15 Wanita Indonesia Berprestasi untuk Inspirasi Kesuksesan Finansialmu

|Posted by | Bisnis, Karir, Kebiasaan Keuangan, Lifestyle, Tips Keluarga
Tags: ,

wanita indonesia berprestasi

Bangsa Indonesia patut berbangga karena memiliki banyak tokoh perempuan berprestasi yang layak menjadi inspirasi. Berikut ini 21 wanita Indonesia berprestasi yang bisa menjadi teladan kamu.

Tanggal 21 April di Indonesia diperingati sebagai Hari Kartini. Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini menjadi simbol gerakan emansipasi atau persamaan hak antara lelaki dan perempuan.

Saat ini, telah banyak muncul Kartini Kartini modern yang layak menjadi inspirasi dan teladan bagi anak bangsa, terutama anak muda. Kartini-Kartini era modern ini memberikan teladan yang baik tentang kemandirian, kecerdasan, kepiawaian di masing-masing bidang.

Para wanita inspiratif ini juga telah mengharumkan nama Indonesia di seluruh dunia. Mari melihat bersama:

Sri Mulyani Indrawati

wanita indonesia berprestasi

(source: metrotvnews.com)

Sri Mulyani Indrawati adalah sosok Kartini modern yang sudah tidak diragukan lagi kapabilitasnya. Dikenal di publik pertama sebagai ekonom, kini Sri Mulyani atau biasa pula dikenal dengan sebutan SMI, diakui sebagai salah satu wanita berpengaruh di dunia.

SMI menjabat sebagai Menteri Ekonomi di Kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. Sebelumnya, SMI pernah menjabat posisi bergengsi sebagai Managing Director World Bank.

Mari Elka Pangestu

wanita indonesia berprestasi

(source: anu.edu.au)

Mari Elka Pangestu adalah salah satu tokoh perempuan di Indonesia yang cukup berpengaruh. Mari menjabat sebagai menteri di bawah banyak presiden. Beliau pertama kali menjabat di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2004 sebagai menteri perdagangan.

Mari terakhir menjabat sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif di bawah Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Mengawali karir publik sebagai ekonomi CSIS, Mari adalah wanita Tionghoa Indonesia pertama yang memegang jabatan tinggi setingkat menteri di Indonesia. Kini Mari menjadi Board of Advisor Indonesia Services Dialogue Council (ISD)

Terakhir, beliau mendapatkan gelar doctor honoris causa dari Australia National University (ANU) atas pencapaiannya memajukan ekonomi Indonesia.

Susi Pudjiastuti

wanita indonesia berprestasi

(source: maritimnews.com)

Susi Pudjiastuti adalah salah satu tokoh perempuan Indonesia yang semakin populer belakangan ini. Kiprah Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, Susi telah membuat banyak gebrakan yang besar.

Wanita kelahiran Pangandaran tahun 1951 ini tidak tamat SMA akan tetapi sukses menjadi pengusaha eksportir hasil laut bahkan memiliki maskapai penerbangan sendiri.

Rini Soemarmo

wanita indonesia berprestasi

Rini Soemarmo merupakan salah satu wanita paling berpengaruh di Indonesia saat ini. Wanita kelahiran Amerika Serikat tahun 1958 ini dulu dikenal dengan nama Rini Soewandi. Rini saat ini menjabat sebagai Menteri Negara BUMN.

Sebelum berkiprah di birokrasi, Rini adalah bankir Citibank yang cukup terkemuka dan sempat menduduki jabatan prestisius sebagai Direktur Keuangan Astra Internasional. Sebelum akhrinya direkrut Menteri Perindustrian di era Presiden RI Megawati dan kini menjadi Menteri Negara BUMN di era Presiden Joko Widodo.

Tri Rismaharini

wanita indonesia berprestasi

Tri Rismaharini adalah Walikota Surabaya yang sangat populer. Perempuan yang biasa disapa dengan nama Ibu Risma ini sukses mengubah Surabaya menjadi kota yang lebih cantik dan ramah lingkungan.

Keberanian Risma menutup lokalisasi terbesar di Asia Tenggara yaitu lokalisasi Dolly di Surabaya mengundang decak kagum. Risma dianugerahi sejumlah prestasi internasional seperti Walikota Dunia Terbaik Ketiga versi World City Mayors Foundation dan 50 Tokoh Berpengaruh di Dunia versi Majalah Fortune.

Dian Pelangi

wanita indonesia berprestasi

Dian Pelangi merupakan wanita kelahiran Palembang tahun 1991 dan dikenal sebagai desainer untuk busana-busana Muslim. Dian merupakan anggota termuda dari Asosiasi Perancang Pengusaha Muda Indonesia (APPMI) dan sering berpartisipasi dalam event-event fashion bergengsi seperti Jakarta Fashion Week, The International Fair of Muslim World di Paris, dan Arabia Fashion Show di Inggris. Kesuksesannya menginspirasi tren busana Muslim dalam skala lokal Indonesia maupun mancanegara.

Anggun

wanita indonesia berprestasi

(source: tempo.co)

Anggun adalah penyanyi kelahiran Jakarta tahun 1974 yang kini telah berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Prancis.

Anggun sukses meniti karir sebagai penyanyi internasional. Album musik pertamanya berjudul Snow on the Sahara dan diluncurkan di 33 negara Asia, Eropa, dan Amerika.

Anggun juga sering didapuk menjadi juri berbagai acara pencarian bakat, seperti X Factor Indonesia, Indonesia’s Got Talent, dan Asia’s Got Talent pada tahun 2015. Anggun masih terus meneruskan album musik internasionalnya hingga kini.

Karen Agustiawan

wanita indonesia berprestasi

(source: tempo.co)

Karen Agustiawan pernah menduduki jabatan prestisius sebagai Direktur Utama Pertamina, BUMN Migas dengan aset triliunan rupiah.

Karen pernah tercatat sebagai satu dari 50 perempuan pebisnis paling berpengaruh di dunia versi Forbes. Pada tahun 2014, Karen mengundurkan diri sebagai nahkoda utama Pertamina dan memilih menjadi pengajar di Harvard University, Amerika Serikat.

Butet Manurung

Image result for butet manurung

Butet Manurung layak dicatat sebagai salah satu wanita Indonesia berprestasi. Butet Manurung dikenal oleh publik atas dedikasinya memfasilitasi pendidikan suku pedalaman. Perempuan bernama asli Saur Marlina Manurung ini merintis sekolah untuk masyarakat pedalaman Orang Rimba (suku Kubu) di Jambi sejak tahun 2003. Sekolah itu bernama Sokola Rimba.

Sistem Sokola Rimba akhirnya diterapkan pula di berbagai daerah terpencil di Indonesia seperti Halmahera dan Flores. Pemerintah RI berencana mengadopsi sistem Sokola Rimba ini untuk dikembangkan pada masyarakat dengan kondisi khusus.

Robin Lim

wanita indonesia berprestasi

(source: cnn.com)

Robin Lim didapuk menjadi CNN Hero of The Year 2011 karena kiprahnya dalam mempromosikan kelahiran alami. Pemilik Yayasan Bumi Sehat ini bekerja sejak tahun 2003 untuk memerangi tingginya angka kematian anak dan ibu melahirkan.

Catherine Hindra Sutjahyo

Related image

Sosok Catherine Hindra Sutjahyo terkenal di kalangan pegiat startup Indonesia. Catherine tercatat sebagai salah satu founder e-commerce terbesar Zalora Indonesia. Raksasa e-commerce itu adalah bagian dari Rocket Internet dan pertama meluncur di Indonesia tahun 2011.

Kini, Catherine menggarap Alfa Online, lini e-commerce dari jaringan minimarket Alfamart.

Liliana Natsir

wanita indonesia berprestasi

Liliana Natsir kelahiran Manado tahun 1985 adalah salah satu legenda bulutangkis di Indonesia. Liliana berpasangan dengan Tantowi Ahmad sebagai ganda campuran ddari Indonesia.

Liliana berhasil merebut medali perak dalam Olimpiade Beijing tahun 2008 berpasangan dengan Nova Widianto dan puncaknya, dia merebut medali emas pada Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016 bersama Tontowi Ahmad.

Lucy Wiryono

Image result for lucy wiryono

Lucy Wiryono pertama dikenal publik sebagai presenter acara olahraga. Namun, belakangan, Lucy lebih populer sebagai salah satu perempuan pebisnis yang sukses. Bersama suaminya, Lucy membesarkan restoran steak HolyCow, Loobie dan Flip Burger.

Diajeng Lestari

Image result for diajeng lestari

Diajeng Lestari tercatat sebagai pendiri e-commerce khusus hijab pertama di Indonesia dengan nama Hijup. Hijup berdiri sejak tahun 2011 dan kini menjadi salah satu e-commerce produk muslim khusus perempuan yang disegani.

Rini Sugianto

wanita indonesia berprestasi

Rini Sugianto adalah perempuan Indonesia yang sukses meniti karir sebagai animator kelas dunia dengan karya-karya yang menjadi box  office. Misalnya, ‘Hobbit 1’, ‘Hobbit 2: The Desolation of Smaug’, The Adventures of Tintin’, ‘The Avengers’, ‘Iron Man 3’, Hunger Games: Catching Fire’, dan ‘Dawn of The Planet of The Apes’.

Itulah dia 15 wanita Indonesia berprestasi yang memberikan inspirasi dan layak menjadi teladan bagi kamu semua anak muda Indonesia!

Catatan Editor: Artikel ini pertama kali dipublikasikan pada 21 April 2016 dan diperbarui isinya terakhir pada 27 April 2017. Semula ada 21 nama, namun setelah beberapa pertimbangan, HaloMoney.co.id menyempitkan menjadi 15 nama wanita Indonesia berprestasi.

Bila artikel ini kamu nilai bermanfaat, jangan lupa membaginya kepada kawan, kolega dan kerabat kamu, ya!

Simak lebih banyak tips pengaturan keuangan dan strategi berhemat lebih banyak di sini. Di situs Halomoney.co.id, Anda juga bisa mengajukan diri menjadi  nasabah dan menemukan produk Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) terbaik sesuai kebutuhan.

kartu kredit cimb niaga

KTA

Ferdinand Chen

Tentang Penulis: Ferdinand Chen

Penulis, vegetarian, dan pecinta fantasi. Senang menulis berbagai topik yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pembacanya.