10 Tips Jitu Untuk Mewujudkan Ide Bisnis Kamu!

|Posted by | Bisnis, Investasi, Karir, Kebiasaan Keuangan
Tags: , ,

Memulai sebuah bisnis membutuhkan banyak pertimbangan, bukan cuma tentang modal, tetapi juga ide-ide liar dan kreatif yang bisa membuat bisnis berjalan sesuai rencana. Mendapatkan investor memang sebuah jalan, tetapi kemungkinannya kecil. So, kamu harus mengencangkan ikat pinggang dan berusaha dengan kemampuan sendiri sebaik mungkin untuk mencapai puncak!

Mau tau apa saja yang harus kamu lakukan untuk mewujudkan ide bisnis kamu menjadi kenyataan? Check this out!

 

1. Kenali Kondisi Pasar dan Kompetitor Dengan Baik

8032980

 

Photo source: static2

Sebelum kamu memulai bisnis, teliti dan pahami kesempatan-kesempatan dan celah bisnis yang ada di pasar. Apakah produk kamu sudah ada di sana? Kalau ada kompetitor, apa yang bisa membuat produk kamu lebih terlihat? Apa yang membuat produk kamu lebih baik dan apa unique selling point dari bisnis kamu?

 

2. Tentukan Sebuah Business Model Yang Menjanjikan

Practical-Tips-and-Tools-For-Conducting-Market-Research

 

Photo source: fridge

Untuk pelaku bisnis dengan modal sendiri, kamu harus memiliki business model yang menjanjikan. Kalau tidak, kamu akan mengalami kesulitan besar. Cash flow yang cepat sangat dibutuhkan, pelajari pengalaman start-up lain yang bisa berhasil dalam waktu cepat.

 

3. Tangani Urusan Public Relations Kamu Sendiri

public_relations-2

Photo source: joecutaia

Perusahaan baru sangat bisa diuntungkan dengan pemberitaan media yang baik. Para editor dan jurnalis tidak mau mengambil informasi hanya dari press release, kamu yang mereka mau temui! Ceritakan kepada mereka proses bisnis kamu sendiri.

 

4. Berikan Insentif Menarik Untuk Membangung Tren

RMB_24-11-2012_INSIGHT_01_xmas2_fct1024x772x85_t460

Photo source: snydle

Masyarakat suka banget sama yang namanya teknologi dan sesuatu yang baru! Mereka suka untuk membagikan semuanya di social media, berikan apa yang mereka suka dan biarkan produk kamu menjadi tren dengan sendirinya! Kamu bisa berikan voucher diskon untuk setiap share atau buat campaign dan pilih pemenang melaui hashtag yang kamu tentukan sendiri, banyak cara untuk membuat produk kamu viral!

 

5. Kembangkan Website Kamu Sendiri!

making-websites

 

Photo source: zoho

Kalau kamu hanya memiliki sedikit modal, kamu bisa pakai tema standar yang disediakan untuk website kamu. Jadi kamu bisa pakai modal yang kamu punya untuk mempromosikan bisnis. Setelah kamu bisa mengembangkannya, baru kamu kembangkan website bisnis kamu!

 

6. Jalankan Branding Kreatif Dengan Membuat Campaign

Hand showing hashtag notification concept on blue background

Photo source: Jeff Bullas

Mendapatkan brand exposure tidak selalu membutuhkan modal besar, kamu hanya perlu menjadi kreatif. Buatlah sebuah campaign yang dekat dengan audience dan berpotensi menjadi viral, dengan begitu kamu gak butuh modal besar, kan?

 

7. Catat dan Kontrol Setiap Pengeluaran

expense-claims

 

Photo source: thecsuite

Tanpa kamu sadari, mengontrol dan mencatat setiap pengeluaran yang kamu lakukan adalah sebuah hal yang sangat penting. Kamu bisa lakukan itu dengan mudah, cukup gunakan accounting software sederhana seperti QuickBooks. Kontrol semua pengeluaran kamu setiap hari.

 

8. Tekan Pengeluaran Pribadi Sebanyak Mungkin

11129080914_a99ab39f09_b

 

Photo source: flickr

Dalam memulai bisnis baru, gaji bulanan kamu tidak akan cukup untuk membiayainya, kamu harus bersiap untuk menekan pengeluaran pribadi kamu sebanyak mungkin. Kamu bisa menghemat dengan banyak cara, seperti pakai transportasi umum, bawa bekal dari rumah, atau capa lain yang bisa membantu menekan pengeluaran.

 

9. Lakukan Pekerjaan Bisnis Kamu Sendiri

multitasking

 

Photo source: sicohen

Ada sebuah perbedaan besar antara pekerjaan yang tidak bisa kamu lakukan dan pekerjaan yang tidak mau kamu lakukan. Bila ada pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus, tentunya kamu harus cari tenaga untuk itu. Tapi kalau ada pekerjaan yang bisa kamu lakukan sendiri, lakukanlah sendiri, itu akan menghemat pengeluaran kamu!

 

10. Tetap Fokus dan Jangan Pernah Menyerah

628px-Never_Give_Up

 

Photo source: wikia

Tentunya, kamu akan menemui banyak kesulitan dan tantangan yang harus dilalui dalam memulai dan menjalani bisnis. Supplier dan vendor tidak selalu tertarik untuk bekerja dengan perusahaan baru. Kamu harus tetap fokus, lakukan yang tetrbaik, dan jangan pernah menyerah untuk mencari relasi. Kamu pasti bisa!

source: entrepreneur.com

Memulai bisnis memang bukan pekerjaan yang mudah, tapi hal itu juga buka sesuatu yang mustahil!

Tertarik untuk memulai bisnis dan mewujudkan impian kamu tapi masih butuh suntikan modal? Coba bandingkan berbagai penawaran KTA di sini:

Bandingkan_Button

Ada informasi favorit kamu yang belum termasuk di sini? Let us know! Comment di facebook page kami, who knows info dari kamu akan kami angkat di blog post selanjutnya!

HaloMoney adalah situs perbandingan layanan produk kartu kredit dan personal loan No.1 di Indonesia!

Mau lihat lebih banyak artikel lagi? Klik:

LOGO

Suka artikel Ini? Check these out!

Captures

Money-mountain

Capture

AEON-1024x683

 

Image 1

download

 

 

Capturec

Pearlescent_C6_by_jackdarton

ss

idea

ssdssdd

ssds

diapers1 (1)

sdsd

membership

Untuk menemukan perbandingan produk finansial kartu kredit dan personal loan yang paling sesuai dengan kebutuhan anda, klik:

LOGO

Adiguna C. Perdana

Tentang Penulis: Adiguna C. Perdana

Gemar menulis, rajin menabung, dan selalu tertarik dengan segala hal yang berhubungan dengan penghematan.