4 Langkah Agar Biaya Pernikahan Kamu Tidak Overbudget!

|Posted by | Berita Keuangan, Kebiasaan Keuangan, Kredit Tanpa Agunan, KTA, Lifestyle, Pernikahan, Tips Keluarga
Tags: , , ,

Setiap pasangan pasti mendambakan pesta pernikahan yang istimewa, tapi apakah sebuah pernikahan mewah harus menghabiskan banyak biaya? Cobalah berpikir bahwa kehidupan setelah pernikahan lah yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit!

Dengan membuat pesta pernikahan yang sesuai dengan budget kamu, bukan berarti kamu gagal menggelar pesta pernikahan impian. Kuncinya adalah kreatifitas! Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar biaya pernikahan tidak melebihi budget dan tetap istimewa. Check this out!

1. Rencanakan dari Jauh-jauh Hari

Civil partnership planning diary

Photo source: huffingtonpost

Jika sudah merasa mantap dengan pasangan dan ingin segera menikah, jangan menunda karena alasan biaya. Jika direncanakan jauh-jauh hari, kalian bisa membuat pesta pernikahan yang terencana dengan rapi, sehingga tidak menumpuk menjadi beban berat ketika menjelang hari H.

Buatlah timeline setahun sebelum tanggal pernikahan. Tentukan apa yang harus kalian lakukan setiap bulannya. Pastikan juga kalian mematuhi timeline yang telah dibuat!

2. Budgeting

Photo source: mealandmiles

Buat rincian pengeluaran dengan detail. Dengan begitu, kamu akan tahu berapa biaya yang kamu butuhkan. Jika total biaya yang dibutuhkan jauh melampaui dana yang di-budget-kan, segera lakukan revisi budget. Jangan ragu untuk memangkas pengeluaran untuk hal-hal yang tidak begitu penting!

3. Bertanya dan Rajin Hunting Harga

money-magnify

Photo source: watchdog

Jangan sungkan bertanya pada teman dan keluarga tentang banyak hal terkait biaya pernikahan. Ini penting untuk referensi kamu. Bertanyalah pada mereka yang sudah berpengalaman. Tidak hanya soal harga, kamu juga bisa menanyakan kualitas vendor yang masuk dalam list kamu. Jangan mengulang kesalahan yang mereka lakukan saat menggelar pesta pernikahan!

4. Lakukan Penghematan pada Beberapa Item yang Tidak Penting

undangan_pernikahan_vintage

Photo source: wordpress

Ada hal-hal pendukung pada pernikahan yang sebenarnya tidak penting, tetapi kadang menguras biaya. Nah, untuk hal-hal pendukung tersebut kamu tentu bisa melakukan penghematan. Kartu undangan, misalnya. Jangan mengalokasikan dana terlalu besar pada item ini. Selain undangan, kamu juga harus cukup kreatif memikirkan souvenir murah dan bermanfaat. Jangan alokasikan biaya terlalu besar untuk souvenir. Dengan kreativitas, kamu tetap bisa membuat para tamu undangan sumringah menerima souvenir di hari pernikahan kamu.

Source: wedlite

Gimana? Sekarang udah siap untuk merencanakan pernikahan kamu? Atau, kamu masih butuh modal untuk membiayai pernikahan kamu? Coba bandingkan beberapa produk KTA sekarang, Klik di sini:

Bandingkan_Button

Ada informasi favorit kamu yang belum termasuk di sini? Let us know! Comment di facebook page kami, who knows info dari kamu akan kami angkat di blog post selanjutnya!

HaloMoney adalah situs perbandingan layanan produk kartu kredit dan personal loan No.1 di Indonesia!

Adiguna C. Perdana

Tentang Penulis: Adiguna C. Perdana

Gemar menulis, rajin menabung, dan selalu tertarik dengan segala hal yang berhubungan dengan penghematan.