PEDOMAN PRODUK PINJAMAN KTA DI INDONESIA

CARA MUDAH DAN CEPAT UNTUK MEMAHAMI PRODUK PINJAMAN KTA DI INDONESIA

Secara umum, terdapat dua jenis pinjaman pribadi yang ditawarkan oleh Bank di Indonesia, yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Bank Overdraft atau Cerukan. Kedua jenis pinjaman ini dapat digunakan secara fleksibel untuk berbagai kebutuhan mulai dari renovasi rumah, pinjaman usaha, pendidikan dan lainnya. Bedanya lagi, Anda tidak perlu untuk memberikan agunan kepada bank. Perbedaan lainnya adalah, bank penerbit KTA mengenakan bunga tetap sementara pinjaman lain seperti KPR biasanya mengenakan bunga gabungan, tetap dan mengambang.

Sekilas, fasilitas KTA ini mirip dengan overdraft. Namun dengan overdraft, nasabah akan diberikan sebuah kartu yang dapat digunakan untuk melakukan penarikan tunai. Bank juga hanya akan mengenakan bunga secara harian terhadap jumlah uang yang digunakan saja (pada KTA, Bank akan mengenakan bunga terhadap total pinjaman). Adapun jangka waktu cicilan pembayaran dapat Anda tentukan sendiri dengan menelpon pihak Bank.

Pinjaman harian adalah pinjaman yang disediakan oleh sebuah lembaga pemberi pinjaman (biasanya bukan Bank), dengan jangka waktu pinjaman yang pendek (biasanya dibawah 3 bulan) dan bunga yang dihitung secara harian. Secara umum, pinjaman harian memiliki bunga yang lebih besar dibandingan jenis pinjaman lain, karena tingkat resiko gagal bayarnya relatif lebih tinggi serta lembaga peminjam berukuran lebih kecil dibanding Bank sehingga skala ekonominya lebih kecil.

Jumlah bunga KTA yang perlu dibayarkan setiap bulannya dapat dicari dengan mengalikan jumlah pinjaman dengan tingkat bunga selama total periode pinjaman (tingkat bunga dikali dengan jumlah bunga pinjaman), lalu dibagi dengan jumlah bulan pinjaman.

Jangka waktu pinjaman terpendek untuk KTA adalah 3 bulan, dan paling lama 5 tahun. Biasanya pemberian tenor hingga 5 tahun ditujukan bagi nasabah yang memiliki payroll di bank tersebut.

Jumlah pinjaman KTA minimum yang diberikan oleh bank di Indonesia bervariasi tergantung masing-masing bank. Berdasarkan database HaloMoney, terdapat bank yang dapat memberikan pinjaman KTA mulai dari 3 juta rupiah dan paling tinggi hingga 350 juta rupiah.

Ketika Anda akan mengajukan KTA, Anda perlu mengisi formulir memenuhi beberapa persyaratan. Berikut ini ialah beberapa persyaratan umum dan dokumen yang perlu dilampirkan ketika Anda mendaftar kartu kredit:

- Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun di akhir periode pinjaman
- Melampirkan Fotocopy KTP, dan NPWP
- Memenuhi pendapatan minimum yang dibuktikan dengan slip gaji; sehingga Anda perlu menunjukan slip gaji Anda yang sekarang, atau pajak penghasilan.
- Untuk pelaku bisnis dan wiraswasta, Anda harus membawa dokumen seperti bukti pembayaran pajak, dan fotocopy SIUP atau TDP.
- Fotokopi kartu kredit dan tagihan (Beberapa Bank mensyaratkan Anda sudah pernah menggunakan kartu kredit sebelumnya)