Cara Apply Kartu Kredit Secara Online Anti Gagal

|Posted by | Belanja Online, Berita Keuangan, Kartu Kredit, Tips Keluarga
Tags: ,

Pakai kartu kredit sebelumnya sebagai referensi

Era digital di Indonesia semakin memuncak. Hampir semua pelaku bisnis dan usaha melengkapi layanan mereka dengan pelayanan online. Ini suatu hal yang tak terelakkan ketika pengguna internet di Indonesia sudah menembus angka 132,7 juta pengguna tahun ini. Layanan lewat jalur online dinilai lebih praktis, mudah dan murah.

Melalui online pula, Anda bisa menemukan layanan finansial dengan sangat mudah. Misalnya, ketika ingin mengajukan diri sebagai pemegang kartu kredit. Beberapa bank, terutama bank besar sudah banyak yang membuka lini layanan aplikasi online kartu kredit. Alhasil, nasabah tidak perlu repot mendatangi kantor cabang sekadar untuk mengajukan aplikasi kartu kredit.

Bila Anda tertarik memiliki kartu kredit lewat layanan online, simak dulu langkah-langkah sebagai berikut :

1. Kunjungi website yang tepat

Anda tinggal berselancar ke website bank penyedia kartu kredit yang Anda inginkan. Bila mereka memiliki lini layanan aplikasi online, tinggal ikuti petunjuk di sana. Sebagai contoh, Anda ingin mengajukan kartu kredit BCA, Bank Mandiri dan sebagainya. Di website resmi bank, Anda tinggal klik bagian aplikasi online dan mengisi data pengajuan kartu kredit di sana.

Biasanya setelah mengisi data, proses selanjutnya adalah bank tersebut akan menghubungi Anda untuk melanjutkan proses kualifikasi nasabah.

Hampir semua bank besar dan memiliki produk kartu kredit sebagai produk andalan, menyediakan lini aplikasi online kartu kredit. Cara ini jelas lebih simpel karena Anda tidak perlu repot membuang waktu dan tenaga untuk mendatangi kantor cabang bank.

Hanya saja, mendaftar lewat website bank ini tidak memungkinkan Anda mendapatkan perbandingan langsung produk kartu kredit dari bank lain yang boleh jadi lebih tepat untuk Anda miliki. Solusinya, datanglah ke website perbandingan produk finansial khusus kartu kredit seperti halomoney.co.id.

halomoney

www.halomoney.co.id

Di sini Anda bisa membandingkan langsung beragam tawaran produk kartu kredit sekaligus apply kartu kredit terbaik pilihan Anda. Bila Anda belum tahu jenis kartu kredit apa yang paling tepat sesuai kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan fitur pencarian jenis kartu kredit yang tepat di Halomoney.co.id berdasarkan kriteria tertentu. Seperti kartu kredit pertama, kartu kredit untuk wisata atau airmiles, cash back, dan jamuan (dining). Lebih praktis dan menghemat waktu.

 

2. Cek kelayakan

Kunci utama agar aplikasi kartu kredit bisa mulus diterima oleh penerbit kartu kredit adalah apabila Anda memenuhi persyaratan yang diterapkan. Misalnya, terkait batas usia minimal, status kewarganegaraan, besar penghasilan minimal setiap bulan, status pekerjaan, lama bekerja, status pernikahan, dan lain-lain.

Setiap penerbit kartu kredit menerapkan persyaratan yang bisa jadi berbeda-beda. Tapi, secara umum, syarat yang sudah pasti mereka tetapkan adalah terkait usia, pekerjaan, dan besar penghasilan.

Nah, supaya kemungkinan diterima besar, pastikan Anda sudah memenuhi syarat prinsip yang ditetapkan oleh bank penerbit kartu kredit.

KK

 

3. Ikuti proses

Ketika Anda sudah mengisi biodata di laman aplikasi pengajuan kartu kredit online, baik di bank maupun melalui Halomoney.co.id, Anda tinggal menunggu dihubungi oleh pihak penerbit kartu kredit atau telesales di Halomoney.co.id.

Sebagai gambaran, bila pengajuan melalui Halomoney.co.id, sistem akan menyaring jenis kartu kredit yang paling tepat sesuai data diri yang Anda berikan. Proses berikutnya, tenaga telesales Halomoney.co.id akan menghubungi Anda untuk melakukan wawancara singkat seputar biodata Anda. Setelah itu, Anda akan diminta melengkapi persyaratan dokumen yang dibutuhkan.

KK

 

4. Lengkapi dokumen persyaratan

Mengajukan aplikasi kartu kredit secara online baik lewat website bank maupun melalui situs perbandingan finansial seperti Halomoney.co.id, tetap mewajibkan Anda melengkapi berbagai dokumen persyaratan.

Syarat dokumen yang lazim diwajibkan ada dalam aplikasi kartu kredit antara lain, kartu identitas (KTP/SIM/Paspor/KITAS), lalu NPWP, surat keterangan kerja, surat keterangan penghasilan atau slip gaji. Bila Anda seorang wiraswasta atau profesional, bank biasanya mensyaratkan surat izin praktek (bagi profesional seperti dokter), atau surat izin usaha bagi Anda yang berprofesi sebagai wiraswasta.

rsz_gojek

Bagi para pekerja mandiri seperti ojek online, pekerja paruh waktu atau freelancer, pemilik usaha kecil yang belum mengantongi izin formal, jangan kecil hati. Anda masih berkesempatan untuk memiliki kartu kredit. Simak triknya di sini.

Bila Anda mengajukan kartu kredit lewat Halomoney.co.id, persyaratan dokumen hanya berlaku untuk aplikasi kartu kredit Bank Mega, AEON dan QNB Bank. Sedangkan untuk kartu kredit Stanchart dan Citibank, Anda cukup memberikan data KTP. Proses melengkapi dokumen ini akan diinformasikan oleh telesales dan tim kurir Halomoney.co.id.

KK

 

4. Lakukan trik ini agar aplikasi diterima

Selain memenuhi persyaratan prinsip dan kelengkapan dokumen, penting sekali bagi Anda menyiapkan kelayakan sebelum pengajuan kartu kredit. Trik penting agar aplikasi kartu kredit Anda bisa diterima oleh bank, pertama, pilihlah bank penerbit kartu kredit di mana Anda memiliki rekening bank.

Trik lain adalah, pastikan arus kas Anda sehat dalam 3 bulan terakhir. Ini bisa dilacak oleh bank dari rekening bank Anda. Bank penerbit kartu kredit umumnya mensyaratkan rekening koran 3 bulan terakhir sebagai pelengkap dokumen pengajuan kartu kredit. Satu hal lagi adalah, pastikan alamat tempat tinggal Anda sama dengan alamat yang tertera di kartu identitas Anda.

Baca juga : Tiga Tips Jitu Apply Kartu Kredit Online.

 

5. Tunggu panggilan dari bank

Bila kesemua proses pengajuan kartu kredit online sudah Anda ikuti, kini saatnya Anda menunggu keputusan dari bank. Apakah aplikasi Anda mereka terima atau tidak. Waktu yang dibutuhkan untuk semua proses pengajuan kartu kredit ini beragam, rata-rata mulai 7 hari kerja sampai 14 hari kerja.

Selama waktu itu, jangan alergi dengan nomor asing yang menelpon ke nomor Anda. Siapa tahu itu nomor dari bank yang mengabari kabar aplikasi kartu kredit Anda.

Nah, bagaimana bila ternyata aplikasi kartu kredit Anda ditolak? Bank juga akan memberitahu Anda keputusan tersebut. Bisa lewat telepon atau lewat notifikasi SMS.

Tidak perlu kecil hati. Anda bisa mengajukan lagi aplikasi kartu kredit Anda setelah jeda waktu tertentu. Beberapa bank biasanya memberi jeda 3 bulan sampai 6 bulan bagi Anda untuk mengajukan aplikasi kartu kredit lagi pada mereka. Sebelum mengajukan lagi, Anda perlu mengecek data Anda di BI checking. Jangan-jangan Anda terkena black list atau data di BI checking salah sehingga merugikan Anda. Kunjungi artikel ini untuk mengetahui lebih jauh tentang BI checking.

Manfaatkan situs perbandingan produk finansial Halomoney.co.id untuk mendapatkan kartu kredit dengan penawaran terbaik.

KK

Ruisa Khoiriyah

Tentang Penulis: Ruisa Khoiriyah

Terobsesi dengan segala hal terkait literasi keuangan, personal finance dan isu perekonomian. Senang menulis hal yang berguna, praktis dan memberi nilai lebih pada si pembaca. Ruisa bisa dihubungi di ruisa@halomoney.co.id.