4 Aplikasi Ini Bisa Membantu Kamu Menyicil Tanpa Perlu Kartu Kredit

|Posted by | Belanja Online, Berita Keuangan, Kartu Kredit, Kebiasaan Keuangan, Lifestyle, Strategi Utang, Transaksi Nontunai
Tags: , , ,

cicilan tanpa kartu kredit

Kamu tertarik membeli barang dengan cara nyicil, tapi terhalang karena tidak punya kartu kredit. Tenang, kamu bisa pertimbangkan 4 aplikasi cicilan tanpa kartu kredit ini dengan mudah.

Maraknya pertumbuhan e-commerce di Indonesia membuat pengguna internet semakin giat belanja online. Mulai dari barang kebutuhan sehari-hari hingga barang-barang mahal seperti gadget, semua bisa dibeli secara online.

Berbagai metode pembayaran yang ditawarkan pun beragam, seperti Cash On Delivery atau bayar di tempat, transfer bank, pembayaran via minimarket, dan kartu kredit. Bukan cuma itu, hampir semua e-commerce juga memberi fasilitas cicilan untuk meringankan pengguna dalam membeli barang yang harganya cukup tinggi. 

Biasanya untuk bisa menikmati fasilitas cicilan, para pembeli harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Nah, hal ini kerap menjadi kendala karena proses pembuatan kartu kredit cukup rumit dan memakan waktu lama.

Untungnya, sekarang banyak fasilitas cicilan tanpa kartu kredit dalam bentuk aplikasi pada smartphone yang bermunculan, dan memberikan kita kemudahan untuk mencicil barang saat belanja online. Apa saja aplikasi tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kredivo

cicilan tanpa kartu kredit

Kredivo adalah salah satu aplikasi lokal yang memberikan fasilitas kredit instan online. Aplikasi ini mengusung konsep “beli sekarang, bayar nanti”. Maka itu, pembeli bisa membeli dengan cara nyicil memakai aplikasi.

Kredivo memiliki dua opsi pembayaran; bayar tunai dalam 30 hari dengan bunga 0%, dan cicilan tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga rendah 2,95%. Tidak perlu membayar uang muka, biaya admin, dan biaya tambahan apa pun.

Kredivo telah bekerja sama dengan lebih dari 150 e-commerce terpecaya di Indonesia dalam menyediakan layanan kredit online tanpa kartu kredit. Beberapa di antaranya yang populer adalah Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Shopee, dan JD.id.

Baca Juga : Cicilan Kartu Kredit BRI Bikin Stress? Begini, Lho, Cara Membereskannya

Bagi kamu WNI yang berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Denpasar, atau Medan, kamu sudah memenuhi kriteria untuk mendaftar akun Kredivo.

Kamu bisa download aplikasi Kredivo melalui HaloMoney.co.id, lalu ikuti langkah-langkah pendaftarannya. Semua proses pendaftaran Kredivo dilakukan secara digital, termasuk saat mengunggah dokumen, verifikasi, hingga persetujuan. Tidak ada proses survei langsung atau melalui telepon karena sistem Kredivo bisa menilai apakah seseorang layak untuk mendapatkan kredit atau tidak.

Kredivo

Aplikasi cicilan tanpa kartu kredit ini memberikan limit maksimal sebesar Rp 20 juta. Misalnya kamu mau membeli HP baru dengan harga tinggi menggunakan fasilitas kredit HP tanpa kartu kredit, kamu bisa memilih Kredivo. Selesai memilih barang yang ingin dibeli di e-commerce rekanan Kredivo, pilih metode pembayaran menggunakan Kredivo.

Login ke akun Kredivo-mu, lalu masukkan kode OTP yang dikirim sistem ke nomor HP-mu. Transaksi pun selesai dalam waktu singkat. Jangan khawatir akan keamanannya, karena PIN dan OTP akan melindungi akun kamu.

2. Akulaku

cicilan tanpa kartu kredit

Aplikasi cicilan tanpa kartu kredit berikutnya adalah Akulaku. Aplikasi ini juga menyediakan fasilitas kredit online yang memberi kemudahan dalam pembayaran ketika kamu berbelanja online.

Untuk memiliki akun Akulaku, kamu harus berusia minimum 23 tahun, dan berdomisili di Jabodetabek, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Saat pendaftaran Akulaku, ada formulir yang harus diisi seperti nomor telepon pasangan, orang tua, atau kerabat sebagai kontak darurat yang bisa dihubungi, informasi perusahaan, dan data bukti pekerjaan seperti ID karyawan atau slip gaji. Lalu, pihak Akulaku akan menghubungi kamu untuk proses verifikasi data.

Akulaku telah bekerja sama dengan beberapa e-commerce seperti Bukalapak, Elevenia, dan Blibli. Selain bekerja sama dengan e-commerce, Akulaku juga punya etalase belanjanya sendiri. Alih-alih harus belanja di e-commerce lain, kamu bisa langsung mencari barang yang diinginkan di situs atau aplikasi Akulaku.

KK

Untuk berbelanja menggunakan Akulaku di e-commerce rekanan mereka, kamu harus memiliki riwayat belanja terlebih dahulu di situs Akulaku dengan minimal transaksi sejumlah Rp 200 ribu, atau memiliki riwayat belanja di e-commerce tersebut selama 6 bulan terakhir. Setelah itu barulah kamu bisa melakukan pembelanjaan di e-commerce rekanan Akulaku pihanmu.

Selesai menentukan barang pilihanmu, kamu akan diminta untuk mengisi data diri dan membayar uang muka atau down payment. Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor akun virtual. Terdapat proses verifikasi terlebih dahulu dari pihak Akulaku.

Apabila pembelian disetujui, maka barang akan segera dikirimkan. Sedangkan jika pembelianmu ditolak, uang muka yang telah dibayarkan akan di-refund oleh pihak Akulaku. Pastikan limit yang kamu punya sesuai dengan ketentuan dari Akulaku, karena Akulaku memiliki limit yang berbeda-beda di setiap merchant.

Baca Juga : 5 Pinjaman Dana Tunai Tanpa Agunan Dengan Cicilan Rp 1 Jutaan

3. Home Credit

cicilan tanpa kartu kredit

Home Credit awalnya berdiri di Republik Ceko pada tahun 1997 untuk memfasilitasi pembiayaan non tunai untuk produk-produk seperti alat rumah tangga, alat elektronik, handphone, dan furnitur di toko-toko.

Lalu pada tahun 2013 Home Credit mengembangkan pasarnya di Indonesia dan bekerja sama dengan toko-toko konvensional dan beberapa e-commerce untuk menyediakan layanan pembiayaan.

Sejumlah e-commerce yang digandeng untuk kerjasama antara lain Blibli.com, Electronic Solution, Laku6, dan TokoPDA.com

Apabila kamu mau membeli barang dengan harga tinggi seperti handphone misalnya, kamu bisa mendaftar Home Credit untuk kredit HP tanpa kartu kredit. Tapi sebelumnya, pastikan dulu kamu sudah memenuhi persyaratannya. Kamu harus merupakan seorang WNI, berusia minimum 21 tahun atau 19 tahun apabila sudah menikah, memiliki penghasilan tetap, dan bertempat tinggal di area cakupan Home Credit.

Pendaftaran Home Credit bisa dilakukan secara online melalui website mereka, kamu tinggal mengisi aplikasi yang tertera di sana, lalu customer service Home Credit akan menghubungimu. Setelah pengajuan kreditmu disetujui, ikuti petunjuk selanjutnya untuk mengkonfirmasi kontrak, dan kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran uang muka.

4. Cicil

cicilan tanpa kartu kredit

Pilihan keempat aplikasi cicilan tanpa kartu kredit yang bisa kamu timbang adalah Cicil. Berbeda dengan beberapa aplikasi-aplikasi lainnya, Cicil lebih fokus untuk menjangkau mahasiswa yang mau mencicil tanpa kartu kredit. Cicil hadir untuk membantu para mahasiswa yang ingin memiliki barang impiannya, misalnya smartphone atau laptop.

Mengingat target pasar Cicil adalah mahasiswa yang belum berpenghasilan, mereka tidak mencantumkan penghasilan minimum pada persyaratannya. Sebagai penggantinya, mahasiswa yang bisa mendaftar Cicil hanyalah mahasiswa yang sedang kuliah di salah satu universitas yang terdaftar di platform Cicil. 

Cara kerja dari aplikasi Cicil juga sangat sederhana. Pertama-tama, kamu hanya perlu “copy-paste” URL dari item atau produk yang ingin dibeli lewat e-commerce. Setelah itu kamu bisa memilih periode waktu pembayaran, yakni mulai dari 1 hingga 24 bulan.

Baca Juga : inilah Daftar Rumah Dengan Cicilan di Bawah Rp 3 Juta per Bulan!

Selanjutnya, customer service Cicil akan menghubungimu dan menentukan uang muka yang harus dibayar. Terakhir, kamu akan diminta untuk melengkapi data diri, membayar uang muka yang sudah ditentukan, dan menunggu barang yang sudah dibeli. Untuk mahasiswa yang mau kredit HP tanpa kartu kredit, aplikasi ini bisa dicoba, nih.

Nah, itulah dia daftar fasilitas kredit tanpa kartu kredit yang bisa kamu pilih. Jika ada smartphone baru dengan fitur mumpuni, kamu tak perlu pikir dua kali lagi jika memang benar-benar membutuhkannya. Tentukan mana aplikasi yang sesuai, manfaatkan fasilitas kredit HP tanpa kartu kredit dari salah satu layanan kredit instan online di atas.  Dengan syarat yang lebih mudah dan praktis, membeli barang impian bukan lagi angan-angan lagi.

https://www.halomoney.co.id/id

Ruisa Khoiriyah

Tentang Penulis: Ruisa Khoiriyah

Certified Financial Planner, Former Finance Journalist, Professional Writer and Editor, Financial Blogger and Lifelong Learner. Selalu ingin berbagi hal yang berguna, praktis dan bisa memberi nilai lebih bagi para pembaca, terutama seputar pengelolaan keuangan pribadi dan kampanye literasi finansial. Ruisa bisa dihubungi di ruisa@halomoney.co.id.