Cara Cepat Menambah Penghasilan Tanpa Korupsi

|Posted by | Kebiasaan Keuangan, Lifestyle, Tips Keluarga
Tags: ,

Belajar Menabung setidaknya 20% Penghasilan

 

Memasuki tahun baru 2017, penghasilan pun idealnya bertambah. Keinginan finansial seperti ini tentu sangat baik, menandakan Anda selalu berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Sayangnya untuk menambah penghasilan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu usaha yang tidak mudah. Juga butuh waktu dan kiat khusus. Anda mesti menempuh beberapa cara agar memiliki penghasilan yang lebih baik dari sebelumnya.

Yang pasti, untuk menambah penghasilan tinggi, bukan dengan cara melakukan korupsi di kantor, di perusahaan swasta maupun di instansi pemerintah. Berikut ini kiat mudah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penghasilan Anda tahun depan, dari Halomoney.co.id.

Meminta Kenaikan Gaji

Cara pertama yang mudah dilakukan ialah mengusulkan kenaikan gaji di kantor, jika Anda seorang pegawai. Kenaikan gaji ini bisa menjadi cara untuk menaikkan penghasilan Anda tahun depan jika keuntungan perusahaan pada tahun ini meningkat signifikan, dilihat dari laporan keuangan tahunan yang biasanya dikeluarkan pada awal tahun.

Kamu bisa meminta waktu kepada atasan untuk membicarakan tentang kinerja Anda serta kemungkinan untuk kenaikan gaji. Tentu Anda harus memastikan bahwa kinerja Anda selama 2016 tergolong baik sehingga sang atasan mau mempertimbangkan kenaikan gaji.

Baca juga: Special Article: Inilah Kartu Kredit Terbaik untuk Wisata dan Belanja 2017

Pindah kerja

Image result for Pindah kerja

Jika Anda merasa kinerja Anda sudah cukup baik, dan upaya kenaikkan gaji belum tercapai, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk pindah kerja ke perusahaan lain. Pindah kerja bisa menjadi cara alternatif untuk menaikkan penghasilan dengan cukup signifikan dari sebelumnya. Cara ini sering ditempuh oleh para pekerja baru atau fresh graduate dengan pengalaman di bawah tiga tahun.

Namun sebelum memutuskan pindah kerja ke tempat lain, baiknya Anda pertimbangkan dengan masak bersama keluarga atau pasangan. Bandingkan kelebihan dan kekurangan di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini dengan perusahaan yang akan jadi tempat kerja baru. Misalnya dari sisi fasilitas kesehatan, iuran pensiun, bonus, dan kelangsungan usaha. Jika memang di perusahaan baru penghasilan Anda bertambah signifikan, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk pindah kerja.

Baca juga: Saatnya Kamu Mengevaluasi Kondisi Keuangan 2016

Usaha Sampingan Online

Upaya mendapatkan penghasilan bulanan juga dapat dilakukan dengan mengerjakan pekerjaan sampingan. Apalagi jika waktu kerja Anda saat ini relatif longgar dan santai. Pekerjaan sampingan ini bisa dikerjakan di sela-sela waktu luang dan di akhir pekan saat Anda libur.

Kini kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis online terbuka lebar. Anda bisa berjualan sesuatu yang menjadi hobil dan minatmu di situs-situs marketplace. Misalnya berjualan kaus, tas, perlengkapan bayi dan lain-lain. Jika kamu hobi dengan wisata dan jalan-jalan, kamu bisa berjualan perlengkapan wisata. Saat ini bisnis online sangat prospektif seiring dengan terus bertambahnya pengguna internet di Indonesia.

Baca juga: Strategi Mudah Anti Bokek Sebelum dan Sesudah Libur Panjang

Mendirikan Usaha Sendiri

Image result for Pindah kerja

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan tinggi dengan cepat ialah mendirikan usaha sendiri. Keputusan menjadi pengusaha mandiri memiliki risiko tinggi, namun juga berpotensi memberikan gain atau keuntungan tinggi dalam waktu cepat. Sebab sebagai pemilik perusahaan, Anda akan mendapatkan penghasilan lebih besari dari laba perusahaan. Jika sebelumnya penghasilan Anda bersifat tetap setiap bulan, kini Anda memiliki kesempatan tidak terbatas untuk meningkatkan penghasilan melalui pendapatan perusahaan.

Sebaiknya Anda pelajari dulu usaha apa yang paling prospektif untuk dilakukan dan sesuai dengan kemampuan dan minat Anda. Setelah itu pertimbangkan pasar dan keunggulan perusahaan yang akan Anda dirikan dibandingkan dengan pesaing. Jika analisa pasar dan persiapan pendirian perusahaan sudah Anda lakukan dengan baik, kini saatnya kamu menjalankan perusahaanmu dengan professional. Jangan lupa terus belajar dan berkembang agar perusahaan Anda juga ikut berkembang.

Selamat meningkatkan penghasilan kamu di tahun 2017. Gunakan terus Halomoney.co.id untuk melakukan perbandingan sekaligus apply kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA) dari berbagai bank penyedia. We compare, you save.

 

 

Umar Idris

Tentang Penulis: Umar Idris

Penulis masih suka mengikuti perkembangan ekonomi makro, investasi, dan industri keuangan, sesuai minatnya saat masih menjadi editor di media ekonomi dan investasi di Harian KONTAN. Penulis bisa dihubungi melalui umar@halomoney.co.id atau @umaridriss