PEDOMAN PRODUK KARTU KREDIT DI INDONESIA

CARA MUDAH DAN CEPAT UNTUK MEMAHAMI PRODUK KARTU KREDIT DI INDONESIA

Kartu kredit adalah alat pembayaran berbentuk kartu, seperti kartu debit. Kartu kredit diterbitkan oleh bank atau penerbit kartu kredit lainnya, dan Anda harus mengajukan aplikasi pendaftaran dan dokumen kelengkapan lainnya untuk mendapatkannya.

Transaksi kartu kredit dianggap sebagai hutang jangka pendek pada bank penerbit kartu kredit. Bank akan mengirimkan tagihan kartu kredit kepada Anda setiap bulan, dan Anda bisa mencicil atau melunasi keseluruhan tagihan tersebut. Bank bisa mengenakan bunga pada “hutang” ini, apabila Anda tidak membayar tagihan secara penuh pada saat akhir tanggal penagihan.

Dengan menggunakan kartu kredit, Anda dapat mencicil pembayaran untuk meringankan pembelian dalam nominal yang lumayan besar. Memiliki kartu kredit juga bisa membantu Anda saat mengambil pinjaman pribadi, seperti KPR atau kredit kendaraan, dari bank.

Ketaatan Anda membayar kartu kredit menunjukkan bahwa adalah debitur yang bertanggung jawab dalam melunasi hutang. Bank dapat mengecek hal tersebut melalui BI Checking yang disediakan oleh Bank Indonesia.

Anda juga bisa menikmati promo ataupun diskon yang diberikan berbagai merchant, seperti butik dan restoran, jika Anda membayar dengan kartu kredit. Hemat pengeluaran Anda setiap bulannya dengan bertransaksi melalui kartu kredit.

Bank akan mengirimkan Anda tagihan kartu kredit setiap bulan. Anda bisa langsung membayar semua atau mencicil sebagian tagihan Anda lewat rekening bank. Anda diwajibkan untuk membayar minimal 10% dari total tagihan setiap bulannya. Jika tidak, Anda akan dikenakan denda keterlambatan serta biaya bunga sesuai jumlah tertagih. Pembayaran kartu kredit dapat dilakukan melalui fasilitas teller, ATM, Internet banking dan mobile banking yang disediakan oleh bank.

Ketika Anda akan mengajukan kartu kredit, Anda perlu mengisi formulir dan memenuhi beberapa persyaratan. Berikut ini ialah beberapa syarat umum dan dokumen yang perlu dilampirkan ketika Anda mendaftar kartu kredit:

- Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun untuk kartu kredit utama
- Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun untuk kartu kredit supplementary
- Melampirkan Fotocopy KTP, dan NPWP
- Memenuhi pendapatan minimum yang dibuktikan dengan slip gaji; sehingga Anda perlu menunjukan slip gaji Anda yang sekarang, atau pajak penghasilan.
- Untuk pelaku bisnis dan wiraswasta, Anda harus membawa dokumen seperti bukti pembayaran pajak, dan fotocopy SIUP atau TDP.
- Jika Anda mengajukan perhomonan kartu kredit kedua, maka Anda harus membawa fotocopy kartu kredit Anda sebelumnya.
- Melampirkan fotocopy kartu kredit pertama dan tagihan kartu kredit untuk pengajuan kartu kredit kedua.