Special Article: Inilah Kartu Kredit Terbaik untuk Wisata dan Belanja Tahun 2017

|Posted by | Berita Keuangan, Kartu Kredit, Promo Kartu Kredit, Wisata
Tags: , ,

 

Image result for kartu kredit terbaik

Ada banyak kartu kredit yang menawarkan beragam kemudahan dan fasilitas untuk travelling. Namun hanya satu atau dua kartu kredit saja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebab itu Anda perlu mengenali kartu kredit apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Guna memudahkan Anda mendapatkan kartu kredit terbaik, tim Halomoney membandingkan 36 jenis kartu kredit dari 15 bank yang menawarkan fasilitas untuk wisata (travelling) dan belanja, dua kebutuhan yang sering digunakan oleh para pemenang kartu kredit untuk bertransaksi.

Tim Halomoney melakukan perbandingan dari empat kategori: dari sisi konversi nilai belanja menjadi poin airmiles, dari sisi iuran tahunan, dari persyaratan penghasilan minimum, dan dari sisi promosi.

Tim business analyst Halomoney memilih 22 kartu kredit terbaik dari 10 bank penerbit kartu kredit di tabel perbandingan. Kartu kredit tersebut dipilih dari 36 kartu kredit dari 15 bank penerbit kartu kredit. Sedang kan informasi tentang kartu kredit tersebut diambil dari situs resmi bank penerbit kartu kredit masing-masing pada bulan November 2016.

Karena itu Halomoney menilai hasil perbandingan ini masih relevan untuk digunakan sebagai acuan bagi Anda yang ingin mengajukan kartu kredit di akhir tahun ini maupun tahun depan, sepanjang tidak ada perubahan kebijakan dari bank penerbit kartu kredit.

Perbandingan ini kami harapkan bisa membantu Anda merencanakan liburan pada akhir tahun ini atau bagi Anda yang sedang merencanakan wisata tahun depan.

Apa kartu kredit pilihan dari kategori konversi belanja, iuran tahunan, persyaratan penghasilan minimal, dan promosi? Dan kartu kredit apa yang memiliki poin tertinggi dari empat kategori tersebut sehingga menjadi kartu kredit terbaik untuk wisata dan belanja? Yuk, kita lihat.

Kategori 1: Konversi belanja menjadi poin airmiles

Hampir semua kartu kredit untuk wisata menyediakan fasilitas konversi atau penukaran nilai belanja di dalam negeri menjadi poin airmiles. Semakin banyak belanja yang Anda lakukan dengan memakai kartu kredit, poin airmiles Anda semakin banyak. Poin airmiles itulah yang akan Anda tukarkan untuk mendapatkan diskon hotel, tiket pesawat, atau kelas penerbangan saat Anda berwisata.

Anda tentu sudah tahu, perhitungan setiap bank penerbit kartu kredit dalam mengkonversi nilai belanja menjadi poin airmiles berbeda-beda. Ada bank yang menghitung 1 poin airmiles dengan nilai yang tinggi, dan ada bank yang menghitungnya dengan nilai yang rendah. Semakin rendah, berarti nilai konversi per 1 poin airmiles semakin murah. Jika semakin murah, ini semakin baik bagi pemegang kartu kredit. Maka pilihan terbaik bagi konsumen ialah kartu kredit dengan nilai konversi yang murah agar Anda semakin cepat mengumpulkan poin airmiles.

Dari hitungan tim Halomoney, tiga kartu kredit CIMB Niaga memiliki poin airmiles paling murah. Yakni, CIMB Niaga JCB Ultimate dengan nilai konversi Rp 3.347 per 1 poin airmiles, lalu CIMB Niaga Visa Infinite Card dengan hitungan Rp 5.000 per 1 airmiles, dan CIMB Niaga World MasterCard sebesar Rp 5.000 per 1 poin airmiles.

Selanjutnya ialah BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite Card sebesar Rp 6.500 per 1 poin airmiles. Lalu Garuda-BNI Visa Signature dan Standard Chartered WorldMiles Travel Card, masing-masing dengan nilai konversi sebesar Rp 7.500 per 1 poin airmiles. Lihat daftar lengkapnya di tabel di bawah ini:

airmileskonversion

Dari 36 kartu kredit di 15 bank yang dibandingkan, beberapa bank penerbit kartu kredit menghargai 1 point airmiles dengan cukup mahal hingga sebesar Rp 21.000, Yani HSBC Premier MasterCard. Namun sebagian besar bank penerbit kartu kredit menetapkan nilai konversi di kisaran Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per 1 poin airmiles, di antaranya ANZ Travel Visa Platinum Card, BCA Visa Platinum, Bank Mandiri Skyz Card, dan Maybank Visa Platinum Card.

 

Kategori 2: Iuran tahunan

Dari sisi iuran tahunan, ada dua kartu kredit bertengger  di ranking tertinggi karena mengenakan iuran tahunan terendah sebesar Rp 250.000 per tahun dan Rp 400.000 per tahun. Dua kartu kredit tersebut ialah CIMB Niaga Gold Visa dan BCA Card Platinum.

Di urutan berikutnya BCA MasterCard Platinum dan BCA Visa Platinum masing-masing sebesar Rp 450.000 per tahun.  Berikut ini daftar lengkap jenis kartu dan bank penerbit yang menerapkan iuran tahunan terendah:

kkannualfee

Umumnya bank menetapkan iuran tahunan mulai dari Rp 600.000 per tahun hingga tertinggi Rp 3.000.000 per tahun. Kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate, misalnya, menerapkan iuran tahunan tertinggi sebesar Rp 3 juta per tahun sehingga poinnya nol. Sebelumnya, kartu kredit ini memiliki keunggulan di kategori konversi belanja menjadi poin airmiles.

Juga kartu kredit CIMB Niaga Gold Visa: di kategori konversi belanja berada di ranking 14, namun di kategori iuran tahunan ada di nomor 1 karena menerapkan iuran tahunan paling murah.

Oiya, kartu kredit yang ada di kategori Iuran Tahunan ini diambil dari 22 kartu kredit di 10 bank yang sebelumnya telah masuk dalam kategori pertama, yaitu kategori konversi belanja menjadi airmiles. Begitu juga untuk dua kategori berikutnya, syarat penghasilan minimal dan promosi.

Sebelum Anda menentukan kartu kredit pilihan dan mengajukannya melalui Halomoney.co.id, lihat dulu dua kategori berikutnya.

 

Kategori 3: Persyaratan Penghasilan Minimal

 

Dari 22 kartu kredit, tiga kartu kredit mensyaratkan penghasilan tahunan yang paling rendah, hanya Rp 60 juta per tahun atau sekitar Rp 5 juta per bulan. Yakni CIMB Niaga Gold Visa, Citi Garuda Card,  dan Citi Premier Miles Card. Sebelumnya di kategori konversi, CIMB Niaga Gold Visa ada di ranking 14 dari 22 kartu kredit.

Umumnya bank penerbit kartu kredit untuk wisata mensyaratkan penghasilan minimal sebesar Rp 120 juta per tahun atau Rp 10 juta per bulan (lihat tabel di bawah).

kksalary

Jika penghasilan tahunan Anda lebih dari Rp 60 juta atau Rp 120 juta per tahun, sebaiknya Anda menggunakan pertimbangan di tiga kategori lainnya: konversi belanja, annual fee, dan promosi.

Anda yang sebelumnya ragu-ragu apakah pengajuan kartu kredit Anda akan ditolak bank gara-gara penghasilan Anda tidak memenuhi syarat minimal, sekarang memanfaat data di kategori ini. Anda bisa langsung melihat syarat penghasilan minimal dari berbagai bank di tabel di atas dan lakukan pengajua melalui situs bank ataupun melalui Halomoney.

 

Kategori 4: Tawaran Promosi

Salah satu pertimbangan konsumen untuk memilih kartu kredit ialah seberapa banyak program promosinya. Semakin banyak promosi yang diberikan dan dalam waktu lama, konsumen akan senang dan tertarik untuk memiliki kartu kredit tersebut.

Dari sisi promosi, dua jenis Kartu Kredit BCA menempati urutan teratas karena memiliki promosi terbanyak dan cukup beragam untuk para pemegang kartunya. Dua jenis kartu tersebut ialah BCA Platinum Card dan BCA Visa Platinum, masing-masing memiliki enam jenis promosi.

kkpromotion

Sekedar gambaran, enam promosi BCA Platinum Card ialah BCA reward hingga 5% saat bertransaksi di beberapa tempat seperti Ace Hardware, AlfaMidi, AirAsia, Dunkin Donuts, Gramedia, Matahari, Mitra 10, Pizza Hut, Shell, Solaria, TransMart Carrefour, Super Indo. Selain itu ada promo menarik untuk hidangan (dining), memiliki alat elektronik, gadget, furnitur, kesehatan & kecantikan, hingga untuk perjalanan dan hiburan.

Promosi lainnya, gratis iuran tahunan seumur hidup, free BCA Beverage Upsize Beli 1 tiket gratis 1 untuk nonton di XXI Cineplex dan 21 Cineplex khusus weekend, Promo Buy 1 Get 1 Tiket Bioskop hanya berlaku di setiap Sabtu, maksimal 1 kali seminggu.

Posisi ketiga ialah CIMB Niaga JCB Ultimate Card. Kartu ini juga memiliki enam jenis promosi sehingga menempati posisi ketiga dari sisi program promosi. Sebelumnya, kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate Card unggul dari sisi konversi belanja, namun dari sisi iuran tahunan kartu ini mendapatkan poin kecil karena mensyaratkan iuran tahunan yang cukup tinggi.

Kembali ke promosi kartu kredit. Umumnya bank penerbit kartu kredit untuk tujuan wisata menawarkan empat jenis promosi saja. Misalnya ANZ Travel Visa Platinum Card yang ada di urutan berikutnya. Promosinya ialah penukaran miles yang fleksibel dengan pilihan lebih dari 60 Maskapai yang tergabung di Krisflyer, Asia Miles, dan Garuda Frequent Flyer;  penukaran airmiles di berbagai macam hotel di seluruh Indonesia; gratis makanan dan minuman untuk 1 orang di seluruh outlet Starbucks Bandara di Indonesia; dan gratis Asuransi Kecelakaan Perjalanan hingga Rp 1 miliar.

 

Inilah Kartu Kredit Terbaik 2017 untuk Wisata dan Belanja

Dari empat kategori di atas, tim Halomoney meranking 22 kartu kredit. Kartu kredit yang memiliki poin tinggi di kategori terbaik dari sisi iuran tahunan, belum tentu memiliki poin tinggi di sisi lainnya, misalnya dari sisi promosi. Masing-masing kartu mendapatkan poin sesuai dengan peringkat di tiap kategori.

Poin tersebut dihitung dengan bobot di setiap kategori. Bobot tertinggi ada di kategori konversi belanja menjadi poin airmiles sebesar 45%, iuran tahunan sebesar 20%, syarat penghasilan minimal 20%, dan program promosi 15%. Bobot ini dilihat dari sisi manfaatnya bagi konsumen/pemegang kartu kredit. Program promosi mendapatkan bobot yang rendah karena program promosi umumnya bersifat sementara sehingga tidak bisa dinikmati oleh pemegang kartu kredit dalam waktu lama.

Dari hitungan tim business analyst Halomoney, CIMB Niaga JCB Ultimate menduduki ranking tertinggi dengan total poin 10. Poin itu sebagaian besar didapat dari dari sisi konversi airmiles (6,75 poin). Sedangkan poin lainnya, relatif kecil: iuran tahunan (0 poin), syarat penghasilan minimal (1 poin), dan promosi (2,25 poin).

Di posisi kedua ialah CIMB Niaga Gold Visa dengan total 9,9 poin, dengan keunggulan dari sisi konversi (2,25), iuran tahunan (3 poin), syarat penghasilan minimal (3 poin), namun dari sisi sisi promosi cukup kecil (1,05).

BCA Card Platinum ada di ranking ketiga dengan 9,7 poin. Meskipun di tempat ketiga, BCA Card Platinum cukup menarik karena poinnya tersebar secara merata di empat kategori: dari sisi konversi airmiles (2,25 poin), sisi iuran tahunan (2,60 poin), penghasilan minimal (2,6 poin), dan promosi (2,26 poin). Dengan kata lain kartu ini bisa dibilang ingin menjangkau semua kebutuhan konsumen di empat kategori tersebut, meskipun nilai poinnya tidak terlalu menonjol.

Lihat lengkapnya di tabel ini:

airmilesthebest

Berikut ini gambaran tiga kartu terbaik hasil perbandingan Halomoney. Anda bisa mengajukan untuk memiliki kartu kredit tersebut di situs bank masing-masing atau melalui situs Halomoney.co.id. Di Halomoney, selain bisa mengajukan, Anda juga bisa melakukan perbandingan secara gratis untuk menghemat waktu Anda.

CIMB Niaga JCB Ultimate

Image result for CIMB Niaga JCB Ultimate

Poin airmiles: Rp 3.347 per 1 poin.

Iuran Tahunan: Rp 3.000.000 per tahun.

Syarat penghasilan minimal: Rp 450 juta per tahun/ Rp 37,5 juta per bulan.

Program promosi: 6 program

CIMB Niaga Gold Visa

Image result for CIMB Niaga Visa Gold

Poin airmiles: Rp 9.500  per 1 poin.

Iuran Tahunan: Rp 250.000 per tahun.

Syarat penghasilan minimal: Rp 60 juta per tahun/ Rp 5 juta per bulan.

Program promosi: 4 program

BCA Card Platinum

Poin airmiles: Rp 10.000 per 1 poin.

Iuran Tahunan: Rp 400.000 per tahun.

Syarat penghasilan minimal: Rp 120 juta per tahun/ Rp 10 juta per bulan.

Program promosi: 6 program

Jadi Anda akan memilih kartu kredit yang mana? Pilihan ada di tangan Anda. Sesuaikan pengajuan kartu kredit dengan kebutuhan yang paling Anda prioritaskan. Selamat merencanakan wisata dan belanja dengan kartu terbaik pilihan.

Selamat memilih kartu pilihan Anda.  Untuk melakukan perbandingan dan pengajuan bisa klik di sini.

Kunjungi terus blog Halomoney.co.id untuk mendapatkan tips keuangan, belanja, dan berhemat.

Baca juga artikel lainnya:

Ditagih Debt Collector? Jangan Panik, Baca Tips ini

Image result for debt collector halomoney

 

Umar Idris

Tentang Penulis: Umar Idris

Penulis masih suka mengikuti perkembangan ekonomi makro, investasi, dan industri keuangan, sesuai minatnya saat masih menjadi editor di media ekonomi dan investasi di Harian KONTAN. Penulis bisa dihubungi melalui umar@halomoney.co.id atau @umaridriss