Pertanyaan Umum Seputar Pinjaman KTA di Indonesia

Selamat datang di halaman FAQs HaloMoney. Disini Anda bisa menemukan jawaban atas pertanyaan Anda seputar pinjaman KTA. Untuk referensi lebih lanjut, baca pedoman penggunaan pinjaman KTA dari kami, atau buka halaman glossary untuk mengetahui istilah sehubungan dengan pinjaman KTA.

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Kredit Tanpa Agunan

Waktu pemrosesan pinjaman bervariasi untuk setiap bank. Rata-rata Bank membutuhkan waktu hingga 14 hari kerja sejak dari proses aplikasi hingga proses pencairan dana pinjaman. Namun beberapa Bank hanya membutuhkan 2 hingga 3 hari kerja. Hal lain yang juga mempengaruhi pencairan pinjaman adalah kredibilitas historis dari nasabah. Apabila nasabah telah beberapa kali mengambil pinjaman dan dilunasi tepat waktu, maka tidak sulit bagi pihak Bank untuk menyetujuinya dibandingkan dengan nasabah yang pertama kali mengajukan pinjaman.

Pertama, biaya tahunan. Pada umumnya, bank akan memberlakukan biaya tahunan yang berbeda untuk tahun pertama dengan tahun berikutnya. Untuk tahun pertama, biaya yang dikenakan sebesar sekian persen dari total pinjaman yang akan dipotong dimuka. Untuk tahun selanjutnya bank akan mengenakan biaya dengan jumlah tetap yang dibayarkan sebagai tambahan dari cicilan bulan ke-13, 25 dan seterusnya.

Kedua, biaya administrasi. Bank akan mengenakan biaya administrasi dimuka, biasanya dipotong dari pinjaman yang diberikan.

Ketiga,biaya transfer pencairan pinjaman. Bank akan mengenakan biaya pencairan pinjaman, biasanya dipotong dari pinjaman yang diberikan di awal.

Keempat, biaya keterlambatan. Bank akan memgenakan denda apabila Anda terlambat membayar cicilan bulanan sesuai jangka waktu yang telah ditentukan.

Kelima, biaya pelunasan terlebih dahulu/pembatalan. Bank akan mengenakan denda sebesar sekian persen dari total pinjaman yang tersisa apabila Anda meminta untuk pelunasan hutang lebih awal.

Setiap Bank memiliki standar yang berbeda-beda untuk menilai apakah suatu nasabah layak untuk diberikan pinjaman atau tidak. Namun, secara umum terdapat beberapa proses yang akan dilakukan pihak bank dalam menilai kualitas calon debiturnya.

Pertama, melakukan BI Checking. BI Checking adalah suatu proses dimana analis bank mengunduh data informasi kredit historis calon nasabah dari Sistem Informasi Debitur yang disediakan oleh Bank Indonesia. Pada sistem tersebut, seluruh data historis aktivitas nasabah ketika menggunakan kartu kredit dan berbagai jenis pinjaman terekam. Data ini dilakukan untuk screening awal nasabah.

Ketika sudah lulus BI Checking, maka pihak bank akan melakukan survey kepada Anda, biasanya dengan menelpon Anda. Pihak bank akan melakukan pengecekan kebenaran informasi aplikasi pinjaman Anda. Sebaiknya Anda jangan berbohong, karena dapat merugikan Anda sendiri.

Apabila Anda dinyatakan layak oleh pihak analis bank, maka dalam beberapa hari kedepan Anda akan dihubungi pihak Bank untuk menandatangani kontrak, dan setelah itu pinjaman Anda siap digunakan.

Ketentuan untuk melampirkan kartu kredit berbeda-beda untuk setiap bank, dan jumlah pinjaman yang diajukan. Beberapa bank ada yang mengharuskan Anda untuk melampirkan kartu kredit terlepas dari jumlah pinjaman, namun ada pula beberapa bank yang tidak mengharuskan untuk melampirkan kartu kredit sampai jumlah pinjaman tertentu. Cek ketentuan tersebut di layanan perbandingan pinjaman KTA HaloMoney!

Anda bisa menegosiasikan tingkat suku bunga pinjaman KTA Anda dengan menghubungi pihak Bank. Bank dapat memberikan suku bunga yang lebih rendah kepada calon debitur yang kredibel dan terpercaya.

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Overdraft

Beberapa jenis overdraft membutuhkan agunan. Biasanya suku bunga produk overdraft dengan agunan lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak menyertakan agunan. Salah satu jenis aset yang dapat menjadi agunan adalah deposito.

Biaya yang berkaitan dengan overdraft berbeda untuk setiap bank. Namun secara umum, jenis biaya yang dikenakan hampir serupa dengan biaya pada KTA. Beberapa bank di Indonesia bahkan menggratiskan biaya administrasi dan tarik tunai untuk menari calon nasabah.

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Pinjaman Harian

Pinjaman harian pada umumnya dapat dicairkan dengan waktu yang sangat cepat, bisa kurang dari satu hari. Ketika membuat perjanjian Anda akan diterangkan apa saja kewajiban Anda, serta bunga yang perlu dibayar dan tenor pinjaman. Bunga dari pinjaman harian dihitung dan diakumulasikan setiap harinya. Biasanya debitur yang disiplin, akan diberikan bunga yang lebih rendah ketika akan meminjam kembali.

Pertama, biaya bunga. Bunga akan diakumulasikan secara harian dari pokok utang. Kedua, biaya perpanjangan. Peminjam diperbolehkan untuk memperpanjang pinjamannya, namun dengan biaya tertentu. Ketiga, biaya keterlabatan. Peminjam akan mengenakan denda keterlambatan bagi peminjam yang tidak membayar utang tepat waktu diluar batas waktu yang ditentukan (dan peminjam tidak mendapatkan izin untuk melakukan perpanjangan). Keempat, biaya penagih utang. Biaya ini akan ditagihkan, bila Anda meminta agar pembayaran utang diambil di tempat tinggal Anda.