan produk kartu kredit dan personal loan No.1 di Indonesia!

Mau lihat lebih banyak artikel lagi? Klik:

HaloMoney-Logo png

Adiguna C. Perdana

Tentang Penulis: Adiguna C. Perdana

Gemar menulis, rajin menabung, dan selalu tertarik dengan segala hal yang berhubungan dengan penghematan.